Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 188 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Binky Paramitha Iskandar
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2010
T37951
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andreas Robby Susanto
Abstrak :
Latar Belakang. Saturasi oksigen merupakan pengukuran rutin pada pasien dengan pipa endotrakea ataupun dengan masalah pernafasan / oksigenasi dan merupakan standar pemantauan oksigenasi dari ASA dan WHO. Oksimeter denyut jari menjadi pilihan utama karena mudah digunakan. Pemantauan saturasi oksigen sering bermasalah karena lokasi di perifer terdapat kelainan , misalnya karena luka bakar, hipoperfusi. Diperlukan alternatif pemantauan saturasi antara lain dengan modifikasi oksimeter denyut orofaring. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kesesuaian hasil pengukuran antara modifikasi oksimeter denyut orofaring dan oksimeter denyut jari. Metode. Penelitian analitik observasional dengan rancangan potong lintang terhadap pasien ASA 1 dan ASA 2 terintubasi yang menjalani pembedahan di RSCM Jakarta periode Agustus-September 2017. Sebanyak 26 pasien diambil secara konsekutif, setiap pasien dilakukan dua pengukuran saturasi dengan oksimeter denyut jari dan modifikasi oksimeter denyut orofaring, pencatatan dilakukan setiap 5 menit selama 30 menit . Analisis data menggunakan uji kesesuain Bland-Altman. Hasil. Rerata hasil pengukuran oksimeter jari sebesar 98,53 SD 0,896 , dan rerata hasil pengukuran modifikasi oksimeter denyut orofaring sebesar 98,35 SD 1,238 . Analisa uji Bland Altman pada semua waktu pengukuran mendapatkan rerata selisih antara oksimeter denyut jari dan modifikasi oksimeter denyut orofaring sebesar 0,19 , dengan interval kepercayaan 95 sebesar 0.07-1,79 dan dengan limit of agreement sebesar -1,42 ndash; 1,79. Simpulan. Pengukuran dengan metode modifikasi oksimeter denyut orofaring memiliki kesesuaian yang sangat baik dengan oksimeter denyut jari.
Background. Oxygen saturation is an important routine measurement in patients with endotracheal tubes or with respiratory oxygenation problems and standard oxygenation monitoring from ASA and WHO. Finger pulse oxymeter is the first choice because of its easy use. Oxygen saturation monitoring often has problems if the peripheral site has abnormalities due to several things, because. Alternative saturation monitoring is required, modification oropharyngeal pulse oxymeter is one choice. This study aims to compare the agreement of the measurement results between the modification of the oropharynx pulse oximeter and the finger pulse oximeter. Method. An observational analytic study with cross sectional design which observe ASA 1 and ASA 2 patients who were intubated and undergo surgery at RSCM Jakarta period August September 2017. Total 26 patients were taken consecutively, each patient were performed finger pulse oximeter and modification oropharyngeal pulse oxymeter, recorded every 5 minutes for 30 minutes. Analysis using agreement test Bland Altman. Results. The mean of measurement with finger oximeter was 98,53 SD 0,896 , and mean of measurement result with modification oropharyngeal pulse oximeter was 98,35 SD 1,238 . Analysis with Bland Altman test at all measurement time got mean difference between finger pulse oximeter and modification oropharyngeal pulse oximeter of 0.19, with 95 confidence interval equal to 0.07 1,79 and with limit of agreement equal to 1,42 1,79. Conclusion. Measurements with the modification oropharyngeal pulse oximeter method have good agreement with finger pulse oximeter.
