Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 35 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Anissa Wijayati
Abstrak :
ABSTRAK
Sintesis LiFe1-0.5Mn0.5PO4/V/C sebagai katode baterai ion litium telah berhasil dilaksanakan. Material LiFe1-0.5Mn0.5PO4/V/C disintesis dengan prekursor intermediat garam besi yang terdiri dari FeSO4.7H2O, dan NH4H2PO4, prekursor LiOH, prekursor MnSO4.H2O, prekursor NH4VO3, serta prekursor C6H8O7. Prekursor intermediat garam besi disintesis dengan variasi kondisi pH meliputi suasana asam (pH 2), netral (pH 7), dan basa (pH 10), metode pemanasan yang digunakan, serta penambahan perlakuan ultrasonik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi pH sintesis akan mempengaruhi morfologi serta struktur kristal senyawa intermediat yang dihasilkan. Morfologi partikel dari seri asam cenderung berbentuk bulat ataupun oktahedral, seri netral cenderung berbentuk persegi panjang, sementara dari seri basa cenderung berbentuk lembaran. Struktur kristal seri asam menyerupai mineral lipscombite, sedangkan struktur kristal seri netral dan basa memiliki struktur garam besi fosfat. Perlakuan ultrasonik juga memberikan pengaruh terhadap morfologi serta struktur kristal senyawa intermediat yang dihasilkan. Morfologi dari sampel yang dikenai perlakuan ultrasonik cenderung berbentuk oktahedral, sementara durasi perlakuan ultrasonik mempengaruhi ukuran kristalit material. Proses pemanasan mempengaruhi morfologi serta struktur kristal senyawa intermediat yang dihasilkan. Proses pemanasan tanpa metode hidrotermal menghasilkan partikel yang cenderung beragregat. Hasil pengujian memperlihatkan sampel katode yang memiliki konduktivitas optimum didapatkan dari sampel LiFe1-0.5Mn0.5PO4/V/C yang disinter dengan tube furnace sebesar 5.6870 x10-5 S.cm-1, dengan tegangan kerja serta kapasitas pengisian optimum dalam sistem baterai R2032 dengan susunan [Li|1 M LiPF6/EC-DMC| LiFe1-0.5Mn0.5PO4/V/C] masing-masingnya 4.7 V dan 5.6 mAh.g-1.
ABSTRACT
Synthesis and characterization of LiFe1-0.5Mn0.5PO4/V/C used as lithium ion battery cathode has been successfully conducted. The LiFe1-0.5Mn0.5PO4/V/C composite was synthesized using iron salt intermediate precursors, which consist of FeSO4.7H2O, and NH4H2PO4, LiOH precursor, MnSO4.H2O precursor, NH4VO3 precursor and C6H8O7 precursor. Iron salt intermediate precursors were synthesized at various variable including variations in pH conditions acidic atmosphere (pH 2), neutral (pH 7), and alkaline (pH 10), heat treatments, and the use ultrasonic treatment. The results show that the pH synthesis conditions affect the morphology and crystal structure of the intermediate compounds produced. The morphology of iron salt intermediates in acidic condition was round and octahedral, in neutral condition is rectangular, and in alkaline condition is in sheet form. The crystal in acidic condition favored lipscombite structures, while the neutral and alkaline conditions favored phosphate iron salt structure. The ultrasonic treatment affected morphology and crystal structure of the intermediate compounds produced. The samples subjected to ultrasonic treatment formed an octahedral structure. Heat treatment also affected the morphology and crystal structural of the intermediate compounds produced. Heat treatment without hydrothermal treatment produced aggregated particles. In this work, the best conductivity of the cathode was obtained from LiFe1-0.5Mn0.5PO4/V/C sintered with tube furnace at 5.6870 x10-5 S.cm-1 and a working voltage and charge discharge in R2032 coin cell battery [Li|1 M LiPF6/EC-DMC| LiFe1-0.5Mn0.5PO4/V/C] of 4.7 V and 5.6 mAh.g-1, respectively.
2019
T53796
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadia Chrisayu Natasha
Abstrak :
Spodumen merupakan salah satu mineral yang terkandung di dalam batuan sebagai sumber litium. Syarat utama dalam melakukan ekstraksi litium dari spodumen dengan metode pelindian adalah keberadaan fasa ? ndash; spodumen dalam bijih. Pada penelitian ini pembentukan fasa ? ndash; spodumen diperoleh dari batuan sekismika, Kebumen, Jawa Tengah Indonesia dengan metode pemanggangan menggunakan natrium sulfat sebagai aditif pada 650,700,750,800 dan 850 C selama 20,40 dan 60 menit. Proses pelindian dilakukan dengan variasi perbandingan padatan dan cairan yaitu 1:10, 1:5, 1:2 dan 1:1 g/mL . Pelindian dilakukan menggunakan akuades selama 1 jam pada temperatur kamar. Proses evaporasi kemudian dilakukan pada filtrat hasil pelindian hingga 90 dari volumenya berkurang. Simultaneous Thermal Analysis STA digunakan untuk menentukan temperatur reaksi antara sekismika dan natrium sulfat pada saat pemanggangan. Analisis X ndash; ray diffraction XRD dan Scanning Electron Microscope SEM dilakukan untuk mengetahui perubahan fasa yang terbentuk, morfologi dan ukuran partikel. Komposisi sekismika ditentukan dengan Inductively Coupled Plasma ICP . Fasa ? ndash; spodumen di dalam sekismika mulai terbentuk pada 700 C dan waktu pemanggangan 20 menit namun fasa tersebut mulai tidak terbentuk lagi pada 750 C dan waktu pemanggangan 40 menit. Persen ekstraksi litium tertinggi yang diperoleh adalah 70,6 pada 700 C dan waktu pemanggangan 40 menit. Proses evaporasi menyebabkan konsentrasi litium meningkat hingga 8,5 kali konsentrasi litium awal. ...... Spodumene is one of minerals that present in hard rock as lithium resources. Requirement of lithium extraction from spodumene by leaching process is the presence of ndash form phase in ore. Formation of ndash phase spodumene was obtained from schist mica Kebumen, Center Java, Indonesia by roasting method using sodium sulfate at 650,700,750,800 and 850 C for 20,40 and 60 minutes. Leaching process was done with the variations of solid and liquid ratio are 1 10, 1 5, 1 2 and 1 1 g mL . Leaching process was done using aquadest for 1 hour. Then evaporation process of filtrate from leaching was done until 90 of its volume decreased. Simultaneous thermal analysis STA was used to determine reaction temperature between schist mica and sodium sulfate by thermal treatment. X ndash ray diffraction XRD and scanning electron microscope SEM were used to examine the presence of spodumene phase, morphology and particle size. While the compositions of schist mica was determined by inductively coupled plasma ICP ndash OES . In schist mica from Kebumen, Center Java, Indonesia indicates that spodumene exist in it. ndash phase spodumene started to form at 700 C for 20 minutes and it phase started to change at 750 C for 40 minutes. Optimum value of extraction percentage from this investigation is 70.6 at 700 C for 40 minutes. Evaporation process causes final concentration of lithium raises 8.5 times its initial concentration.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
T50600
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yohana Ruth Margaretha
Abstrak :
Sintesis komposit Li4Ti5O12 LTO nanorods dilakukan dengan karbon aktif sebanyak 3 wt dan silikon nano dengan komposisi yang berbeda sejumlah 10 wt, 15 wt, dan 20 wt. LTO memiliki karakteristik zero strain dan siklus hidup yang panjang. Akan tetapi, LTO mempunyai kapasitas terbatas dan konduktivitas elektrik buruk. Penambahan silikon nano dapat menambah kapasitas, sementara karbon aktif memiliki luas area spesifik yang besar untuk meningkatkan konduktivitas elektrik. Cetakan nanorods berasal dari TiO2 yang didapatkan dari titanium IV butoksida menggunakan metode sol-gel. Struktur nanorods didapatkan dengan proses hidrotermal dalam larutan NaOH 4 M. Namun, struktur yang terbentuk adalah struktur needle-like dan fase yang terbentuk adalah Li2TiO3. Performa baterai ditentukan dengan uji CV, CD, dan EIS. Hasil pengujian EIS menunjukkan bahwa LTO memiliki konduktivitas elektrik tertinggi. Hasil yang diperoleh dari uji CV adalah kapasitas spesifik tertinggi ditemukan pada LTO-AC/15 Si nano sejumlah 140,7 mAh/g.
