Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 47 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Saarbrücken : LAP Lamber Academic Publishing , 2012
658.834 2 CHA c
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Riko
Abstrak :
Tesis ini membahas tentang persepsi pemustaka terhadap layanan perpustakaan, yang meliputi layanan yang diterapkan dan fasilitas yang mendukung pelaksanaan layanan, koleksi, dan petugas layanan di kantor perpustakaan dan kearsipan kota singkawang. Penelitian ini adalah penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah permustaka pada Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Kota Singkawang. Sampel diambil secara acak sederhana sebanyak 40 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemustaka memberikan persepsi cukup terhadap layanan perpustakaan. Hasil penelitian menyarankan bahwa perpustakaan perlu meningkatkan layanannya, dan kinerja petugas layanan dalam memberikan layanan kepada pemustaka, serta melakukan pendidikan pemakai. This thesis describes users? perceptions of library service; including services and facilities which are used to support the implementation of the services, collections, and librarians at The Library and Archive Offices in Singkawang. This is a survey research with a quantitative approach. The population is users of The Library and Archive Offices in Singkawang. Data were collected by using questionnaires. The results showed that users provide good perception of library services. The results suggest that the library needs to improve its services, and the performance of librarian in providing services to users, and make user education program.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2009
T26780
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Dhiajeng Cinthya Prativi
Abstrak :
Angka residivis tahun 2020 menunjukkan bahwa Indonesia memiliki 24.000 residivis dengan tingkat residivis global 18.12%. Tidak dipungkiri bahwa Klien Balai Pemasyarakatan (Bapas) juga turut andil dalam angka tersebut. Penting untuk melakukan studi tentang bagaimana jajaran internal Bapas mempersepsikan kinerja mereka sendiri karena kinerja yang sesuai dengan harapan atau ideal dinilai dapat memberikan hasil kerja yang efektif, efisien, dan adaptif, namun apabila kinerja tidak mencapai standar atau harapan maka diskrepansi akan terjadi dan akan memberikan efek domino pada hal yang lain. Penelitian ini terkhusus akan membahas kinerja atas tugas pokok dan fungsi dalam program pendampingan, pembimbingan, dan pengawasan Klien oleh PK. Terdapat dugaan bahwa pada 4 kantor Bapas wilayah DKI Jakarta telah memunculkan diskrepansi atau kesenjangan antara persepsi harapan dengan persepsi realita perihal pelaksanaan tupoksi PK yang didasari oleh persepsi kerja. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan total 197 responden yang kemudian dilakukan Crosstab Chi-Square dan Uji F pada item atau indikator yang didasari oleh teori Masa Percobaan, teori Rehabilitasi, dan Teori Intervensi Sosial, serta konsep Penilaian Dimensi Kinerja SDM. Hasil menunjukkan bahwa pada 4 kantor Bapas wilayah DKI Jakarta, kinerja SDM Bapas tidak mampu mencapai persepsi harapan sehingga diskrepansi terjadi. Konsep yang dapat melengkapi teori pada penelitian ini dan sekaligus sebagai aspek yang tidak ditemukan pada tiap – tiap Bapas di wilayah DKI Jakarta yakni: (1) Work-Performance Aspect; (2) Self-Motivation Aspect; (3) Five Competency Aspect; dan (4) Climate Organization. ......The 2020 recidivism rate shows that Indonesia has 24,000 recidivists with a global recidivism rate of 18.12%. It is undeniable that Correctional Center Clients (Bapas) also contributed to this figure. It is important to conduct a study of how the internal ranks of Bapas perceive their own performance because performance that is in accordance with expectations or ideal is considered to be able to provide effective, efficient and adaptive work results, but if performance does not reach standards or expectations then discrepancies will occur and will have an effect dominoes on other things. This research will specifically discuss the performance of the main tasks and functions in the assistance program, mentoring, and supervision of Clients by PK. There is an allegation that in the 4 Bapas offices in Jakarta there has been a discrepancy or gap between perceptions of expectations and perceptions of reality regarding the implementation of the duties and functions of PK based on work perceptions. This study used a descriptive quantitative method with a total