Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 10 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Suoth, Charles P.J.
Abstrak :
Latar Belakang: Waktu Reaksi adalah suatu pengukuran kecepatan reaksi, suatu proses mental dari pengaliran rangsang di dalam sel-sel otak dan saraf, sering digunakan untuk menilai kemampuan pelaksanaan tugas mental seseorang. Berkurangnya suplai oksigen, terutama dalam jaringan otak dan saraf oleh pengaruh hipoksia akan memperpanjang waktu reaksi seorang penerbang dalam misi penerbangan. Keadaan ini merupakan faktor utama meningkatnya risiko terjadinya kecelakaan dalam misi penerbangan. Metodologi: Penelitian ini adalah suatu eksperimen kuasi dengan desain pra dan pasca tes terhadap 64 orang calon siswa sekolah penerbangan TN1 Angkatan Udara dengan usia 21-26 tahun. Kadar hemoglobin, saturasi oksigen, fungsi kardio respirasi, kadar gula darah, dan waktu reaksi di ketinggian permukaan diukur. Subyek diintervensi ke ketinggian simulasi 18.000 kaki dalam ruang udara bertekanan rendah untuk mencapai kondisi hipoksia, yaitu dengan nilai saturasi oksigen 64-72%. Dilakukan pengukuran waktu reaksi di ketinggian permukaan dengan waktu reaksi di ketinggian simulasi 18.000 kaki. Hasil: Terjadi pemanjangan waktu reaksi yang signifikan di ketinggian simulasi 18.000 kaki. (100.11 mdet ± 15,76) dibandingkan dengan waktu reaksi di ketinggian permukaan (90.98 mdet ± 14.53) (p < 0.05). Pemanjangan waktu reaksi ini disebabkan oleh berkurangnya kecepatan pengaliran rangsang di dalam jaringan otak dan saraf akibat berkurangnya suplai oksigen. Kadar hemoglobin mempunyai hubungan yang kuat dengan terjadinya pemanjangan waktu reaksi ini. Kesimpulan: Hipoksia pada ketinggian simulasi 18.000 kaki menyebabkan pemanjangan waktu reaksi.
The Effect of Hypoxia on Reaction Time Among Indonesian Military Pilot's Candidates at a Simulated Altitude of 18.000 feet in the Hypobaric Chamber, 1999Background: Reaction time is a measure of the speed of reaction, it's a mental process that results from the impels processing through brain and nerves. It is often used to assess the ability of mental tasks performance. The lack of oxygen supply especially in the brain and nerves through hypoxia will prolong reaction time of the pilot which is a main factor to increase the risk of catastrophic in the flight mission. Methodology: A quasi experiment study with a pre and post test design on 64 Indonesian Military Pilot's candidate's age 22-26 years was conducted. Hemoglobin, oxygen saturation, cardio respiratory function, blood sugar and reaction time at ground level was measured. Subjects were exposed to a simulated altitude of 18.000 feet for hypoxia condition in the hypobaric chamber. Hypoxia condition was indicated by 65-72% oxygen saturation. Reaction times at ground level and at 18.000 feet were measured. Results: Reaction time was significantly longer at 18.000 feet (100.11 m sec ± 15.76) compared to ground level (90.98 m sec ± 14.53) (p < O.05). Prolonged reaction time at 18.000 feet is due to decrease of the speed of mental process in brain and nerves caused on reduced oxygen supply. Hemoglobin level showed strong correlation with prolonged reaction time (p-0,000). Conclusion: Hypoxia at a simulated altitude of 18.000 feet prolonged reaction.
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 1996
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wisnu Wardana
Abstrak :
ABSTRAK
Liquefied Petroleum Gas (LPG) dengan kandungan utama propana dan butana berpotensi untuk menjadi sumber karbon dalam sintesis aligned carbon nanotubes (ACNT). Penelitian ini mempelajari pengaruh konsentrasi karbon dari LPG yang merupakan banyaknya jumlah mol karbon dalam volume gas keseluruhan dan waktu reaksi pada yield dan diameter CNT yang dihasilkan. Sintesis CNT menggunakan metode Floating Catalyst-Chemical Vapor Deposition (FC-CVD) dengan katalis ferrocene pada bola silika sebagai substrat. Karbon hasil sintesis tumbuh di substrat dan dinding reaktor kuarsa. Peningkatan konsentrasi karbon dari 0,017 M hingga 0,048 M mampu menghasilkan CNT pada substrat tetapi belum berbentuk ACNT. Yield yang dihasilkan memiliki kecenderungan untuk turun kemudian naik. Peningkatan konsentrasi karbon menurunkan diameter CNT dari 56 nm menjadi 41 nm. Penambahan waktu reaksi dari 40 menit menjadi 120 menit mampu meningkatkan yield dan memperbesar diameter CNT dari 41 nm menjadi 87 nm.
