Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 6 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ridwan Firdinata
"Penelitian terkait employee engagement terus berkembang dewasa ini karena diyakini bahwa tingkat engagement karyawan akan berdampak kepada performa organisasi. Namun, tingkat employee engagement pada generasi millennial sangat rendah, padahal generasi ini akan mendominasi 50% posisi kerja secara global pada tahun 2020. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh atas faktor pekerjaan, lingkungan kerja, gaya kepemimpinan, kesempatan untuk berkembang, dan kesempatan berkontribusi, terhadap tingkat employee engagement pada generasi millennial. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metorde survey terhadap objek penelitian yaitu karyawan millennial di PT Samudera Indonesia, sebanyak 400 sempel. Sebagai metode analisis penelitian ini menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) untuk melihat model yang terbentuk atas faktor-faktor yang mempengaruhi employee engagement pada generasi millennial.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat model dari hubungan antara faktor-faktor yang mempengaruhi dengan employee engagement. Faktor yang memiliki pengaruh langsung dalam meningkatkan employee engagement adalah lingkungan kerja, pekerjaan, dan kesempatan untuk berkembang. Sedangkan untuk faktor kepemimpinan mempengaruhi employee engagement secara tidak langsung, dan faktor kesempatan berkontribusi tidak mempengaruhi employee engagement.

Many research show that employee engagement have positive influence on business performance. However, the employee engagement among millennials is lower than the previous generation whereas this generation will dominate 50% the world workforce in 2020. This research aims to confirm a model of factors than influencing employee engagement, that is the work itself, working environment, leadership, opportunity for personal growth, and opportunity to contribute. Using survey, the sample is 400 millennial employees of PT Samudera Indonesia. This research uses Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) as a tool to analyze the data.
As the result this research, work environment, work it-self, and opportunity for personal growth have direct impact to employee engagement. Leadership has indirect impact to employee engagement, and opportunity to contribute doesn’t have impact to employee engagement.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
T51897
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sari Sisilianingsih
"Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model evaluasi yang komprehensif dan terfokus pada portal Open Government Data (OGD) di Indonesia. Portal OGD memiliki peran penting dalam meningkatkan keterbukaan pemerintah dan partisipasi masyarakat dalam proses pengambilan keputusan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan campuran (mixed methods) yang menggabungkan elemen kualitatif dan kuantitatif. Dalam pengembangan indeks komposit evaluasi, peneliti menggunakan Analytic Hierarchy Process (AHP) untuk memperoleh penilaian dari lima ahli yang berasal dari kalangan regulator dan akademisi. Proses pembentukan indeks komposit melibatkan pengamatan terhadap semua aspek portal OGD di seluruh provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia. Dari total 518 pemerintah daerah yang ada, peneliti mengidentifikasi 325 portal OGD, kemudian diverifikasi menjadi 207 portal sebagai sampling frame yang akan digunakan dalam penelitian ini. Sampel akan diambil menggunakan metode multistage cluster sampling. Selain penilaian dari produsen data, model penelitian ini juga akan dievaluasi dari perspektif 544 responden (pengguna website OGD) yang akan dianalisis menggunakan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian ini menghasilkan model evaluasi OGD yang mencakup berbagai kriteria, termasuk ketersediaan data, regulasi, kualitas data, kualitas sistem, dampak OGD, infrastruktur, keterlibatan pengguna, serta integrasi dengan prinsip Satu Data Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan kondisi portal OGD di Indonesia secara keseluruhan mendapatkan indeks evaluasi sebesar 75,31 dengan nilai terbesar pada kriteria System Quality (96,99) dan Data Availability (86,62) serta nilai indeks yang paling kecil pada penerapan prinsip Satu Data Indonesia (SDI) (8,72). Daerah yang mendapat nilai tertinggi, yaitu portal Kabupaten Cianjur dengan nilai 81,73. Pemerintah dapat fokus pada indikator yang mendapatkan indeks yang rendah, khususnya, penerapan prinsip SDI untuk perbaikan kualitas portal.

