Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 142 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Masduki
Abstrak :
Persaingan bisnis di industri elektronika makin ketat, perusahaan berlomba-lomba untuk membuat produk dengan harga yang murah, oepat dan dengan kualjtas yang bisa diterima oleh konsumen. Kernudian mereka melakukan inovasi dengan mengeluarkan sejumlah produk baru dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan dengan tujuan menjadi yang terdepan dan tetap bertahan di pasar. Inovasi adalah salah satu kunci dasar untuk tetap bertahan di pasar. Optimasi dalam riset operasi diperlukan untuk rnencari biaya yang optimal pada keseluruhan proses model baru. Dengan memperhatikan batasan-batasan pada proses pelaksauaan model baru dari segi pernhiayaan dan kapasitas proses di setiap tahapan. Optimasi adalah solusi terbaik untuk mencari titik optimum pembiayaan. Metode ini digunakan dengan membuat model matematika pada setiap masalah, batasan dan kebijakan yang dikeluarkau oleh manajemen pompa air. Optimasi yang dilakukan pada peluncuran model bam bagian engineering dilakukan untuk mendapatkan waktu yang optimal pada keseluruhan proses model bam dan mendapatkan jalur kritis dari tahapan peluncuran model baru agar peluncunm model baru tepat waktu dengan tetap menjaga kapasitas proses dan kemampuan proses.. I-lasil dari penelitian ini mcnunjukkan hasil penurunan biaya sebesar Rp 5.610.200 dan waktu 83 hari. Optimasi yang dilakukan digunakan sebagai dasar penimbangan untuk penyusunan perencanaan model baru selanj utnya. ......Business competition in home appliances manufacturing is very tighten, company effort to make product with low price, quick process and standard quality in order to accept by customer, the companies making innovation to launch new product with high value, high technology and continuing launch new model for exist in market. Innovation is one basic key to exist in market Optirnalization in operation research is one way to get optimal cost at each of process new model and total cost. Constraints in new model become obstacle and make anything not ideal, so optimalization is to get best solution among constraints, Process capacity, problem, scheduling and policy of management are constraints are challenge to solve. Optimalization that do in new model development at water pump department can decreases, cost and time total. Process capacity, process capability, must be keeped. Output fiom this research is critical path determine for standard procedure of new model. Critical path is able to know time total on true planning or not. From this research showed decreases of cost 5,610,200 million rupiahs and total time decreases 83 days. This research become standard procedure and knowledge for next new model.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
S49993
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Casley, Dennis J.
Jakarta: UI-Press, 1991
658.404 CAS pt
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Simarmata, Djamester
Depok: Pusat Antar Universitas FE-UI , 1993
658.405 SIM
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Hajek, Victor G.
Jakarta: Erlangga, 1988
658.404 HAJ mt (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Supardi
Yogyakarta: Bagian penerbitan fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia, 1982
658.8 SUP e
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Rose, Kenneth H.
[Place of publication not identified]: J Ross, 2005
658.401 3 ROS p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Taylor, William John
London: Business Books, 1970
658 TAY s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Erman Mardiansyah
Abstrak :
ABSTRAK Lingkungan bisnis yang berubah semakin cepat, khususnya. sejak terjadi konvergensi antara teknologi komputer, telekomunikasi dan video. Realitas ini menyadarkan kita bahwa dunia bisnis tidak Iepas dari derasnya perkembangan teknologi. Teknologi internet menawarkan alternatif transaksi bisnis yang dapat dilakukan melalui media elektronik, sekat-sekat birokrasi dunia usaha seolah-olah ditiadakan, pcrdagangan llntas konsumen, lintas perusahaan, dan lintas negara memposisikan dunia bisnis memperlakukan segmen pasarnya sebagai komunitas global tak terkecuali bagi pengusaha kecil dan menengah. Era Milenium baru menyadarkan kita bahwa dunia bisnis adalah bagian dari ekonomi global, transaksi jual beli secara konvensional menjelma kearah bisnis melalui jaringan terbuka internet atau sebutan populernya Elektronik Commerce (E Commerce). Saat ini ada 180.000 situs aktif sudah melakukan transaksi via elektronik dan masih terus berkembang. Pelanggan pemakai E Commerce meningkat empat kali lipat, dari 2 juta tahun 1996 menjadi sekitar 8 juta pada awal melenium baru. Volume transaksi global E Commerce pada lahun 2002 diproyeksikan sebesar US$1 trilyun. Meskipun teknologi dan detinisi e-commerce sendiri masih belum banyak dipahami, namun desakan-desakan bisnis telah mendorong para pelaku bisnis nmtuk terjun ke dunia maya ini. Isu-isu tcntang keamanan bertmnsaksi, isu regulasi dan perkembangan e-commerce dicoba diangkat dalam tulisan tesis ini, juga perkembangan internet dan keadaannya saat sekarang.