The synthesis of Li4Ti5O12 LTO nanorods composites with 3 wt activated carbons AC and nano Si with different composition of 10 wt, 15 wt, and 20 wt has been carried out. LTO has zero strain characteristics with the long life cycle. However, the capacity is limited and has poor electrical conductivity. The addition of nano Si should enhance the capacity, while the activated carbon should provide a large specific surface area to increase the electrical conductivity. The nanorods templates are from TiO2, which obtained from titanium IV butoxide using the sol gel method. The nanorods structures should be achieved by a hydrothermal process in NaOH 4 M solution. However, needle like structures are achieved and Li2TiO3 phase is formed finally. The battery performances are determined by CV, CD, and EIS tests. EIS results showed the highest electrical conductivity was found in LTO only. The CV test obtained that the highest specific capacity was found in LTO AC 15 nano Si with 140.7 mAh g as well as charge discharge capacity at current rate 0.2 to 20 C.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sihombing, Dian Sepala
Abstrak :
ABSTRAK
Optimasi Anoda LTO-Sn dengan Penambahan Karbon Aktif pada Baterai Litium-ion Penelitian ini membahas mengenai optimasi anoda LTO-Sn dengan penambahan karbon aktif. Persen Sn yang ditambahkan adalah 5, 7.5, dan 12.5 berat. Sementara pada LTO dengan kadar karbon 5, 15 dan 25 berat, ditambahkan Sn 7.5 berat. Analisi sintesis material dilakukan dengan menguji XRD, BET dan SEM. Analisis performa baterai dilakukan dengan uji EIS, CV, dan CD. Didapatkan luas permukaan yang lebih besar dengan penambahan karbon. Pengamatan SEM juga menunjukkan morfologi yang lebih halus, ditunjukkan dengan ukuran partikel yang lebih kecil, walaupun masih terdapat aglomerat beras dan kecil. Hasil EIS menunjukkan penambahan Sn memberikan nilai konduktivitas yang lebih baik, sementara penambahan karbon menurunkan konduktivitas. Hasil CD menunjukkan penambahan Sn menurunkan kapasitas pada 12C sementara penambahan karbon menaikkan kapasitas yang bisa tercapai. Hasil XRD dan CV menunjukkan terdapat senyawa LTO, TiO2 rutile, TiO2 anatase, dan Sn. LTO dengan penambahan Sn 7.5 dan karbon 5 menjadi parameter optimum untuk mencapai kapasitas sebesar 270.2 mAh/g pada saat discharge dan LTO dengan penambahan Sn 12.5 menjadi sampel dengan kapasitas charge terbesar yaitu 191.1 mAh/g
ABSTRACT
Optimization of LTO Sn Anode with Activated Carbon Addition on Lithium ion Batteries This study discusses the LTO Sn anode optimization with the addition of activated carbon. Percent Sn added was 5, 7.5, and 12.5 wt. While the LTO with a carbon content of 5, 15 and 25 added 7.5 wt Sn. Analysis done by testing the material synthesis XRD, BET and SEM. Analysis of the performance of the battery is done by using EIS, CV, and CD. Obtained a larger surface area with the addition of carbon. SEM observations also show finer morphology, shown with a smaller particle size, although there are small and big agglomerates. EIS results showed the addition of Sn provides better conductivity value, while the addition of carbon to lower the conductivity. The CD results showed the addition of Sn lowering capacity at 12C while adding carbon to raise capacity that could be achieved at same C rates. The results of XRD and CV shows there are LTO compound, TiO2 rutile, TiO2 anatase, and Sn. LTO with the addition of Sn 7.5 and 5 carbon given optimum parameters to achieve a capacity of 270.2 mAh g at discharge. LTO with the addition of Sn 12.5 to the sample achieve a charge capacity 191.1 mAh g
2017
T46920
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Inggit Auliyya Addinie
Abstrak :