ABSTRACT
Liquefied Petroleum Gas (LPG) with propane and butane as the main components is potential to be carbon source in synthesis of aligned carbon nanotubes (ACNT). This research studies the influence of carbon concentration from LPG which is amount of the carbon moles in total volume of input gases and reaction time in yield and diameter of CNT produced. The synthesis of CNT using Floating Catalyst-Chemical Vapor Deposition (FC-CVD) method with ferrocene as catalysts on silica spheres as substrate. The carbons produced grow in substrate and quartz reactor?s wall. Increases carbon concentration from 0.017 M to 0.048 M is capable producing CNT on substrate but unformed ACNT. Yield produced has a tendency to down and then rise. Increases in carbon concentration reduce the diameter of CNT from 56 nm to 41 nm. Increases reaction time from 40 to 120 minutes is able to improve yield and increase diameter of CNT from 41 nm to 87 nm.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T41656
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dini Sabila
Abstrak :
Latar Belakang. Pekerja call center dituntut untuk memiliki fungsi psikomotor kognitif yang konstan, yaitu dalam bentuk atensi dan konsentrasi. Penurunan atensi dan konsentrasi dapat terjadi pada pekerja call center shift malam. Penelitian ini bertujuan untuk menilai fungsi psikomotor kognitif yang diukur dengan perubahan simple auditory reaction time selama periode kerja shift malam dan faktor-faktor yang berhubungan. Metode. Studi longitudinal dengan pengukuran simple auditory reaction time berulang pada pukul 8pm, 12am, 4am, dan 8am menggunakan alat L77 Lakassidaya. Penelitian dilakukan di call center PT X, dengan besar sampel 55 orang. Pengambilan sampel menggunakan cara purposive sampling. Kuesioner karakteristik subjek digunakan untuk mengetahui variabel jenis kelamin, usia, lama bekerja, status pernikahan, waktu tidur sebelum bekerja, jenis aktivitas fisik, merokok, dan minum kopi dan/atau minuman berenergi. Hasil. Terdapat perubahan auditory reaction time yang signifikan antara pukul 8pm, 12am, 4am, dan 8am (p=0,001). Pemanjangan auditory reaction time yang signifikan terjadi sejak pukul 12am (p=0,003). Terdapat hubungan yang bermakna antara faktor minum kopi dan/atau minuman berenergi dengan pemanjangan auditory reaction time hubungan yang bermakna antara variabel karakteristik subjek lainnya dengan pemanjangan auditory reaction time. Kesimpulan. Terjadi pemanjangan auditory reaction time pada pekerja call center shift malam. Pemanjangan auditory reaction time yang signifikan terjadi sejak pukul 12am, dengan waktu reaksi terpanjang adalah pada pukul 8am. Pemanjangan auditory reaction time yang lebih sedikit didapatkan pada subjek yang minum kopi dan/atau minuman berenergi sebelum bekerja shift malam dibandingkan dengan yang tidak. ......Background. Call center workers are obliged to have constant psychomotor cognitive function at all time in the form of atention and concentration. Decreased of atention and concentration level could happen in call center worker working night shift. The aim of this study is to assess psychomotor cognitive function which is representated by simple auditory reaction time change during night shift period and to assess its related factors. This is a longitudinal study with repeated simple auditory reaction time measurement at 8pm, 12am, 4am, and 8am by using L77 Lakassidaya tool. This study was conducted at PT X, with sample size of 55 persons. Participants were chosen by purposive sampling. Participant characteristic questionnaire is used to obtain data of variable sex, age, years of work, marital status, sleeping hour before working night shift, intensity of physical activity, smoking, and drinking coffee and/or drinking energy beverages. Result. There is significant change of simple auditory reaction time measured at 8pm, 12am, 4am, and 8am (p=0,001). Significant elongation of auditory reaction time is detected since 12am (p=0,003). There is significant relationship between drinking coffee and/or drinking energy beverages and elongation of auditory reaction time (p=0,048). No significant relationship between other participant characteristic variables and elongation of auditory reaction time. There is elongation of auditory reaction time in call center workers working night shift. Significant elongation of auditory reaction time was detected since 12am, with the longest auditory reaction time measured was at 8am. Shorter elongation of auditory reaction time was found in subjects who drank coffee and/or drinking energy beverages before night shift compared to those who did not.