Depok: Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
Formalin merupakan bahan yang berbahaya karena dapat terakumulasi dalam tubuh dan dapat mengakibatkan antara lain penyakit kanker. Namun, pemanfaatannya sebagai bahan pengawet makanan sulit dikontrol/dicegah mengingat banyaknya industri rumah tangga yang menggunakan formalin sebagai bahan pengawet. Tersedianya sensor yang sederhana dan murah dapat membantu konsumen dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi. Penelitian ini bertujuan untuk membuat bentuk polianilin (PANI)/modifikasi PANI dengan adanya gugus –SO3H yang digunakan untuk mengidentifikasi formalin. PANI bentuk emeraldin terprotonasi dibuat dari anilin-HCl dengan menggunakan ratio Anilin/APS (Ammonium Peroksodisulfat) 1,25. Selanjutnya dari bentuk ini dibuat polianilin basa yaitu pernigranilin (teroksidasi penuh) dan emeraldin basa (setengah teroksidasi) serta modifikasinya melalui reaksi substitusi aromatik elektrofilik (SO3) yang berasal dari H2SO4 pekat menjadi polianilin basa tersulfonasi. Pembuatan pernigranilin basa tersulfonasi melalui dua metode yaitu metode A (berasal dari oksidasi emeraldin basa tersulfonasi) dan metode B (berasal dari pernigranilin basa yang direaksikan dengan H2SO4 pekat). Bentuk PANI/modifikasi PANI yang paling stabil ialah emeraldin basa, emeraldin basa tersulfonasi dan pernigranilin basa tersulfonasi dengan metode A. Berdasarkan pengujian formalin dengan ketiga bentuk tersebut, iv bentuk emeraldin basa tersulfonasi yang lebih sensitif karena memberikan penurunan absorbansi yang signifikan.
Universitas Indonesia, 2009
S30457
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Samuel Christian Giovanni
Abstrak :
[ABSTRAK Pada aplikasinya, konstruksi jalan masih memiliki banyak kelemahan antara lain mudah rusak pada saat terdapat genangan air sehingga akan memperpendek umur pakai jalan. Pada penelitian ini akan dilakukan modifikasi dari bitumen yang merupakan bahan utama pembuatan jalan dengan cara penambahan High Density Polyehtylene (HDPE) dan liginin pada campuran bitumen pen 60/70. Hal ini dapat menurunkan nilai penetrasi sehingga menjadikan bitumen lebih keras dan tahan ketika diberikan beban kendaraan yang berulang, meningkatkan titik lembek, dan menurunkan daktilitas. Selain itu, penambahan lignin sebagai coupling agent dapat meningkatkan kompaktibilitas antara HDPE dengan bitumen karena lignin yang memiliki gugus polar dan non-polar. Kadar lignin yang digunakan yaitu 0,1%, 0,3%, dan 0,5%. Selain itu, penelitian ini juga ingin mengetahui pengaruh temperatur proses yaitu 140˚C, 160˚C dan 180˚C dan waktu pencampuran yaitu 15, 30, dan 45 menit terhadap sifat bitumen hasil modifikasi. Untuk itu dilakukan pengujian mekanik dan karakterisasi campuran untuk melihat kekuatan dari bitumen dan kompatibilitas antara bitumen, HDPE, dan lignin. Pengujian dilakukan melalui uji daktilitas, penetrasi, dan titik lembek. Sedangkan, karakterisasi dilakukan dengan menggunakan Fourier Transform Infrared (FTIR), Thermo Gravimetric Analyzer (TGA), dan Differential Scaning Calorimetry (DSC). Dari hasil pengujian menunjukkan semakin tinggi kadar dari liginin dan semakin tinggi temperatur proses yang digunakan maka semakin tinggi juga kekuatan bitumen modifikasi dalam menahan beban serta semakin tinggi ketahanan termalnya. Kompatibilitas yang baik didapat pada penambahan lignin 0,5% dan temperatur proses 180&#deg;C.
