Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rafika Rizky Aulia Rahman
"Pemanfaatan sistem pesawat tanpa awak berupa drone kini telah berkembang di berbagai bidang, salah satunya bidang komersial yaitu penggunaan drone dalam kegiatan pengiriman barang. Beberapa negara di dunia telah membuat drone yang dapat digunakan secara eksplisit dalam kegiatan pengiriman barang ini dan telah mengaturnya dalam undang-undang nasional negara masing-masing. Hal ini mendorong ICAO sebagai organisasi penerbangan sipil internasional untuk berperan dalam memberikan regulasi terkait hal tersebut dan menyelaraskan aturan yang ada di beberapa negara agar tidak melanggar aturan mengenai keselamatan dan keamanan penerbangan secara umum. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, penulis menemukan bahwa drone tidak terbatas pada bidang militer dan rekreasi. Drone telah berkembang menjadi sarana pengiriman barang di berbagai negara. Hal ini dikarenakan drone memiliki poin lebih dibandingkan bentuk transportasi lainnya. Namun, selain beberapa kelebihan yang ada, drone memunculkan beberapa permasalahan hukum terkait pengoperasian drone sebagai sarana pengiriman barang, yaitu terkait dengan keamanan dan keselamatan penerbangan secara umum. Sebagai otoritas tinggi yang mengatur penerbangan sipil dunia dan mengakomodasi perkembangan teknologi penerbangan yang semakin pesat berkembang menjadi komersial, ICAO telah memberikan model regulasi yang dapat digunakan negara-negara anggota sebagai acuan dalam penyusunan peraturan terkait hal ini di negaranya masing-masing. Indonesia sebagai salah satu negara anggota ICAO telah memiliki beberapa peraturan terkait pengoperasian sistem drone melalui beberapa undang-undang dan peraturan menteri terkait. Namun, Indonesia belum memiliki aturan yang komprehensif terkait pengiriman barang dengan menggunakan drone.

The use of unmanned aircraft systems in the form of drones has now developed in various fields, one of which is the commercial field, namely the use of drones in goods delivery activities. Several countries in the world have made drones that can be explicitly used in this goods delivery activity and have regulated this in the national laws of their respective countries. This has encouraged ICAO as an international civil aviation organization to play a role in providing regulations related to this matter and to harmonize existing rules in several countries so that they do not violate the rules regarding aviation safety and security in general. Based on the research that has been done, the authors found that drones are not limited to the military and recreational fields. Drones have developed into a means of shipping goods in various countries. This is because drones have more points than other forms of transportation. However, in addition to some of the existing pluses, drones raise several legal problems related to the operation of drones as a means of delivering goods, which are related to aviation security and safety in general. As the high authority that regulates world civil aviation and accommodates the development of aviation technology which is increasingly rapidly expanding into commercial, ICAO has provided a regulatory model that member countries can use as a reference in drafting regulations related to this matter in their respective countries. Indonesia, as one of the ICAO member countries, already has several regulations related to the operation of drone systems through several laws and related ministerial regulations. However, Indonesia does not yet have comprehensive rules regarding drones delivering goods."
Jakarta: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"This book provides a solution to “rare event” problems without using the classical theory of reliability and theory of probability. This solution is based on the methodology of risk assessment as “measure of danger” (in keeping with the ICS RAS) and an expert approach to determining systems’ safety indications using Fuzzy Sets methods. Further, the book puts forward a new concept: “Reliability, Risks, and Safety” (RRS).