Depok: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2019
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mario Binsar
Abstrak :
Latar Belakang: Kelelahan (Fatigue) memiliki peran yang cukup penting dalam semua industri, terutama bila berhubungan dengan kinerja, keamanan, dan produktivitas. Operasi Minyak dan Gas, terutama pengeboran bersifat eksplorasi yang dilakukan di area lepas pantai merupakan bentuk pekerjaan yang dianggap memiliki risiko yang tinggi. Kelelahan dalam operasi minyak dan gas tercatat memberikan andil pada beberapa insiden yang sifatnya fatal dan katastropik. Sampai dengan saat ini masih sulit untuk memperkirakan sejauh mana kelelahan berkontribusi pada insiden di operasi minyak dan gas (migas). Hal ini dikarenakan kurangnya pelaporan insiden yang konsisten, cukup, dan efektif. Survai subjektif dan kuesioner seringkali dipilih sebagai instrumen dalam menilai kelelahan. Namun, instrumen tersebut masih dinilai belum sesuai untuk digunakan pada lingkungan pekerjaan Migas. Kebutuhan akan penilaian kelelahan secara subyektif yang komprehensif, reliabel, dan relevan bagi pekerja Migas inin menjadi dasar Shortz dkk mengembangkan suatu survei yang dikhususkan untuk para pekerja bidang migas. Survei ini disebut Fatigue Risk Assessment and Management in high-risk Environments (FRAME) Survey yang dalam bentuk aslinya masih berbahasa Inggris. Belum terdapat FRAME Survey dalam versi bahasa Indonesia yang baku dan telah melalui proses uji validasi dan reliabilitas. Survei ini juga belum pernah diuji kesesuaiannya dengan instrumen lain yang telah digunakan sebagai alat penilaian kelelahan. Sehingga diperlu untuk melakukan uji validitas dan reliabilitas dari FRAME dalam penelitian ini. Metode: Penelitian dimulai dengan melaksanakan penerjemahan dan adaptasi transkultural dari bahasa Inggris menjadi kuesioner berbahasa Indonesia, dan kemudian di ikuti dengan pengujian dengan uji korelasi Pearson terhadap data yang dikumpulkan dari populasi pekerja Indonesia yang bekerja di lokasi penelitian. Selanjutnya dikumpulkan data dari hasil pengisian kuesioner dan pemeriksaan waktu reaksi menggunakan instrumen Lakassidaya L-77 di ikuti dengan uji kesesuaian menggunakan uji korelasi bivariat. Hasil: Berdasarkan hasil adaptasi transkultural, expert panel, cognitive debriefing dan pengujian reliabilitas dan validitas dengan korelasi bivariat Pearson dengan sampel yang didapat dari 105 responden (n=105), nilai koefisien korelasi (r ) antara .206 hingga .697. Dengan keseluruhan butir pertanyaan memiliki nilai koefisien korelasi diatas nilai critical value (.1918). Nilai ± Cronbach didapatkan 911. Pada uji kesesuaian, hasil dari korelasi bivariat (n=150) didapat signifikansi yang rendah (p>0.05) dengan kekuatan korelasi yang moderat (r = 0.04). Kesimpulan: Penelitian ini telah menghasilkan kuesioner Fatigue Risk Assessment and Management in High-Risk Environments (FRAME) Survey versi Bahasa Indonesia dengan validitas dan reliabilitas yang dapat diterima. FRAME Survey versi Bahasa Indonesia memiliki keeratan hubungan yang moderat dengan signifikansi yang rendah bila dibandingkan dengan hasil pengukuran kelelahan berdasarkan waktu reaksi yang diukur dengan instrumen Lakassidaya L-77. ......Background: Fatigue has a significant impact in all industries, especially when it comes to performance, safety, and productivity. Oil and Gas operations, especially exploratory drilling conducted in offshore areas are forms of work considered high risk. Fatigue in oil and gas operations contribute to several fatal and catastrophic incidents. Until now it is still difficult to estimate the extent fatigue contributed to incidents in oil and gas operations,  due to the lack of consistent, sufficient, and effective incident reporting. Subjective surveys and questionnaires are often chosen as instruments in assessing fatigue. However, these instruments are still considered not suitable for use in the oil and gas work environment.  The need of a comprehensive, reliable, and relevant subjective assessment of fatigue for oil and gas workers is the basis for  Shortz et al to develop a survey devoted to oil and gas workers. This survey is called Fatigue Risk Assessment and Management in high-risk Environments (FRAME) Survey which originally in English. There is still no a valid and reliable FRAME Survey in Indonesian language. The original survey has never been tested for compatibility with other instruments which used as fatigue assessment tools. Method: The research began by carrying out transcultural translation and adaptation from English into an Indonesian questionnaire, and then followed by testing using pearson correlation test against data collected from the Indonesian Oil and Gas workers population at the research site. Furthermore, data was collected from the results of filling out questionnaires and checking reaction time using the Lakassidaya L-77 instrument followed by conformity study using bivariate correlation tests. Results: Based on transcultural adaptation, expert panel, cognitive debriefing and reliability testing and validity with Pearson bivariate correlation with samples obtained from 105 respondents (n = 105), the correlation coefficient value (r) between .206 to .697 with α cronbach of 0.911. In conformity tests, the result of bivariate correlation (n=150) obtained a low significance (p>0.05) with moderate correlation strength (r = 0.04). Conclusion: This study has produced a Indonesian version of the Fatigue Risk Assessment and Management in High-Risk Environments (FRAME) Survey questionnaire with acceptable validity and reliability. Indonesian version of FRAME Survey has a moderate relationship with low significance when compared to the results of fatigue measurements based on reaction time measured with the L-77 Lakassidaya instrument.
