Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 7 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rasiadi Budiman
Abstrak :
ABSTRAK
Secara urnum pertumbuhan pasar PC yang tinggi di lndonesia disebabkan oleh dua hal, pertama adalah semakin tingginya kesadaran dan pengetahuan masyarakat mengenai teknologi komputer terutama dengan berkembangnya industri multimedia dan internet. Kedua, semakin rendahnya harga komputer yang dipicu oleh liberalisasi perdagangan antar negara dan kemajuan teknologi.

Faktor keberhasilan utama agar unggul di persaingan menuntut perusahaan PC di Indonesia untuk mampu menyediakan sistem penjualan yang tersebar dan mudah ditemukan oleh konsumen. Untuk menyalurkan produk PC kepada konsumen diperlukan jaringan distribusi yang baik dan meliputi semua segmen pembeli yang ada. Jalur distribusi menjadi bagian yang kritis dalam operasi pemasaran PC. Strategi pemilihan, pengelolaan, dan evaluasi jalur distribusi yang tepat perlu diformulasikan dan diimplementasikan dengan baik.

Karya akhir ini bertujuan untuk melakukan penelitian kepada perusahaan penanaman modal asing PT XYZ dalam memasarkan produk PC bermerek ABC di Indonesia. Secara spesifik, hal-hal yang diteliti adalah identifikasi kekuatan dan kelemahan XYZ dalam bidang pemasaran, analisa strategi bersaing xyz saat ini, analisa lingkungan usaha PC dan analisa konsumen analisa pemilihan strategi jalur distribusi, dan strategi implementasi yang perlu dilakukan.

Metodologi yang digunakan dalam penulisan dibagi menjadi tiga tahap. Pertama adalah penelitian internal XYZ, yaitu pengumpulan data internal perusahaan dan wawancara dengan profesional XYZ dalam ¡ndustri PC. Kedua adalah dengan melakukan penelitian kepustakaan dan berbagai sumber termasuk data dan analisa konsumen primer, dan lembaga pemerintahan, dan majalah-majaiah, dari jurnal pemasaran, dan juga beberapa situs internet. Terakhir adalah tahap penyusunan karya akhir, mengacu pada judul dengan metodologi deduktif - menarik kesimpulan.

Beberapa hal penting yang patut digarisbawahi dari hasil penelitian ini adalah bisnis PC di Indonesia sedang mengalami saat-saat yang baik. Hal ini terjadi karena arah liberalisasi membuat harga-harga produk ini menjadi turun sehingga menjadi Iebih kompetitif dan terjangkau oieh masyarakat. Di Indonesia pasar PC tumbuh berkembang karena didukung dengan jumlah penduduk dan keluarga yang makin membutuhkan PC. Jumlah perkapita PC yang masih cukup rendah dan peningkatan situasi ekonomi membuat pasar Indonesia menjadi atraktif.

Pada industri PC terlihat adanya dua jenis konsumen. Pertama adalah pembeli dari kalangan rumah (keluarga) dan kedua dari kalangan bisnis. Masing-masing dari jenis konsumen ¡ni mempunyai karaktenistik yang unik. Mayonitas pembeli PC rumah mengganti komputernya setiap satu sampal tiga tahun sekali. PC ini sering digunakan untuk mengerjakan pekerjaan rumah dan hiburan / games. Motivasi kalangan ini untuk membeli PC adalah karena kehandalannya, dalam jangkauan anggaran, dan garansi servis pengganti. lnformasi mengenai produk PC kebanyakan mereka dapatkan dari media. Pertumbuhan di sektor ini harus cukup diperhatikan karena pangsa pasarnya cukup cepat berkembang (sekitar 25% per tahun sampai tahun 2001). Hal ini didukung karena makin berkembangnya industri aplikasi multimedia dan internet. Jalur distribusi baru yang paling efektif untuk menjangkau kalangan ini adalah dengan membuka situs pemasaran PC di internet.

