Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 47 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Maman Suratman
Abstrak :
Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor OT.210/706/Kpts/9/ 1983 tanggal 27 September 1983 Pasal 1049 dan 1030 menetapkan tugas dan fungsi Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Badan LITBANG Pertanian). Tugas tersebut adalah merabina dan melaksanakan penelitian dan pengembangan sesuai dengan kebijaksanaan yang ditetapkan oleh Menteri Pertanian dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Untuk menyelenggarakan dan melaksanakan tugas tersebut Badan LITBANG Pertanian mempunyai fungsi : Merumuskan kebijaksanaan Menteri dan kebijaksanaan yang berhubungan dengan sektor ilmu dan teknologi dalam bidang pertanian, Melaksanakan kebijaksanaan Menteri di bidang penelitian dan pengembangan pertanian, Membina dan mengkoordinasikan kegiatan penelitian dan pengembangan pertanian, Membina dan mengelola unit organik dan unit pelaksana teknis di bidang penelitian dan pengembangan pertanian, Mengamankan penyelenggaraan, pendayagunaan serta pengembangan dari semua unit organik dan unit pelaksana teknis di lingkungan Badan LITBANG Pertanian, Menelaah dan mengevaluasi hasil, penyelenggaraan peneli_tian dan pengembangan serta keseluruhan dalam rangka penyempurnaan pelaksanaan tugas Badan LITBANG Pertanian.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1985
S15324
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Aura Nurusysyarifah
Abstrak :
ABSTRACT
Tesis ini membahas penerapan konsep shared learning di Perpustakaan Kementerian PUPR yang dapat dilihat dari desain, layanan, fasilitas, dan kegiatan yang diadakan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus menggunakan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa Perpustakaan Kementerian PUPR telah berhasil menerapkan pembelajaran bersama. Buat ruangan sesuai dengan kriteria fungsional, mudah disesuaikan, diakses, bervariasi, interaktif, kondusif, kompatibel dengan lingkungan, aman dan terkendali, efisien, menggunakan teknologi informasi, dan memiliki desain yang baik. Layanan dan fasilitas yang dibuat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, yaitu Ada layanan pendidikan, layanan rujukan, loker, wifi, ruang tamu, area kerja komputer, area pengumpulan, area baca, ruang baca anak, ruang diskusi, ruang baca VIP, audio visual ruang, ruang pustakawan, dan dapur. Kegiatan itu diadakan review buku dan pelatihan pustakawan. Persetujuan Kementerian Pekerjaan Umum dan Pekerjaan Umum menjadi yang ketiga.
ABSTRACT
This thesis discusses the application of the concept of shared learning in the Ministry Library PUPR that can be seen from the design, services, facilities, and activities that are held. The research method used is the case study method using qualitative. Data collection techniques used were observation, interviews, and document analysis. The results of research conducted indicate that the Library The PUPR Ministry has successfully implemented joint learning Make a room according to functional criteria, easy adapted, accessed, varied, interactive, conducive, compatible with the environment, safe and controlled, efficient, using information technology, and has a good design. Services and facilities created are tailored to the needs of users, i.e. There are education services, referral services, lockers, wifi, living rooms, computer work areas, collection area, reading area, children's reading room, discussion room, VIP reading room, audio room visuals, librarian room, and pantry. The activity held was book review and librarian training. The Ministry of Public Works and Public Works Library approval became the place third.