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Florence Dhalia
Abstrak :
Kebisingan lalu lintas meningkat seiring dengan peningkatan jumlah kendaraan dan tingkat kepadatan lalu lintas. Hal yang sama terjadi di Jakarta yang kini mempunyai tingkat kebisingan rata-rata sebesar 78,8 dB, jauh lebih tinggi dibandingkan dengan batas dari Kementrian Lingkungan yakni 65 dB untuk jalur perdagangan. Dalam skripsi ini penulis mencoba membuktikan dampak lain kebisingan selain pada pendengaran, yaitu pada keawasan pengendara. Dimana keawasan pengendara yang merupakan salah satu penyebab utama kecelakaan lalu lintas. Keawasan dari subjek akan diukur menggunakan eight-choice reaction time yang dapat merepresentasikan sensasi, persepsi, keawasan dan pemilihan respons. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebisingan berdampak secara signifikan pada choice reaction time dimulai pada L Aeq (2 hr) 76 dB untuk komuter dan L Aeq (8 hr) 70 dB untuk yang berprofesi supir. ......Traffic Noise increasing from time to time as increasement of vehicle and traffic intensity. The same things happened in Jakarta that has noise level at 78.8 dB based on research in 2004, far higher than the level defined by Indonesia Environment Ministry at 65 dB for commercial road. This research trying to prove another effect of noise besides hearing loss, one of them is alertness. Where driver alertness is one of major reasons of traffic accident. Subject alertness is measured in eight-choice reaction time that represent sensation, perception, awareness and response selection well. The result shown that noise affect choice reaction time significantly starting at L Aeq (2 hr) 76 dB that exposure to commuter dan L Aeq (8 hr) 70 dB exposure for who work as driver.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S1362
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Alex Justian
Abstrak :
ABSTRAK Lingkungan dapat mempengaruhi kinerja seseorang dalam melaksanakan aktivitasnya. Lingkungan yang tidak nyaman dapat mengakibatkan menurunnya efektivitas suatu kegiatan, baik prosesnya, maupun hasilnya. Belajar adalah salah satu aktivitas yang sangat mudah dipengaruhi efektivitasnya. Belajar adalah sebuah aktivitas yang membutuhkan daya konsentrasi tinggi. Semakin tinggi konsentrasi belajar, semakin optimal hasil pembelajarannya. Dalam skripsi ini penulis mencoba menganalisa bagaimana pengaruh kebisingan terhadap performa belajar pada murid SD, dan juga seberapa tinggi batasan kebisingan yang dapat diterima oleh anak SD dengan menggunakan Design of Experiment untuk selanjutnya dianalisa dengan Mode Adequacy Checking. Setelah diteliti, hasil yang didapat adalah pajanan kebisingan dapat mempengaruhi performa belajar murid SD secara signifikan pada level di atas 53 DBA.
Abstract
Environment can affects an individual's performance in doing their activities. An uncomfortable environment will reduce activity effectiveness, in either process and results. Learning is an activity which requiring high concentration. The higher one person could concentrate, more optimal the learning result. In this paper, the author tries to analyze how the noise influence elementary students performance in learning, and also the noise limit which still toleratable for the students by using Design of Experiment and then do the analyze with Mode Adequacy Checking. The result suggest that the noise exposure could affect elementary students? learning performance significantly on the level above 53DBA.
