Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Zahita Cahyani
Abstrak :
Penggunaan aplikasi pesan dan antar makanan melalui telepon seluler semakin meningkat di Indonesia. Terdapat dua perusahaan m-commerce di Indonesia yang berada dalam bisnis aplikasi pesan antar makanan, yaitu Gojek dan Grab, dengan layanan bernama GoFood dan GrabFood. Kedua aplikasi ini memiliki target pasar yang sama, ditambah dengan layanan yang ditawarkan dan fitur aplikasinya yang serupa. Maka dari itu, penting bagi perusahaan untuk memiliki daya saing yang baik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penilaian pengguna terhadap aplikasi dan indikator yang mempengaruhi pemilihan merek layanan. Terdapat lima aspek dengan empat belas indikator yang digunakan dalam pengukuran pemilihan merek. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner untuk pengguna GoFood dan GrabFood yang kemudian diolah dengan menggunakan uji statistik univariat, bivariat, multivariat dan analisis faktor. Dilanjutkan dengan regresi linear berganda untuk mengetahui prioritas peningkatan. Berdasarkan hasil uji statistik didapatkan bahwa aspek yang mempengaruhi pilihan merek secara signifikan adalah aspek kualitas (mobile service quality). Berdasarkan hasil analisis faktor dan saran pengguna, hal yang perlu ditingkatkan aplikasi GoFood adalah promo, metode pembayaran, dan efisiensi. Untuk GrabFood keamanan, kemudahan penggunaan, dan penanganan komplain. Prioritas utama indikator yang perlu ditingkatkan GrabFood agar menyaingi GoFood adalah fulfillment dan trust. Penelitian ini diharapkan mampu membantu perusahaan dalam meningkatkan kualitas layanan aplikasinya.
Mobile food ordering application usage is increasing in Indonesia. There are two m-commerce companies in Indonesia that offer food delivery applications service, namely Gojek and Grab, with services called GoFood and GrabFood. Both of these applications have the same target market, similar services and application features. Therefore, it is important for companies to have good competitiveness. This research was conducted to determine user experience of applications usage and indicators that influence service brand choice. There are five aspects with fourteen indicators used in measuring brand choice. This research was conducted by distributing questionnaires to GoFood and GrabFood users which were then processed using univariate, bivariate, multivariate statistical analysis and factor analysis. Followed by multiple linear regression to determine the priority of improvement. Statistical tests results found that the aspects that significantly influence brand choice is quality aspect. Results of factor analysis and user experience, stated that GoFood need to improve their promos, payment methods, and efficiency. As for GrabFood security, ease of use and complaint handling. The top priority indicators that GrabFood needs to improve to compete with GoFood are fulfillment and trust. This research is expected to be able to assist companies in improving the quality of their services.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Athaya Vita Krisrana
Abstrak :
Pesatnya penggunaan aplikasi on demand menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi perusahaan penyedia aplikasi yang dapat membantu konsumen dalam memenuhi kebutuhan seharinya. Penelitian ini ingin membahas salah satu layanan pesan antar makanan yang tersedia di masing-masing aplikasi tersebut yaitu Gofood dan Grabfood. Perkembangan layanan Gofood dan Grabfood yang pesat juga mempengaruhi pola konsumsi konsumen Muslim di Indonesia, sehingga cenderung untuk melakukan konversi. Kemudian penelitian ini ingin mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konversi. Penelitian ini dilakukan mixed method dengan melakukan focus group discussion dan menyebarkan kuesioner. Berdasarkan hasil FGD terdapat variabel lain yang dianggap memberi pengaruh pada konversi yaitu desain pembayaran sehingga variabel laten yang diteliti pada penelitian ini diantaranya desain visual, desain informasi, desain navigasi, desain pembayaran, dan desain kolaborasi. Penelitian ini menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan mengolah data kuesioner yang memiliki skala likert 1-7 menggunakan SPSS 28 dan SmartPLS 3.0. Dihasilkan bahwa desain informasi, desain navigasi, desain pembayaran dan desain kolaborasi mempengaruhi konversi penggunaan layanan Gofood dan Grabfood. Namun desain visual tidak mempengaruhi konversi penggunaan layanan Gofood dan Grabfood oleh konsumen Muslim di Indonesia. ......The rapid use of on-demand applications is one of the factors influencing application provider companies that can assist consumers in meeting their daily needs. This study wants to discuss one of the food delivery services available in each of these applications, namely Gofood and Grabfood. The rapid development of Gofood and Grabfood services also affects the consumption patterns of Muslim consumers in Indonesia, so they tend to convert. Then this research wants to know the factors that affect the conversion. This research was carried out with a mixed method by conducting focus group discussions and distributing questionnaires. Based on the results of the FGD, there are other variables that are considered to have an influence on the conversion, namely payment design so that the latent variables studied in this study include visual design, information design, navigation design, payment design, and collaboration design. This study uses Structural Equation Modeling (SEM) by processing questionnaire data which has a Likert scale of 1-7 using SPSS 28 and SmartPLS 3.0. The result is that information design, navigation design, payment design and collaboration design affect the conversion of Gofood and Grabfood service usage. However, the visual design does not affect the conversion of the use of Gofood and Grabfood services by Muslim consumers in Indonesia.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library