The book’s main goal is to generalize present results and underscore the need to develop an alternative approach to safety level assessment and risk management for technical (aviation) systems in terms of Fuzzy Sets objects, in addition to traditional probabilistic safety analysis (PSA). The concept it proposes incorporates ICAO recommendations regarding proactive system control and the system’s responses to various internal and external disturbances. "
Singapore: Springer Singapore, 2019
e20511003
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Jarrel Raymond Pakaila
"Pada tahun 2022, Pemerintah Indonesia meratifikasi Perjanjian Penyesuaian Batas Flight Information Region (FIR) atau wilayah informasi penerbangan dengan Pemerintah Singapura. Ratifikasi ini memunculkan kontroversi di tingkat domestik, di mana ratifikasi ini dilihat janggal, baik dalam perjanjian yang diratifikasi dan instrumen hukum dalam ratifikasi. Perjanjian ini dinilai tidak sesuai dengan keinginan Pemerintah Indonesia karena perjanjian ini muncul dari proses panjang inisiasi Presiden Joko Widodo di tahun 2015 untuk mengambil alih secara penuh pengawasan FIR di wilayah udara Kepulauan Riau dan Natuna yang didelegasikan ke Singapura, berdasarkan mandat dari International Civil Aviation Organization (ICAO). Sedangkan, pada perjanjian ini, hanya terjadi penyesuaian batas pengawasan FIR di Kepulauan Riau dan Natuna, sehingga masih terdapat wilayah udara Indonesia yang didelegasikan ke Singapura. Selain itu, dalam ratifikasi, instrumen hukum yang digunakan Pemerintah Indonesia adalah Peraturan Presiden Nomor 109 tahun 2022. Hal ini dilihat bertentangan dengan Pasal 4 Undang- Undang Nomor 24 tahun 2000 mengenai Perjanjian Internasional yang menuliskan bahwasanya perjanjian internasional yang bersinggungan dengan kedaulatan teritori Indonesia, harus diratifikasi melalui Undang-Undang yang dibentuk oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI). Dari kontroversi ini, muncul pertanyaan mengenai alasan dari mengapa Pemerintah Indonesia memutuskan untuk meratifikasi perjanjian ini. Dalam menjawab pertanyaan tersebut, penelitian ini menggunakan teori model politik birokrasi Allison dan Zelikow (1999) yang menganalisa aktor-aktor yang terlibat dalam pengambilan kebijakan luar negeri suatu negara melalui empat pertanyaan konseptual terkait politik birokrasi antar aktor. Melalui teori ini, ditemukan tiga variabel faktor pendorong dilakukannya ratifikasi oleh Pemerintah Indonesia, di mana tiga variabel faktor ini saling timbal-balik dan berkaitan dengan aktor- aktor strategis di dalam politik birokrasi pada proses ratifikasi. Secara spesifik, penelitian ini menemukan bahwa ratifikasi yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia didorong oleh keterlibatan, persepsi, kekuatan, dan interaksi para aktor-aktor strategis, baik di tingkat domestik dan internasional yang mendorong dilakukannya ratifikasi sebagai opsi kebijakan yang disetujui semua aktor. Dari pada itu, meskipun terdapat kontroversi dari keputusan Indonesia untuk meratifikasi perjanjian tersebut, politik birokrasi dalam proses ratifikasi menemukan ratifikasi sebagai satu opsi yang didorong oleh aktor strategis dengan persepsi dan kekuatan dominan untuk mendorong ratifikasi, sehingga pada akhirnya dalam interaksi yang dilakukan ratifikasi menjadi opsi kebijakan yang disetujui semua aktor.

In 2022, the Government of Indonesia ratified the Agreement on the Alignment of the Flight Information Region (FIR) boundaries with the Government of Singapore. This ratification raised controversy at the domestic level, where the ratification was seen as irregular, both in the agreement being ratified and the legal instrument used in the ratification. This agreement was considered not in accordance with the wishes of the Government of Indonesia because it emerged from a long process initiated by President Joko Widodo in 2015 to fully take over the supervision of the FIR in the airspace of the Riau Islands and Natuna, which had been delegated to Singapore based on the mandate of the International Civil Aviation Organization (ICAO). However, in this agreement, there was only aligment of FIR boundaries in the Riau Islands and Natuna, so that parts of Indonesian airspace are still delegated to Singapore. In addition, in the ratification, the legal instrument used by the Government of Indonesia was Peraturan Presiden No. 109 of 2022. This was seen as contradictory to Article 4 Undang-Undang No. 24 of 2000 concerning International Treaties, which states that international treaties related to the sovereignty of Indonesian territory must be ratified through Undang-Undang passed by the House of Representatives of the Republic of Indonesia (DPR-RI). From this controversy, a question arises regarding the reason why the Government of Indonesia decided to ratify this agreement. In answering this question, this research uses the bureaucratic politics model theory of Allison and Zelikow (1999), which analyzes the actors involved in a country's foreign policy-making through four conceptual questions related to bureaucratic politics between actors. Through this theory, three driving factor variables were found for the ratification by the Government of Indonesia, where these three variables are reciprocal and related to strategic actors in the bureaucratic politics process of ratification. Specifically, this research finds that the ratification carried out by the Government of Indonesia was driven by the involvement, perception, power, and interaction of strategic actors, both at the domestic and international levels, which pushed ratification as a policy option agreed upon by all actors. Therefore, although there is controversy over Indonesia’s decision to ratify the agreement, bureaucratic politics in the ratification process finds ratification as the only option driven by strategic actors with dominant perceptions and power, so that in the end, through their interaction, ratification became a policy option agreed upon by all actors."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library