ABSTRACT In the application, road construction still has some weakness such as easily damaged, especially when wet patch of water exists. In this case, it will shorten the lifespan of the road. In this study, therefore, the main purpose is to modify the bitumen, which is the main ingredient of asphalt for road construction. The work was performed by adding high density polyethylene (HDPE) and lignin into the bitumen mix pen 60/70. It was expected that it could decrease the penetration?s value so it will make the asphalt harder and resistant to the load, increase the softening point, and thus lower the ductility. The addition of lignin was expected to function as a coupling agent and could increase the compatibility between HDPE and bitumen. This can be understood since lignin has a polar and a non-polar groups. Concentration of lignin used was 0.1, 0.3, and 0.5 wt.% at processing temperature of 140oC, 160oC and 180oC and mixing times of 15, 30, and 45 minutes. Characterization was performed by using a Fourier Transform Infrared (FTIR), Thermogravimetric Analyzer (TGA), and Differential Scanning Calorimetry (DSC), whereas the mechanical testing of the modified bitumen was performed through ductility testing, penetration, and softening point. The results showed that high level of lignin and high temperature of the process resulted in high strength of the modified bitumen and so does the thermal resistance. The best result was obtained in the addition of 0.5 wt.% lignin at a process temperature of 180°C.;In the application, road construction still has some weakness such as easily damaged, especially when wet patch of water exists. In this case, it will shorten the lifespan of the road. In this study, therefore, the main purpose is to modify the bitumen, which is the main ingredient of asphalt for road construction. The work was performed by adding high density polyethylene (HDPE) and lignin into the bitumen mix pen 60/70. It was expected that it could decrease the penetration?s value so it will make the asphalt harder and resistant to the load, increase the softening point, and thus lower the ductility. The addition of lignin was expected to function as a coupling agent and could increase the compatibility between HDPE and bitumen. This can be understood since lignin has a polar and a non-polar groups. Concentration of lignin used was 0.1, 0.3, and 0.5 wt.% at processing temperature of 140oC, 160oC and 180oC and mixing times of 15, 30, and 45 minutes. Characterization was performed by using a Fourier Transform Infrared (FTIR), Thermogravimetric Analyzer (TGA), and Differential Scanning Calorimetry (DSC), whereas the mechanical testing of the modified bitumen was performed through ductility testing, penetration, and softening point. The results showed that high level of lignin and high temperature of the process resulted in high strength of the modified bitumen and so does the thermal resistance. The best result was obtained in the addition of 0.5 wt.% lignin at a process temperature of 180oC., In the application, road construction still has some weakness such as easily damaged, especially when wet patch of water exists. In this case, it will shorten the lifespan of the road. In this study, therefore, the main purpose is to modify the bitumen, which is the main ingredient of asphalt for road construction. The work was performed by adding high density polyethylene (HDPE) and lignin into the bitumen mix pen 60/70. It was expected that it could decrease the penetration’s value so it will make the asphalt harder and resistant to the load, increase the softening point, and thus lower the ductility. The addition of lignin was expected to function as a coupling agent and could increase the compatibility between HDPE and bitumen. This can be understood since lignin has a polar and a non-polar groups. Concentration of lignin used was 0.1, 0.3, and 0.5 wt.% at processing temperature of 140oC, 160oC and 180oC and mixing times of 15, 30, and 45 minutes. Characterization was performed by using a Fourier Transform Infrared (FTIR), Thermogravimetric Analyzer (TGA), and Differential Scanning Calorimetry (DSC), whereas the mechanical testing of the modified bitumen was performed through ductility testing, penetration, and softening point. The results showed that high level of lignin and high temperature of the process resulted in high strength of the modified bitumen and so does the thermal resistance. The best result was obtained in the addition of 0.5 wt.% lignin at a process temperature of 180oC.]
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S61894
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nashrullah Jamil
Abstrak :
[ ABSTRAK
Adanya peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan nomor 56 dan 57 tahun 2014 yang bertujuan untuk meminimalisir kegiatan illegal fishing berdampak pada banyaknya kapal perikanan yang berhenti beroperasi. Salah satunya adalah KM. Mitramas 6 yang merupakan jenis kapal angkut ikan. Agar KM. Mitramas 6 dapat dioperasikan kembali, maka perlu adanya suatu terobosan yang dilakukan. Untuk itu pada Tugas Akhir ini, penulis hendak melakukan modifikasi pada KM. Mitramas 6 dengan tujuannya agar kapal dapat dioperasikan kembali sebagai kapal jenis lain. Modifikasi yang dilakukan adalah dengan melakukan utilisasi fungsi dari kapal angkut ikan menjadi kapal angkut barang dan penumpang. Modifikasi yang dilakukan mecakup modifikasi tata ruang, modifikasi sitem sanitari dan sewage, serta serta analisis konstruksi dari salah satu bagian pada kapal. Dari hasil yang didapat, diketahui bahwa kapal hasil modifikasi layak untuk dioperasikan menjadi jenis kapal angkut barang dan penumpang.
