Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"Masih kurang memuaskannya terhadap hasil pendidikan semakin dirasakan diera globalisasi sekarang ini , menuntut kita untuk berupaya meningkatkan dan mensejajarkan pendidikan kita dengan pendidikan di negara-negara lain...."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Rr. Siti Heri Hidayati
"Pada perpustakaan perguruan tinggi Pendidikan Pemakai dilaksanakan dalam berbagai cara. Misalnya, dilaksanakan dalam masa Orientasi. Dalam masa Orientasi tersebut dijelaskan secara singkat mengenai lokasi gedung perpustakaan, garis besar koleksi, keanggotaan, sistem pelayanan, peminjaman, jam buka perpustakaan dan lain sebagainya, kemudian sering dilanjunkan dengan kunjungan ke perpustakaan tersebut. Karena penjelasan diberikan pada masa orientasi, make lalu dikenal dengan istilah Library Orientation. Pengalaman menunjukkan bahwa program Pendidikan Pemakai pada masa Orientasi seperti tersebut di atas, ternyata tidak lagi dapat mencukupi kebutuhan mahasiswa dalam menelusur informasi yang dibutuhkannya. Terlebih dengan adanya ledakan informasi yang terus-menerus terjadi yang manyebabkan timbulnya berbagai disiplin ilmu berikut spesialisasinya, serta beragamnya bentuk bahan pustaka, dan sisterm pendidikan menjadi keharuusan dan kewajiban perguruan tinggi untuk melaksanakan program Pendidikan Pemakai Perpustakaan yang lebih luas dan terarah. Untuk mencapai tujuan program Pendidikaa Pemakai yang lebih terarah Perguruan Tinggi perlu menyusun program tersebut dengan materi yang berbobot dan metode yang tepat, disertai alat bantu pengajaran yang diperlukan, pembimbing yang ahli, dan koordinasi yang baik antara pengajar dan pustakavan serta koleksi perpustakaan yang memadai. Dalam pelaksanaanya, program ini harus disertai evaluasi yang menyeluruh, agar dapat diketahui sampai dimana keberhasilannya. Evaluasi itu ditujukan baik kepada mahasiswa, kepada staf Pembimbing maupun Pustakawan. Pengumpulan data yang cermat akan sangat membantu keberhasilan dan pengembangan Pendidikan Pemakai Perpustakaan di masa yang akan datang. Hal-hal yang perlu dikaji dalam melaksanakan program P3PT ialah: 1. Tujuan penyelenggaraan program pendidikan pemakai.2. Materi program yang sesuai dengan kebutuhan pemakai.3. Teknik penyampaian materi yang tepat. 4. Pembimbing yang tepat. 5. Fasilitas dan koleksi perpustakaan yang memadai. 5. Fasilitas dan koleksi perpustakaan yang memadai. 6. Tanggapan dan perhatian staf pengajar 7. Hasil akhir dari program ini.Dari hasil evaluasi, nantinya akan diketahui apakah program ini perlu dikembangkan atau ditingkatkan, sehingga program ini dapat memenuhi kebutuhan mahasiswa untuk mendapatkan informasi yang diperlukan baik selama studi di Perguruan Tinggi, maupun sesudahnya."
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1988
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yayah Mardiah
"Penelitian mengenai karier lulusan JIP FSUI Program Sarjana (SI) Reguler angkatan `86 sampai dengan `89, tujuannya ialah untuk mengetahui bagaimana karier dan dunia kerja yang dihadapi para lulusan, yang di batasi pada aspek-aspek: Jenis pekerjaan dan jabatan, mobilitas kerja, tugas dan tanggung jawab kerja, kepuasan dan ketidakpuasan kerja, relevansi program pendidikan perpustakaan, ketrampilan dan keahlian profesional yang dibutuhkan.
Penelitian ini menggunakan metode survai, di mana pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada para lulusan yang terpilih sebagai sampel yang berjumlah 49 dari populasi yamg berjumlah 95. Dari kuesioner yang diedarkan tersebut, 4 kuesioner tidak kembali dan 2 kuesioner tidak dapat diolah, sehingga jumlah kuesioner yang diolah dalam penelitian ini adalah 43 kuesioner.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, sesuai dengan sebagian besar harapan lulusan yang memilih pekerjaan pertama mereka di perpustakaan khusus (65%) dengan posisi sebagian besar (67.4%) sebagai staf, sedangkan pada pekerjaan sekarang mayoritas (61,5%) tetap bekerja di perpustakaan khusus dengan posisi sebagai staf (54%). Sebagian besar (60%) lulusan menyatakan pernah mengalami pindah pekerjaan, dengan faktor utama untuk mendapatkan gaji yang lebih besar, selain faktor-faktor ingin memperoleh tantangan baru, dan adanya tawaran menarik dari pekerjaan baru.