ABSTRACT Business behavior is now changing even faster Since the convergence of computer technology, video and telecommunications, which makes us aware that business world can not be separated from fast growing technology. lntemet technology offers electronic business transactions which eliminates bureaucracy complexity in inter consumers, inter companies and international trading and has put everyone to include small and medium traders all in one global community. New Millenium era has made us aware that business world is part of global economy, where more transactions have been done electronically through the E commerce network. There are 180,000 active E commerce sites at the moment and still increasing. E commerce subscribers increase by 4 times, from 2 million in 1996 to 8 million in the beginning of new Millenium. The value of E commerce global transactions by year 2002 is projected at US$ 1 Trillion. Even that technology and definition of this E commerce have not widely known, business demands have made everyone to merge into this virtual business. Writer is now trying to bring up issues on safe transaction, regulation, the growth of this E commerce, and current intemet technology.;Business behavior is now changing even faster Since the convergence of computer technology, video and telecommunications, which makes us aware that business world can not be separated from fast growing technology. lntemet technology offers electronic business transactions which eliminates bureaucracy complexity in inter consumers, inter companies and international trading and has put everyone to include small and medium traders all in one global community. New Millenium era has made us aware that business world is part of global economy, where more transactions have been done electronically through the E commerce network. There are 180,000 active E commerce sites at the moment and still increasing. E commerce subscribers increase by 4 times, from 2 million in 1996 to 8 million in the beginning of new Millenium. The value of E commerce global transactions by year 2002 is projected at US$ 1 Trillion. Even that technology and definition of this E commerce have not widely known, business demands have made everyone to merge into this virtual business. Writer is now trying to bring up issues on safe transaction, regulation, the growth of this E commerce, and current intemet technology.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Munzhier
Abstrak :
Proyek Ladia Galaska merupakan kelanjutan dari proyek "jaring laba-laba " yang pemah dicanangkan pada tahun 1991. Proyek ini merupakan proyek pembangunan jalan yang menghubungkan pesisir barat Kabupaten Aceh barat ke kota Peureulak Kabupaten Aceh Timur Propinsi NAD. Tujuan pelaksanaan proyek ini yaitu untuk membentuk koridor yang menghubungkan antar wilayah, mengurangi disparitas pertumbuhan regional antara kawasan barat, tengah dan timur, menstimulasi aktifitas perekonomian didaerah-daerah yang dilalui dan meningkatkan aksesibilitas sosial, ekonomi, pemerintahan serta pertahanan keamanan. Departemen Kimpraswil merupakan salah satu main customer bagi PT. XYZ disamping beberapa customer lain seperti perusahaan property, dan swasta lainnya. Dalam usahanya untuk dapat berkompetisi PT. XYZ di tuntut untuk dapat menawarkan berbagai kemarnpuan dalarn rnelakukan pekerjaan yang akan ditanganinya serta bersaing melalui tahapan-tahapan proses sampai dengan penandatanganan kontrak proyek didapatkan. Tahapan perbaikan yang dilakukan oleh PT. XYZ adalah dengan berusaha rnernperbaiki setiap tahapan project management. Diharapkan nantinya PT. XYZ akan rnemiliki sistem project management yang efektiv sehingga dapat menjadikan salah satu competitive advantage dan pada akhirnya untuk meningkatkan kepercayaan customer kepada PT. XYZ. Selain itu usaha perbaikan ini merupakan salah satu langkah untuk