ABSTRACT Regulation of the Minister Maritime Affairs and Fisheries number 56 and 57 in 2014 which aims to minimize illegal fishing activities have an impact on the number of fishing vessel that stop operating. One of them is KM. Mitramas 6 which is fish carrier vessel type. So that KM. Mitramas 6 can operated again, there should be an inovation. For this reason, in this final task, the writer want to make modification to the KM. Mitramas 6 in order to operate again as another another type of fishing vessel. Modifiacation done through utilization function of fish carrier vessel into cargo passenger vessel. Modification made include layout modification, sanitary and sewage piping system, and anlysis strength construction of one part of ship. The result are used to ensure that vessel can be modified into another vessel type as cargo passenger vessel. ;Regulation of the Minister Maritime Affairs and Fisheries number 56 and 57 in 2014 which aims to minimize illegal fishing activities have an impact on the number of fishing vessel that stop operating. One of them is KM. Mitramas 6 which is fish carrier vessel type. So that KM. Mitramas 6 can operated again, there should be an inovation. For this reason, in this final task, the writer want to make modification to the KM. Mitramas 6 in order to operate again as another another type of fishing vessel. Modifiacation done through utilization function of fish carrier vessel into cargo passenger vessel. Modification made include layout modification, sanitary and sewage piping system, and anlysis strength construction of one part of ship. The result are used to ensure that vessel can be modified into another vessel type as cargo passenger vessel. ;Regulation of the Minister Maritime Affairs and Fisheries number 56 and 57 in 2014 which aims to minimize illegal fishing activities have an impact on the number of fishing vessel that stop operating. One of them is KM. Mitramas 6 which is fish carrier vessel type. So that KM. Mitramas 6 can operated again, there should be an inovation. For this reason, in this final task, the writer want to make modification to the KM. Mitramas 6 in order to operate again as another another type of fishing vessel. Modifiacation done through utilization function of fish carrier vessel into cargo passenger vessel. Modification made include layout modification, sanitary and sewage piping system, and anlysis strength construction of one part of ship. The result are used to ensure that vessel can be modified into another vessel type as cargo passenger vessel. ;Regulation of the Minister Maritime Affairs and Fisheries number 56 and 57 in 2014 which aims to minimize illegal fishing activities have an impact on the number of fishing vessel that stop operating. One of them is KM. Mitramas 6 which is fish carrier vessel type. So that KM. Mitramas 6 can operated again, there should be an inovation. For this reason, in this final task, the writer want to make modification to the KM. Mitramas 6 in order to operate again as another another type of fishing vessel. Modifiacation done through utilization function of fish carrier vessel into cargo passenger vessel. Modification made include layout modification, sanitary and sewage piping system, and anlysis strength construction of one part of ship. The result are used to ensure that vessel can be modified into another vessel type as cargo passenger vessel. ;Regulation of the Minister Maritime Affairs and Fisheries number 56 and 57 in 2014 which aims to minimize illegal fishing activities have an impact on the number of fishing vessel that stop operating. One of them is KM. Mitramas 6 which is fish carrier vessel type. So that KM. Mitramas 6 can operated again, there should be an inovation. For this reason, in this final task, the writer want to make modification to the KM. Mitramas 6 in order to operate again as another another type of fishing vessel. Modifiacation done through utilization function of fish carrier vessel into cargo passenger vessel. Modification made include layout modification, sanitary and sewage piping system, and anlysis strength construction of one part of ship. The result are used to ensure that vessel can be modified into another vessel type as cargo passenger vessel. , Regulation of the Minister Maritime Affairs and Fisheries number 56 and 57 in 2014 which aims to minimize illegal fishing activities have an impact on the number of fishing vessel that stop operating. One of them is KM. Mitramas 6 which is fish carrier vessel type. So that KM. Mitramas 6 can operated again, there should be an inovation. For this reason, in this final task, the writer want to make modification to the KM. Mitramas 6 in order to operate again as another another type of fishing vessel. Modifiacation done through utilization function of fish carrier vessel into cargo passenger vessel. Modification made include layout modification, sanitary and sewage piping system, and anlysis strength construction of one part of ship. The result are used to ensure that vessel can be modified into another vessel type as cargo passenger vessel. ]
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S62696
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Agung Ibrahim
Abstrak :
Berdasarkan adanya Permen KP No. 57/2014 berdampak pada banyaknya kapal angkut ikan yang tidak dapat beroprasi sehingga diperlukan modifikasi guna utilitasi kapal angkut ikan menjadi kapal angkut barang dan penumpang. Modifikasi dilakukan dari segi fungsi, rute dan teknis. Salah satu aspek yang mengalami perubahan yaitu kecepatan. Kecepatan harus ditingkatkan tanpa adanya perubahan pada mesin utama dan shaft. Untuk memenuhi perubahan tersebut maka salah satu langkah yang bisa diambil adalah pengurangan hambatan dengan cara penurunan draft pada kapal dan rancangan ulang pada propeller. Perhitungan hambatan dilakukan dengan 3 metode yaitu : metode Yamagata, permodengan menggunakan software maxsurf dengan metode Holtrop, dan uji tarik. Hambatan berkurang 15,6 kN menurut Metode Holtrop, berkurang 29,92 kN menurut metode yamagata dan berkurang 148,47 kN dari hasil uji tarik.
