Ditemukan 47 dokumen yang sesuai dengan query
Sumbayak, Daniel Jurianto
Abstrak :
Penelitian menguji validitas dan reliabilitas butir-butir tes kemampuan penalaran verbal dan numerikal yang diberi nama DS_VerNu. Tes ini terdiri dari Subtes Numerikal dan Verbal, masing-maisng terdiri dari lima konteks referensi, dan 4 soal untuk setiap konteks.
......Researcher interested to develop a new cognitive test that covers complex numerical and verbal resoning ability, both in numerical and verbal area. The test was built on Thurstone primary Mental Abilities theory. In this reserach, 2 subtest were developed, with 5 contexts and 20 items in every subtest.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2011
T36853
UI - Tesis Open Universitas Indonesia Library
Ringking Marina Korah
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi instrumen Y yang digunakan sebagai
alat seleksi psikologi calon didik instansi X. Instrumen Y, terdiri dari tiga subtes
yaitu kecerdasan, kecermatan, dan kepribadian. Dalam penelitian ini, evaluasi
akan dilakukan untuk menguji kembali validitas, réhabilitas, item tes dan juga
melakukan equaîing terhadap skor. Subtes kecerdasan ini memiliki empat paralel
tes yang telah digunakan dalam seleksi calon didik instansi X. Sampel dalam
penelitian ini dipilih secara random dengan jumlah total 1393 orang (697 berasal
dari peserta tes paralel B/PMJ B dan 696 dari tes paralel D/ PMJ D). Pengolahan
dilakukan dengan menggunakan pendekatan teori tes klasik (dengan ITEMAN)
dan item response theory (dengan LISREL 8.3, QUEST, dan BILOG-MG). Hasil
pengujian unidimensionalitas menunjukkan bahwa validitas konstruk kedua tes
paralel baik (model fit). Réhabilitas kedua paralel tes juga baik, yaitu dengan nilai
di atas 0.9. Hasil analisis a n eh o r items menunjukkan bahwa terdapat enam buah
item yang perlu dihilangkan. Peneliti kemudian mengusulkan item-item pengganti
yang diperoleh dari 37 item yang merupakan item-item yang telah dianalisis dan
dianggap baik. Dari hasil penyetaraan, ditentukan batas baru (untuk kepentingan
seleksi) yaitu menggunakan tetha sebesar -0.19308.
2008
T38046
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Surado
Abstrak :
Perkembangan teknologi dan informasi yang berbasis intemet teiah menciptakan teknologi e-leaming. Asal muasal teknologi e-learning adalah untuk mengadaptasi secara penuh sistem belajar dan mengajar konvensional. Pada proses belajar mengajar tenlu ada proses yang dinamakan ujian. Ujian yang ideal adalah jika ujian disesuaikan dengan kemampuan dari peserta ujian. Perkembangan teknologi menyebabkan ujian seperti ini dapat dilaksanakan. Jenis ujian ini disebut ujian adaptif. Ujian adaptif memiliki poin soul hcrbcnluk cliclroromous-' dimana ilanya ada 2 nilai yaitu benar atau salah. Agar dapat menentukan soal yang sesuai dengan kemampuan siswa maka harus ada pencocokan kemampuan siswa. Pencocukan kemampuan siswa itu ditentukan dari urulan soal yang dijawab siswa. Teknologi yang digunakan unluk melakukan pekerjaan tersebut adalah dengan menggunakan teknologi IRT dimana yang dipakai adalah pola berbentuk kompleks yaitu bentuk 3 parameter logistik. Untuk menghentikan ujian itu sendiri, penguji dapai meneniukan bagaimana cara untuk menghonlikannya. Cara penghentian ujian ada 2 benluk yailu secara fixed length atau variable length, dimana fuer! length dcngvn mcncnlukan jumlah soal yang dibahas sedangkan variable length dengan men ghitung standar error. Hasil yang ingin dicapai pada skripsi ini adalah untuk mengetahui perbandingan penghentian ujian antara fixed length dengan menentukan jumlah soal dan variable length dengan pengukuran standar error.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
S39949
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Fierke, K. M. (Karin M.)
Abstrak :
This book offers a wide-ranging and comprehensive analysis of the growing field of critical security studies. Topics covered include the relationship between security and change, identity, the production of danger, fear and trauma, human insecurity and emancipation. The book explores the meaning and use of these concepts and their relevance to real-life situations ranging from the War on Terror to the Arab Spring, migration, suffering in war, failed states and state-building, and the changing landscape of the international system, with the emergence of a multipolar world and the escalation of global climate change.
Cambridge Malden, MA: Polity Press, 2015
355.033 FIE c
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Abstrak :
This research was aimed giving example empirically the way in evaluating test item quality to teachers of english at public junior high schools using item response model....