rneningkatkan kepercayaan customer kepada PT. XYZ. Efektivitas manajemen proyek yang baik merupakan hal yang sangat mendasar untuk dapat merealisasikan setiap proyek dengan tepat sasaran. Tahapan pengerjaan proyek dimulai dari tahapan perencanaan, pelaksanaan dan diakhiri dengan serah terima proyek, dimana setiap tahapan ini memiliki beberapa aktifitas yang harus memenuhi suatu tingkatan kinerja yang baik. Standar flow prosedur manajemen proyek PT. XYZ yang dirancang dalam rangka pencapaian seluruh aktifitas proyek berjalan dengan baik dan efektif, untuk itu diperlukan konsistensi dalam aktualisasi pekerjaan proyek, apakah tahapan demi tahapan telah dilakukan dengan benar. Selain itu faktor efektivitas pengerjaan proyek , merupakan salah satu syarat mutlak untuk dapat memenuhi penyelesaian proyek sesuai dengan sasaran yang diinginkan. Pembahasan karya akhir ini merupakan rangkaian pengukuran tingkat efektivitas yang telah dicapai pada pelaksanaan Proyek Ladia Galaska dan analisa terhadap aktifitas dari proyek yang dinilai lemah. Terhadap hasil audit tersebut selanjutnya akan dijadikan suatu rekomendasi sebagai langkah perbaikan. Hasil pengukuran yang telah dilakukan untuk kasus Ladia Galaska menempatkan manajemen proyek PT. XYZ berada pada tingkat performansi Baik dengan perolehan total score sebesar 645. Performansi baik ini menggambarkan manajemen proyek PT. XYZ telah melakukan seluruh tahapan aktifitas pelaksanaan proyek dengan benar dan telah memiliki langkah pencapaian pelaksanaan aktifitasnya secara efektif, akan tetapi masih diperlukan peningkatan dan penyempurnaan dari beberapa aktifitasnya. Secara keseluruhan penilaian tingkat efektivitas aktifitas manajemen proyek pada kasus pekerjaan pembangunan Proyek Ladia Galaska Paket Takengon - Ise-Ise menggambarkan beberapa kelemahan pada 7 aktifitas dari 14 aktifitas secara keseluruhan, diantaranya : aktifitas rencana mutu, aktifitas rekrnitment project team, aktifitas design dan pengembangan, aktifitas pembelian, aktifitas prasarana dan lingkungan, aktifitas prosedur proyek, aktifitas pengukuran kepuasan pengguna jasa. Audit analisis yang dilakukan untuk ketujuh aktifitas manajemen proyek yang dianggap memiliki kelemahan, memberikan gambaran secara detail aktifitas apa saja yang telah dilakukan dan mengidentifikasi faktor kelemahan dari setiap aktifitas tersebut. Audit analisis juga memaparkan rekomendasi dari setiap aktifitas sehingga dapat dijadikan sebagai bahan acuan bagi pelaksanaan proyek sejenis di masa yang akan datang, selain itu nantinya diharapkan PT. XYZ dapat memenuhi ekspektasi dari customer.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2005
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Panjaitan, Hansen N.M.
Abstrak :
Tesis ini membahas pengembangan strategi operasi PT. Perkasa Pilar Utama, sebuah perusahaan layanan jasa TI, dengan kompetensi dasar pada pengembangan aplikasi sistem informasi (perangkat lunak). Penelitian ini dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Perkasa Pilar Utama harus meningkatkan kemampuan manajemen proyeknya dengan menetapkan standar operasional pada masing-masing proyek guna meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan sekaligus mengembangkan kegiatan bisnisnya.
The focus of this study is developing operation strategy for PT. Perkasa Pilar Utama, an IT consulting firm that has a core competence in developing information systems (software). This study is done by using qualitative means of research. The result of this research shows that PT. Perkasa Pilar Utama must increase it`s capability in project management by applying operational standards at each projects. By doing so, PT. Perkasa Pilar Utama will be able to increase their quality of service and expand its business.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009
T26524
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>