Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 92 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Schwitzgebel, Ralph K.
Singapore: McGraw-Hill Kogakusha, 1974
153.8 SCH c (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Nasution, Siti Khadijah
Abstrak :
Kesinambungan upaya pelayanan kesehatan sangat penting dalam peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Salah satu sarana kesehatan adalah rumah sakit yang mempunyai fungsi utama menyediakan dan menyelenggarakan upaya kesehatan yang bersifat penyembuhan dan pemulihan pasien. Untuk dapat meramalkan survive-nya, maka rumah sakit X perlu melakukan, evaluasi terhadap kineijanya selama ini. Rumah sakit X akan dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanannya apabila mengetahui gambaran kinerjanya secara keseluruhan. Balanced Scorecard merupakan alat evaluasi kinerja kamprehensif dengan 4 pendekatan, yaitu : finansial/keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, dan pertumbuhan pembelajaran. Khusus untuk rumah sakit ditambahkan kinerja pelayanan sebagai ukuran kinerja khas rumah sakit. Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Data yang digunakan adalah data sekunder kegiatan rumah sakit. Data primer dilakukan dengan survei serta wawancara mendalam dengan manajer rumah sakit X. Selanjutnya data yang dikumpulkan dianalisa secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan : 1) kinerja finansial/keuangan : assets turnover ratio 1998-2001 > 2 kali ; profit margin 1998 (2,4%), 1999 (0%), 2000 (1,1%), 2001 (0%) ; ROI 1998 (4,8%), 1999 (0%), 2000 (2,6%), 2001 (0%), analisis diskriminan Altman Z>2,675 tidak ada tendensi bangkrut, 2) kinerja pelayanan : BOR 1998 (53%), 1999 (54%), 2000 (73%), 2001 (70,17%) ; ALOS dalam hari 1998 (4), 1999 (4), 2000 (3,48), 2001 (3,38) ; BTO dalam kali 1998 (52), 1999 (53,43), 2000 (77) , 2001 (77,17) ; TOI dalam hari 1998 (3), 1999 (3), 2000 (1), 2001 (1,41) ; NDR per seribu 1998 (15), 1999 (13), 2000 (14,8), 2001 (13,7) ; GDR per seribu 1998 (39), 1999 (38), 2000 (42,2), 2001 (42,89) ; rata-rata kunjungan poliklinik per hari 2000 (247), 2001 (244), 3) kinerja pelanggan : tingkat kepuasan pelanggan 100% (19%), 80% (56%) ; pangsa pasar rawat inap 2001 berdasarkan jumlah pasien 28% (posisi 1), berdasarkan hari rawat kelas 24,4% (posisi II), pangsa pasar rawat jalan 2001 (18%, posisi III) ; retensi pelanggan masih kurang ; akuisisi pelanggan baik, 4) kinerja proses bisnis internal : kemampuan berinovasi (mengidentifikasi dan menciptakan pasar) masih kurang ; kemampuan operasi dan efisiensi biaya masih kurang, dari jumlah komplain per 1000 kuesioner 1999 (195), 2000 (140), 2001 (196), kemampuan layanan purna jual masih kurang, 5) kinerja pertumbuhan dan pembelajaran : tingkat kemampuan pegawai dan tingkat kepuasan kerja 51%, turnover pegawai (1998 ; 2,9%, 1999 ; 0,7%, 2000 ; 1,3%, 2001 ; 0%), tingkat absensi (1999 ; 0,551%, 2000 ; 0,558%, 2001 ; 0,407%), tingkat pendapatan perusahaan per pegawai meningkat tahun demi tahun ; kemampuan sistem informasi keakuratan dan kecepatan masih kurang, masih menggunakan indikator lagging ; motivasi dan empowering masih sangat kurang (tim kerja tidak ada, survei saran dan tingkat kepuasan pegawai tidak ada, keselarasan strategi rumah sakit dengan jajaran manajer dan unit bisnis belum tercapai), 6) korelasi antar indikator kinerja, BOR dan laba operasi rawat inap 0,992, jumlah kunjungan rawat jalan dan laba operasi rawat jalan 0,856, komplain dan jumlah kunjungan -0,421, komplain dengan BOR -0,602, turnover pegawai dan jumlah komplain -0,851, tingkat absensi dan komplain -0,548. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui assets turnover rumah sakit cukup baik, tetapi profit margin sangat kurang disebabkan efisiensi biaya yang sangat kurang. Kinerja pelanggan, kinerja proses bisnis internal, dan kinerja pertumbuhan dan pembelajaran masih kurang. Rumah sakit perlu menetapkan strategi bauran dan pertumbuhan pendapatan, penghematan biaya/peningkatn produktivitas, dan pemanfaatan aktiva/strategi investasi. Hal tersebut harus didorong oleh ke-3 perspektif pendorong.