Secara keseluruhan yang menjadi tugas dan tanggung jawab kerja pada pekerjaan pertama (utama dan tambahan) meliputi pengolahan, layanan penelusuran, pemilihan bahan pustaka dan manajemen. Sejalan dengan meningkatnya pengalaman dan profesionalitas lulusan pada pekerjaan sekarang tugas dan tanggung jawab mereka meliputi pengolahan, manajemen, pemilihan dan pengadaan bahan pustaka, layanan informasi dan bantuan kepada pemakai serta tugas komputer. Hampir setengahnya dan lulusan (49%) menyatakan kepuasannya terhadap pekerjaan pertama, sementara itu pada pekerjaan sekarang terdapat peningkatan kepuasan yaitu sebagian besar lulusan (64%), dengan aspek gaji yang telah memberikan kepuasan utama pada pekerjaan. Hampir seluruhnya dari lulusan (91%) menyatakan kepuasannya terhadap pendidikan perpustakaan yang diperoleh dalam menunjang karier mereka.
Mata kuliah yang dianggap relevan dengan tugas-tugas di pekerjaan ialah pengolahan dokumen, manejemen perpustakaan, komputerisasi perpustakaan. bahan rujukan dan bahasa Inggris. Sesuai dengan tuntutan dan perkembangan dunia kerja, mayoritas responden menilai perlunya menekankan subyek-subyek komputer dan berbagai aplikasinya, manejemen dan bahasa Inggris. Kebutuhan akan perlunya mengembangkan ketrampilan dan keahlian kerja untuk mengantisipasi tuntutan-_tuntutan pekerjaan dirasakan sangat perlu oleh mayoritas responden (84%). Untuk itu mereka menyatakan JIP FSUI perlu mengadakan pertemuan ilmiah dengan para praktisi dan menyesuaikan kurikulumnya dalam konteks perkembangan teknologi sekarang ini agar dapat mengikuti perkembangan-perkembangan yang telah terjadi di lapangan."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1998
S15648
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Karmidi Martoatmodjo
"ABSTRAK
Tujuan studi ini ialah untuk mengetahui bagaimana pengajaran Audiovisual di Sekolah Perpustakaan Amerika yang diakui oleh ALA antara tahun 1985 dan 1986. Tampaknya pengajaran audiovisual memiliki sejumlah isu: beberapa sekolah telah menutup program audiovisual mereka sedangkan yang lain baru membukanya. Terdapat banyak kekurangan dukungan yang bersifat profesional maupun nonprofesional. Ada gejala kearah pengajaran audiovisual yang terintegrasi pada sejumlah sekolah, dan penurunan jumlah sekolah yang memberikan pengajaran audiovisul secara terpisah. Dosen pengajar mata kuliah Audiovisual ternyata memiliki pengalaman mengajar dan mengalaman bekerja yang berbeda-beda. Demikian pula para dekan di mana sekolah itu berada. Isi pengajaran juga beragam dari sekolah yang satu ke sekolah lainnya. Demikian juga fasilitas yang diberikan oleh universitas di mana sekolah itu bernaung sangat berlainan. Jenis-jenis topik dan buku ajar yang diminati para dosen juga diuraikan. Dalam penelitian ini banyak ditemukan hal-hal yang sangat menarik yang akan berman faat bagi pengajar mata kuliah audiovisual, maupun sekolah perpustakaan yang akan memberikan mata kuliah tersebut. Semoga karya ini ada manfaatnya bagi rekan-rekan pustakawan di Indonesia, maupun rekan-rekan yang berkecimpung mengajarkan mata kuliah audiovisual khususnya, dan rekan pengajar ilmu perpustakaan umumnya."
Depok: Fakultas Ilmu Pengatahuan Budaya Universitas Indonesia, 1994
LP-Pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Karmidi Martoatmodjo
Fakultas Ilmu Pengatahuan Budaya Universitas Indonesia, 1994
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library