of 197 respondents who then carried out the Chi-Square Crosstab and F test on items or indicators based on the theory of Trial Period, Rehabilitation theory, and Social Intervention Theory, as well as the concept of HR Performance Dimensional Assessment. The results show that in the 4 offices of Bapas DKI Jakarta, the performance of Bapas' human resources is not able to achieve the perception of expectations so that discrepancies occur. Concepts that can complement the theory in this research and at the same time serve as aspects that are not found in each of the Bapas in the DKI Jakarta area, namely: (1) Work-Performance Aspect; (2) Self-Motivation Aspect; (3) Five Competency Aspects; and (4) Climate Organization.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Astri Sapariah
Abstrak :
Kinerja perawat pelaksana di ruangan sangat menentukan kualitas asuhan keperawatan terhadap pasien. Kemampuan kepala ruangan dalam mengelola manajemen ruangan akan mempengaruhi kinerja perawat pelasana. Remunerasi merupakan salah satu upaya yang dilakukan pihak manajemen rumah sakit untuk meningkatkan kinerja perawat dalam asuhan keperawatan. Penelitian ini mengidentifikasi hubungan persepsi remunerasi,fungsi manajemen kepala ruangan dan motivasi terhadap kinerja perawat dalam melakukan asuhan keperawatan, menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian analitik dan rancangan cross-sectional terhadap 387 perawat. Dari kuesioner didapatkan hasil hubungan yang signifikan antara persepsi remunerasi p value 0,001 dan motivasi (P 0,000) terhadap kinerja perawat, persepsi remunerasi dan motivasi baik dapat meningkatkan kinerja sebanyak 99 %. Rekomendasi penelitian ini adalah mengoptimalkan sistem pengelolaan remunerasi sesuai peraturan pemerintah, meningkatkan fungsi manajemen kepala ruangan dalam membangun motivasi perawat sehingga dapat meningkatkan kinerja perawat pelaksana dalam melakukan asuhan keperawatan ......The performance nurses in carrying out nursing care will be influenced by various factors both from within (intrinsic) and from outside (extracurricular) of the nurse itself, what needs will be increase a nurse is motivation to provide quality service and improve safety culture. Patients go through the performance while doing nursing care, remuneration is one of the efforts made by both the government and hospital management to improve the performance of nurses in providing nursing care. This study identifies the relationship between remuneration perspectives, management function of the head of the room and motivation to the performance of nurses in performing nursing care The method uses a quantitative approach with analytical research design and cross-sectional design of 387 nurses using a questionnaire with there is a significant relationship between perceptions of remuneration p value 0.001 and motivation (0.000) on nurse performance, perceptions of good remuneration and motivation can improve performance by as much as 99% government regulations, improve the management function of the head of the room in building nurse motivation so that it can improve the performance of nurses in carrying out nursing care
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yudithia Rakhmadita
Abstrak :
ABSTRAK
Price promotion disajikan dalam satu set informasi promosi harga hingga terbentuk perceptions of price promotion yang maksudkan untuk mempengaruhi kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perceptions of price promotion terhadap customer satisfaction Matahari Department Store Depok. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan survei kuesioner terhadap 100 orang responden dengan teknik penarikan non-probability sampling. Analisis Regresi Linear Sederhana dilakukan dengan menggunakan SPSS 17. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perceptions of price promotion berpengaruh secara signifikan terhadap customer satisfaction.
ABSTRACT
Price promotion is presented in a set of price promotion information to form perceptions of price promotion that are intended to influence customer satisfaction. The purpose of this study is to analyze the effect of price promotion perceptions on customer satisfaction in Matahari Department Store Depok. The approach used in this study is a quantitative approach and questionnaire survey of 100 respondents with non-probability sampling withdrawal techniques. Simple Linear Regression Analysis is using SPSS 17. The results of this study indicate that perceptions of price promotion significantly influences customer satisfaction.
