Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 9 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Mohammad Syakir
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1983
S16817
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Machzumy Ibrahim
"AJB. Bumiputera 1912 adalah perusahaan asuransi jiwa swasta
nasional pertama di Indonesia. Organisasi didirikan oleh tiga orang guru pada tahun 1912, sampai dengan tahun 1998 rnasih dapat bertahan di tengah terjadinya krisis ekonomi yang berkepanjangan dan semakin meningkatnya intensitas persaingan dalam bisnis asuransi jiwa di Indonesia.
Tesis ini bertujuan untuk mengkaji daya saing Bumiputera untuk memenangkan persaingan dan mempertahankan posisinya sebagai Pemimpin Pasar daiam industri asuransi jiwa di Indonesia.
Permasalahan yang dihadapi oleh Bumiputera adalah penurunan ?Pangsa Pasaf? semenjak tahun 1993 sebesar 40,10 % menjadi sebesar 3O,52% pada tahun 1998.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif melalui kajian terhadap lingkungan internal, maupun lingkungan eksternal perusahaan dengan maksud untuk mendapatkan gambaran yang obyektif tentang kekuatan bisnis perusahaan dan daya tarik industrinya. Proses pengumpulan data diiakukan meiaiui studi pustaka dan Studi lapangan dengan pengisian kuesioner yang berisikan 10 pertanyaan tentang faktor-faktor Iingkungan internal yang dapat mendukung kekuatan bisnis perusahaan. Demikian juga dengan kuesioner untuk Iingkungan eksternai perusahaan berisikan 10 pertanyaan tentang faktor-faktor yang dapat mempengaruhi daya tarik industri perusahaan.
Ke sepuiurrpertanyaan tersebut diberikan niiai pada setiap faktor dan
diberikan peringkat nilai dari 1 sampai dengan 5. Kuesioner untuk Iingkungan internal perusahaan diisi oieh Direksi, Pejabat-Pejabat tinggi, serta tenaga ahli Bumiputera yang diniiai mempunyai kompetensi dan paling mengetahui faktor-faktor Iingkungan perusahaan yang dapat mempengaruhi aktivitas perusahaan, sedangkan Iingkungan eksternal diperolen dari perusahaan asuransi sejenis, Dewan Asuransi Indonesia, agen asuransi jiwa serta tenaga ahli yang mengetanui dan sangat memahami perkembangan industri
asuransi jiwa di Indonesia.
Hasil peneiitian yang diperoleh dari pengisian kuesioner tersebut, menghasiikan niiai rata-rata tertimbang untuk kekuatan bisnis perusahaan dan daya tarik industrinya. Kemudian untuk dapat mengetahui posisi bersaing, data tersebut di analisis dengan menggunakan matrik daya tarik industri - kekuatan bisnis (GE metric).
Hasil analisis menunjukan kekuatan bisnis Bumiputera sedang, dan daya tarik industrinya pun sedang, sehingga hasilnya menunjukkan posisi bersaing Bumiputera terletak pada Se/ ke V, dengan demikian strategi yang dapat digunakan Bumiputera_ yaitu : Mempertahankan dan Memelihara (Hold and Maintain), dengan pilihan strateginya adalan Penetrasi Pasar dan Pengernbangan Produk.
Keberhasilan strategi peneirasi pasar dan pengembangan produk tersebut juga harqs sejalen dengan pilhan strategi perusahaan, di mana perusahean harus berusaha menjadi unik dalam industrinya pada berbagai dimensi yang secara umum dihargai oleh pembeli Dengan demikian pilihan strategi perusahaan yang cocok adalah strategi diferensiasi, dan di dalam pengembangan strategi pemasarannya diperlukan adanya dukungan strategi pemasaran melalui bauran pemasaran jasa dengan melaksanakan strategi dari ke tujuh P (Product, Promotion, Place, Price, People, Physical Evidence, Process). "
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2000
T3140
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1992
S18266
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Afien Juni
"ABSTRAK
Perdagangan internasional di masa akan datang diperkirakan akan
semakin meningkat sejalan dengan tercapainya Persetujuan GATT dalam
Putaran Uruguay yang telah berakhir 15 Desember 1994. Salah satu sektor
yang turut memperoleh manfaat dan meningkatnya volume perdagangan
adalah sektor asuransi khususnya asuransi kerugian.
Suatu fenomena yang menarik pada industri asuransi kerugian di
Indonesia adalah bahwa peranan perusahaan asuransi nasional jelas tidak
mendapat keuntungan yang berarti. Situasi seperti inilah yang
melatarbelakangi diadakannya analisis pemecahan sebagai mana tertuang
dalam karya akhir ini. Yang menjadi unit analisis adalah PT. Citra
International Underwriters yang merupakan perusahaan asuransi kerugian
yang tergabung dalam Bimantara Group. Analisis dilakukan dalam dua
lingkup sasaran yaitu: Analisis Lingkungan Eskternal dan Analisis Potensi
Internal Perusahaan. Analisis Lingkungan Eskternal diadakan untuk
mencoba menangkap gejolak yang ada pada lingkungan usaha dan menafsirkan
kecenderungan yang akan terjadi di masa yang akan datang. Sementara itu
Analisis Potensi Internal Perusahaan menjadi basis untuk mengetahui kekuatan
dan kelemahan yang dapat menciptakan atau meniadakan Keunggulan
Bersaing yang Berkelanjutan.
Kerangka analisis yang digunakan dalam tulisan ini antara lain Model
Kelanggengan Keunggulan Bersaing Industri Jasa yang dikemukakan oleh
Bharadwaj et al (1993), dan Interaksi Strategis Dalam Lingkungan
Turbulen oleh Ansoff and McDonnell (1990).
Berdasarkan hasil analisis terhadap kondisi yang dijumpai pada PT. Citra
International Underwriters, diperoleh dua macam strategi yaitu Strategi
Umum dan Strategi Khusus. Strategi Umum yang disarankan adalah
menciptakan keunggulan bersaing dengan cara: menggali Ketrampilan
Tersendiri, dan membangun Penguasaan Assets Khusus. Strategi yang lebih
spesifik lagi dituangkan dalam Strategi Khusus, yang terdiri dari dua strategi:
1. Pcncapaian Skala Ruang-Lingkup.
2. Sistem Membonceng (Piggyback).
"
1994
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maria M. Armiati
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1992
S18471
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hengky Djojosantoso
"ABSTRAK
Dengan jumlah penduduk lebih dari 250 juta jiwa dan didukung oleh pertumbuhan ekonomi yang stabil serta angka inflasi di bawah 2 digit, Indonesia merupakan pasar asuransi terendah dibandingkan dengan empat negara ASEAN lainnya, yaitu Singapura, Thailand, Malaysia, dan Filipina. Digital dapat digunakan oleh pelaku industri asuransi di Indonesia untuk meningkatkan kualitas layanan kepada nasabah dan meningkatkan penetrasi asuransi. Jumlah koneksi seluler yang mencapi 1,83 koneksi per 1 orang penduduk dan jumlah pengguna internet yang mencapai 132,7 juta jiwa atau 51 persen dari jumlah penduduk memberikan basis yang kuat bagi pemanfaatan digital di industri asuransi Indonesia."
Jakarta: Bidang Penelitian dan Pengembangan AAMAI, 2018
336 AAMAI 48:8 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Linsi Irianti
Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 1987
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1994
S9139
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover