Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Agil Mulyaeni
Abstrak :
Kanker leher rahim merupakan masalah kesehatan yang penting bagi perempuan di seluruh dunia. Setiap tahun, lebih dari 460.000 kasus terjadi dan sekitar 231.000 meninggal. Di Indonesia kanker leher rahim menempati urutan kedua dari Kanker pada perempuan. Deteksi Dini kanker leher rahim dengan metode Inspeksi Visual dengan Asan Asetat (IVA) merupakan salah satu upaya penanggulangan kanker untuk menurunkan angka kematian karena kanker. Kabupaten Kebumen pada tahun 2011 baru melakukan skrining terhadap WUS sebanyak 28661 (31,93%), jumlah IVA (+) lapangan 1023, jumlah dicurigai kanker leher rahim sebanyak 22, dilakukan kreoterapi sebanyak 402. Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen menyadari belum terpenuhinya capaian skrining yang telah dilakukan pada program pengendalian kanker leher rahim metode IVA. Evaluasi-evaluasi untuk perbaikan yang dilakukan hanya bersifat fisik, perubahan-perubahan dalam manajemen khususnya mengimplementasikan prinsip-prinsip TQM, belum sepenuhnya dilakukan .Oleh karenanya, perlu suatu evaluasi terhadap program pengendalian kanker leher rahim metode IVA di Kabupaten Kebumen dengan menggunakan sistem manajemen modern yang inovatif salah satunya adalah The Malcolm Baldrige National Quality Award (MBNQA).Tujuannya diketahuinya gambaran evaluasi program pengendalian kanker leher rahim metode IVA di Kabupaten Kebumen tahun 2011 berdasarkan kriteria Malcolm Baldrige.Metode jenis penelitian merupakan penelitian diskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Jumlah responden 79 sampel, terdiri dari 14 dokter umum dan 65 bidan. Analisis data secara univariat dengan menggunakan program SPSS versi 11.5.Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi program pengendalian kanker leher rahim di Kabupaten Kebumen bila dilihat dengan menggunakan kriteria Malcolm Baldrige ada 4 yang baik yaitu : (1) Perencanaan Strategis,(2) Fokus Pada Pelanggan,Stakeholders & Market , (3) Pengukuran Manajemen Analisis dan Pengetahuan , dan (4) Manajemen Proses. Namun ada tiga hal yang belum baik yaitu : (1) Hasil Kinerja Program , (2) Fokus Pada SDM , dan (3) Kepemimpinan. Simpulan hasil penelitian menyimpulkan bahwa pimpinan dan staf belum membuat visi misi program, Rencana kegiatan telah disosialisasikan pada masyarakat, Program terbuka menerima keluhan pelanggan maupun Stakeholders, Petugas melakukan inform consent pada pasien , Data capaian kegiatan dilaporkan untuk evaluasi program, program belum memberi penghargaan pada tenaga dengan kinerja yang terbaik, dan program selalu mengutamakan kualitas pelayanan.
Cervical cancer is an important health issue for women worldwide. Each year, more than 460,000 cases and approximately 231,000 died. In Indonesia, cervical cancer ranks second of cancers in women. Early detection of cervical cancer by the method of Visual Inspection with Acetic Acid (IVA) is one of the cancer prevention efforts to reduce mortality from cancer. Kebumen new in 2011 WUS screened as many as 28 661 (31.93%), the number of IVA (+) field 1023, the number of suspected cervical cancer were 22, carried as many as 402 creotherapy. District Health Office has not fulfilled the achievements realized Kebumen screening was done on cervical cancer control program IVA method. Evaluations of improvements made only physical, changes in management, especially implementing TQM principles, has not been fully carried out. Therefore, it should be an evaluation of cervical cancer control program in Kebumen IVA method by using modern management system innovative one of them is The Malcolm Baldrige National Quality Award (MBNQA).Purpose knowledgeable overview evaluation of cervical cancer control program in Kebumen IVA method in 2011 based on the Malcolm Baldrige criteria. This type of research is quantitative descriptive study with cross-sectional approach. Number of respondents 79 samples, consisting of 14 physicians and 65 midwives. Univariate data analysis using SPSS version 11.5. Results showed that the evaluation of cervical cancer control program in Kebumen when viewed using the Malcolm Baldrige criteria there are four good, namely: (1) Strategic Planning, (2) Focus on the Customer, Market Stake & Holder, (3) Measurement Analysis and Knowledge management, and (4) management process. However, there are three things that have not been good, namely: (1) Performance Program, (2) Focus On Human Resources, and (3) Leadership. The study concluded that the management and staff have not created the vision of the mission program, plan activities have been disseminated to the public, open courses or steakholder receiving customer complaints, officer conduct the informed consent of patients, performance data are reported for the evaluation of program activities, the Program has not been given the award on personnel with the best performance, and the program always put quality of service.
Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Valdi Sina Ilman
Abstrak :
ABSTRAK
Seiring dengan berkembangnya organisasi dan bisnis saat ini, perusahaan membutuhkan suatu evaluasi performa untuk mengetahui apakah kinerja mereka sudah sesuai dengan harapan stakeholder internal maupun eksternal. Pengukuran performa tersebut juga dapat mengetahui keadaaan perusahaan saat ini sehingga akan digunakan oleh top management dalam menentukan strategi yang tepat bagi perusahaan. MBNQA merupakan suatu bingkai kerja yang mengarahkan manajemen agar sesuai dengan keinginan pelanggan dan karyawan melalui manajemen aktif dari service quality dan performa. MBNQA terdiri dari tujuh aspek yaitu Leadership, Strategic Planning, Customer Focus, Measurement Analysis and Knowledge Management, Workforce Focus, Process Management dan Result (Outcomes). Pada tesis ini dilakukan studi mengenai pengaruh penerapan MBNQA pada performa organisasi di industri hilir gas bumi di indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 6 kriteria MBNQA yang terdiri dari Leadership, Strategic Planning, Customer Focus, Measurement Analysis and Knowledge Management, Workforce Focus, Process Management tidak berpengaruh signifikan terhadap Result (Outcomes). Salah satu faktor yang menyebabkan hal tersebut adalah Environment, Relationship and Challanges. Seperti diketahui saat ini terjadi penurunan harga minyak dan gas bumi di seluruh dunia yang menyebabkan performa perusahaan menjadi tidak maksimal. Untuk itu perlu dilakukan penelitian lebih lanjut apabila kondisi global minyak dan gas dunia kembali normal untuk mengonfirmasi hasil penelitian ini
ABSTRACT
Along with the development of organizations and businesses today, companies need a performance evaluation to determine whether their performance is in accordance with internal and external stakeholder expectations. The performance measurements could also find out the circumstances of companies today that will be used by top management in determining the right strategy for the company. MBNQA is a framework that directs management to fit the desires of customers and employees through active management of service quality and performance. MBNQA consists of seven aspects: Leadership, Strategic Planning, Customer Focus, Measurement Analysis and Knowledge Management, Workforce Focus, Process Management and Result (Outcomes). In this thesis, a study concerning the impact of MBNQA on the performance of the organization in the downstream gas industry in Indonesia. The results showed that the 6 criterias of MBNQA consisting of Leadership, Strategic Planning, Customer Focus, Measurement Analysis and Knowledge Management, Workforce Focus, Process Management Performance have no significant effect on Result (Outcomes). One of the factors that cause this is Environment, Relationship and Challanges. As is known at this time decline in the price of oil and gas around the world that led to the company's performance to be not optimal. For that we need to do further research if global conditions of oil and gas the world returns to normal to confirm these results
2016
T45723
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maheka Restu Araliz
Abstrak :
Pada masa ini telah masuk revolusi industri keempat atau yang disebut dengan Industri 4.0. Industri 4.0 merupakan sebuah proses atau alat yang terintegrasi dengan internet dimana semua obyek dilengkapi perangkat teknologi yang mampu berkomunikasi sendiri dengan sistem teknologi informasi. Untuk mengukur kesiapan sebuah perusahaan dalam menerapkan industri 4.0 di Jerman sudah diterapkan Industry 4.0 Readinness Index dari VDMA Jerman yaitu IMPULS. Begitupun di Indonesia juga sudah diterapkan Industry 4.0 Readinnes Index yaitu INDI 4.0. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan antara standar penilain IMPULS dan INDI kemudian dari perbedaan tersebut dilakukan kalibrasi ulang. Untuk melihat keakuratan dari standar penilaian dikembangkan sebuah piranti assessment dengan menggunakan tool ADLI dari MBNQA. Malcolm Baldrige National Quality Award (MBNQA) merupakan salah satu tool yang digunakan untuk menilai kinerja perusahaan dengan system penilaian Approach, Deployment, Learning dan Integration (ADLI). Penelitian dilakukan di sebuah industri alat kesehatan yang ada di Indonesia. Hasil kalibrasi pada pilar Orang dan budaya serta Produk dan Layanan menggunakan IMPULS sebagai setting value. Hasil dari standar penilaian INDI dengan nilai 33.55% berada pada level 1 dan hasil dari standar penilaian IMPULS dengan nilai 35.6% berada pada level 2. Hasil dari piranti assessment untuk pilar Orang dan Budaya 39.79% berada pada level 1 dan untuk pilar Produk dan Layanan 33.75% berada pada level 0. ......At this time, the fourth industrial revolution or what is known as Industry 4.0 has entered. Industry 4.0 is a process or tool that is integrated with the internet where all objects are equipped with technological devices that are able to communicate on their own with information technology systems. To measure the readiness of a company to implement Industry 4.0 in Germany, the Industry 4.0 Readiness Index from VDMA Germany, namely IMPULS, has been implemented. Likewise, in Indonesia, the Industry 4.0 Readiness Index has also been implemented, namely INDI 4.0. The purpose of this study was to see the difference between the IMPULS and INDI assessment standards and then recalibrate from these differences. To see the accuracy of the assessment standards, an assessment tool was developed using the ADLI tool from MBNQA. The Malcolm Baldrige National Quality Award (MBNQA) is one of the tools used to assess company performance with the Approach, Deployment, Learning and Integration (ADLI) assessment system. The research was conducted in a medical device industry in Indonesia. The calibration results on the pillars of People and culture as well as Products and Services use IMPULS as the setting value. The results of the INDI assessment standard with a value of 33.55% are at level 1 and the results of the IMPULS assessment standard with a value of 35.6% are at level 2. The results of the assessment tool for the People and Culture pillar are 39.79% at level 1 and for the Products and Services pillar 33.75 % is at level 0.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Trio Kurnia Ryplida
Abstrak :
Dalam menyikapi indsutri 4.0, Indonesia sendiri juga telah menerapkan Industri 4.0 dari tahun 2018. Oleh karena itu untuk mengukur kesiapan industri 4.0 di indonesia pemerintah sedang menerapkan Indsutry 4.0 Redines Index (INDI 4.0). Perusahaan dapat menilai kesiapannya dengan melakukan self-assesment secara online kemudian dilakukan verifikasi oleh para ahli indsutri 4.0 dengan dilakukan kunjungan industri. Malcom Baldrige National Quality Award (MBNQA) menurapak salah satu tools yang digunakan untuk mengukur keefektifan kinerja organisasi secara menyeluruh. MBNQA memiliki metode penilaian, yaitu Approach, Deployment, Learning, Integration (ADLI). Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan tools untuk memverifikasi tingkat ke akuratan dari kesiapan peusahaan untuk transformasi menuju indutri 4.0. dengan menggabungkan metode penilaian yang ada pada INDI 4.0 dengan penilaian ADLI pada MBNQA. Hasil akhir dari penelitian ini akan dijadikan pedoman oleh perusahaan untuk menilai tingkat kesiapan menuju industri 4.0. Pada penelitian dilakukan metode wawancara dan observasi secara langsung ke lapangan, dsebelum dilakukannya dilakukan perancangan pertanyaan yang didasari dari state of the art masing-masing pilar yang ada pada INDI 4.0. metode penilaian yang dilakukan didasari dari penilaian ADLI pada MBNQA dan pelevelan pada INDI 4.0. Hasil dari penelaian yang