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Molly Umairi
Abstrak :
Skrpisi ini membahas tentang penilaian staf Puskesmas terhadap tampilan gaya kepemimpinan kepala Puskesmas. Bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara 3 faktor berpengaruh yaitu predisposing, lingkungan dan densitas terhadap gaya kepemimpinan yang ditunjukkan oleh kepala Puskesmas, dan juga menilai tentang fungsi kepemimpinan kepala Puskesmas. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Cirebon pada bulan April dan Mei 2009 di 10 Puskesmas terpilih. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain cross sectional. Hasil penelitian didapatkan tidak ada perbedaan yang bermakna antara ketiga faktor berpengaruh terhadap gaya kepemimpinan kepala Puskesmas dengan nilai P value lebih dari 0,05. Pada fungsi kepemimpinan didapatkan ada hubungan yang bermakna antara aspek komunikasi, delegasi wewenang, koordinasi dan motivasi terhadap gaya kepemimpinan kepala Puskesmas dengan nilai P value kurang dari 0,05.
This essay discusses the assessment of community health center staff to display the leadership style of the community health center. Aims to find out what the relationship between the 3 factors predisposing effect, the environment and the density of the style of leadership shown by the community health center, and also assess the function of the central leadership of public health. This research was conducted in the city of Cirebon in April and May 2009 in the 10 selected community health center. This is the type of quantitative research with cross sectional design. Results of research found no meaningful difference between the three factors affect the leadership style of the community health center with the highest P value over 0.05. On the function of leadership have established a meaningful relationship between aspects of communication, authority delegation, coordination and motivation of the leadership style of the community health center with the highest P value less than 0.05.
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2009
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Diesty Eka Kurnia Wati
Abstrak :
Bahaya psikososial kerja adalah salah satu bahaya yang ada di tempat kerja, namun karena sifatnya yang abstrak sehingga sulit untuk diidentifikasi. Dengan menggunakan referensi dan model-model stress kerja, kesulitan ini dapat teratasi. Dalam skripsi ini, penulis membahas persepsi bahaya psikososial di tempat kerja pada pekerja di bagian direct service PT.Trakindo Utama Cabang Jakarta. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian ini menyarankan bahwa perusahaan perlu lebih mensosialisasikan tentang bahaya psikososial kerja ini dengan memasukkan ke dalam program-program Safety Health Environment (SHE) yang telah berjalan, seperti training, IBPR, Family gathering, dan sebagainya. Hal ini penting untuk diperhatikan agar dampaknya dapat dicegah dan dikendalikan sedini mungkin, seperti meningkatnya angka absensi dan resign, timbulnya stress kerja, atau bahkan kecelakaan kerja.
Psychosocial work hazard is once of hazard in the workplace thats difficult to be identified. But using the stress models, its can be done. In this thesis, the writer is observes about the psychosocial hazard on the direct service worker in PT.Trakindo Utama, Jakarta Branch. It is a quantitatives research with the deskriptif models. From this research, it is important to socialize the psycosocial hazard in the company. Which can involve to the SHE programs like training, IBPR (Hazard Identification and Risk Analysis), Family gathering, etc. Its important to do, because it can minimize or reduce the damage because of work stress, absenteism and the accident at work place.
Depok: Universitas Indonesia, 2009
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Paskaliana Hilpriska Danal
Abstrak :
Pneumonia balita merupakan salah satu masalah kesehatan anak global yang menyumbang angka morbiditas dan mortalitas tertinggi khususnya di negara berkembang. Di Indonesia Timur, pneumonia balita sebagian besar dipicu oleh faktor lingkungan yakni terpaparnya anak pada asap rumah tangga maupun asap rokok. Hal ini disebabkan oleh kurangnya informasi dan kesadaran orang tua akan bahaya asap rokok pada balita pneumonia. Penelitian ini bertujuan untuk menggali persepsi orang tua tentang bahaya asap rokok terhadap balita pneumonia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Partisipan dalam penelitian ini adalah orang tua yang memiliki balita pneumonia berjumlah 11 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam kemudian dianalisis menggunakan metode Colaizzi. Tema yang dihasilkan di dalam penelitian ini meliputi (1) pandangan orang tua mengenai bahaya asap rokok, (2) bahaya asap rokok bagi balita, dan (3) dampak asap rokok bagi keluarga. Tema tersebut mengidentifikasi persepsi orang tua dengan balita pneumonia di Kabupaten Manggarai bahwa balita pneumonia di Manggarai rentan terpapar asap rokok pada berbagai kesempatan. Asap rokok berbahaya bukan hanya bagi kesehatan balita tetapi juga memberi beban pada kesejahteraan sosial dan ekonomi keluarga. Peningkatan kesadaran orang tua akan bahaya asap rokok perlu terus difasilitasi oleh perawat dengan komunikasi edukasi yang efektif dan menyesuaikan dengan kebutuhan serta kondisi keluarga.