Prediksi pangsa pasar PC bisnis masih yang terbesar sampal tahun 2001. Kebanyakan dari pemakainya menggunakan untuk aplikasi pengolahan kata. Pembeli kalangan bisnis sangat mementingkan jaminan puura jual dan kinerja PC yang baik. Mereka mempunyai perencanaan pembelian komputer satu tahun sebelumnya. Jenis komputer yang ingin mereka beli mayoritas menginginkan dan yang pernah dipakai sebelumnya. Informasi tentang produk kebanyakan didapat dari pameran komputer. Jalur distribusi baru yang paling efektif untuk menjangkau kalangan ini adalah dengan penyaluran melalui distributor khusus ke industri. Hal ini terjadi karena PC yang dijual perlu dikonfigurasi untuk berkinerja maksimai sesuai dengan kebutuhan pembeli kalangan bisnis. Fleksibilitas dan kebutuhan untuk memenuhi konfigurasi PC yang bervariasi akan dapat ditangani Iebih cepat dan lebih efislen oleh dstributor ini. ;ABSTRAK
Secara urnum pertumbuhan pasar PC yang tinggi di lndonesia disebabkan oleh dua hal, pertama adalah semakin tingginya kesadaran dan pengetahuan masyarakat mengenai teknologi komputer terutama dengan berkembangnya industri multimedia dan internet. Kedua, semakin rendahnya harga komputer yang dipicu oleh liberalisasi perdagangan antar negara dan kemajuan teknologi.

Faktor keberhasilan utama agar unggul di persaingan menuntut perusahaan PC di Indonesia untuk mampu menyediakan sistem penjualan yang tersebar dan mudah ditemukan oleh konsumen. Untuk menyalurkan produk PC kepada konsumen diperlukan jaringan distribusi yang baik dan meliputi semua segmen pembeli yang ada. Jalur distribusi menjadi bagian yang kritis dalam operasi pemasaran PC. Strategi pemilihan, pengelolaan, dan evaluasi jalur distribusi yang tepat perlu diformulasikan dan diimplementasikan dengan baik.

Karya akhir ini bertujuan untuk melakukan penelitian kepada perusahaan penanaman modal asing PT XYZ dalam memasarkan produk PC bermerek ABC di Indonesia. Secara spesifik, hal-hal yang diteliti adalah identifikasi kekuatan dan kelemahan XYZ dalam bidang pemasaran, analisa strategi bersaing xyz saat ini, analisa lingkungan usaha PC dan analisa konsumen analisa pemilihan strategi jalur distribusi, dan strategi implementasi yang perlu dilakukan.

Metodologi yang digunakan dalam penulisan dibagi menjadi tiga tahap. Pertama adalah penelitian internal XYZ, yaitu pengumpulan data internal perusahaan dan wawancara dengan profesional XYZ dalam ¡ndustri PC. Kedua adalah dengan melakukan penelitian kepustakaan dan berbagai sumber termasuk data dan analisa konsumen primer, dan lembaga pemerintahan, dan majalah-majaiah, dari jurnal pemasaran, dan juga beberapa situs internet. Terakhir adalah tahap penyusunan karya akhir, mengacu pada judul dengan metodologi deduktif - menarik kesimpulan.

Beberapa hal penting yang patut digarisbawahi dari hasil penelitian ini adalah bisnis PC di Indonesia sedang mengalami saat-saat yang baik. Hal ini terjadi karena arah liberalisasi membuat harga-harga produk ini menjadi turun sehingga menjadi Iebih kompetitif dan terjangkau oieh masyarakat. Di Indonesia pasar PC tumbuh berkembang karena didukung dengan jumlah penduduk dan keluarga yang makin membutuhkan PC. Jumlah perkapita PC yang masih cukup rendah dan peningkatan situasi ekonomi membuat pasar Indonesia menjadi atraktif.