dilakukan dengan metode penilaian ADLI diapatkan untuk pilar manajemen dan organisasi bahwa perusahaan yang diobservasi masih pada tahapan awal untuk perencanaan menuju industri 4.0 dan untuk metode INDI 4.0 masih belum adanya dukungan dari manajemen untuk bertransformasi menuju industri 4.0. Hasil dari penilaian dengan metode ADLI pada pilar teknologi dimana perusahaan masih belum mengarah menuju industri 4.0 sama dengan penilaian dengan metode INDI 4.0. ......In addressing industry 4.0, Indonesia itself has also implemented Industry 4.0 from 2018. Therefore, to measure the readiness of industry 4.0 in Indonesia, the government is implementing the Industry 4.0 Redines Index (INDI 4.0). Companies can assess their readiness by conducting online self-assessments and then verifying them with industry 4.0 experts by conducting industrial visits. The Malcolm Baldrige National Quality Award (MBNQA) marks one of the tools used to measure the overall effectiveness of an organization's performance. MBNQA has an assessment method, namely Approach, Deployment, Learning, Integration (ADLI). This research was conducted to develop tools to verify the level of accuracy of the company's readiness for transformation towards Industry 4.0. by combining the existing assessment methods on INDI 4.0 with the ADLI assessment on MBNQA. The final results of this study will be used as a guideline for companies to assess the level of readiness towards Industry 4.0. In the research, interview methods and direct observations were carried out in the field, before designing questions based on the state of the art of each pillar in INDI 4.0. the assessment method used is based on ADLI's assessment on MBNQA and leveling on INDI 4.0. The results of the assessment carried out using the ADLI assessment method were obtained for the management and organizational pillars that the companies observed were still in the early stages of planning towards industry 4.0 and for the INDI 4.0 method there was still no support from management to transform towards industry 4.0. The results of the assessment using the ADLI method on the technology pillar where the company is still not heading towards industry 4.0 are the same as the assessment using the INDI 4.0 method.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Doni Edward
Abstrak :
Menjadi perusahaan kelas dunia adalah menjadi sebuah visi dari setiap organisasi. Untuk dapat mencapai perusahaan kelas dunia, setiap organisasi harus melakukan perbaikan terus-menerus secara sistematis dan terprogram dalam rencana kerja jangka pendek maupun jangka panjang. Salah satu metode perbaikan yang dapat digunakan adalah Sistem Manajemen Mutu Malcolm Baldrige National Quality Award (SMM MBNQA). Kepemimpinan, perencanaan strategik, fokus pelanggan dan pasar adalah triad kepemimpinan pada SMM MBNQA. Ketiganya menekankan pentingnya kepemimpinan yang berfokus kepada strategi dan pelanggan. Oleh karena itu triad kepemimpinan memiliki fungsi penting dalam menentukan arah organisasi dan mencari peluang dimasa depan. ......To be a world class company is a vision of every organization. In order to achieve world-class companies, each organization have to do continuous improvement in a systematic and programmed in the short-term work plan and long term. One method of improvement that can be used is the Quality Management System Malcolm Baldrige National Quality Award (QMS MBNQA). Leadership, strategic planning, customer and market focus is the triad of leadership in the QMS MBNQA. All three stressed the importance of leadership that focus on strategy and customers. Therefore leadership triad has an important function in determining the direction of the organization and look for opportunities in the future.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S51869
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library