2012
S43411
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Nurvidya Rachma Dewi
Abstrak :
Latar belakang: Gangguan kognitif memiliki prevalens yang tinggi pada orang dengan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) dan dapat menunjukkan hambatan kognitif di berbagai aspek, termasuk waktu reaksi. Penelitian ini dilakukan untuk melihat perbandingan waktu reaksi pada kelompok pengemudi taksi PT “X” di Jakarta yang PPOK dan bukan PPOK. Metode: Total 99 orang pengemudi taksi PT “X” di Jakarta dilibatkan dalam penelitian potong lintang ini dan menjalani beberapa pemeriksaan. Kuesioner dan wawancara dilakukan untuk mendapatkan informasi tentang karakteristik dasar, latar belakang pendidikan, faktor pekerjaan dan status merokok. Pemeriksaan spirometri dan uji bronkodilator dilakukan untuk menilai faal paru dan mendeteksi gangguan saluran napas. Versi Indonesia dari uji Montreal Cognitive Assessment (MoCA-Ina) digunakan untuk menilai adakah gangguan kognitif pada subjek. Waktu reaksi subjek diukur dengan menggunakan alat reaction timer Lakassidaya L-77 (Biro Konsultasi Departemen Kesehatan, Keselamatan dan Produktivitas Kerja, Yogyakarta, Indonesia). Hasil: Proporsi PPOK pada pengemudi taksi PT “X” di Jakarta adalah 9,47%, dengan 84,62% dari pengemudi taksi dengan PPOK memiliki gangguan kognitif. Hasil rerata waktu reaksi pada kelompok PPOK lebih lambat bila dibandingkan dengan kelompok bukan PPOK yaitu sebesar 252,18 milidetik dibandingkan dengan 202,73 milidetik. Kesimpulan: Proporsi PPOK pada pengemudi taksi PT “X” di Jakarta adalah sebesar 9,47%. Sebagian besar dari pengemudi taksi yang PPOK tersebut memiliki gangguan kognitif yang dapat mempengaruhi waktu reaksi dan selanjutnya dapat berpengaruh terhadap performa mengemudi.
Background: Cognitive impairment is prevalent in chronic obstructive pulmonary disease (COPD) and is detrimental to work performance, including reaction time. This study investigates the comparison of reaction times between taxi drivers with COPD and without COPD. Method: This cross-sectional study included 99 male taxi drivers of a taxi company in Jakarta, Indonesia, as subjects. Subjects were questioned and examined to obtain their basic characteristics, educational backgrounds, occupational factors, and smoking status. Lung function tests were used to detect respiratory airway disorders. The Indonesian version of the Montreal Cognitive Assessment (MoCA-Ina) test was used to determine cognitive impairment. The reaction times were measured using reaction timer Lakassidaya L-77 (The Occupational Health, Safety, and Work Productivity Consultative Bureau, Yogyakarta, Indonesia). Result: The proportion of COPD was 9.47%, and 84.62% of which had cognitive impairment. The mean reaction time of the COPD group was slower than the non-COPD group (252.18 ms vs. 202.73 ms). Conclusion: The proportion of taxi drivers with COPD in this study was 9.47%. Most of them had a cognitive impairment, which affected their reaction time and ultimately impaired their driving performance.
