Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Yudi Budihardja
Abstrak :
ABSTRAK Masalah pembiayaan dalam sektor kesehatan akhir-akhir ini banyak sorotan, baik di luarnegri maupun di Indonesia selesainya "Boom Minyak", resesi ekonomi dunia membawa dampak dalam bidang pembiayaan sektor kesehatan termasuk rumah sakit. Dilema yang dihadapi pihak rumah sakit adalah disatu pihak terjadi keterbatasan pendanaan namun dilain pihak mutu pelayanan dituntut tetap baik. Mau tidak mau rumah sakit harus dikelola sebagai suatu unit sosial ekonomi, maka peranan manajemen keuangan di rumah sakit semakin menonjol. Data mengenai manajemen keuangan rumah sakit di Indonesia tidak banyak dijumpai dalam tulisan-tulisan, namun dari kenyataan yang ada dapat diingatkan bahwa masalah keuangan di rumah sakit perlu mendapat penangan secara profesional. Budihardja dalam laporan praktek magang (residensi) di Pelayanan Kesehatan Sint Carolus mendapatkan gambaran bahwa masalah manajemen keuangan rumah sakit khususnya Manajemen Piutang Pasien merupakan salah satu masalah yang menonjol. Penelitian ini melakukdn suatu pengukuran pencapaian (performance) dari Manajemen Piutang Pasien Rawat Nginap di Rumah Sakit Mitra Keluarga, Jakarta Timur. Pengukuran pencapaian ini mengunakan pendekatan mutu (quality approach), dimana aspek hasil akhir (out come) menjadi aspek yang diteliti, walupun aspek struktur dan aspek prosesnya juga ditinjau. Pengukuran pencapaian dari sisi aspek hasil akhir ini dilakukan dengan indikator-indikator yang digunakan untuk menilai seluruh fungsi yang terkait didalam Manajemen Piutang Pasien Rawat Nginap, mulaidari pra penerimaan (preadmission) sampai dengan paska. pulang (post discharge) maupun perencanaannya. Teknik pengukuran dengan melakukan telaah kelompok (peer review) yang dilakukan oleh suatu kelompok (peer group) yang dibentuk didalam rumah sakit Mitra Keluarga sendiri. Indikator-indikator yang digunakan ditentukan standarnya oleh kelompok, kemudian hasil pengukuran pencapaian dibandingkan dengan standar yang ditentukan. Kesenjangan-kesenjangan yang ada merupakan masalah yang di pecahkan oleh kelompok melalui siklus pemecahan masalah (problem solving cycle). Kalau hanya melihat piutang sebagai tunggakan pasien paska rawat maka nampaknya prestasi manajemen piutang pasien rawat nginap di Rumah Sakit Mitra Keluarga adalah baik, padahal apabila ditinjau secara menyeluruh dengan konsep piutang secara accrual basis, maka pencapaiannya ternyata kurang dari sejak fungsi prapenerimaan (preadmission), penerimaan (admission) maupun selama perawatan (interim). Hasil penelitian ini menunjukkan kelemahan-kelemahan pada prestasi pencapaian sebelum pasien pulang, maka saran-saran yang diajukan adalah perhaikan fungsi-fungsi tersebut seperti pengadaan formulir pra penerimaan dan formulir penerimaan yang memadai, peningkatan kualitas petugas penerimaan serta penataan struktur dan fungsi bagian penerimaan.
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 1991
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Susjanti Widjaja
Abstrak :
ABSTRAK Dewasa ini jumlah rumah sakit di Indonesia meningkat dengan cepat, terutama di Jakarta dan sekitarnya. Seiring dengan itu kesadaran masyarakat akan kesehatan, daya beli masyarakat dan tuntutan masyarakat akan mutu pelayanan juga meningkat. Akibat perkembangan tersebut terjadi persaingan yang makin ketat antara rumah sakit. Cara untuk memenangkan persaingan adalah dengan optimalisasi pelayanan serta efisiensi. Salah satu Cara peningkatan efisiensi adalah dengan melaksanakan pengawasan dan pengendalian yang baik yang merupakan bagian dari manajemen. Diambilnya pengawasan dan pengendalian di Instalasi Gizi Rumah Sakit Mitra Keluarga karena : 1. Dana yang diserap cukup besar yaitu 22% dari belanja rumah sakit 2. Dari pengamatan selama residensi di Instalasi Gizi Rumah Sakit Mitra Keluarga Jakarta Timur diperoleh kesan bahwa dalam pelaksanaan pengawasan dan pengendalian ada hal-hal yang belum dilaksanakan sebagaimana mestinya dan adanya penyimpangan-penyimpangan 3. Bidang ini sering terlewat dari pengamatan serta perhatian manajer Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana pengawasan dan pengendalian di Instalasi Gizi Rumah Sakit Mitra Keluarga Jakarta Timur dilaksanakan serta sampai dimana efisiensi tercapai. Hasil penelitian didapat : 1. Perbandingan pembelian dan pemakaian bahan makanan dengan jumlah pasien 2. Dapat ditariknya kesimpulan adanya penyimpangan-penyimpangan dalam pembelian dan pemakaian bahan makanan sehingga terkesan belum adanya pengawasan dan pengendalian yang optimal 3. Perlunya dilakukan pembenahan seperlunya atas sumber daya manusia dan metode pengawasan dan pengendalian 4. Untuk dapatnya dilakukan pembenahan serta pelurusan pengawasan dan pengendalian di Instalasi Gizi Rumah Sakit Mitra Keluarga Jakarta Timur masih diperlukan penelitian yang lebih rnendalam serta uji coba agar didapatkan suatu sistim pengawasan dan pengendalian yang handal serta sesual dengan situasi dan kondisi di Rumah Sakit Mitra Keluarga Jakarta Timur.
ABSTRACT Recently the amounts of a hospital in Indonesia rapidly increase, especially in Jakarta and its surrounding. Accordingly the social concern in health, abilities of paying of the people and the people's demand on service quality also increase. As the result of this development, increasing also occurs in case of winning the market among the hospitals. One way to win the competition is by improving the supervision and control, which are part of management. Supervision and Control in the Nutrition Installation of Mitra Keluarga Hospital Jakarta Timur, has been chosen as topics for several reasons, namely: 1. The budget being absorbed from the whole hospital budget is considerably large, approximately 22%. 2. The writer has found the impression of improper execution and deviation of the supervision and control during the process in the Nutrition installation of MitraKeluarga Hospital. 3. We frequently disregard this field, ignored and unobserved by most of the ' hospital's managers. This research has meant to know how far the affectivity of supervision and control system, and they have achieved efficiency. Results have been achieved: 1. Comparation between purchasing and the use of food stuff against an amount of the patients. 2. Conclusion of the present duration in purchasing and the use- of food stuff, and as the result is the impression that they have not achieved optimal supervision and control yet. 3. The necessity of sufficient improvement upon people and supervision and control methods. 4. It's needed more intensive research and trial to improve and straighten the supervision and control of nutrition installation at the Mitra Keluarga Hospital, so it's could be wished, then, that a highly effective supervision and control system which is suitable to the situation and condition of the Mitra Keluarga Hospital is achieved.
Depok: Universitas Indonesia, 1995
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library