Pada penelitian ini dibuat gemuk bio yang ramah lingkungan menggunakan bahan dasar minyak biji kapuk randu yang memiliki kadar asam trigliserida sebanyak 25-28% yang dapat berpontensi menjadi gemuk. Pengental yang digunakan adalah sabun litium 12-hidroksistearat dan litium kompleks dengan asam azelat sebagai agen pengompleks. Berat gemuk yang dihasilkan sebanyak 200 gram dengan rasio perbandingan jumlah campuran komposisi minyak dasar dan pengental sabun yaitu 85%:15%, 88%:12%, 89%:11%, 90%:10%, 93%:7% dan 95%:5%. Gemuk yang dihasilkan telah dilakukan pengujian, yaitu uji penetrasi, uji dropping point dan uji four ball. Gemuk terbaik yang dihasilkan dengan sabun litium 12-hidroksistearat pada komposisi 90%:10% sedangkan gemuk terbaik yang dihasilkan dengan sabun litium kompleks pada komposisi 89%:11%. Berdasarkan uji Penetrasi dan uji four-ball gemuk yang dihasilkan adalah gemuk NLGI (National Lubricating Grease Institute) 2, namun nilai dropping point didapatkan sebesar 158 ? dan 130 ?. ......This research studied bio-grease production based on cottonseed oil which has a triglyceride acid content of 25-28% that has the potential to become grease. The Thickener is lithium 12-hydroxystearic soap and lithium complex soap with azelaic acid added as a complexing agent. The weight of the grease produced was 200 grams with the ratio of the total mixture composition of base oil and thickening agent are 85%:15%, 88%:12%, 89%:11%90%:10%, 93%:7% and 95%:5%. The resulting grease will be tested, namely penetration test, dropping point test, and four-ball test. The best grease with lithium 12-hydroxy stearate soap is grease at 90%:10%of composition ratio and the best grease lithium complex soap at 89%:11%. Based on the penetration and four-ball tests, the bio grease is NLGI (National Lubricating Grease Institute) 2, but the dropping point values were 158 ? and 130 ?.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Heru Kuntoro Ashadi
Abstrak :
Dengan kemajuan teknologi, peningkatan penggunaan penyimpanan energi yang begerak juga semakin bertambah. Salah satu bahan aktif yang digunakan dalam katoda baterai ion litium adalah LiFePO4. Dalam penelitian ini, telah dilakukan sintesis dan proses pemberian doping Na pada material katoda LiFePO4/C menjadi material komposit Li1-xNaxFePO4/C dengan (x = 0, 0,01, 0,02, 0,03, 0,04 dan 0,05) dilakukan dengan kombinasi proses reaksi kimia basah (wet chemical) dan padatan (solid state) pada temperatur kalsinasi 350oC selama 1 jam proses sintering 750oC selama 4 jam. Karakterisasi morfologi, struktur mikro dan komposisi dilakukan dengan menggunakan difraksi sinar-X (XRD) dan mikroskop elektron yang dilengkapi dengan pemindai komposisi (SEM/EDX), sedangkan karakterisasi elektrokimia dalam bentuk sel koin R2032 dilakukan dengan menggunakan voltametri siklik (CV), spektroskopi impedansi elektrokimia (EIS) dan pengisian dan pengosongan (Charge-Discharge). Hasil XRD menunjukkan bahwa semua sampel sesuai dengan LiFePO4/C standar dengan struktur olivine pada kondisi x = 0, sedangkan hasil SEM menunjukan bahwa ukuran partikel semua sampel adalah berkisar antara sekitar 1 sampai dengan 3 µm. Hasil uji CV menunjukkan bahwa doping Na jelas meningkatkan reversibilitas dan perilaku dinamis interkalasi dan deinterkalasi ion lithium. Hasil EIS menunjukkan bahwa doping Na mengurangi resistensi transfer pada material katoda LiFePO4/C dengan meningkatkan koefisien difusi ion lithium. Dapat disimpulkan dari semua karakteriasi material sampel dan sel koin bahwa doping Na dapat meningkatkan kinerja elektrokimia material katoda dengan hasil yang optimal pada x = 0,02 sampai 0,03. ......With the advancement of technology, there is an increase use of mobile energy storage. One of the active materials used in lithium ion battery cathode is LiFePO4. In this work, synthesis and characterization of Li1-xNaxFePO4/C (x = 0, 0.01, 0.02, 0.03, 0.04 dan 0.05) composite has been carried out. The synthesis was performed via combination of wet chemical reaction processes to obtain FePO4 and continued with the process of mixing through solid state reaction method to form Li1-xNaxFePO4/C. In this work, nominal x ratio of sodium to lithium was varied from 0 to 5 wt.