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2019
SP-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Lisa Nurhasanah
Abstrak :
[ABSTRAK
Latar belakang : Kelelahan kerja banyak terdapat pada pekerja industri manufaktur alat berat. Bising di bawah nilai ambang batas dapat menyebabkan kelelahan kerja sebagai salah satu efek non auditorik. Kelelahan kerja dapat diperiksa dengan memeriksa waktu reaksi pekerja. Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan rerata waktu reaksi pada pekerja industri manufaktur alat berat yang terpajan bising di bawah ambang batas yaitu pada kelompok terpajan bising 60-70dB, 71-80dB, dan 81-85dB. Metode penelitian:` Cross sectional deskriptif komparatif. Dilakukan pada 149 orang pekerja laki-laki. Data dikumpulkan dengan wawancara, pemeriksaan fisik, pemeriksaan waktu reaksi dengan Lakassidaya dan kuesioner KAUPK2. Subyek penelitian mempunyai kriteria inklusi bersedia mengikuti penelitian menandatangani informed consent, usia 19-55 tahun pada saat penelitian dilaksanakan,tidak mempunyai riwayat penyakit, lama kerja 8 jam atau tidak lembur, memiliki beban kerja yang sama, kriteria eksklusinya adalah pada saat dilaksanakan penelitian dalam keadaan sakit atau baru sembuh dari sakit. Hasil: analis dengan menggunakan uji statistik Kruskal wallis antara rerata waktu reaksi dengan kelompok pajanan bising 60-70db, 71-80dB dan 81-85dB dengan nilai p = 0,001. Untuk mengetahui bising manakah yang bermakna hasil uji Mann-Whitney diketahui bahwa antara kelompok pajanan bising 60-70 dB dan 71-80dB pada pemeriksaan waktu reaksi sebelum bekerja, sesudah bekerja dan selisih pemeriksaan sebelum dan sesudahnya didapatkan perbedaan yang bermakna terhadap kelompok pajanan bising 81-85dB. Sedangkan pada kelompok pajanan bising 60-70dB terhadap kelompok pajanan bising 71-80dB pada pemeriksaan waktu reaksi sebelum bekerja, sesudah bekerja dan selisihnya tidak didapatkan perbedaan yang bermakna dengan nilai p<0.05 Kesimpulan: Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan bermakna antara rerata waktu reaksi terhadap kelompok pajanan bising dibawah nilai ambang batas yaitu pada kelompok pajanan bising 60-70db, kelompok pajanan bising 71-80dB dan kelompok pajanan bising 81-85dB. Kelompok pajanan bising 60-70 dB dan 71-80dB pada pemeriksaan waktu reaksi sebelum bekerja, sesudah bekerja dan selisih pemeriksaan sebelum dan sesudahnya didapatkan perbedaan yang bermakna terhadap kelompok pajanan bising 81-85dB. Sedangkan pada kelompok pajanan bising 60-70dB terhadap kelompok pajanan bising 71-80dB tidak terdapat perbedaan bermakna.
ABSTRACT
Background: Occupational fatigue commonly found in the workers of heavy equipment manufacturing industry. Noise below the threshold value may cause occupational fatigue as one of non-auditory effects. Occupational fatigue can be examined by checking the reaction time of the workers. This study aims to know the difference of mean reaction time in heavy equipment manufacturing industry workers whom exposed with noise under the threshold value, which grouped into three exposure groups: 60-70dB, 71-80dB, and 81-85dB. Study Method: Comparative, descriptive cross-sectional study. It is conducted to 149 male workers. Data collected by interview, physical examination, reaction time test with Lakassidaya and questionnaire of KAUPK2. The inclusion criteria for the subject are a willingness to follow the study and to sign the informed consent, age 19 ? 55 years old when the study conducted, no illness history, 8 hours working duration or without overtime, and has equal working load. The exclusion criteria is that the subject is ill when the study being conducted or recover from illness recently. Result: Kruskal Wallis statistical test is used to analyze the mean reaction time between the three exposure groups, 60-70 dB, 71-80 dB, and 81-85 dB with p value <0,001. To acknowledge which noise is significant, the Mann-Whitney test is used. The results suggest that the reaction time examination of before work, after work and the difference between, is significantly different between the groups of 60-70 dB and 71-80 dB toward the group of 81-85 dB, whereas the reaction time examination of before work, after work and the difference between, in the group 60-70 dB toward the group of 71-80 dB is not significantly different, with p value <0.05. Conclusion: It is concluded that there is a significant difference in the mean reaction time towards the noise exposures below the threshold value, which are the groups of 60-70 dB, 71-80 dB and 81-85 db. The reaction time examination of before work, after work and the difference between, in the groups of 60-70 dB and 71-80 dB is found to be significantly different toward the group 81-85 dB. Meanwhile, there is no significant difference in the group of 60-70 dB toward the group of 71-80 dB.;Background: Occupational fatigue commonly found in the workers of heavy equipment manufacturing industry. Noise below the threshold value may cause occupational fatigue as one of non-auditory effects. Occupational fatigue can be examined by checking the reaction time of the workers. This study aims to know the difference of mean reaction time in heavy equipment manufacturing industry workers whom exposed with noise under the threshold value, which grouped into three exposure groups: 60-70dB, 71-80dB, and 81-85dB. Study Method: Comparative, descriptive cross-sectional study. It is conducted to 149 male workers. Data collected by interview, physical examination, reaction time test with Lakassidaya and questionnaire of KAUPK2. The inclusion criteria for the subject are a willingness to follow the study and to sign the informed consent, age 19 – 55 years old when the study conducted, no illness history, 8 hours working duration or without overtime, and has equal working load. The exclusion criteria is that the subject is ill when the study being conducted or recover from illness recently. Result: Kruskal Wallis statistical test is used to analyze the mean reaction time between the three exposure groups, 60-70 dB, 71-80 dB, and 81-85 dB with p value <0,001. To acknowledge