The Performance Evaluation of X Hospital Period 1998-2001 Using Balanced Scorecard ModificationContinuity of health service efforts was very important to increase community health degree. One of health facilities was a hospital which had principal function to supply and organize health efforts with curative and rehabilitative characteristics. To predict their survival, X hospital need to evaluate of their performance all this time. X hospital could improve and increase their quality if they knew their performance on the whole. Balanced Scorecard was a comprehensive performance evaluation tool which had 4 perspectives, namely: financial, customer, internal business process, growth and learning. Hospital, especially, need to be added service performance as hospital characteristic performance measurement. This study was designed as descriptive study. The data used was secondary data from hospital activity. The Primary data was collected by survey and in depth interview with the managers of X hospital. The data was analyzed descriptively. The study result show : 1) financial performance : assets turnover ratio 1998-2001 > 2 times ; profit margin 1998 (2,4%), 1999 (0%), 2000 (1,1%), 2001 (0%) ; RCI 1998 (4,8%), 1999 (0%), 2000 (2,6%), 2001 (0%), there was no bankruptcy tendency by Diskriminan Altman analysis 2>2,675, 2) service. performance : BOR 1998 (53%), 1999 (54%), 2000 (73%), 2001 (70,17%) ; ALOS in days 1998 (4), 1999 (4), 2000 (3,48), 2001 (3,38) ; BTO in times 1998 (52), 1999 (53,43), 2000 (77) , 2001 (77,17) ; TOI in days 1998 (3), 1999 (3), 2000 (1), 2001 (1,41) ; NDR per thousand 1998 (15), 1999 (13), 2000 (14,8), 2001 (13,7) ; GDR per thousand 1998 (39), 1999 (38), 2000 (42,2), 2001 (42,89) ; average of outpatient visit per day 2000 (247), 2001 (244), 3) customer performance : customer satisfaction 100% (19%), 80%0 (56%) ; inpatient market share 2001 based on number of patient 28% (the first position), based on number of care days in class 24,4% (the second position), outpatient market share 2001 (18%, the third position) ; customer retention was still poor ; customer acquisition was good, 4) internal business process : capability of innovation (identify and create market) was still poor ; capability of operation based on cost efficiency was still poor, based on number of complaint per 1000 questioner 1999 (195), 2000 (140), 2001 (196), capability of post selling service was still poor, 5) growth and learning performance : capability of employee, based on employee satisfaction 51%, labor turnover (1998 ; 2,9'%,1999 ; 0,7%, 2000 ; 1,3%, 2001 ; 0%), level of absenteeism (1999 ; 0,551%, 2000 ; 0,558%, 2001 ; 0,407%), level of hospital revenue per employee was increased year by year ; capability of information system, accuracy and speed was still poor, still used lagging indicator ; motivating and empowering was still poor (there was no work team, there was no suggestion and employee satisfaction survey, conformity between the hospital strategy with managers and business units was still not yet achieved), 6) correlation inter performance indicator, BOR and inpatient operating profit 0,992, number of outpatient visit and outpatient operating profit 0,856, number of complaint and number of visit -0,421, number of complaint and BOR -0,602, labor turnover and number of complaint -0,851, level of absenteeism and number of complaint -0,548. Based on this study result, it was known that assets turnover of hospital was good, but profit margin was still very poor because of inefficiency in cost. Customer performance, internal business process performance, growth and learning performance was still poor. The hospital need to implemented mix strategy and revenue growth, cost efficiency/productivity increase, and assets exploitation/investment strategy. Finally, all of them must driven by drive performance.