Pneumonia on under-five children is define as one of the major pediatric health crisis, contribute to highest morbidity and mortality globally particularly in developing nations. In Eastern Indonesia, pneumonia on under-five children is mostly predicted by environmental factor such as children are exposed to household smoke and tobacco smoke. This is caused by the lack of information received and lack of awareness on the effect of secondhand smoke on under-five children with pneumonia. This study was aimed to explore the parents perception on the effect of tobacco smoke exposure on under-five children with pneumonia. This study was a qualitative study using fenomenology approach. The participants in this study were 11 parents of under-five children with pneumonia. The data collection conducted through in-depth interview then analyzed using Coalizzi method. The themes identified in this study were (1) parents views on the effect of tobacco smoke; (2) the effect of tobacco smoke on under-five children; and (3) the impact of tobacco smoke on family. These themes identified the perception of parents with under-five children with pneumonia in Manggarai that the under-five children in Manggarai were on high risk of tobacco smoke exposure on several occasions. Tobacco smoke would not only endangering childs health but also burdening familys social and economy well-being. The improvement of parental awareness on the effect of tobacco smoke needed to comprehensivelyfacilitated by nurses through effective educating communication that suited with familys needs and conditions.

Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
I Gusti Ayu Ratih Utari Mayun
Abstrak :
Kepuasan pasien terhadap perawatan gigi tiruan lepasan dipengaruhi oleh banyak faktor. Keberhasilan perawatan gigi tiruan lepasan dapat diukur berdasarkan nilai persepsi pasien terhadap perawatan yang diterimanya dan kualitas hidup dari aspek kesehatan gigi dan mulut OHRQoL. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan alat ukur kepuasan pasien menggunakan kuesioner Turker's Patient's Perceptions bahasa Indonesia, dan menganalisis hubungan antara kepuasan pasien dengan OHRQoL pemakai gigi tiruan lepasan. Sebanyak 140 pemakai gigi tiruan lepasan GTL atau GTLT atau GTSL berpartisipasi dalam penelitian potong lintang ini. Dilakukan validasi kuesioner Turker's Pasient's Perceptions. Kemudian wawancara untuk pengisian kuesioner Turker's Pasient's Perceptions bahasa Indonesia yang telah divalidasi dan kuesioner Kualitas Hidup Lansia serta pemeriksaan rongga mulut. Hasil penelitian didapatkan uji validasi dan reliabilitas menunjukan nilai Cronbach's Alpha 0,743. Terdapat hubungan bermakna antara kepuasan pasien menggunakan kuesioner Turker's Patient's Perceptions bahasa Indonesia dengan OHRQoL p=0,000. Analisis multivariat menunjukan variabel lama pemakaian gigi tiruan lepasan paling mempengaruhi kepuasan pasien dan pengalaman memakai gigi tiruan lepasan paling mempengaruhi OHRQoL. Kesimpulan penelitian ini diperoleh alat ukur kepuasan pasien yang valid dan reliabel berupa kuesioner Turker's Patient's Perceptions-ID. Terdapat hubungan antara kepuasan pasien dengan OHRQoL. Lama pemakaian gigi tiruan mempengaruhi kepuasan pasien dan pengalaman memakai gigi tiruan mempengaruhi OHRQoL. ...... Patient's satisfaction with prosthodontic treatment is affected by many factors. Success of removable denture treatment can be measured using an index to evaluate patients'perceptions of their treatment and their oral health related quality of life OHRQoL. The objectives of this research are to analyze the relationship between patient satisfaction using Turker's Patient's Perceptions questionnaire and the OHRQoL of removable denture wearers. One hundred and forty removable denture wearers complete dentures, single complete dentures and removable partial dentures participated in this cross sectional study. Participants were interviewed using a validated Turker's Patient's Perceptions questionnaire in Indonesia and an OHRQoL questionnaire. The results are there was a significant relationship between patient's satisfaction and OHRQoL p 0.000. Multivariate analysis showed that the duration of using removable dentures had a significant effect on patient's satisfaction using Turker's Patient's Perceptions questionnaire. The experience of using removable dentures showed a significant effect on OHRQoL. Conclusion are Turker's Patient's Perceptions ID questionnaire are valid and reliable. There was a relationship between patient's satisfaction and their OHRQoL. The duration of using removable dentures affected patient's satisfaction and the experience of using removable dentures affected OHRQoL.