%. The calcination was carried out for 1 hour at 350 °C and continued with sintering at 750 °C for 4 hours under nitrogen environment. Morphological characterization and microstructure observation were performed using scanning electron microscopy (SEM) equipped with energy dispersive X-ray spectroscopy (EDX) and X-ray diffraction (XRD), respectively. The XRD results showed that the obtained active material has uniformity in comparison to the LiFePO4 standard with olivine structure for x = 0. With the addition of sodium, there is an indication that the peak shifted to the lower at the optimum angle. Observation on the morphology showed that the particle size of the obtained active material ranges from about 1 to 3 µm, whereas analysis on the composition showed consistent results. This is as an indication that the synthesis of Li1-xNaxFePO4/C composite has been carried out successfully. The CV test results show that Na doping increases the reversibility and dynamic behavior of lithium ion intercalation and deintercalation. The EIS results show that Na doping reduces transfer resistance in the LiFePO4/C cathode material by increasing the diffusion coefficient of lithium ions. It can be concluded from all the characteristics of the sample material and coin cell that Na doping can improve the electrochemical performance of the cathode material with optimal results at x = 0.02 to 0.03.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kelvin Muhammad Farros
Abstrak :
Litium yang sekarang menjadi salah satu material paling dicari karena sifatnya yang dapat digunakan sebagai baterai menjadi salah satu faktor untuk dilakukan proses peningkatan kadar dari sumber batuan. Froth flotation merupakan suatu proses yang dilakukan untuk memisahkan mineral yang ingin diambil dengan pengotornya berdasarkan dengan sifat hidrofobik dan hidrofilik dari mineral. Keberhasilan proses froth flotation ditentukan oleh beberapa parameter seperti ukuran partikel, pH, waktu, dan penggunaan zat aditif seperti kolektor dan frother. Berdasarkan studi literatur didapatkan hasil yang maksimal pada ukuran partikel -0,074 mm, kondisi pH basa 8-10, waktu 5 menit, dan menggunakan asam oleat/sodium oleat NaOL)/tributyl tetradecyl phosphonium chloride TTPC. Penggunaan aktivator Fe3+ juga meningkatkan hasil persentase recovery. Parameter-parameter tersebut yang diketahui dapat meningkatkan persentase recovery dikarenakan dapat memaksimalkan kerja kolektor dalam memisahkan mineral.
Lithium is now one of the most sought after materials because of its nature which can be used as a battery to be one of the factors for the process of increasing lithium content from rock source. Froth flotation is a process that is carried out to separate the minerals with the impurities based on the hydrophobic and hydrophilic properties of the mineral. The success of froth flotation process is determined by several parameters such as particle size, pH, time, and the use of additives such as collectors and frother. Based on literature studies, maximum results were obtained at partcle size of -0.074 mm, alkaline pH conditions 8-10, 5 minutes, and using oleic acid/sodium oleic NaOL/tributyl tetradecyl phosphonium chloride TTPC. The use of activator Fe3+ also increases the percentage recovery results. These parameters are known to increase the percentage of recovery because they can maximize the work of collector in separating minerals.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rangga Aji Pamungkas
Abstrak :
[Peningkatan temperatur baterai litium-ion pada kendaraan listrik dapat mengakibatkan berkurangnya kapasitas dan jumlah siklus kerja sebuah baterai litium-ion. Bahkan, sel baterai dapat mengalami thermal runaway yang berakibat baterai litium-ion dapat terbakar dan meledak. Salah satu jenis alat penukar kalor yang bisa digunakan sebagai sistem manajemen termal pada baterai litium-ion adalah pipa kalor melingkar pelat datar. Penelitian ini dilakukan untuk menguji kinerja pipa kalor melingkar pelat datar dan mencari nilai hambatan termal yang dihasilkan dengan variasi fluida kerja akuades, alkohol, dan aseton dengan filling ratio sebesar 60%. Dari hasil penelitian ini, aseton