The study aims to develop an evaluation model for Indonesia's Open Government Data (OGD) portals, utilizing a mixed-methods approach blending qualitative and quantitative techniques. Researchers employed the Analytic Hierarchy Process (AHP) to gather assessments from five experts, comprising regulators and academics, to form a composite evaluation index. Out of 518 identified portals, 325 OGD portals were verified using multistage cluster sampling. Additionally, 544 OGD website users were surveyed using Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). The research produced an OGD evaluation model covering various criteria, such as data availability, regulations, system and data quality, OGD impact, infrastructure, user engagement, and alignment with Indonesia's One Data initiative. Overall, Indonesia's OGD portals received an evaluation index of 75.31, with the highest scores in System Quality (96.99) and Data Availability (86.62), and the lowest in One Data Initiative implementation (8.72). Kabupaten Cianjur portal scored highest at 81.73. The findings suggest a need for government focus on areas with lower indices, particularly in enhancing One Data Initiative principles for portal quality improvement."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rafi Ismail
"Twitter adalah salah satu media sosial berbasis teks terbesar di dunia dengan berbagai fitur yang menunjang aktivitas komunikasi penggunanya. Seiring berjalannya waktu, pengguna dapat mengirimkan pesan kepada akun menfess sesuai minat dan preferensi mereka, yang kemudian akan mengunggah kembali pesan itu secara publik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor usability, social interaction, dan browsing activity yang memengaruhi perilaku impulsive buying pengguna menfess Twitter.
Penelitian ini dilakukan dengan mixed-method. Penelitian kualitatif dilakukan dengan melakukan wawancara bersama 10 narasumber pengguna Twitter yang pernah berinteraksi dengan akun menfess Twitter. Data kualitatif yang telah terkumpul diolah menggunakan grounded theory. Hasil pengolahan data kualitatif digunakan sebagai acuan pembentukan instrumen kuantitatif. Penelitian kuantitatif dilakukan dengan menyebarkan kuesioner online dengan 918 responden pengguna menfess Twitter yang pernah melakukan transaksi pembelian setelah mendapatkan informasi dari akun menfess Twitter. Data kuantitatif diolah dengan metode Structural Equation Model Partial Least Square (PLS-SEM).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa content relevance, navigability, dan presentation memengaruhi perceived usability; perceived usability memengaruhi browsing activity dan social interaction; social interaction memengaruhi informativeness, baik secara langsung maupun dengan mediasi perceived interaction quality; informativeness memengaruhi perceived information quality; perceived information quality memengaruhi browsing activity dan perceived enjoyment; browsing activity dan perceived enjoyment memengaruhi urge to buy impulsively; dan urge to buy impulsively memengaruhi actual purchase secara langsung serta melalui cognitive evaluation. Penelitian ini melengkapi pengetahuan di bidang usability, social interaction, dan browsing activity pada praktik akun menfess Twitter. Hasil penelitian dapat dimanfaatkan oleh pengembang Twitter untuk mengembangkan Twitter sebagai media interaksi berbasis menfess.

Twitter is one of the largest text-based social media in the world with various features that support the communication activities of its users. Over time, users can send messages to menfess accounts according to their interests and preferences, which will then re-post the message publicly. This study aims to analyze the factors of usability, social interaction, and browsing activity that influence the impulsive buying behavior of Twitter menfess users.
This research was conducted using mixed-method. Qualitative research was conducted by conducting interviews with 10 Twitter user interviewees who had interacted with the menfess Twitter account. The qualitative data that has been collected is processed using grounded theory. The results of qualitative data processing are used as a reference for the formation of quantitative instruments. Quantitative research was conducted by distributing online questionnaires with 918 respondents of Twitter menfess users who have made purchase transactions after getting information from Twitter menfess accounts. Quantitative data is processed using the Structural Equation Model Partial Least Square (PLS-SEM) method.
