Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 6 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Mahatma Putri
"

Emoji merupakan bahasa yang muncul akibat pola komunikasi termediasi komputer sebagai representasi isyarat nonverbal yang umum ditemukan dalam konteks interpersonal dan bisnis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui fungsi dan peran emoji dalam iklan, sebagai variabel mediasi antara consumer engagement pada SNS terhadap positive affect, brand attachment, serta purchase intention. Penelitian dilakukan di Indonesia melihat tingginya tingkat penyerapan internet dan pertumbuhan e-commerce. Peneliti melakukan uji model menggunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM) berdasarkan dua penelitian terdahulu yang dilakukan Das, Wiener, dan Kareklas (2019) serta Arya, Sethi, dan Verma (2018). Dalam penelitian ini dilakukan survei online kepada 259 anggota grup Facebook FJB Kamera Analog dan Roll Film dengan margin of error 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan emoji dalam iklan memediasi pengaruh positif consumer engagement terhadap positive affect serta purchase intention, tetapi tidak dengan brand attachment. Secara keseluruhan, penggunaan emoji dalam iklan dapat diterapkan sebagai salah satu strategi komunikasi yang efektif sekaligus kreatif karena dapat membangkitkan antusiasme yang mengarah pada meningkatnya minat beli konsumen.


Emoji is a language that emerges from computer-mediated communication patterns as a representation of nonverbal cues that commonly found in interpersonal and business contexts. The purpose of this study was to determine the function and role of emoji in ads, as a mediating variable between consumer engagement on SNS toward positive affect, brand attachment, and purchase intention. The research was conducted in Indonesia because of the high rate of internet absorption and the growth of e-commerce. Model testing was carried out using Structural Equation Modeling (SEM) analysis, based on two previous studies by Das, Wiener, and Kareklas (2019) as well as Arya, Sethi, and Verma (2018). In this study an online survey was conducted on 259 Facebook group members FJB Kamera Analog dan Roll Film with a 5% margin of error. The results showed that the use of emoji in ads mediated the positive influence of consumer engagement toward positive affect and purchase intention, but not with brand attachments. Overall, the use of emoji in ads can be applied as one of the effective and creative communication strategies because it can generate enthusiasm that leads to increased purchase intention.

"
2019
T53102
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Vanessa Maudy Putri
"Untuk dapat merasa bahagia, kemampuan individu dalam melakukan inhibitory control terhadap informasi negatif yang tidak relevan sangatlah penting. Namun, kondisi emosional yang bersifat sementara seperti mood dan perubahan afek positif dikenal dapat memengaruhi performa fungsi kognitif ini. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara inhibitory control dan tingkat kebahagiaan dengan mood dan perubahan afek positif sebagai moderator. Sebanyak 119 partisipan yang sehat mental berusia 18 - 35 tahun (M = 21,5 tahun) berpartisipasi dalam penelitian ini. Sejumlah 59 partisipan menerima induksi mood positif dan 60 orang menerima induksi mood netral. Tingkat kebahagiaan diukur menggunakan Subjective Happiness Scale (Lyubomirsky & Lepper, 1999), mood diukur menggunakan The Positive and Negative Affect Schedule (Watson et al., 1988), sedangkan perubahan afek positif diukur dari selisih penilaian afek positif sebelum (Pre PA) dan setelah (Post PA) induksi mood dilakukan. Performa inhibitory control untuk informasi negatif diukur menggunakan tugas Negative Affective Priming. Hasil analisis moderasi dengan PROCESS model 2 menunjukkan bahwa performa inhibitory control untuk informasi negatif adalah prediktor positif dan signifikan untuk tingkat kebahagiaan. Mood memoderasi secara signifikan hubungan antara performa inhibitory control terhadap informasi negatif dan tingkat kebahagiaan, tetapi perubahan afek positif tidak memoderasi hubungan ini. Selain itu, berdasarkan analisis moderasi PROCESS model 1, pada kondisi mood netral, terdapat korelasi positif antara inhibitory control untuk informasi negatif dan tingkat kebahagiaan. Sebaliknya, pada kondisi mood positif, terdapat korelasi negatif antara inhibitory control untuk informasi negatif dan tingkat kebahagiaan. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa dinamika hubungan antara performa inhibitory control dalam menghambat informasi negatif dan tingkat kebahagiaan dipengaruhi oleh mood partisipan.