Pada industri PC terlihat adanya dua jenis konsumen. Pertama adalah pembeli dari kalangan rumah (keluarga) dan kedua dari kalangan bisnis. Masing-masing dari jenis konsumen ¡ni mempunyai karaktenistik yang unik. Mayonitas pembeli PC rumah mengganti komputernya setiap satu sampal tiga tahun sekali. PC ini sering digunakan untuk mengerjakan pekerjaan rumah dan hiburan / games. Motivasi kalangan ini untuk membeli PC adalah karena kehandalannya, dalam jangkauan anggaran, dan garansi servis pengganti. lnformasi mengenai produk PC kebanyakan mereka dapatkan dari media. Pertumbuhan di sektor ini harus cukup diperhatikan karena pangsa pasarnya cukup cepat berkembang (sekitar 25% per tahun sampai tahun 2001). Hal ini didukung karena makin berkembangnya industri aplikasi multimedia dan internet. Jalur distribusi baru yang paling efektif untuk menjangkau kalangan ini adalah dengan membuka situs pemasaran PC di internet.

Prediksi pangsa pasar PC bisnis masih yang terbesar sampal tahun 2001. Kebanyakan dari pemakainya menggunakan untuk aplikasi pengolahan kata. Pembeli kalangan bisnis sangat mementingkan jaminan puura jual dan kinerja PC yang baik. Mereka mempunyai perencanaan pembelian komputer satu tahun sebelumnya. Jenis komputer yang ingin mereka beli mayoritas menginginkan dan yang pernah dipakai sebelumnya. Informasi tentang produk kebanyakan didapat dari pameran komputer. Jalur distribusi baru yang paling efektif untuk menjangkau kalangan ini adalah dengan penyaluran melalui distributor khusus ke industri. Hal ini terjadi karena PC yang dijual perlu dikonfigurasi untuk berkinerja maksimai sesuai dengan kebutuhan pembeli kalangan bisnis. Fleksibilitas dan kebutuhan untuk memenuhi konfigurasi PC yang bervariasi akan dapat ditangani Iebih cepat dan lebih efislen oleh dstributor ini.
1997
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Feigenbaum, Edward A.
London: Michael Joseph, 1984
338.476 FEI f
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Heru Suhartanto
Depok: UI-Press, 2008
PGB 0020
UI - Pidato  Universitas Indonesia Library
cover
David Gunawan
Abstrak :
Persaingan yang keras ditambah lagi perkembangan ekonomi dunia dan Indonesia yang kurang menggembirakan, mengakibatkan porsi bisnis yang tersedia tidak bertambah banyak, sedangkan jumlah pemasok komputer bertambah banyak, membuat usaha menjual komputer tìdaklah mudah. Sebelum banyak pemasok komputer memasuki pasar, umumnya mereka hanya mengandalkan penjualan dan perangkat keras saja. Dan perangkat lunak masih dianggap sebagai tambahan, bukan sumber penghasilan. Demikian juga halnya dengan jasa seperti konsultasi. Tetapi dengan perubahan-perubahan belakangan ini terutama pada teknologi, membuat kecanggihan antara perangkat keras tidak banyak berbeda sehingga keuntungan yang dapat diperoleh dari perangkat keras tidak sebanyak dahulu. Maka perusahaan komputer mulai mencari peluang pendapatan dari bidang lain, sehingga berkembanglah konsep total solusi, dimana perusahaan berharap dapat mendapatkan pendapatan (revenue) dari perangkat lunak dan jasa. Kemajuan teknologi informasi membuat tempat-tempat di dunia ini terbuka dan dekat, arus informasi demikian cepat mengalir yang mengakibatkan pengaruh perubahan lingkungan eksternal menjadi sangat cepat dan kerap kali sulit diprediksi. Dengan adanya pengaruh Iingkungan eksternal yang turbulen, pemasaran komputer tidak dapat dilakukan, dengan cara reaktif. Pada masa kini diperlukan rencana pemasaran agar dapat membantu perusahaan proaktif atas perubahan lingkungan. Untuk membuat strategi pemasaran, diperlukan perencanaan Pemasaran yang merupakan suatu rangkaian pemikiran logis dan aktivitas yang mengarah, kepada pembentukan tujuan pemasaran dan merumuskan suatu ?policy? untuk dapat mencapai tujuan pemasaran tersebut. Agar suatu rencana pemasaran dapat