Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Pandu Ardani Dhalymardha
"Penelitian ini menganalisis bagaimana implementasi dari strategi key opinion leader (KOL) marketing yang dilakukan oleh brand Evolene dalam menyampaikan produknya melalui kerja sama dengan Zharif, salah satu seorang publik figur yang berkecimpung sebagai content creator di media sosial Instagram. Memanfaatkan jenis teori komunikasi berupa two-step flow communication untuk menjabarkan secara spesifik bagaimana peran Zharif sebagai penghubung produk brand dengan khalayak. Menggunakan metode penelitian kualitatif berupa analisis konten dan studi kasus untuk memahami interaksi yang terjadi. Hasil temuan menunjukkan Zharif mampu membangun kredibilitas dia melalui personal branding-nya sebagai fitness influencer, dengan berbagai konten yang diunggah menciptakan komunikasi yang relevan dengan audiens-nya. Strategi KOL marketing efektif dalam meningkatkan asosiasi positif antara merek Evolene dengan Zharif. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bagaimana pentingnya pemilihan pemimpin opini (key opinion leader) dalam mempromosikan produk sebuah brand yang harus sesuai, dimana nilai-nilai yang dianut selaras dengan visi-misi yang diinginkan oleh perusahaan brand dalam menciptakan rencana kampanye iklan yang efektif.
This research examines the implementation of key opinion leader (KOL) marketing strategies by Evolene in promoting its products through collaboration with Zharif, a public figure and content creator on Instagram. Using the two-step flow communication theory, the study explores Zharif's role as a mediator connecting the brand's products with its audience. A qualitative approach, including content analysis and a case study, is employed to understand the interactions involved. The findings demonstrate that Zharif effectively builds his credibility through personal branding as a fitness influencer, delivering relevant communication to his audience via various content formats. The KOL marketing strategy has proven to be effective in establishing a positive association between the Evolene brand and Zharif. This research concludes that selecting the right opinion leader is crucial in promoting a brand, ensuring alignment between the KOL's values and the brand's vision and mission to create a successful advertising campaign."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Anna Clara
"Peningkatan pengguna Tiktok dan semakin berkembangnya fitur Tiktok membuat banyak bisnis yang mengembangkan strategi branding melalui platform Tiktok. Key Opinion Leader Tiktok spesialis (KOL Tiktok spesialis) menjadi profesi yang membantu perusahaan dalam merencanakan ide brief KOL, memilih KOL dan mengatur berjalannya kerjasama antara perusahaan dengan KOL. Makalah ini membahas pengalaman dan pembelajaran saya dengan latar belakang antropologi yang menjalani magang selama tiga bulan di bidang marketing sebagai Key Opinion Leader Tiktok spesialis (KOL Tiktok spesialis) di NPURE. Pembahasan akan berfokus pada upaya saya dalam mengimplementasikan gagasan antropologis dari konsep brand yang dikemukakan oleh Nakasiss. Upaya implementasi konsep brand tersebut menghasilkan terobosan baru berupa metode penulisan brief dengan urutan alur pembahasan serta peningkatan kriteria pemilihan KOL selain dari kriteria dasar yang NPURE tetapkan. Gambaran refleksi implementasi ini pada akhirnya menunjukan adanya interseksi antara antropologi dan marketing dalam setiap aktivitas magang saya sebagai KOL Tiktok spesialis di NPURE.
The increase in Tiktok users and the growing development of Tiktok features have made many businesses develop branding strategies through the Tiktok platform. Key Opinion Leader Tiktok specialist (KOL Tiktok specialist) is a profession that assists companies in planning KOL brief ideas, selecting KOLs, and managing collaboration between companies and KOLs. This paper discusses my experience and learning as someone with an anthropological background who underwent a three-month internship in marketing as a specialist Tiktok Key Opinion Leader (KOL Tiktok) at NPURE. The discussion will focus on my efforts to implement the anthropological notion of the brand concept put forward by Nakasiss. Efforts to implement the brand concept resulted in a new breakthrough in the form of a brief writing method with a sequence of discussion flows and an increase in KOL selection criteria beyond the basic criteria set by NPURE. This reflection on implementation ultimately shows that there is an intersection between anthropology and marketing in each of my internship activities as a KOL Tiktok specialist at NPURE."
2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library