The results showed that content relevance, navigability, and presentation affect perceived usability; perceived usability affects browsing activity and social interaction; social interaction affects informativeness, both directly and by mediating perceived interaction quality; informativeness affects perceived information quality; perceived information quality affects browsing activity and perceived enjoyment; browsing activity and perceived enjoyment affect urge to buy impulsively; and urge to buy impulsively affects actual purchase directly and through cognitive evaluation. This research complements knowledge in the fields of usability, social interaction, and browsing activity in the practice of Twitter menfess accounts. The results of the study can be utilized by Twitter developers to develop Twitter as a menfess-based interaction media.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dzul Fiqar Aditya Widhiartanto
"Twitter adalah salah satu media sosial berbasis teks terbesar di dunia dengan berbagai fitur yang menunjang aktivitas komunikasi penggunanya. Seiring berjalannya waktu, pengguna dapat mengirimkan pesan kepada akun menfess sesuai minat dan preferensi mereka, yang kemudian akan mengunggah kembali pesan itu secara publik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor usability, social interaction, dan browsing activity yang memengaruhi perilaku impulsive buying pengguna menfess Twitter. Penelitian ini dilakukan dengan mixed-method. Penelitian kualitatif dilakukan dengan melakukan wawancara bersama 10 narasumber pengguna Twitter yang pernah berinteraksi dengan akun menfess Twitter. Data kualitatif yang telah terkumpul diolah menggunakan grounded theory. Hasil pengolahan data kualitatif digunakan sebagai acuan pembentukan instrumen kuantitatif. Penelitian kuantitatif dilakukan dengan menyebarkan kuesioner online dengan 918 responden pengguna menfess Twitter yang pernah melakukan transaksi pembelian setelah mendapatkan informasi dari akun menfess Twitter. Data kuantitatif diolah dengan metode Structural Equation Model Partial Least Square (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa content relevance, navigability, dan presentation memengaruhi perceived usability; perceived usability memengaruhi browsing activity dan social interaction; social interaction memengaruhi informativeness, baik secara langsung maupun dengan mediasi perceived interaction quality; informativeness memengaruhi perceived information quality; perceived information quality memengaruhi browsing activity dan perceived enjoyment; browsing activity dan perceived enjoyment memengaruhi urge to buy impulsively; dan urge to buy impulsively memengaruhi actual purchase secara langsung serta melalui cognitive evaluation. Penelitian ini melengkapi pengetahuan di bidang usability, social interaction, dan browsing activity pada praktik akun menfess Twitter. Hasil penelitian dapat dimanfaatkan oleh pengembang Twitter untuk mengembangkan Twitter sebagai media interaksi berbasis menfess.

Twitter is one of the largest text-based social media in the world with various features that support the communication activities of its users. Over time, users can send messages to menfess accounts according to their interests and preferences, which will then re-post the message publicly. This study aims to analyze the factors of usability, social interaction, and browsing activity that influence the impulsive buying behavior of Twitter menfess users. This research was conducted using mixed-method. Qualitative research was conducted by conducting interviews with 10 Twitter user interviewees who had interacted with the menfess Twitter account. The qualitative data that has been collected is processed using grounded theory. The results of qualitative data processing are used as a reference for the formation of quantitative instruments. Quantitative research was conducted by distributing online questionnaires with 918 respondents of Twitter menfess users who have made purchase transactions after getting information from Twitter menfess accounts. Quantitative data is processed using the Structural Equation Model Partial Least Square (PLS-SEM) method. The results showed that content relevance, navigability, and presentation affect perceived usability; perceived usability affects browsing activity and social interaction; social interaction affects informativeness, both directly and by mediating perceived interaction quality; informativeness affects perceived information quality; perceived information quality affects browsing activity and perceived enjoyment; browsing activity and perceived enjoyment affect urge to buy impulsively; and urge to buy impulsively affects actual purchase directly and through cognitive evaluation. This research complements knowledge in the fields of usability, social interaction, and browsing activity in the practice of Twitter menfess accounts. The results of the study can be utilized by Twitter developers to develop Twitter as a menfess-based interaction media."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Faturrachman Ariq
"Fenomena bonus demografi yang sedang terjadi di Indonesia membuat pemerintah diharapkan mampu untuk memanfaatkan peluang tersebut dengan mendorong pembangunan ekonomi, yang salah satunya dapat dilakukan dengan menyusun kebijakan ekonomi yang mendukung peningkatan akses tabungan dan investasi nasional. Salah satu industri yang perlu menjadi perhatian pemerintah dalam hal tersebut adalah industri perbankan syariah, yang saat ini antara pemerintah dengan industri sedang bersama-sama mengembangkan produk Sharia Restricted Intermediary Account (SRIA). Dalam hal pengembangannya, pemerintah dan industri perlu mengetahui faktor apa saja yang dianggap berpengaruh terhadap minat masyarakat terhadap penggunaan produk SRIA itu sendiri. Berdasarkan theory of planned behaviour, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor psikologis apa saja yang dianggap berpengaruh terhadap attitude, subjective norms, perceived behavioral control, serta intention (minat) seseorang dalam hal penggunaan produk SRIA. Metode non-probability sampling digunakan dalam penelitian ini dengan sebanyak 280 responden dan dianalisis menggunakan pemodelan Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor compatibility dan relative advantage dianggap berpengaruh secara positif terhadap attitude seseorang terhadap produk SRIA, sedangkan uncertainty menunjukkan hubungan yang negatif. Lalu faktor spirituality dan normative belief dianggap berpengaruh secara positif terhadap subjective norms, kemudian faktor selfefficacy dan facilitation condition dianggap berpengaruh secara positif terhadap perceived behavioral control. Kemudian, attitude, subjective norms, dan perceieved behavioral control seseorang menjadi faktor yang dianggap berpengaruh secara positif terhadap intention atau minat seseorang dalam hal penggunaan produk SRIA.