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lestari Endah Pratiwi
Abstrak :
Skripsi ini mendeskripsikan persepsi pengguna terhadap unsur pengelolaan perpustakaan khusus di Perpustakaan BPP Kemendagri. This thesis describes about the elements in the management of special libraries in BPP Kemendagri Library.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S70182
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Triana Purwitasari
Abstrak :
Penelitian mengenai perilaku pencarian informasi jurnalis radio dilakukan di Radio 100.2 FeMale Radio (yang kini sudah berpindah gelombang menjadi 99.5 FM), pada bulan Oktober 2003. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perilaku pencarian informasi jurnalis radio FeMale. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dan pengumpulan data diperoleh melalui wawancara dengan responden Radio Programmer yang dilaksanakan'pada bulan Oktober-Desember 2003. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden menggunakan internet untuk mencari informasi yang akan disebarluaskan pada pendengar, kebutuhan informasi mereka adalah masalah kesehatan, hukum, dan perempuan. Seorang Radio Programmer juga harus mempunyai networking yang luas untuk membantu pekerjaannya sebagai penyebar informasi. Perilaku pencarian informasi jurnalis radio FeMale umumnya sudah cukup memadai. Tetapi untuk meningkatkan keefektifan dan keefisien_annya, adapun saran-saran yang diberikan peneliti antara lain; Radio Programmer_ lebih baik jika didampingi dengan seorang pustakawan, untuk lebih meningkatkan efisiensi kerja seorang Radio Programmer, sebaiknya di stasiun radio 100.2 FeMale Radio memiliki sebuah perpustakaan atau pusat dokumentasi. yang dapat menyimpan semua jenis sumber informasi dan bahan pustaka lain, stasiun radio 100.2 FeMale Radio perlu untuk membuat databases yang memuat seluruh informasi yang selalu dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan informasi mereka, stasiun radio 100.2 FeMale Radio akan lebih baik dan bermutu proses penyiaran informasinya jika mereka juga melanggan sebuah jurnal elektronik yang bisa diakses melalui internet.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2004
S15583
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ikhwanuliman Putera
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 pada Perpustakaan Pusat Informasi dan Dokumentasi Standardisasi (PUSIDO) di Badan Standarisasi Nasional (BSN). Proses implementasi itu mengikuti tatanan yang terdapat pada klausul ISO 9001:2008. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang proses implementasi yang dilakukan oleh staf layanan PUSIDO. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses implementasi pada Perpustakaan Pusat Informasi dan Dokumentasi Standardisasi (PUSIDO) di Badan Standarisasi Nasional (BSN) mengikuti klausul yang terdapat pada ISO 9001:2008. Dengan demikian staf layanan perpustakaan akan terbantu dalam melaksanakan pekerjaan sehari-hari karena mereka mengimplentasikan Sistem Manajemen Mutu yang memiliki standar internasional yang juga bermanfaat untuk merekam kegiatan kerja mereka secara akuntabel.
ABSTRACT
This research discusses the Quality Management System ISO 9001: 2008 at the Library of the Center for Information and Documentation of Standardization i PUSIDO) in the Badan Standarisasi Negara (BSN). The implementation process in accordance to ISO 9001:2008 clauses. This study aims to provide an overview of the implementation process performed by the staff of library service. Qualitative approach using data collection techniques such as observation and interviews. The results showed that the process of implementation ISO 9001:2008 in Library of the Center for Information and Documentation of Standardization (PUSIDO) in the Badan Standarisasi Negara (BSN) is in line with the clauses in ISO 9001: 2008. Thus the process of work of the staff in library service really concern with implementation of the Quality Management System which link to international standards - in order all of their work will be accountable and well recorded.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S61605
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Niko Grataridarga
Abstrak :
Penelitian ini membahas mengenai "Kebijakan Pengembangan Koleksi" di Perpustakaan Mahkamah Agung; tujuannya adalah menemukan keadaan yang sebenarnya terjadi dan memberikan usulan untuk lebih meningkatkan kinerjanya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan studi kasus. Langkah yang ditempuh adalah sebagai berikut. Dengan mendasarkan pada tindakan merupakan perwujudan dari pikiran atau gagasan, penulis menelusuri pemikiran pustakawan Mahkamah Agung mengenai kebijakan pengembangan koleksi dan praktik pelaksanaannya. Metode pengumpulan datanya melalui wawancara mendalam dan studi literatur. Hasil sementara ditinjau lebih jauh dengan menggunakan perspektif (teori) kebijakan pengembangan koleksi yang dijelaskan oleh Evans. Hasil yang dicapai adalah ditemukannya jarak dan kendala dalam "kebijakan pengembangan koleksi" yang ada pada saat ini yang semestinya ditingkatkan dan dilengkapi. Penulis mengusulkan suatu model kebijakan pengembangan koleksi Perpustakaan Mahkamah Agung yang diharapkan mengisi gap dan melengkapinya. ......This research discusses about the practice of "the Collection Development Policy" in Mahkamah Agung special library. it aims to identify the real situation and advances suggestions to enhance its performance. This research is a qualitative research using the case study. The steps used are as follows. Based on, action is the manifestation of ideas or rationale, the writer kept track of the librarians? ideas on the collection development policy and its practice. The method used in data collecting is depth interview and literature studies. The intermediate result is discussed further using the perspective of collection development policy as suggested by Evans. The result found gap and hindrance in the present "collection development policy" practiced by Mahkamah Agung special library which needs to be advanced and furnished. The writer suggests the collection development model to be used by the library.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2015
T43578
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dewi Fitriyani
Abstrak :
Penelitian ini mengidentifikasi kualitas layanan perpustakaan Mahkamah Konstitusi berdasarkan harapan dan pendapat pegawai yang terkait dengan persidangan yaitu unit Kepaniteraan dan peneliti hakim konstitusi. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah LibQual+TM yang dikembangkan berdasarkan dimensi Servqual yang mencakup 4 (empat) dimensi layanan perpustakaan yaitu Affect of service, Access to information, Personal Control dan Library as place. Berdasarkan hasil penelitian, kualitas la yanan Perpustakaan Mahkamah Konstitusi dinilai baik oleh pegawai bagian Kepaniteraan dan peneliti. Hal ini dapat dilihat dengan rata-rata skor AG (Adequacy Gap) yang bernilai lebih dari 0, dan rata-rata skor SG (Superiority Gap) yang menunjukkan nilai negatif, artinya kualitas layanan Perpustakaan Mahkamah Konstitusi berada pada wilayah zone of tolerance di mana kualitas layanan yang diterima oleh pegawai berada pada batas minimum yang dapat diterima dan harapan yang diinginkan, artinya layanan yang diberikan perpustakaan Mahkamah Konstitusi saat ini telah cukup membantu pegawai dalam melaksanakan tugas pokok lembaga dalam menangani perkara.
This research identifies the Constutional Court?s library service quality based on the hopes and opinions of employees that are court related viz the secretariat and research unit of the constitutional judges. This research is used quantitative approach. The methodology used in this research is LibQual+TM which was developed using Servqual that covers 4 (four) library service dimensions viz. Affect of Service, Access to Information, Personal Control and Library as Place. This research finds that the service quality of the Constitutional Court Library is considered as good by the employees of registra division and researcher. This can be seen by the average AG (Adequacy Gap) score of more than 0, and the average SG (Superiority Gap) score shows a negative value, which means the service quality of the Constitutional Court Library is within the zone of tolerance where the service quality is at the acceptable minimum level and desired expectation, which means the service provided by the Constitutional Court Library currently has accomodated the employees tasks in handling cases.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
T31209
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Eka Sapta Rakhmani
Abstrak :
Dalam penelitian penerapan skema klasifikasi HURIDOCS ini penulis meneliti mengenai penggunaan skema klasifikasi tersebut dan pengaruhnya terhadap proses temu kembali dokumen yang dilakukan oleh pemakai. Suatu sistem klasifikasi merupakan suatu kegiatan mengelola ilmu pengetahuan ke dalam susunan yang sistematis. Sistem klasifikasi terdiri dari dua jenis, yaitu sistim klasifikasi umum dan sistim klasifikasi khusus. Sistim klasifikasi umum banyak dipakai oleh perpustakaan maupun lembaga dokumentasi yang mempunyai koleksi berbagai subyek. Namun untuk perpustakaan yang mempunyai koleksi bidang khusus akan lebih tepat bila menggunakan sistim klasifikasi khusus. Biro kepustakaan dan dokumentasi Komnas HAM sebagai lembaga yang mempunyai koleksi dengan subyek hak asasi manusia (HAM) menerapkan Skema klasifikasi HURIDOCS. Suatu