Ditemukan 94 dokumen yang sesuai dengan query
Tambunan, Nadia Rumenta
"Jepang tidak dapat dianggap sebagai suatu negara Kristen. Hal ini dapat dilihat dari jumlah penganutnya yang tidak lebih dari satu persen jika dihitung dari populasi seluruh penduduknya. Namun demikian, Kristen dipandang sejajar dengan Shinto dan Budha sebagai salah satu dari tiga agama yang utama dalam sejarah Jepang modern. Tidak sebanding dengan jumlah penganutnya yang kecil, Kristen menempati tingkat yang besar dalam, bagian_bagian penting kehidupan masyarakat modern, terutama di bidang pendidikan dan kehidupan intelektual. Penilaian terhadap peran Kristen dalam kehidupan masyarakat tidaklah mudah karena hubungannya yang begitu erat dan saling mempengaruhi dengan modernisasi serta westernisasi, sehingga sulit memisahkan ketiganya. Ini dapat dilihat terutama dari propaganda Kristen melalui pengajaran ilmu pengetahuan baik lisan maupun tulisan serta masyarakat Jepang sendiri yang memandang Kristen sebagai agama modern. Agama Kristen yang masuk kembali ke Jepang setelah dinyatakan terlarang selama dua ratus tahun dan ditekan dengan kejam itu, tidak lepas dari tekanan politik ma_syarakat barat terhadap Jepang. Penerimaannya juga berhubungan erat dengan kepentingan politik Jepang terhadap negara-negara barat. Penganut Kristen setelah Restorasi Meiji tahun 1868 kebanyakan berasal dari kaum Samurai yang tersingkir. Mulanya mereka belajar bahasa Inggris untuk mempermudah komunikasi dengan orang barat, terutama dalam perdagangan. Kemudian mereka mulai tertarik dengan Kristen karena dianggap mampu memberikan paham modern yang sesuai dengan perkembangan dunia saat itu. Banyak dari mereka akhirnya menjadi orang-orang yang berpengaruh di masyarakat. Dengan pendidikan yang dipero_leh dari sekolah Kristen, yang banyak mengajarkan tentang paham kebebasan, mereka mampu menjadikan gereja Kristen sebagai gereja yang mandiri, lepas dari campur tangan bangsa barat. Dalam pemerintahan, kelompok ini merupakan kaum oposisi pemerintah, yang nyata dalam media massa dan partai politik. Melalui pelayanan sosial, agama ini juga telah memperkenalkan paham sosial yang nantinya berkembang luas seperti halnya paham liberal."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1992
S13891
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1994
230.044 MEN
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Aziz-Us-Samad, Ulfat
Karachi : Begum Aisha Bawany Wakf, 1970
297.293 AZI i
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Arterburn, Stephen
"Buku ini berisi tentang kehidupan suami istri, bagaimana sikap suami yang baik terhadap istri dan keluarganya, berdasarkan nilai-nilai kristen."
Waterbrook Press: Colorado, 2001
248.842 ART e (1)
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
vujicic, nick
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2019
235 VUJ b
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Bekasi: Karya Mulya , 2007
261.2 MEN
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Lydia Herwanto
"
ABSTRAKSkripsi yang berjudul Kyai Sadrach Suropranoto dan umatnya tahun 1871 _ 1899 ini saya ajukan untuk memenuhi salah satu syarat dalam mencapai gelar sarjana pada jurusan Sejarah Fakultas Sastra Universitas Indonesia.