According to Permen KP No. 57/2014 that effects on the number of not operating fishing vessel, that leads to the urgency of modification to utilize such vessel into cargo and passenger vessel. This modification consist of function, route, and technical specification. One of modified aspec is speed. This aspec must be increase without any changes of main engine and shaft. In order to fulfill such change, the redaction of ship resistance shold be done by decreasing draft of the ship and redesign of the existing propeller. Resistance will be calculate using 3 methods, such as: Yamagata Method, Modelling and Visualisation with Holtrop Method in Maxsurf, and Towing Test. Resistance decreased 15,6 kN based on Holtrop Method, decreased 29,92 kN based on Yamagata Method and decreased 148,47 kN based on Towing Test.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S62179
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhamad Fadhil Nugraha
Abstrak :
Pembangkit A adalah sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Uap yang berlokasi di Pulau Jawa. Pembangkit ini setiap tahun membangkitkan energi listrik rata-rata 7.900 GWh yang disalurkan dengan Saluran Udara Tegangan Tinggi 150 kV ke sistem interkoneksi Jawa melalui transformator utama (Generator Transformer) dengan menaikkan tegangan 17,5 kV menjadi tegangan 150. Sedangkan untuk sistem pemakaian sendiri, digunakan Main Auxiliary Transformer (MAT) dan Reserve Auxiliary Transformer (RAT). Rel pemakaian sendiri digunakan untuk memasok peralatan listrik di dalam pembangkit itu sendiri, antara lain instalasi penerangan, penyejuk udara, alat-alat, dan lain-lain. Namun, RAT mendapat pasokan daya dari rel jaringan pusat listrik kemudian memasok daya ke rel pemakaian sendiri, bukan dari generator. Dengan begitu, diajukan rangkaian alternatif dengan menambahkan dua circuit breaker 4.16 kV. Dari hasil simulasi aliran daya menunjukan persentase penggunaan tegangan tertinggi sebesar 99.3% serta terendah sebesar 97.4%. Untuk persentase loading transformator pada kondisi BFP Inactive (RSH) tidak mengalami overload. Dari hasil simulasi hubung singkat, breaking capacity dari circuit breaker pada setiap switchgear masih dapat menangani arus hubung singkat pada rangkaian terbaru dimana arus hubung singkat terbesar sebesar 61 kA dan terkecil sebesar 46.2 kA. Dari hasil perhitungan arus kas, didapatkan NPV bernilai Rp173.136.476,51, IRR bernilai 10,40% dengan payback period sekitar 18,48 tahun. Sehingga dari analisis tersebut, rangkaian alternatif layak untuk diaplikasikan pada Pembangkit A. ......Power Plant A is an electric steam power plant that located at Java Island. Power Plant A annually generates an average of 7.900 GWh which is channeled by 150 kV high voltage air line to the Java and Bali Interconnection system through the main transformer (Generator Transformer) by increasing the voltage of 17.5 kV to a voltage of 150 kV. As for the usage system itself, the Main Auxiliary Transformer (MAT) and Reserve Auxiliary Transformer (RAT) are used. The  rail itself is used to supply electrical equipment inside the plant itself, including lighting installations, air conditioning, tools, and others. However, the Reserve Auxiliary Transformer (RAT) get power from the central electric network rails and then supply power to the usage rails itselves, not from generators. Therefore, alternative 6 is proposed by adding two 4.16 kV circuit breakers. From the results of the simulation of the power flow shows highest percentage of voltage usage  by 99.3% and the lowest by 97.4%. For the percentage of transformer loading in BFP Inactive (RSH) conditions, the system dont overload. From the results of a short circuit simulation, the breaking capacity of the circuit breaker at each switchgear can still handle the short circuit current in the new alternative circuit where the largest sort circuit current is 61 kA and the smallest is 46.2 kA. From the results of the calculation of cash flows, the NPV is valued at Rp173,136,476.51, the IRR is 10.40% with a payback period of around 18.48 years. So from this analysis, alternative 6 is feasible to be applied in Power Plant A.

Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dian Eka Putrianti
Abstrak :
Penggunaan formalin sebagai pengawt makanan dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan manusia, karena bersifat karsinogen (menyebabkan kanker), mutagen (menyebabkan perubanan sei, jaringan tubun), korosif dan iritatif. Untuk itu diperlukan suatu indikator yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi adanya formalin baik seoara kuantitatif dan kualitatif Polianilin dapat berada dalam berbagai bentuk sehingga dapat dimanfaatkan sebagai sensor kimia. Penelitian ini bertujuan untuk membuat polianilin/moclifikasi polianilin dengan gugus -SO3H yang dapat dimanfaatkan untuk mengidentifikasi adanya formalin. Polianilin bentuk emeraldin terprotonasi dibuat dari garam anilin-HCI dengan APS menggunakan rasio anilin/APS 1,25. Pembuatan emeralclin basa (bentuk polianilin setengan teroksiclasi) dilakukan dengan mereaksikan garam emeraldin dengan NaOH dan pernigranilin basa (bentuk polianilin teroksiclasi penuh) dilakukan dengan mereaksikan garam emeraldin dengan APS clan NaOH serta modifikasi kecluanya melalui reaksi substitusi aromatik elektrofilik (SO3) yang berasal dari H2SO4 pekat. Emeralclin basa tersulfonasi (111) dan (112) dibuat dengan mereaksikan emeraldin basa dengan HQSO4 pekat dengan rasio mol yang sesuai Pembuatan pernigranilin basa tersulfonasi (111) dan (112) dilakukan dari oksidasi emeraldin basa tersulfonasi dengan APS clan NaOH. Karakterisasi clan identifikasi polianilin yang terbentuk dilakukan dengan UV-Vis clan FT-IR. Hasil karakterisasi UV-Vis dari emeraldin basa dan pernigranilin basa ditunjukkan dengan adanya puncak serapan pada 300 nm, 500 nm dan 600 nm, sedangkan pada emeraldin basa tersulfonasi (111) dan (112) Serta pernigranilin basa tersulfonasi (111) dan (112) ditunjukkan dari adanya pergeseran puncak serapan ke 400 nm dan 800 nm. Karakterisasi dengan FT-IR pada emeraldin basa dan pernigranilin basa menunjukkan puncak serapan pada sekitar 1600 om'1 dan 1500 om'1, seclangkan pada emeraldin basa tersulfonasi (111) dan (112) Serta pernigranilin basa tersulfonasi (111) dan (112) pada sekitar 600 om'1 yang merupakan karakteristik dari gugus -SO3H. Reaksi polianilin yang stabil dengan formalin berada pada bentuk polianilin tersulfonasinya Hal ini disimpulkan berdasarkan uji kuantitatif dan kualitatif polianilin tersulfonasi dengan formalin yang memberikan daerah rentang kerja yang lebih luas yaitu hingga rentang konsentrasi 15 dan 20 ppm.
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2009
S30536
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Desyarni
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari sifat edible film yang dibuat dari tepung tapioka yang sudah dihidrolisis pada suhu 400C, pH sekitar 7,0 dan pengaruh penambahan madu serta minyak goreng terhadap WVTR, dan O2TR . Edible film dibuat dengan cara penambahan gliserol yang berfungsi sebagai plasticizer. Variasi madu yang ditambahkan 0% hingga 25% dari berat tapioka dan variasi penambahan minyak goreng 0% hingga 5% dari berat tapioka, kadar gliserol 20% dari berat tapioka. Edible film dibuat dengan cara metode tuang menggunakan air dan alkohol 70% sebagai pelarut dengan perbandingan 2:1 Pengujian yang dilakukan adalah ketebalan film, kuat tarik, elongasi, WVTR (Water Vapour Transmission Rate), O2TR (Oxygen Transmission Rate), dan foto SEM (Scanning Electron Microscope). Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa penambahan madu dapat menurunkan WVTR dan O2TR sebesar 31,19% dn 73,17%, sedangkan penambahan minyak goreng dapat menurunkan WVTR dan O2TR sebesar 39,22% dan 60,97%. Hal ini menunjukkan adanya efek sinergi antara gliserol dan madu, sedangkan penambahan minyak goreng dapat membentuk lapisan di permukaan seperti yang ditunjukkan oleh foto SEM, sehingga WVTR turun secara signifikan.
[, ], 2007
T40076
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>