merupakan fluida kerja terbaik yang menghasilkan hambatan termal sebesar 0,22 Watt/°C dan temperatur evaporator sebesar 49,89°C pada beban fluks kalor sebesar 1,61 Watt/cm2.;The increasing temperature of lithium-ion battery used in electric vehicle can cause major thermal runaway that can result in battery fire and explosion. One of the heat exchanger that can be used as thermal management system for lithium-ion battery of electric vehicle is Flat Plate Loop Heat Pipe. This research was conducted to test the performance of flat plate loop heat pipe and to determine the thermal resistance of flat plate loop heat pipe that used aquades, alcohol, and acetone as working fluid with 60% of filling ratio. The result showed that acetone is the best working fluid from among of the two other working fluids and had a heat pipe thermal resistance 0.22 Watt/°C with evaporator temperature was 49.89°C under maximum heat flux load of 1.61 Watt/cm2., The increasing temperature of lithium-ion battery used in electric vehicle can cause major thermal runaway that can result in battery fire and explosion. One of the heat exchanger that can be used as thermal management system for lithium-ion battery of electric vehicle is Flat Plate Loop Heat Pipe. This research was conducted to test the performance of flat plate loop heat pipe and to determine the thermal resistance of flat plate loop heat pipe that used aquades, alcohol, and acetone as working fluid with 60% of filling ratio. The result showed that acetone is the best working fluid from among of the two other working fluids and had a heat pipe thermal resistance 0.22 Watt/°C with evaporator temperature was 49.89°C under maximum heat flux load of 1.61 Watt/cm2.]
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S58609
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Mochamad Abdurrahman
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini membahas pengaruh kadar aditif Acetylene Black terhadap performa baterai lithium ion dengan anoda Li4Ti5O12. Material aktif Li4Ti5O12 untuk anoda baterai ion litium telah berhasil dibuat dari xerogel TiO2 yang dibuat menggunakan metode sol-gel, dilanjutkan dengan proses ball-milling, dan sintering. Identifikasi fasa, morfologi, dan luas permukaan material dikarakterisasi menggunakan pengujian XRD, SEM-EDS, dan BET. Terbentuk fasa spinel Li4Ti5O12 dan TiO2 rutile pada hasil XRD. Morfologi Li4Ti5O12 yang terbentuk menunjukkan adanya aglomerasi. Hasil sintesis Li4Ti5O12 dibuat lembaran elektrodanya dan dicampur dengan binder PVDF (10%wt) dan aditif AB sebesar 10%wt (LTO2 AC-1), 12%wt (LTO2 AC-2), dan 15%wt (LTO2 AC-3). Baterai sel koin dibuat secara setengah sel (half cell) menggunakan elektroda litium. Pengujian performa baterai dilakukan menggunakan cyclic voltammetry (CV), Electro-impendance spectroscopy (EIS), dan charge discharge (CD). Nilai tahanan yang paling tinggi didapatkan pada sampel LTO2 AC-3. Penyebabnya diperkirakan karena terbentuknya produk samping reaksi pada permukaan elektroda di siklus awal karena reaktivitas elektroda LTO2 AC-3 yang tinggi. Kapasitas awal tertinggi didapatkan pada sampel dengan kadar AB 10%wt (LTO2 AC-1) pada pengujian CV dan CD pada rate awal dikarenakan kadar material aktifnya yang paling tinggi. Pada pengujian performa baterai menggunakan Charge-discharge, Rate-capability terbaik didapatkan pada sampel dengan kadar AB 15% dimana terdapat kapasitas sebesar 24,12 mAh/g pada rate 10C dengan kapasitas yang hilang sebesar 71,34%. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa penambahan kadar AB dapat meningkatkan ketahanan siklus dari baterai dan juga akan meningkatkan rate-capability-nya. Peningkatan reaktivitas, luas permukaan, dan konduktivitas dari elektroda diperkirakan menjadi penyebab fenomena ini. Hal ini didukung oleh hasil pengujian EIS, CV, dan CD dari ketiga sampel yang diujikan
ABSTRACT