The phenomenon of demographic bonus that is happening in Indonesia makes the government expected to be able to take advantage of these opportunities by encouraging economic development, one of which can be done by developing economic policies that can support the development of savings and national investment. One industry that needs the government attention in this regard is the Islamic banking industry, which is one of the programs between the government and the industry is the development of Sharia Restricted Intermediary Account (SRIA) product. In terms of development, the government and industry need to know what factors are considered influential on public interest in using SRIA. Based on the theory of planned behavior, this study aims to determine what psychological factors are considered to influence the attitude, subjective norms, perceived behavioral control, and intention of a person to use SRIA. Nonprobability sampling method was used in this study with 280 respondents and analyzed using Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) modeling. The results showed that compatibility and relative advantage were considered positively influence one's attitude towards SRIA products, while uncertainty showed a negative relationship. Spirituality and normative belief factors were considered to positively influence subjective norms, also self-efficacy and facilitation condition factors were considered to positively affect perceived behavioral control. Lastly, attitude, subjective norms, and perceived behavioral control shown as the factors that are considered positively influential on one's intention in using SRIA.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alif Muhammad Bravo
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Social Media Marketing dan Perceived Platform Privacy terhadap Intention to Continue Using Platform pada aplikasi investasi online di Indonesia, dengan studi kasus pada aplikasi Bibit. Data diperoleh dari 400 responden yang dipilih menggunakan metode Purposive Sampling. Kriteria responden adalah pengguna aplikasi investasi Bibit dalam enam bulan terakhir dan aktif menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, YouTube, Twitter/X, dan TikTok. Analisis dilakukan menggunakan Partial Least Squares - Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Social Media Marketing berpengaruh positif terhadap Brand Trust, Brand Image, dan Intention to Continue Using Platform, baik langsung maupun tidak langsung. Social Media Marketing juga berpengaruh positif terhadap Perceived Platform Privacy, dan Perceived Platform Privacy berpengaruh positif terhadap Intention to Continue Using Platform. Temuan ini diharapkan mendukung pengembangan strategi pemasaran aplikasi investasi online, terutama melalui peningkatan kepercayaan dan citra merek serta penguatan privasi platform.

This study aims to analyze the influence of Social Media Marketing and Perceived Platform Privacy on Intention to Continue Using Platform in the context of online investment applications in Indonesia, with a case study on the Bibit application. Data were collected from 400 respondents selected using the Purposive Sampling method. The criteria for respondents included users of the Bibit investment application within the past six months and active users of social media platforms such as Facebook, Instagram, YouTube, Twitter/X, and TikTok. The analysis was conducted using Partial Least Squares - Structural Equation Modeling (PLS-SEM). The results of the study indicate that Social Media Marketing positively affects Brand Trust, Brand Image, and Intention to Continue Using Platform, both directly and indirectly. Social Media Marketing also positively affects Perceived Platform Privacy, and Perceived Platform Privacy positively influences Intention to Continue Using Platform. These findings are expected to support the development of marketing strategies for online investment applications, particularly by enhancing Brand Trust, Brand Image, and Platform Privacy."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2025
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library