Depok: Universitas Indonesia, 2002
T 5060
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sulzer-Azaroff, Beth
Fort Worth : Holt, Rinehart, and Winston, 1991
371.2 SUL b
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Miltenberger, Raymond G.
Abstrak :
This book uses a precise, step-by-step, scientific approach to explain human behavior. Case studies and examples illustrate key principles.
Boston: Cengage Learning, 2016
153.85 MIL b
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Monica Stella Febriana Hendarin
Abstrak :
Untuk memenuhi Sustainable Development Goals PBB no.13 yaitu mengambil tindakan untuk mengatasi permasalahan perubahan iklim, salah satu hal yang harus diatasi adalah emisi gas karbon dioksida. Di antara banyak metode, yang paling umum digunakan adalah penjerapan CO2 dengan menggunakan absorben. Dalam penelitian mencari absorben yang paling ramah lingkungan, Deep Eutectic Solvent (DES) ditemukan sebagai alternatif pengganti teknologi penyerapan CO2 konvensional dan ILs. Sebelumnya, dibuat seperangkat alat untuk uji absorpsi CO2 oleh DES di Lab RPKA, Departemen Teknik Kimia, Universitas Indonesia. Akan tetapi, kapasitas absorpsi CO2 yang dihasilkan relatif lebih rendah dibandingkan dengan penelitian sejenis. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil tersebut dengan melakukan modifikasi alat. Pada penelitian ini, DES yang terbentuk dari kombinasi antara Carvacrol dan 1-Naphthol dengan rasio molar 9:1 menghasilkan kapasitas absorpsi CO2 yang tertinggi pada tekanan 7,06 bar dengan fraksi mol CO2 0,46 mol CO2/mol DES, dimana pada penelitian sebelumnya dihasilkan 0,0090 mol CO2/mol DES pada tekanan 7,88 bar. Oleh karena itu, penambahan stirring dalam uji absorpsi terbukti memperbesar permukaan absorpsi CO2 sehingga meningkatkan perpindahan masssa molekul CO2. ...... To fulfil the United Nations Sustainable Development Goals no.13, which is taking actions to combat climate change, one of the most important things to do is to solve the carbon dioxide gas emission. One of the most used methods is CO2 capture by using absorbent. In the research to find the most “green” absorbent, Deep Eutectic Solvent (DES) is discovered as an alternative to the conventional CO2 capture technology and ILs. Previously, an apparatus set is made in the RPKA laboratory, Chemical Engineering Department, Universitas Indonesia, to test CO2 absorption by DES. However, the CO2 absorption capacity is still lower than in similar research. This research aims to improve the result by modifying the apparatus set. The DES combination of Carvacrol and 1-Naphthol with a 9:1 molar ratio in this research results in the highest CO2 absorption capacity under 7.06 bars pressure with CO2 mole fraction of 0.46 mol CO2/mol DES, while the previous research results in 0.0090 mol CO2/mol DES under 7.88 bars pressure. Therefore, adding stirring while doing the absorption test is proven to enlarge the CO2 absorption surface and thus boost the mass transfer of CO2 molecules.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Barkley, Russell A.