skema klasifikasi mempunyai ciri-ciri sebagai berikut: (1) Terperinci dan komprehensif, artinya mampu menampung seluruh subyek yang sedan;, pernah atau mungkin akan menjadi terra i l mu pengetahuan, (2) Sistematis, artinya proses pembagian subyek-subyeknya hares sempurna. (3) Luwes (flexible) dan bersifat ekspansif, artinya dapat dikembangkan. (4) Terminologi yang digunakan tepat dan konsisten menurut pemahaman pembaca dan pustakawan. (5) Dari basil penelitian ditemukan bahwa penggunaan skema klasifikasi I-ILIRIDDCS diperpustakaan Komnas HAM mengakibatkan dua hal, yaitu: (a) Susunan koleksi yang bersubyek sama antara bahan pustaka yang menggunakan bahasa acing dan bahasa Indonesia letaknya terpisah. Kondisi ini tidak mendukung sistem pelayanan terbuka yang memungkinkan pemakai melihat langsung bahan pustaka di rak.(b) International classification yang digunakan untuk mengklasifikasikan bahan pustaka berbahasa asing mengutamakan aspek wilayah geografi sehingga bahan pustaka yang subyeknya sama bila cakupan wilayah geografinya berbeda akan mempunyai notasi kelas yang berbeda. Penerapan skema klasifikasi ini secara keseluruhan menyebabkan broken order yang menyulitkan browsing yang dilakukan pemakai, sehinggan peran OPAC (online public access catalogue) sebagai sarana bantu penelusuran amat penting.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2004
S15246
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sadariyah Ariningrum Wijiastuti
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepuasan pengguna terhadap layanan Perpustakaan KP Pertamina berdasarkan kesenjangan (gap) antara harapan dan layanan yang dirasakan pengguna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah LibQual+TM yaitu suatu metode untuk mengukur kualitas layanan perpustakaan berdasarkan empat dimensi yang dijadikan indicator pengukuran yaitu Affect of Service, Access to Information, Personal Control dan Library as Place. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum kualitas layanan di Perpustakaan KP Pertamina sudah cukup memuaskan pengguna dengan memenuhi harapan minimum. Hal ini dapat diihat dari rata-rata skor AG (Adequacy Gap) yang bernilai positif dan dan rata-rata skor SG (Superiority Gap) yang bernilai negative, artinya kepuasan pengguna terhadap layanan perpustakaan KP Pertamina berada dalam zone of tolerance, berarti layanan perpustakaan telah memenuhi harapan minimum dari pengguna perpustakaan.
This research identifies library user satisfaction based on the hopes and opinion. The method used in this study is LibQual+TM is a method to measure the quality of library services based on four dimensions are used as indicators measuring the Affect of Service, Access to Information, Personal Control and Library as Place. Data collection techniques in this study using questionnaires. Results of this study indicate that the overall quality of library services in KP Pertamina already satisfy the user. It is seen from the average score of AG (Adequacy Gap) which is positive and and an average score of SG (Superiority Gap) a negative value, meaning that the user satisfaction of library services KP Pertamina is in zone of tolerance, meaning the library service has meet the minimum expectations of library users.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S52936
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arista Bayu Paramarta
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi promosi di Perpustakaan Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana strategi di Perpustakaan Kementerian Keuangan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Pendekatan analisis dalam penelitian ini adalah menggunakan model PDCA atau Plan, Do, Check, dan Act di mana peneliti ingin melihat strategi promosi di Perpustakaan Kementerian Keuangan secara runtun dan sistematis dimulai dari perencanaan hingga perencanaan kegiatan tersebut setelah selesai dilakukan, apakah harus diperbaiki atau dipertahankan sebagai acuan kedepannya.
This research aims to determine how the implementation of promotional strategies in the Library of the Ministry of Finance Republic of Indonesia. The purpose of this research is to describe how the promotional strategy in Library of the Ministry of Finance. This research is a qualitative study with using the case study method. The analytical approach in this study is use PDCA model or Plan, Do, Check, and Act where researchers wanted to see the promotion strategy in Library of the Ministry of Finance with systematic planning stage to the planning of these activities once completed, is to be evaluated or maintained as a reference for future.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S64406
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5   >>