Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Harry Tejakusuma
Abstrak :
Metode P-Z Summation merupakan salah satu metode yang baik untuk meminimalisir ghost dan multiple reflection pada perekaman data seismik di zona Ocean Bottom Cable (OBC). Cara kerja metode ini dengan mengkombinasikan data P dari hydrophone dengan data Z dari geophone untuk menghilangkan multiple yang memiliki sifat polaritas berlawanan pada wavelet seismik P dan Z. Penggabungan data tersebut juga akan meningkatan resolusi penampang seismik pada zona target seiring dengan hilangnya ghost serta multiple pada data. Untuk studi lebih lanjut, maka dilakukanlah pengamatan mengenai metode P-Z Summation pada data pre-stack serta data post stack untuk mengetahui hasil dan proses yang lebih optimal pada pengolahan data seismik OBC. Dimana data pre-stack merupakan data yang belum mengalami Zero Offset dan data post stack merupakan data yang sudah mengalami Zero Offset serta penggabungan trace. Dari hasil studi dengam menggunakan 2 metode tersebut digunakan nilai ACF (Auto Correlation Function) sebagai pembanding, yakni ACF 250 dengan ACF 1000 pada data pre-stack dan post stack yang digunakan, didapat hasil deghosting yang berbeda pada resolusi penampang akhirnya. Pada hasil akhir pre-stack ACF 250 masih terlihat multiple reflection pada Two Way Time (TWT) 1500-2000 ms, sedangkan pada hasil akhir pre stack ACF 1000 multiple sudah mulai menghilang pada TWT 1500-2000 ms. Kemudian, pada hasil akhir penampang seismik post stack ACF 250 terdapat multiple yang masih telihat pada TWT 500-1000 ms. Dan seismik post stack ACF 1000 mengalami pelemahan multiple pada TWT 500-1000 ms dan mengalami peningkatan resolusi pada zona target di TWT 1000-1500ms. ...... PZ summation method is a good method to minimize multiple reflections in the seismic data recording in the zone of Ocean Bottom Cable (OBC). This method works by combining the P data from the hydrophones with the Z data from the geophones to eliminate ghost and multiple properties that have opposite polarity on P and Z seismic wavelet. The incorporation of these data will also increase seismic resolution on the target zone due to the loss of multiple. For further study, we conducted extensive observations of P-Z summation method on the pre-stack and post-stack data to determine and enhance the outcome of OBC seismic data processing. As we know, the pre-stack data is the data that has not been changed to the Zero Offset and post stack data is the data that has undergone to the Zero Offset. From the results of studies using two method, the comparison of those two types of data is using ACF (Auto Correlation Function) values, ACF 250 with ACF 1000 using pre - stack and post- stack data, the different results obtained in the deghosting eventually cross section resolution. At the end of the pre - stack results ACF 250 still seen multiple reflection on Two Way Time ( TWT ) from 1500 to 2000 ms, while the end result of pre stack multiple ACF 1000 have started to disappear in the 1500-2000 ms TWT. Then, on the final results of post stack seismic ACF 250 there are still multiple seemingly at 500-1000 ms TWT. And post-stack seismic weakened multiple ACF 1000 at 500-1000 ms TWT and increase the resolution of the target zone at 1000- 1500ms TWT.
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2014
S54914
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Enri Novalino Vidiawan
Abstrak :
Mobil atau kendaraan listrik (EVs) telah mendapatkan banyak perhatian di seluruh dunia sebagai solusi permasalahan pengurangan emisi gas buang. Dalam sistem mobil listrik tersebut baterai menjadi komponen vital sebagai sumber tenaga listrik penggerak yang efisien. Menjadi satu hal yang sangat penting diperhatikan adalah pengisian bateri secara on-board atau off-board yang efisien. Karena keterbatasan infrastruktur pengisian bateri cepat yang khusus, sebagian besar kendaraan listrik dilengkapi dengan On-Board Battery Charger (OBC) yang memungkinkan mereka mengisi daya dari soket utilitas yang ada di mana-mana. Untuk itu, menjadi penting untuk mengangkat tema penelitian tentang OBC. Studi ini menyajikan konverter non-isolasi dua tahap satu fase untuk pengisi daya baterai kendaraan listrik hybrid plug-in terpasang. Pada penelitian ini, kinerja konverter akan ditingkatkan dengan menerapkan Fractional-Order PID (FOPID) pada bagian kontrolernya. Evaluasi kinerja rancangan OBC dilaukan melalui simulasi untuk menunjukkan keefektifan sistem yang diusulkan. Rangkaian yang dihasil dapat menghasilkan pemakaian induktor sekitar 5 kali lebih kecil pada bagian Power Factor Correction (PFC) rangkaian, dapat lebih meminimalisisr rugi-rugi konduksi yang terjadi pada bagian DC-DC Converter, dan membuat sistem 0.03s lebih cepat sampai pada titik stabilnya. Diharapkan dengan peningkatan-peningkatan yang dilakukan diberbagai bagian rangkaian OBC pada studi ini, bisa menghasilkan rangkaian OBC yang dapat menjawab tantangan-tantangan yang ada saat ini dalam pengaplikasiannya, dan dapat diaplikasiakan dengan mudah di masa depan ......Electric cars or vehicles (EVs) have received a lot of attention worldwide as a solution to the problem of reducing exhaust emissions. In the electric car system, the battery becomes a vital component as an efficient source of electric power. One thing that is very important to note is efficient on-board or off-board battery charging. Due to the limitations of a dedicated fast charging infrastructure, most electric vehicles are equipped with an On-Board Battery Charger (OBC) that allows them to charge from the ubiquitous utility socket. For this reason, it is important to raise the theme of research on OBC. This study presents a single-phase two-phase non-insulated converter for a plug-in hybrid electric vehicle battery charger installed. In this research, the converter performance will be improved by applying Fractional-Order PID (FOPID) on the controller part. Evaluation of the performance of the OBC design is carried out through simulations to demonstrate the effectiveness of the proposed system. The resulting circuit can produce the use of an inductor about 5 times smaller in the Power Factor Correction (PFC) section of the circuit, can further minimize conduction losses that occur in the DC-DC Converter section, and make the system 0.03s faster to reach its stable point. It is hoped that with the improvements made in various parts of the OBC series in this study, it can produce an OBC series that can answer the challenges that exist today in its application, and can be applied easily in the futur
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library