Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Pudjihartati, Author
Abstrak :
Perpustakaan sekolah di Indonesia belum dapat melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai penunjang proses pembelajaran. Untuk mengetahui kendala yang dihadapi, penelitian ini bertujuan menggambarkan profil kualitas perpustakaan madrasah meliputi penyediaan ruangan, SDM, koleksi, lyanan dan anggaran, apakah sesuai dengan 'parameter dalam standar pendidikan nasional (2005) dan undang-undang perpustakaan (2007). Penelitian deskriptif dilakukan pada madrasah, ibtidaiyah, dan aliyah di jakarta berjumlah 61. penelitian dilaksanakan pada bulan maret-mei 2012. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh madrasah telah menempatkan perpustakaan pada ruang khusus, walau 10% diantaranya menyatu dengan ruang lain. luas ruangan yang ideal hanya terdapat pada 8% perpustakaan. Sumber daya berlatar belakang S1 perpustakaan, baru terdapat di MAN 7%, MTsN 9% dan tidak satu pun di MIN. hampir semua perpustakaan dipimpin oleh S1 non perpustakaan, yaitu guru dibantu 1-2 orang tenaga teknis lulusan SLTA. DAri tenaga yang telah diberikan pelatihan teknis perpustakaan, hanya 15% yang menerapkan sesuai standar. Perpustakaan yang memiliki jumlah koleksi standar hanya 10% dengan rasio antara koleksi nonfiksi dan fiksi (60:40). pemanfaatan teknologi informasi masih terbatas pada kegiatan pengolahan bahan pustaka (29%) menggunakan software senayan dan Emphaty. seluruh layanan pemustaka masih dilakukan secara manual. Jasa sirkulasi buku dilakukan pada seluruh madrasah, namun layanan internet, story telling, dan bimbingan minat baca baru dilakukan pada 16% madrasah. hanya 8% madrasah yang menjamin anggaran minimal 5% dari total anggran operasional mereka. Penelitian enyimpulkan secara umum kualitas perpustakaan belum memenuhi standar. Namun demikian terdapat 5 MAN yang berpotensi segera dapat ditigkatkan kualitasnya sesuai standar nasional.
Pengurus Pusat Ikatan IPI, 2015
020 JIPIN 2:2 (2015)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Farizal Andriansyah
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap perpustakaan MTs Negeri 3 Jakarta Selatan yang di tinjau dari aspek sumber daya manusia (SDM), koleksi, serta sarana dan prasarana. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode studi kasus deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner sebagai sumber utama, dan dilengkapi dengan wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap perpustakaan yang ditinjau dari aspek tenaga perpustakaan mendapatkan skor 2,74, aspek koleksi mendapatkan skor 2,64, dan aspek sarana dan prasarana mendapat skor 2,48. Sehingga skor rata-rata persepsi siswa terhadap perpustakaan yang dinilai dari 3 aspek tersebut hanya bernilai 2,61 dari skor maksimal 4,00. Skor 2,61 berada pada interval 2,51-3,75 yang menunjukan penilaian baik.
ABSTRACT
This research aimed to discover the students? perceptions toward library in Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 of South Jakarta that reviewed from three aspects; those are human resources, collections, facilities and infrastructures. This research is a quantitative one using a descriptive case study approach. The data collecting techniques are questioners as a main source, interview and observation as additional sources. The results of this research show that the students? perceptions toward library that reviewed from human resources aspect obtain score 2,74; collections aspect obtain score 2,64; facilities and infrastructures obtain score 2,48. So that the average score of the students? perceptions toward library that reviewed from those three aspects obtain score only 2,61 from the maximum score 4,00. Score 2,61 is on interval 2,51-3,75 that shows good appraisal.
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S42186
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library