This research was talking about the influence of Acetylene Black additives content in Li-ion Batteries performance with Li4Ti5O12 anode. Li4Ti5O12 active material for Li-ion batteries anode was successfully made using sol-gel method to form TiO2 xerogel continued with ball-milling and sintering process. XRD, SEM-EDS, and BET, was performed to identify the phase, morphology, and surface area of LTO powder. Spinel Li4Ti5O12 and TiO2 rutile was detected in XRD test. Li4Ti5O12 morphology show presence of agglomerates structure. Electrode sheet then be made with Li4Ti5O12 from previous process and mixed with PVDF binder (10%wt) and AB additives 10%wt (LTO2 AC-1), 12%wt (LTO2 AC-2), and 15%wt (LTO2 AC-3) of total weight solid content. Half cell coin battery was made with lithium counter electrode. Cyclic voltammetry (CV), Electro-impendance spectroscopy (EIS), and charge discharge (CD) test used to examine the battery performance. Highest resistance value obtained in LTO2 AC-3 sample. It may be caused by the formation of side reaction product on electrode surface at initial cycle due to high reactivity of LTO2 AC-3 electrode. Greatest initial capacity at CV test and CD test was obtain in LTO2 AC-1 (10%wt AB) sample, due to highest active material content. When charge-discharge test, the best sample rate-capability performance falls to LTO2 AC-3 sample (15%wt AB), where there was still have 24.12 mAhg of discharge capacity at 10 C with 71.34% capacity loss. In this research, writer conclude that Increasing AB content could lead to rate-capability and cycling performance improvement. Reactivity, surface area, and conductivirty enhancement in electrode may be caused by this phenomenon. This fact supported by charge-discharge, cyclic voltammetry, and electro-impendance spectroscopy data.;
2016
S65655
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Herka Manda Putra
Abstrak :
ABSTRAK
Manajemen termal sangatlah penting untuk memastikan kestabilan termal dan daya tahan jangka panjang pada baterai litium-ion. Pipa kalor pipih bersirip digunakan pada penelitian ini untuk membantu pelepasan kalor yang dibangkitkan oleh pemanas melalui baterai. Baterai litium-ion dimodelkan dengan menggunakan aluminium yang menyerupai modul baterai. Sistem saluran pendingin baterai yang dilengkapi dengan kipas diterapkan untuk meningkatkan laju perpindahan kalor yang di lepas oleh pipa kalor. Plat konduksi juga dipasang agar kalor yang diterima oleh pipa kalor dapat diperhitungkan. Pembangkitan kalor divariasikan agar pengaruh hambatan termal dapat terlihat. Dengan adanya pipa kalor, temperatur baterai berkurang secara signifikan. Permodelan baterai 3 dimensi disimulasikan dan dibandingkan dengan hasil data eksperimental. Dengan menggunakan pipa kalor, penurunan temperatur baterai dapat mencapai 55,58 °C pada pembangkitan daya 150 W. Hasil simulasi memperlihatkan persebaran temperatur pada dinding baterai dengan error rata-rata temperatur permukaan baterai terkecil yang menggunakan pipa kalor dan tanpa pipa kalor sebesar 10,70 % dan 5,33 %.
ABSTRACT
Thermal management is critical to ensure thermal stability and long term durability of the lithium-ion battery. Finned heat pipes are used in this study to help dissipating heat generated by heater through the batteries. Lithium-ion batteries modeled by using aluminum that resembles a battery module. The system contain of air duct which is streamed air by fan to increase heat transfer rate. Conduction plate is also fitted so that the heat received by the heat pipe can be calculated. The heat generation is variated so that the effect thermal resistance can be seen. With the heat pipe, the battery temperature is significantly reduced. Model is developed to describe the thermal distribution of the lithium-ion batteries, and compared through both simulation and experiment. By using two heat pipes, battery temperature can be reduce up to 55.58 °C at 150 W heat generation. The simulation shows the temperature distribution on battery surface using heat pipe and without heat pipe with the lowest average error temperature surfaces are 10.70 % and 5.33 %
2016
S64919
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4   >>