Pembahasan tentang Kyai Sadrach Suropranoto dan umatnya yang berpusat di Radukuhan Karangjoso, wilayah Kutoarjo yaitu daerah Jawa Tengah bagian selatan, sepan_jang pengetahuan saya merupakan masalah yang belum dibahas secara terperinci, ditinjau dari sudut sejarah. Walaupun demikian hal tersebut merupakan suatu kenyataan yang terjadi dalam sejarah Indonesia. memang ada beberapa tu-lisan yang mengungkapkan sekilas tentang umat Kristen Ja_wa di daerah Jawa Tengah bagian Selatan ini ataupun tentang pribadi pemimpinnya yaitu Kyai Sadrach Suropranoto , misalnya dalam tulisan J. Wietjen S.Y. yang berjudul Pas_tur van Lith mengenai Kyai Sadrach dalam majalah Brien_tasi, Pustaka Filsafat dan jeologi; tahun 6, 1974, tulis_an I. Sumanto W.P. yang berjudul Kyai, Sadrach Seoranq Pencari Kebenaran, Sebabak Seiarah Pekabaran Injil di Jawa Tengah terbit tahun 1974, tulisan pendeta F. Lion Cachet yang berjudul Een Jaar LE Reis in dienst der tending terbit tahun 1890 dan tulisan L. Adriaanse yang berjudul Sadrach's Krino terbit tahun 1899...
"
1985
S12251
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Abepura : Biro Pnelitian Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Fajar Timur
050 LIM 1:1 (2004)
Majalah, Jurnal, Buletin Universitas Indonesia Library
Amsterdam : Free University Amsterdam the Netherlands
050 FUQ 6 (1959)
Majalah, Jurnal, Buletin Universitas Indonesia Library
Tania Ismiadewi
"
ABSTRAKSkripsi ini membahas tentang Kristen Koptik di Mesir dengan mengangkat isu sosial dan budaya. Kristen Koptik adalah agama minoritas yang ada di Mesir. Penyebutan Koptik yang berasal dari bahasa Yunani berarti orang-orang Mesir. Namun kini penyebutan Koptik hanya dimaksudkan untuk orang-orang Kristen di Mesir. Kristen Koptik berbeda dengan Kristen lainnya karena mendapatkan pengaruh dari budaya Mesir kuno. Kehidupan sosial budaya Mesir tidak terlepas dari pengaruh agama Islam dengan adanya arabisasi. Sehingga hal tersebut juga memicu adanya akulturasi yang terjadi antara Kristen Koptik Mesir dan Islam. Metode penelitian yang digunakan penulis dalam penyusunan skripsi ini adalah metode historis-deskriptif dengan empat tahapan dalam metode sejarah, yaitu heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi dengan menitikberatkan pada sumber-sumber tertulis. Metode tersebut digunakan untuk mendapatkan data sehingga menghasilkan analisis data yang mendalam tentang tema yang diteliti penulis. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Kristen Koptik di Mesir memiliki ajaran yang berbeda dengan Kristen lainnya karena terpengaruh kebudayaan Mesir kuno. Ajaran-ajaran Kristen Koptik juga ada yang terpengaruh oleh budaya Arab dan Islam yang masuk ke Mesir. Kehidupan sosial umat Kristen Koptik sangat bervariasi di Mesir. Aktivitas ekonomi dalam sektor bisnis di Mesir sebagian besar dikuasai oleh umat Kristen Koptik.
ABSTRACTThis thesis discusses the Coptic Christian in Egypt in raising issues of social and culture. Coptic Christian is a religious minority in Egypt. The mention of Coptic derived from the Greek nouns refers to the Egyptian people. However, nowadays the word Copts and Coptic is meant only for the Coptic Christians in Egypt. Coptic Christian is different from another Christian in the world because they have been influenced by the ancient Egyptian culture. Egypt 39 s social and cultural life is inseparable from the influence of Islam in the presence of Arabization. So that it also triggers acculturation that occurs between the Coptic Christian of Egypt and Islam. The methods used in the preparation of this thesis is the historical descriptive with four stages in the historical method, they are the heuristic, criticism, interpretation, and historiography with emphasis on written sources. The method used to obtain the datas on purpose to produce in depth data analysis examined about the theme that is disscussed. The results of the study explained that the Coptic Christian in Egypt has different teaching with other Christians because it is affected by the culture of ancient Egypt. Coptic Christian teachings also influenced by Arab culture and Islam that come into Egypt. The social life of Coptic Christians varies, but many among the Coptic Christians dominate the economic business in Egypt."
[;, ]:
2016
S66817
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library