which noise is significant, the Mann-Whitney test is used. The results suggest that the reaction time examination of before work, after work and the difference between, is significantly different between the groups of 60-70 dB and 71-80 dB toward the group of 81-85 dB, whereas the reaction time examination of before work, after work and the difference between, in the group 60-70 dB toward the group of 71-80 dB is not significantly different, with p value <0.05. Conclusion: It is concluded that there is a significant difference in the mean reaction time towards the noise exposures below the threshold value, which are the groups of 60-70 dB, 71-80 dB and 81-85 db. The reaction time examination of before work, after work and the difference between, in the groups of 60-70 dB and 71-80 dB is found to be significantly different toward the group 81-85 dB. Meanwhile, there is no significant difference in the group of 60-70 dB toward the group of 71-80 dB., Background: Occupational fatigue commonly found in the workers of heavy equipment manufacturing industry. Noise below the threshold value may cause occupational fatigue as one of non-auditory effects. Occupational fatigue can be examined by checking the reaction time of the workers. This study aims to know the difference of mean reaction time in heavy equipment manufacturing industry workers whom exposed with noise under the threshold value, which grouped into three exposure groups: 60-70dB, 71-80dB, and 81-85dB. Study Method: Comparative, descriptive cross-sectional study. It is conducted to 149 male workers. Data collected by interview, physical examination, reaction time test with Lakassidaya and questionnaire of KAUPK2. The inclusion criteria for the subject are a willingness to follow the study and to sign the informed consent, age 19 – 55 years old when the study conducted, no illness history, 8 hours working duration or without overtime, and has equal working load. The exclusion criteria is that the subject is ill when the study being conducted or recover from illness recently. Result: Kruskal Wallis statistical test is used to analyze the mean reaction time between the three exposure groups, 60-70 dB, 71-80 dB, and 81-85 dB with p value <0,001. To acknowledge which noise is significant, the Mann-Whitney test is used. The results suggest that the reaction time examination of before work, after work and the difference between, is significantly different between the groups of 60-70 dB and 71-80 dB toward the group of 81-85 dB, whereas the reaction time examination of before work, after work and the difference between, in the group 60-70 dB toward the group of 71-80 dB is not significantly different, with p value <0.05. Conclusion: It is concluded that there is a significant difference in the mean reaction time towards the noise exposures below the threshold value, which are the groups of 60-70 dB, 71-80 dB and 81-85 db. The reaction time examination of before work, after work and the difference between, in the groups of 60-70 dB and 71-80 dB is found to be significantly different toward the group 81-85 dB. Meanwhile, there is no significant difference in the group of 60-70 dB toward the group of 71-80 dB.]
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Mentari Sofyan Putri
Abstrak :
Nelayan adalah jenis pekerjaan dengan risiko kelelahan kerja yang tinggi. Kelelahan kerja dapat disebabkan oleh penurunan kadar elektrolit akibat dehidrasi yang dicetuskan oleh pajanan tekanan panas atau peningkatan kadar asam laktat akibat beban kerja yang tinggi. Salah satu cara mencegahnya adalah asupan cairan yang cukup. Sebagai contoh, air kelapa yang mudah ditemukan di Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh suplementasi air kelapa kemasan terhadap waktu reaksi dan kadar asam laktat. Desain penelitian ini adalah true experimental, comparison pre intervension-post intervension group. Intervensi berupa air kelapa kemasan dengan air mineral kemasan sebagai kontrol. Subjek berjumlah 18 orang pada kelompok intervensi dan 19 orang pada kelompok kontrol. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara terpimpin menggunakan kuesioner serta pemeriksaan kelelahan dengan waktu reaksi dan asam laktat. Pengukuran waktu reaksi setelah intervensi berbeda signifikan (p 0.001) antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol pada rangsang cahaya yang tidak ditemukan pada rangsang suara. Begitu pula dengan pemeriksaan asam laktat (p 0.121) antar kelompok. Hipotesis terbukti bahwa air kelapa kemasan berpengaruh lebih besar dalam mencegah kelelahan kerja berdasarkan waktu reaksi rangsang cahaya dan tidak ada pengaruh pemberian air kelapa kemasan terhadap perubahan kadar asam laktat. ......Fishermen are a type of work with a high risk of work fatigue. Fatigue can be caused by a decrease in electrolyte levels due to heat stress-induced dehydration or an increase in lactic acid levels due to high workloads. One way to prevent this is adequate fluid intake. For example, coconut water is easily found in Indonesia. Therefore, this study aims to reveal the effect of supplementation of packaged coconut water on reaction time and lactic acid levels. The design of this study is true experimental, comparison pre intervention-post intervention group. Interventions in the form of packaged coconut water with packaged mineral water as a control. Subjects numbered 18 people in the intervention group and 19 people in the control group (after drop out). Data retrieval was carried out by guided interviews using questionnaires and measurement of fatigue with reaction time and lactic acid. The measurement of reaction time after intervention differed significantly (p 0.001) between the intervention group and the control group in visual stimuli, which was not found in the auditory stimuli. Similarly, the lactic acid examination did not differ significantly (p 0.121) between groups. The hypothesis is proven that packaged coconut water has a greater effect in preventing work fatigue based on visual reaction time and there is no effect of giving packaged coconut water to changes in lactic acid levels.
