Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Wulung Pambuko
Abstrak :
Isi tesis ini mengenai pembuatan simulator 3D dari algoritma pencarian Particle Swarm Optimization untuk pencarian banyak sumber asap dengan menggunakan Open Dynamics Engine dan mengenai Dynamic Niche-PSO yang adalah algoritma baru sebagai modifikasi algoritma MPSO dari penelitian sebelumnya [1]. Versi simulator 2D untuk PSO ini telah dibuat penelitian sebelumnya ini. Pemodelan fisik 3D ini bertujuan untuk mengurangi gap antara perangkat lunak dan perangkat keras di dunia nyata.
Salah satu bab adalah bab yang menjelaskan pembuatan model robot, asap dan sumbernya, dan medan dengan Open Dynamics Engine. Dilanjutkan dengan bab tentang cara pemakaian GUI simulator ini.
Algoritma Dynamic Niche-PSO yang diajukan pada penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki kelemahan algoritma PSO sebelumnya dimana 2 niche (kelompok agen) atau lebih masih ada kemungkinan untuk menuju sumber asap yang sama. Pada Dynamic Niche-PSO ini diperkenalkan robot baru, yaitu robot utama yang mempunyai arca ketertarikan. Pada Dynamic Niche-PSO ini juga robot netral dan bermuatan dapat berpindah keanggotaan dari satu niche ke niche yang lain apabila memasuki arca ketertarikan atau attract area dari robot utama niche yang lain ini.
......The contents of this thesis are the development of 3D simulator for visualizing Particle Swarm Optimization algorithm for multi odor source localization using Open Dynamics Engine, and Dynamic Niche-PSO as modification of MPSO algorithm from previous research [1]. The 2D version of this MPSO is made in previous research. This 3D modeling has a purpose to reducegap between Software and Hardware in the real world.
One of chapters is explaining about how to make the model of robots, plumes and its sources, and field with Open Dynamics Engine. Continued with chapter explaining about how to use the GUI of this simulator.
Dynamic Niche-PSO algorithm proposed in this research has a purpose to refine the weakness of previous algorithm where 2 niches (group of agents) or more still have a probability to move toward the same odor source. There is newly introduced robot in this Dynamic Niche-PSO algorithm called main robot which has an attract area. In this Dynamic Niche-PSO also a neutral robot or a charge robot could become a member of another niche if it entered the attract area of main robot of this other niche.
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2009
T25913
UI - Tesis Open Universitas Indonesia Library
Lang Jagat
Abstrak :
Karakter virtual merupakan simulasi grafik yang bisa berupa objek manusia riil maupun imaginer yang memungkinkan objek berinteraksi dengan pengguna baik melalui suara, ekspresi wajah, isyarat, dan pandangan. Banyak penelitian telah dilakukan dalam pengembangan karakter animasi 3D yang tidak hanya pada platform PC melainkan juga pada platform mobile. Pada thesis ini membahas mengenai implementasi dari karakter anamasi virtual 3D dan 3D engine di iPad dengan menggunakan library graphics OpenGL ES dan bahasa pemrograman Objective-C dan C++. Tujuan dari projek ini adalah porting library SMR yang telah dikembangkan oleh tim SAMSARA dari laboratorium SAMSARA di Universtité de Bretagne Sud (UBS). Library ini digunakan untuk mengembangkan applikasi 3D real time untuk visualisasi dan animasi karakter manusia yang menggunakan bahasa isyarat Perancis (Sign Language on French). Animation real time dari karakter virtual di iPad harus memperhitungkan beberapa keterbatasan yang dimiliki oleh oeh iPad seperti kemampuan grafik, ruang disk, dan ukuran memori. Source Code library SMR harus dilakukan beberapa modifikasi sehingga memungkinkan untuk berjalan dengan baik di platform iPad.
......A virtual character is graphics simulation of real or imaginary persons that enable natural can be interact with the user by means of voice, facial expression, gesture, and gaze direction. Many research has developed 3D virtual character animation not only in PC platform but also in Mobile device. This Theses present an implementation of a 3D virtual character animation and rendering engine running on iPad using OpenGL-ES with Objective-C and C++. The Objective of this project is a port of the library SMR that has developed by the team SAMSARA from Valoria laboratory at Université du Bretagne Sud (UBS). This library used for developing applications that make use of real time 3D graphicsm for visualization and animation of 3D virtual human character use sign language in French. Real time animation of virtual character on iPad represent a challenging task since many limitation must be taken into account with respect the processing power like graphics capabilities, disk spaces, and memory size. The original source code has been modified to make SMR library work on the iPad platform, and further optimizations have been done to increase the runtime performance as well.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
T30084
UI - Tesis Open Universitas Indonesia Library