Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Astera Khirana
Abstrak :

Tesis ini mengkaji bagaimana obsesi fans terhadap Momoiro Clover Z berpengaruh terhadap sikap ofensif mereka terhadap Momoka Ariyasu dan penggemarnya. Dengan menggunakan teori dramaturgi dari Goffman serta konsep phantasm dan simulacra dari Klossowski, penelitian ini menjelaskan bagaimana fans berimajinasi dan berfantasi, didasari dengan citra dari Momoiro Clover Z menurut penggemarnya berdasarkan team performance, serta kehausan fans akan sosok panutan. Hal ini menimbulkan perilaku obsesif yang berperan penting pada bagaimana partisipan pada serial utas Nanka FutsÅ« ni Ariyasu Kirai ni Nattekita wa bersikap ofensif terhadap Ariyasu yang dituduh sebagai pengkhianat. Pada diskusi lanjutan, obsesi terhadap Momoiro Clover Z tidak lagi berperan penting pada serial utas, akan tetapi lebih dipengaruhi oleh unsur hiburan dari diskusi. Komunitas yang terbentuk pada serial utas Nanka FutsÅ« ni Ariyasu Kirai ni Nattekita wa tidak memiliki tujuan pasti dan berubah-ubah, membuktikan bahwa mereka adalah komunitas yang bersifat cair.


This thesis examined how fans’ obsession towards Momoiro Clover Z is influencing their hatred towards Momoka Ariyasu and her fans. Using Goffman’s Dramaturgy and Klossowski’s phantasm and simulacra, this research was able to find how fans recreate imagination and fantasy about their idols, based on how Momoiro Clover Z’s image is represented through their “team performance” as idol and fans’ thirst for role model, resulting in obsessive attitude. This obsession then plays a pivotal role on how participants in Nanka FutsÅ« ni Ariyasu Kirai ni Nattekita wa address their hatred towards Ariyasu. In later discussion, obsession towards Momoiro Clover Z was no longer important, replaced by the entertaining factor of the discussion. The community formed in Nanka FutsÅ« ni Ariyasu Kirai ni Nattekita wa was aimless and kept changing, showing that they were a community in liquid form.

2019
T54791
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Leonardus Pandu Hapsoro
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai proses konstruksi identitas aktor dalam komunitas KISS di era globalisasi budaya. Penelitian ini akan menjelaskan bagaimana proses konstruksi dari identitas moral aktor terbentuk di era globalisasi budaya. Konstruksi identitas moral aktor di era globalisasi ini akan menjadi jangkar bagi agen bertindak untuk melestarikan budaya tradisional dengan motivasi, semangat dan harapan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan kerangka pemikiran Zygmunt Bauman antara modernitas cair dan agenis moral. Melalui kerangka agensi moral, penelitian ini menunjukan bagaimana proses konstruksi identitas moral berawal dari keresahan aktor atas kondisi budaya tradisional di era globalisasi. Identitas moral aktor tersebut mampu membentuk praktik sosial agen dalam kehidupan kesehariaannya. Pertama, dengan membentuk komunitas KISS. Kedua, sebagai landasan aktor bertindak serta memilih pilihannya. Penulis berpendapat bahwa ekspresi dari identitas aktor melalui gerakan sosial ini akan berperan menciptakan keberagaman budaya di era globalisasi dalam modenitas cair. Melaui pendekatan analitis ini, yaitu identitas dan agensi moral di dalam proses globalisasi, penulis keluar dari dikotomi antara homogenisasi dan heterogenisasi dalam pandangan orientasi struktur. Penulis ingin bergerak menjauh dari pandangan agentless dalam proses globalisasi, yaitu dengan melihat dinamika agensi. Melalui agen dan betuk agensi moral, penelitian ini ingin berpendapat bahwa di dalam proses dan dampak globalisasi, manusia tidak tertahan pada kondisi ?adalah? atau tekanan struktural, melainkan terdapat optimisme untuk melihat suatu harapan atas kondisi yang ?seharusnya? atau lebih baik. ABSTRACT
This study discusses about the process of identity construction of actor in the KISS community in an era of cultural globalization. This study will explain how the construction process of moral identity actor is formed in the era of cultural globalization. Moral identity construction of the actor in the era of globalization will be the anchor for agents to act and preserve the traditional culture wiht motivation, passion, and hope. This study used a qualitative approach by using the framework of Zygmunt Bauman concept liquid modernity and moral agency. Through the framework of moral agency, this study shows how the construction of moral identity process begins with the actor disquite over the state of traditional culture in globalization era. Moral identity of the actor is capable of forming social practices agent in a daily life. First, by forming a community KISS. Second, as the cornerstone of actors to act and to select the choice in their life. The author argues that the expression of the identity of the actor through this social movement will create the role of cultural diversity in the era of cultural globalization and liquid modernity. Through this analytical approach, which is an identity and moral agency in the process of globalization, the author wantsto move away from an agentless view of globalization process by viewing at the dynamics of the agency. Through agents and the form of moral agency, this study argue that in the process and impact of globalization, people are not retained on the condition of ?is? or structural pressure, but their is an optimism to see any hope on the condition that ?should? or a better.
2015
S60972
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library