Largely influenced by moodIn order to be happy, it is important to hone the ability to inhibit irrelevant negative information. However, temporary emotional states such as mood and changes in positive affect are known to affect the performance of inhibitory control. The current study aimed to examine the moderating roles of mood and changes in positive affect on the relationship between inhibitory control and happiness. A total of 119 mentally healthy participants aged 18-35 years (M = 21.5 years) participated in this study. Fifty-nine participants received positive mood induction and 60 participants received neutral mood induction. Happiness was measured using the Subjective Happiness Scale (Lyubomirsky & Lepper, 1999), mood was measured using The Positive and Negative Affect Schedule (Watson et al., 1988), while changes in positive affect was measured by calculating the difference between the levels of positive affect before (Pre PA) and after (Post PA) the mood induction procedure. Inhibitory control performance for irrelevant negative information was measured using Negative Affective Priming Task. The results of the moderation analysis using PROCESS model 2 showed that inhibitory control performance for negative information was a significant and positive predictor for happiness. Interestingly, mood significantly moderated the relationship between inhibitory control for negative information and happiness, but changes in positive affect did not moderate this relationship. Based on analysis using PROCESS model 1, in neutral mood condition, there was a positive correlation between inhibitory control for negative information and happiness. Conversely, in positive mood condition, there was a negative correlation between inhibitory control for negative information and happiness. Thus, the findings of this study suggest that the relationship between inhibitory control for irrelevant negative information and happiness is largely influenced by mood."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nurul Khalisah
"Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran emoji yang dapat menggantikan isyarat non verbal dan pengaruh terhadap kepuasan pelanggan yang dimediasi oleh positive affect. Penelitian ini menggunakan desain eksperimental within subject dengan metode vignette dalam bentuk gambar (emoji dan tanpa emoji). Penelitian dilakukan secara daring dengan target partisipan berusia 18-35 tahun, berdomisili di Indonesia, dan pernah menggunakan layanan online chat. Sebanyak 290 data digunakan dalam proses analisis data. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada kepuasan pelanggan dengan emoji dan tanpa emoji, t(289) = 11,047, p = 0,000, d = 0,65. Tingkat kepuasan pelanggan lebih tinggi dengan emoji dibandingkan tanpa emoji. Positive affect juga terbukti dapat memediasi pengaruh emoji terhadap kepuasan pelanggan secara parsial dengan nilai intercept sebesar 0,93, t(287) = 5,22, p = 0,000. Penemuan ini dijelaskan dengan teori emotional contagion, yaitu emosi penerima pesan menjadi serupa dengan emosi yang ditampilkan oleh emoji sehingga dapat mempengaruhi penilaiannya terhadap kepuasan. Dengan demikian, emoji dapat digunakan oleh pemberi layanan melalui online chat untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

This study was conducted to determine the role of emoji which is expected to replace the role of nonverbal cues and their effect on customer satisfaction mediated by positive affect. This study uses an experimental within subject design with vignette method in the form of images (emoji and without emoji). The research was conducted online with the target participants aged 18-35 years, domiciled in Indonesia, and have used online chat services. A total of 290 data were used. The results showed that there were differences in customer satisfaction with and without emoji, t(289) = 11.047, p = 0.000, d = 0.65. Customer satisfaction is higher with emoji than without emoji. Positive affect also proven partially mediate the effect of emoji on customer satisfaction with an intercept value of 0.93, t(287) = 5.22, p = 0.000. Based on theory of emotional contagion, participant emotion becomes similar to the emotion displayed by emoji so that it affect assessment of satisfaction. Thus, emoji can be used by service providers via online chat to increase customer satisfaction."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Akbar Syakir
"Twenge, dkk (2007) menemukan bahwa eksklusi sosial berpengaruh negatif terhadap perilaku menolong. Ketika muncul pertanyaan apakah hal tersebut juga memiliki pengaruh yang sama pada remaja? Pentingnya perilaku menolong bagi perkembangan dan peran sosial remaja adalah alasan utama melakukan penelitian. Uji mediasi afek positif dilakukan untuk memperjelas hubungan kausalitas eksklusi sosial terhadap perilaku menolong. Manipulasi diberikan dalam bentuk false feedback tes kepribadian partisipan yang telah mengisi Eysenk Personality Quotionaire (EPQ). Skor afek positif diukur dengan Positive and Negative Affect Scale (PANAS Scale). Penelitian dilakukan pada 64 partisipan remaja pria dan wanita. Divariasikan menjadi kelompok yang mendapat eksklusi sosial (future alone, n=32) dan kelompok pembanding (future belonging, n=32).
Hasil signifikan menemukan kelompok yang mendapat manipulasi eksklusi (M=0,66, SD=1,72) lebih sedikit yang ikut menolong dibandingkan kelompok pembanding (M=0,87, SD=0,33), Χ2(1,64)=4,267, p<0,05 namun manipulasi eksklusi tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap skor afek positif partisipan, t(62)= -1,851, p>0,05. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh eksklusi sosial terhadap menurunnya perilaku menolong remaja tidak dimediasi oleh afek positif yang dirasakan, z=1,44<1,96, p>0,05.

