Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 127 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Handrito Hardjono
Abstrak :
ABSTRAK
Perusahaan penerbangan dewasa ini menghadapi persaingan yang semakin ketat. Dengan adanya deregulasi di bidang penerbargan, kenaikan harga mínyak, serta bayangan resesi menambah tingkat persaingan untuk bekerja dengan lebih effisien lagi. Perusahaan penerbangan yang tidak dapat bekerja dengan effisien akan tertinggal dalam percaturan penerbangan internasional.

Pesawat udara merupakan asset yang paling berharga yang dimiliki oleh sebuah perusahaan penerbangan. Harganya yang mahal dan perawatannya yang tidak mudah menuntut pengelolaan yang sangat serius dari asset ini. Penanganan yang salah akan dapat menyebabkan kerugian yang tidak kecil pada perusahaan.

Route penerbangan merupakan satu hal yang sangat vital bagi perusahaan penerbangan karena dari jaringan tersebutlah datangnya revenue perusahaan, sehingga menuntut penanganan yang sangat serius terutama dalain hal pemilihan penggunaan jenis pesawat udara. Penentuan yang kurang tepat dalam suatu jalur penerbangan akan dapat sangat merugikan perusahaan. Sebagai contoh adalah pemilihan jenis pesawat yang terlampau kecil ataupun terlampau besar dalam suatu jalur penerbangan akan merugikan perusahaan sehingga perlu ditetapkan secara tepat. Di lain pihak banyak sekali variabel yang berpengaruh dalam pemilihan jenis pesawat yang harus melayani suatu jalur, sehingga pemilihannya tidaklah selalu mudah. Atas dasar masalah dan variabel-vaniabel diatas, maka dalam karya akhir ini dicoba suatu model matematis linear programming yang digunakan untuk memecahkan masalah-masalah diatas.

Objective function yang dipilih dalam model ini adalah untuk memperoleh minimum cost dalam menghitung total operating cost dan ke-enam jenis pesawat yang dimiliki P.T Garuda Indonesia. Decision vaniabel adalah jumlah frekwensi Penerbangan per tahun dan suatu route tertentu. Konstrain ditentukan oleh keterbatasan )umlah pesawat, jumlah penumpang yang banus diangkut dan satu tujuan ke tujuan lainnya, load faktor yang harus dipenuhi, dan keterbatasan daya jangkau dari satu jenis pesawat.

Route yang dipilih untuk model ini adalah route penerbangan P.T Garuda Indonesia domestik, regional serta satu tujuan internasional sebagai model awal untuk dapat dikembangkan lebih lanjut.

Dari model linear programming yang disusun kemudian dicari optimasinya menggunakan program komputer LINDO, yang memberikan suatu alternatif pemilihan jenis pesawat udara dan frekwensinya dalam menerbangi suatu route dengan operating cost yang paling minimal. Hal tersebutlah yang kemudian diperbandingkan dengan jenis pesawat udara yang digunakan sekarang dan membandingkan operating cost yang diperlukan. Dari hasil tersebut terlihat adanya penghematan yang cukup besar apabila menggunakan jenis pesawat udara yang disarankan oleh LINDO. Tentunya alternatif pemilihan jenis pesawat udara yang diperoleh dan LINDO harus dipelajari kembali dengan memasukkan unsur pemasaran dan preferens dan pelanggan sebelum diputuskan penggunaannya.
1991
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kim, Chaiho
New York: Rinehart and Winston, 1971
519.7 CHA i
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Marwan Asri
Yogyakarta: BPFE, 1983
519.72 MAR l
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Swanson, Leonard W.
Tokyo: Mc Graw Hill, 1980
519.72 SWA l
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Ismail bin Mohd.
Kuala lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka, Kementrian Pendidikan Malaisya, 1989
519.72 ISM p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Nesa, Wu
New York: McGraw-Hill, 1981
519.72 NES l
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Hadley, George, 1930-
Reading, Mass: Addison-Wesley, 1962
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
J. Supranto
Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 1980
519.72 SUP l
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
J. Supranto
Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 1983
519.72 SUP l
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Robby Cahyanto
Abstrak :
Tesis ini membahas pengelolaan hutan produksi yang dikelola Perum Perhutani Jawa Tengah. Pengelolaan didasarkan pada pengelolaan tahun 2007 dan 2009. Pengelolaan difokuskan pada alokasi luas areal tebangan dan volume tebangan yang berimplikasi pada penyerapan tenaga bagi masyarakat sekitar hutan serta dampak penerimaan hasil penjualan kayu bagi operator yang memberikan keuntungan maksimal. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan aplikasi Linear Programming. Lokasi yang dipakai sebagai tempat pengukuran 17 lokasi, 3 jenis tebangan, 2 kelas perusahaan. Fungsi tujuan memaksimalkan keuntungan.Variabel keputusan alokasi luas tebangandan volume tebangan. Fungsi kendala luas areal, tenaga kerja dan modal. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengelolaan hutan, volume dan luas areal belum optimal. Dibuktikan pada luas areal sebelum optimalisasi lebih luas 24.318,11 ha dari areal model 1 model 2. Areal yang dieksploitasi pada model 1 adalah 18.307,89 ha dan model 2 seluas 16.190,97 ha. Jatah Produksi Tebangan sebelum optimalisasi, volume jati lebih besar 51.599,17 m3 dari model 1 dan model 2. Volume rimba sebelum optimalisasi berlebih 5.260,06 m3 dari model 1 dan 5.006,11 m3 dari model 2. Volume tebangan sebelum optimalisasi lebih difokuskan pada tebangan B-D dan E jenis jati dan jenis rimba. Volume pada model 1 dan 2 fokus pada tebangan A dan B-D jati dan rimba. Tebangan E sebagai pilihan (tebangan pemeliharaan). Biaya eksploitasi lebih kecil pada model 1, sedangkan keuntungan lebih besar model 2, pada analisis sensitivitas skenario 2 model 2.a.. Namun model yang direkomendasikan adalah model 1 dengan tingkat jenis tebangan yang heterogen sesuai dengan potensi yang ada dan pemanfaatan masyarakat sekitar hutan.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009
T28791
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>