New York: The Guilford Press, 1987
649.107 BAR d
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Aliza Farhan
Abstrak :
Rendah nya nilai OEE mesin kemas strip terhadap produk X di PT. Soho Industri Pharmasi, merupakan salah satu permasalahan yang berhubungan dengan kemampuan mesin dalam mencapai output yang telah ditetapkan. Nilai OEE produk X rendah disebabkan oleh banyak faktor salah satunya issue change parts produk. Desain penelitian yang digunakan dalam pelaksanaan tugas khusus ini menggunakan desain studi kasus (case study). Sampel diambil dengan cara pengamatan di mesin strip untuk mengetahui change parts bermasalah. Data yang diambil berupah change parts yang menyebabkan mesin berhenti untuk memperbaiki change parts yang bermasalah. Evaluasi sampel dilakukan dengan mendata masalah change parts yang menyebabkan OEE produk rendah dan solusi terhadap masalah change parts produk. Nilai OEE produk X dibawah 51 %. Masalah sleading feeding chute dan feeding per produk X menyebabkan nilai OEE satu batch pada pengamatan pertama sebesar 29% dan pengamatan kedua sebesar 48%. Modifikasi ulang part tambahan feeding chute dan feeding per menyebabkan lost time pada saat pengemasan yang mempengaruhi OEE produk X. ......The low OEE value of the strip packaging machine for product X at PT. Soho Industrial Pharmacy, is one of the problems related to the machine's ability to achieve the specified output. The low OEE value of product X is caused by many factors, one of which is the issue of changing product parts. The research design used in carrying out this special assignment uses a case study design. Samples are taken by observing the strip machine to find out problematic change parts. The data taken is in the form of change parts which causes the machine to stop to repair problematic change parts. Sample evaluation is carried out by recording change parts problems that cause low product OEE and solutions to product change parts problems. The OEE value of product X is below 51%. The problem of sleading feeding chute and feeding per product Re-modifying the additional parts of the feeding chute and feeding spring causes lost time during packaging which affects the OEE of product X.
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2023
PR-PDF
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Jeroen Martijn Ten Voorde
Abstrak :
ABSTRAK
The Dutch Penal Code entered into force on September 1, 1886. Since then many parts of the Dutch Penal Code have been discussed. This article does not intend to provide an integral systematic overview of the Dutch Penal Code and the many changes it has been subjected to, but examines (in the first part of this article) it generally, with the aim of showing various arguments for a more thorough review of the Dutch Penal Code. Recognizing the need for revision of the Penal Code, the question arises as to what is meant by a revision. More clarity on what is meant by revising a Penal Code is necessary to prevent failure therein as a result of terminological ambiguity or carelessness. In the second part of this article three manners in which a Penal Code may be revised are described. They are: modification, integral revision, and re-codification.
Depok: University of Indonesia, Faculty of Law, 2017
340 UI-ILR 7:3 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Reka Akmar
Abstrak :
Pada beberapa peristiwa gempa, banyak kerusakan yang terjadi karena modifikasi struktur dengan pemasangan dinding bata (DB) pada portal. DB dapat merubah respon struktur secara drastis, karena dengan penambahan DB kekakuan struktur meningkat sehingga perioda getar struktur menjadi lebih kecil. Fenomena ini bisa menguntungkan atau malah membahayakan struktur. Tesis ini akan menganalisis sejauh mana pengaruh pemasangan DB pada portal beton dengan memodelisasikan DB sebagai strut diagonal. Analisis dilakukan dengan memvariasikan kekakuan DB, eksentrisitas pusat massa terhadap pusat geometri, kekakuan DB, besarnya massa dan posisi dinding bata pada portal. Hasil simulasi dan analisis menunjukkan bahwa keruntuhan pertama DB adalah DB yang berada pada lantai paling atas, hal ini disebabkan lendutan yang terjadi pada bagian atas struktur lebih besar. Pemasangan DB pada Tn/Tg<1 (Tn/Tg<1 merepresentasikan bangunan rendah) akan memberi keuntungan pada struktur, sehingga pengabaikan kontribusi kekakuan DB pada tahap disain akan menambah angka keamanan bagi struktur (over design), dan jika kontribusi kekakuan DB diperhitungkan dalam desain maka akan diperoleh efesiensi dari dimensi struktur. Hal sebaliknya terjadi pada Tn/Tg>1 (Tn/Tg>1 merepresentasikan bangunan tinggi) dan Tn/.Tg=l, dimana DB akan menyumbangkan kekakuan terhadap struktur dalam merespon gempa, tapi pada saat bata hancur, respon struktur berubah secara drastis, yang mengakibatkan gaya dalam yang ditahan oleh portal beton akan meningkat, jika hal ini tidak diperhitungkan pada tahap disain, maka tentunya akan membahayakan struktur (under design).
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
T804
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>