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2019
T58734
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dian Sustana Safitri
Abstrak :
Salah satu bentuk hazard adalah pola kerja/istirahat dan waktu kerja. Diklasifikasikan sebagai salah satu jenis hazard karena pola kerja berpotensi menimbulkan gangguan irama kerja dan istirahat pada manusia terutama pada pekerja shift malam. Sebagai salah satu akibat negatif dari pola kerja terutama pola shift, kelelahan kerja merupakan keluhan umum pada populasi pekerja. Hampir 20% dari populasi pekerja melaporkan gejala yang termasuk dalam kelelahan kerja . Sedangkan kelelahan kerja sendiri mempunyai efek negatif pada safety, kesehatan dan pembiayaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kelelahan pada karyawan perusahaan migas X Kalimantan Timur dan hubungan antara kelelahan dengan pola kerja, umur, lama bekerja, jenis pekerjaan, jam kerja, indeks massa tubuh dan kondisi kesehatan untuk dapat diambil langkah - langkah dan upaya mitigasi. Desain penelitian ini adalah penelitian cross sectional dan pengukuran kelelahan dilakukan dengan menggunakan 2 metode yaitu subjective feeling fatigue dengan menggunakan kuesioner Fatigue Assesment Scale (FAS) dan alat pengukur kecepatan reaksi reaction time. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosentase kelelahan bervariasi antara 33% sampai dengan 88%. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa jam kerja adalah faktor yang berhubungan dengan kelelahan sedangkan faktor pola kerja, umur, lama bekerja, jenis pekerjaan, indeks massa tubuh dan kondisi kesehatan tidak berhubungan. Analisis multivariat pada menunjukkan bahwa faktor jenis kerja, usia dan jam kerja adalah faktor - faktor yang dominan berpeluang mempengaruhi kelelahan. Perlunya dilakukan penelitian yang lebih mendalam mengenai kelelahan kerja dengan mempertimbangkan faktor independen lain seperti faktor lingkungan dan tanggung jawab. Pemanfaatan waktu istirahat dengan baik, pengaturan waktu kerja, pengelolaan lingkungan kerja, program olah raga dan pemeriksaan kesehatan secara berkala merupakan usaha - usaha yang dapat dilakukan untuk penegelolaan keleleahan kerja di lokasi kerja.
One type of hazard is work/ rest pattern. It is classified into one type of hazard since the work pattern has potential to disturb working and rest rhythm for human being especially for night shift workers. As one of negative impacts of working pattern especially shifts work, fatigue is general complaint from workers population. Almost 20% of the worker`s population reporting fatigue symptom. Fatigue itself has negative effects on safety, health and cost. The purposes of this research are in order to know fatigue condition of employees who work at oil and gas company X East Kalimantan and the relationship between fatigue and working pattern, age, working tenure, working type, working hour, body mass index and illness for taking necessary and mitigation actions. The research design is cross sectional and fatigue measurement using 2 methods i.e. measuring subjective feeling fatigue with Fatigue Assessment Scale (FAS) questionnaire and measuring reaction time. The result showed that percentage of worker with fatigue is varying from 33% up to 88%. Working hour is the only independent factor which has relationship with fatigue among other factors such as working pattern, age, working tenure, working type, body mass index and illness. Multivariate analysis showed that working type, age and working hour are dominant factors which are contributing to fatigue. Conduct further research on fatigue using other independent factors such as environment and responsibility. Optimize rest and break time, working time arrangement, working environment management, fitness and sport program and annual medical program are mitigation programs for fatigue management on site.
Depok: Universitas Indonesia, 2008
T41330
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library