bermanfaat bagi perusahaan untuk dapat melakukan tindakan proaktif terhadap perubahan Iingkungan, rencana pemasaran tersebut harus berisi tujuan strategik yang tepat dan taktis yang efektif. Jadi perencanaan pemasaran efektif dapat didefinisikan sebagai proses kerja yang mempunyal tujuan strategik yang tepat dan taktis yang efektif. Suatu perencanaan pemasaran efektif terdiri dari proses pokok yang penting antara lain: melakukan analisis pengaruh lingkungan, menentukan tujuan pemasaran, membuat strategi pemasaran, menyusun rencana kerja strategik dan melakukan pengendalian dan evaluasi. Dalam karya akhir ini dibahas perencanaan pemasaran efektif dalam rangka menghadapi Iingkungan eksternal yang turbulen ini. Pada Pembahasannya difokuskan pada PT XYZ, dimana dipaparkan suatu analisa tentang perencanaan pemasaran yang efektif untuk dapat membantu perusahaan mencapai target pemaSaran yang optimal.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1996
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nurlaila Hadi
Abstrak :
Keadaan produk yang memerlukan penjelasan dan peragaan memungkinkan adanya interaksi secara langsung antara pembeli dan penjual dalam suatu transaksi penjualan melalui personal selling. Apalagi dengan kondisi persaingan yang bersifat monopolistik menyebabkan perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bisnis komputer harus mampu bersaing untuk menarik minat pembeli. PT. Elnusa Multi Industri Komputer (ELMIK) sebagai salah satu perusahaan yang terlibat dalam bisnis komputer tidak luput dari usaha untuk mengatasi persaihgan tersebut, yaitu dengan lebih menekankan pada personal selling dalam memasarkan produknya; sehingga peranan armada wiraniaga sebagai pelaksana kegiatan tersebut patut mendapat perhatian. Paparan tulisan berikut akan menyajikan serangkaian informasi dan bahasannya, berkisar pada pelaksanaan personal selling pada PT. ELMIK, terutama yang meliputi penelaahan mengenai pengelolaan/manajemen armada wiraniaganya. Hal-hal yang tercakup adalah masalah : penarikan, penyeleksian, pelatihan serta kompensasi. Guna mengetahui efektivitas pelaksanaan manajemen armada wiraniaga PT. ELMIK akan dilihat produktivitas kerjanya, yaitu dengan membandingkan: antara hasil penjualan yang diperoleh dengan targetnya. Dari hasil perhitungannya dapat/diketahui bahwa secara umum, efektivitas manajemen armada wiraniaga PT. ELMIK cukup baik (cukup efektif). Namun kiranya masih diperlukan peningkatan pelatihan bagi wiraniaga yang kurang berpengalaman guna lebih meningkatkan produktivitas kerjanya. Konsekuensi penekanan personal selling dalam memasarkan komputer, bagi PT. ELMIK ternyata berhubungan langsung dengan tingkat penjualan yang diperoleh sampai tahun 1987. Bahkan peningkatan biaya personal selling tersebut berkorelasi positif terhadap peningkatan hasil penjualan.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1988
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Phister, Montgomery, 1926-
SantaMonica, California: The Santa Monica , 1975
338.47 PHI d
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Mann, Catherine L
Abstrak :
Information technology (IT) is the most robust sector in the global economy, outpacing investment and trade growth for any other product and also pushing for more globalization of many other industries. Globalization of US IT firms has promoted deeper integration of IT throughout the US economy, which in turn has promoted more extensive globalization in other sectors of the US economy and labor market. Catherine Mann traces the globalization of the industry, its diffusion into the US economy, and the implications of more extensive technology-enabled globalization of products and services."--Jacket.
Washington: Institute International Economics, 2006
303.48 Man a
Buku Teks  Universitas Indonesia Library