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Abstrak :
This research aims at describing empirically on how to do evaluation on item quality of test result for mathematics conducted by school in improving the test instrument quality and assessment result. This test is multiple choices, where value 1 is intended for correct answer but value 0 for incorrect answer. This research was conducted at PPs UNJ, in April until Mey 2009. A finding outcome concludes that the evaluation on the test items quality can be found out by a parameter quality of the test item for model 3P. Within an empirical example is acknowledged that the Mathematics test with total 40 test items is found that there are 7 unsuitable items with model, and 33 test items that are good enough to be used and entirely this test is effective for the test participant target with competency ranging from -1,0
EDJPPAK
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Dadang Irawan
Abstrak :
Alasan utama mengapa prakarsa manajemen mutu adalah akibat kurangnya fokus pada faktor-faktor sukses kritis (critical success factors) yang sangat penting untuk mencapai sasaran bisnis. Faktor sukses kritis ini merupakan hal pokok, dan proses kunci yang memberi dampak padanya harus merupakan fokus perhatian manajemen. Dimensi-dimensi penilaian yang diukur dalam kuesioner ini menggunakan konsep penilaian mutu yang dikembangkan oleh Malcolm Baldridge, tujuh dimensi mutu: kepemimpinan,informasi dan analisis, perencanaan strategis, pemanfaatan sumber daya manusia, jaminan mutu, hasil, dan kepuasan pelanggan.
Analisis Differential Item Functioning (DIF) digunakan untuk perbedaan secara konsisten diantara respons item-item pada survei diantara pegawai dengan lokasi berbeda, pegawai kantor pusat dan pegawai kantor wilayah PT PN. Dalam proses deteksi Differentia/ Item Functioning (DIF) menggunakan BLDG-MG, terdapat 12 item (1-PL=1O item;2-PL=10 item; dengan 8 item berada pada kedua PL tersebut) yang mengandung bias dan memberikan petunjuk bagi manajemen adanya perbedaan respons penilaian manajemen mutu antara pegawai kantor pusat dan pegawai kantor wilayah. DIF pada 12 item tersebut dapat menjadi arahan untuk melakukan penetapan prioritas program dalam rangka meniadakan perbadaan tersebut yang mungkin muncul karena perbedaan sosialisasi, akurasi pemahaman pertanyaan atau proses belajar, meskipun responden yang dipilih memiliki kualifikasi yang sama.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2005
T18821
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Arbania Fitriani
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2007
T38581
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Latif Sugandakusumah
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1978
S2066
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Tanzil, Saomi
Abstrak :
ABSTRAK
Dalam skripsi ini membahas mengenai perancangan dan implementasi prototype
adaptive testing system dengan metode IRT one parameter model. Di dalam
adaptive testing system, siswa diberikan soal berdasarkan kemampuannya.
Pemberian soal disesuaikan dengan respon jawaban dari soal sebelumnya, jika
siswa menjawab dengan benar maka untuk soal selanjutnya dia akan mendapatkan
soal yang lebih sulit tetapi sebaliknya, jika siswa tersebut tidak bisa
mengerjakannya maka soal berikutnya akan lebih mudah. Metode IRT one
parameter model telah berhasil diterapkan pada sistem dengan parameter tingkat
kesulitan soal berkisar dari -3 sampai 3. Rata-rata waktu akses (detik) dalam
membuka halaman test dengan perbedaan pada file yang ditampilkan
menyimpulkan bahwa file yang ditampilkan berpengaruh pada waktu yang
dibutuhkan untuk mengakses halaman dari masing-masing test. Rata-rata waktu
akses yang dibutuhkan untuk membuka halaman test vocabulary, test listening
dan test reading adalah 2.22E-05 detik, 2.72E-05 detik dan 2.24E-05 detik.
Penilaian sistem yang disebar melalui kuesioner dengan empat belas pertanyaan
pada sepuluh responden menyatakan bahwa prototype adaptive testing system
based on IRT sudah bekerja dengan baik.
ABSTRACT
This final project discusses the design and implementation of a prototype adaptive
testing system using one parameter model with IRT method. In the adaptive
testing system, students are given questions based on their ability. The giving of
question is tailored to the response of the previous question. If the student answers
correctly then the next question the student receives will be harder than the
previous, but if the student is not able to do it then the next question will be easier.
IRT one parameter model has been successfully utilized in this system with
difficulties parameter of items ranging from -3 until 3. Average access time
(second) in opening test page with different type of file in every test page
concludes that the file that are opened are influenced by access time that every test
page needed. Average access time needed to open the vocabulary test page,
listening test and reading test is 2.22E-05seconds, 2.72E-05 seconds and 2.24E-05
seconds. Grading system through which questioners with fourteen questions given
to ten respondents concludes that this prototype adaptive testing system based on
IRT has successfully worked.
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S1778
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library