Twenge, et al (2007) have found social exclusion have negatively effect on helping behavior. When a question appears, whether it would also have the same effect on teens helping behaviour? Importance of helping behavior for teens developments and social role is the reason to doing this research. Testing positive affect as mediator conducted to clarify causality effect of social exclusion on helping behavior. Manipulation is given as false feedback of participant’s personality test, who have complete Eysenk Quotionaire Personality (EPQ). Positive affect measured with the Positive and Negative Affect Scale (PANAS Scale) on 64 participant male and female. Manipulation be variated as one group receiving social exclusion (future alone, n=32) and the other as comparison group (future belonging, n=32).
The results significant finding group has received exclusion manipulation (M=0.66, SD=1.72) participated less helping than the comparison group (M=0.87, SD=0.33), Χ2(1,64)=4.267, p<0.05, but exclusion did not have a significant effect on participants positive affect scores, t(62)= -1.851, p>0.05. The results showed the effect of social exclusion on the decrease teenager’s helping behavior is not mediated by positive affect, z=1.44<1.96, p> 0.05.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
S55812
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Josephine Adeline
"Penelitian ini menganalisis hubungan antara afek positif dengan frekuensi mengunjungi Ruang Terbuka Hijau (RTH) di tingkat individu, dan peran ketergantungan spasial pada hubungan kedua variabel tersebut pada tingkat kelurahan di DKI Jakarta. Data diperoleh dari 793 partisipan yang tersebar di 225 kelurahan di DKI Jakarta. Proses pengambilan data dilakukan secara daring dengan menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner Positive And Negative Affect Schedule (PANAS) dan item frekuensi kunjungan ke RTH buatan Cameron dkk. (2017) yang telah diadaptasi. Analisis korelasi Pearson dilakukan menggunakan SPSS IBM 20, sedangkan analisis spasial menggunakan GeoDa 1.18. Hasil analisis korelasi menunjukkan terdapat korelasi positif yang signifikan antara afek positif dan frekuensi mengunjungi RTH di tingkat individu (r = .244, p < 0.01) dan kelurahan (slope = .224, p = .001). Sedangkan, hasil analisis regresi spasial tidak menemukan adanya peran ketergantungan spasial pada hubungan afek positif dengan RTH (Moran’s I = 1.08, p = .27). Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa tidak ada peran ketergantungan spasial pada korelasi positif antara afek positif dan frekuensi mengunjungi RTH.

This current study analyzed the relationship between Positive Affect and frequency of visits to Urban Green Space (UGS) at the individual level, and the role of spatial dependence on the relationship between both variables at the subdistrics level in Jakarta. A total of 793 participants’ data from 225 subdistricts in Jakarta were obtained using an online questionnaire. The instruments used in this study were the adaptation of Positive And Negative Affect Schedule (PANAS) and frequency of visits to UGS items from Cameron et al. (2017). Pearson Correlation was conducted using SPSS IBM 20, while GeoDa 1.18 was used to do the spatial analysis. Results showed that there is a significant and weak positive correlation between Positive Affect and frequency of visits to UGS at the individual level (r = .224, p < 0.01) and subdistricts level (slope = .224, p = .001). On the other hand, spatial regression analysis revealed that spatial dependence doesn’t have a significant role in the relationship between Positive Affect and frequency of visits to UGS (Moran’s I = 1.08, p = .27)."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yazid Hamdani
"Penelitian ini membahas tentang pengaruh Store Environment, Impulse Buying tendency dan Shopping Enjoyment Tendency terhadap dorongan impulse buying di Lawson. Penelitian ini menggunakan desain riset studi deskriptif dengan melakukan survey kepada 165 responden pengunjung Lawson yang pernah melakukan pembelian impulsif. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif konklusif-cross sectional (single cross period). Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik non-probability sampling yakni convenience sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan SPSS 22 for windows untuk melakukan analisis pre test dan menggunakan Structural Equation Model (SEM) untuk main test.
Hasil dari penelitian ini bahwa pertama, shopping enjoyment tendency berpengaruh positif terhadap pembelian impulsif melalui afeksi positif dan urge. Kedua, Impulse buying tendency berpengaruh positif terhadap pembelian impulsif melalui urge. Ketiga, Store environment perception berpengaruh positif terhadap dorongan pembelian impulsif melalui afeksi positif. Keempat, Store environment tidak menimbulkan dorongan dalam melakukan pembelian impulsif kendati dorongan melakukan pembelian impusif itu mempengaruhi keputusan pembelian impulsif. Kelima, Store environment tidak berpengaruh pada dorongan pembelian impulsif melalui afeksi negatif kendati dorongan melakukan pembelian impusif itu mempengaruhi keputusan pembelian impulsif.

This study discusses the influence of store environment, impulse buying tendency and shopping enjoyment tendency to urge impulse buying at Lawson. This study used a descriptive study research design did a survey of 165 respondents Lawson visitors have ever did impulse buying. The design study is conclusive descriptive cross-sectional (single cross period). The sampling method used is a nonprobability sampling technique which convenience sampling. The data analysis technique used is by using SPSS 22 for windows to do the pre-test analysis and Structural Equation Model (SEM) for the main test.
Results from this study that the first, shopping enjoyment tendency positive effect on impulse buying through positive affection and urge. Secondly, Impulse buying tendency positive effect on impulse buying through urge. Third, Store environment perception positive effect on impulse buying urge through positive affection. Fourth, Store environment is not conducive to the stimulation in making impulse buying despite urge impulse buying that influence impulse buying decisions. Fifth, Store environment has no effect on impulse buying urge through despite the negative affection urge impulse buying that influence impulse buying decisions.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S60547
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library