Jakarta: Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, 2017
SP-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Yohanes Rico Ananda Putra
Abstrak :
Indonesia adalah negara yang penuh dengan keberagaman. Keberagaman tenaga kerja berpotensi mempengaruhi kinerja suatu organisasi termasuk di sektor publik. Di sisi lain di era serba teknologi ini, transformasi digital adalah sarat mutlak untuk terus dapat beradaptasi dengan perkembangan zaman. Transformasi digital juga telah menjadi salah satu program pemerintah. Dalam organisasi yang penuh keberagaman pimpinan perlu melakukan tata kelola yang baik. Manajemen keberagaman yang tepat sangat dibutuhkan untuk organisasi dengan pegawai yang beragam. Manajemen keberagaman dapat dirasakan oleh pegawai dari dua sudut pandang yaitu bagaimana pegawai melihat keberagaman yang ada dan bagaimana pegawai melihat upaya organisasi mempertahankan keberagaman. Selain diterapkan untuk mengelola organisasi, manajemen keberagaman berbanding lurus dengan keadilan organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi keberagaman jenis kelamin dan persepsi mempertahankan keberagaman jenis kelamin terhadap upaya kerja pegawai di sektor publik yang dimediasi dengan keadilan interaksional, keadilan distributif, dan keadilan prosedural dalam organisasi. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan diperoleh 148 responden. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling berbasis Partial Least Square (PLS-SEM) dengan aplikasi SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif persepsi keberagaman pegawai dan persepsi mempertahankan keberagaman pegawai terhadap upaya kerja dengan dimediasi keadilan prosedural, Meskipun begitu, hasil menunjukkan variabel selain itu memiliki pengaruh yang berbeda. Penelitian ini berkontribusi untuk memberikan gambaran terkait bagaimana cara meningkatkan upaya kerja pegawai di sektor publik terutama yang memiliki tingkat keberagaman yang tinggi. ......Digital transformation has become one of the government programs. In an organization full of diversity, leaders need to carry out good governance. Proper diversity management is needed for organizations with diverse employees. Diversity management can be felt by employees from two perspectives, namely how employees see the existing diversity and how employees see the organization's efforts to maintain diversity. Apart from being applied to managing organizations, diversity management is directly proportional to organizational justice. This research aims to determine the effect of perceptions of sex diversity and perceptions of retaining sex diversity on employee work efforts in the public sector mediated by interactional justice, distributive justice, and procedural justice in organizations. Research data was collected using a questionnaire and obtained 148 respondents. The collected data was analyzed using the Partial Least Square (PLS-SEM) based Structural Equation Modeling method with the Smart PLS application. The results showed that there was a positive effect on perceptions of employee diversity and perceptions of retaining employee diversity on work effort mediated by procedural justice. However, the results showed that other variables had a different effect. This research contributes to providing an overview regarding how to improve the work efforts of employees in the public sector, especially those with a high level of diversity.
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5   >>