Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
Luh Dyah Purnami
"Pasar mobile game memiliki pertumbuhan yang cepat dan menyumbang lebih dari setengah pendapatan pasar game global. Karena prospek yang menjanjikan banyak game developer mengembangkan strategi monetisasi untuk mendapatkan keuntungan dari potensi pasar mobile game. Sehingga dengan mengetahui faktor pendorong loyalitas dan intensi pembelian gamer diharapkan membantu game developer untuk memperluas pangsa pasarnya. Untuk itu, penelitian ini menggunakan analisis deskriptif konklusif untuk menganalisis pengaruh perceived value dan game loyalty terhadap in-app purchase intention. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menyelidiki pengaruh loyalitas game terhadap in-app purchase intention. Penelitian ini menggunakan judgement sampling dan melibatkan 591 gamer Mobile Legend dan gamer Love Nikki di Indonesia. Data diproses dengan teknik analisis SEM menggunakan LISREL versi 8.8. Dalam kasus Mobile Legend, perceived playfulness, perceived connectedness, perceived good price, dan perceived reward secara signifikan memengaruhi loyalitas. Sedangkan dalam kasus game Love Nikki loyalitas didorong oleh perceived playfulness, perceived access flexibility, perceived connectedness, dan perceived reward. Dalam kedua game nilai ekonomis untuk game dan perceived connectedness secara signifikan memengaruhi in-app purchase intention. Loyalitas game juga ditemukan memiliki efek positif pada niat pembelian dalam kedua game"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Fadli Fadian
"Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi niat pembelian dalam aplikasi menggunakan perceived value dan loyalty. Sampel yang penulis gunakan adalah orang Indonesia yang aktif bermain Mobile Legend selama enam bulan terakhir. Penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) untuk mengolah data. Hasilnya menunjukkan bahwa purchase intention pemain untuk melakukan pembelian dalam aplikasi secara signifikan dipengaruhi oleh loyalty mereka terhadap game seluler. Perceived value yang dirasakan dari game seluler (playfulness, connectedness, access flexibility, dan reward) memiliki dampak langsung terhadap loyalty semua pemain kategori paying group tetapi memiliki efek minimal pada purchase intention pengguna yang masuk dalam kategori non-paying group. Secara khusus, penelitian kami menunjukkan perbedaan antara pengguna paying dan non-paying. Studi ini memberikan pengetahuan yang lebih dalam tentang bagaimana nilai permainan mempengaruhi loyalty semua pemain dan niat pembelian pemain berbayar dan gratis. Selain itu, penelitian ini menawarkan wawasan tentang strategi pemasaran game seluler.
This study aims to identify the factors that influence the in-app purchase intention using perceived value and loyalty. The samples that the author use are Indonesians that actively playing Mobile Legend for the last six months. This research is using Structural Equation Modelling (SEM) to process the data. The results indicate that a player's intention to make an in-app purchase is significantly influenced by their loyalty to a mobile game. The perceived values of the game (playfulness, connection, access flexibility, and reward) have a direct impact on the loyalty of all paying players but appear to have minimal effect on the purchase intentions of non-paying users. Specifically, our research showed distinctions between paying and non-paying users. This study provides a deeper knowledge of how the game's values affect the loyalty of all players and the purchase intentions of paying and free players. In addition, this study offers insights into mobile game marketing strategies."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Jordan Ahmad Yasir
"Salah satu pendapatan yang paling penting bagi perusahaan pengembang video game adalah pembelian barang virtual di dalam video game. Penelitian ini menguji hubungan antara gaming addiction, game loyalty, dan gamer motivation terhadap intention to purchase online mobile in-game features dengan menggunakan studi kasus PUBG Mobile. Dengan meneliti 298 gamer PUBG Mobile di Indonesia yang menyelesaikan survei singkat yang fokus pada lima variabel yaitu, addiction towards online mobile game, social motivation, hedonic motivation, loyalty towards online mobile game, dan intention to purchase online mobile game in-game features. Penelitian ini diolah menggunakan metode PLS-SEM dan hasilnya menunjukkan bahwa (i) addiction towards online mobile game memiliki hubungan positif yang signifikan dengan loyalty towards online mobile game, (ii) addiction towards online mobile game dan social motivation memiliki hubungan positif yang signifikan dengan intention to purchase online mobile game in-game features, (iii) hedonic motivation dan loyalty towards online mobile game tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap intention to purchase online mobile game in-game features. Hasil temuan pada penelitian ini diharapkan dapat menjadi pembuktian secara akademis yang bermanfaat bagi akademisi maupun bisnis yaitu perusahaan pengembang video game terkhusus PUBG Mobile terkait faktor penentu online purchase intention di dunia pemasaran.
One of the most important revenues for video game developer companies is purchase of virtual goods within video games. This study examines the relationship between gaming addiction, game loyalty, and gamer motivation on intention to purchase online mobile in-game features using PUBG Mobile case study. By researching 298 PUBG Mobile gamers in Indonesia who completed a short survey that focused on five variables, namely, addiction towards online mobile games, social motivation, hedonic motivation, loyalty towards online mobile games, and intention to purchase online mobile game in-game features. This study was processed using the PLS-SEM method and the results showed that (i) addiction towards online mobile games had a significant positive relationship with loyalty towards online mobile games, (ii) addiction towards online mobile games and social motivation had a significant positive relationship with intention to purchase online mobile game in-game features, (iii) hedonic motivation and loyalty towards online mobile game do not have a significant influence on the intention to purchase online mobile game in-game features. The findings in this study are expected to be academic evidence that is useful for academics and businesses, namely video game developer companies, especially PUBG Mobile, regarding the determinants of online purchase intention in marketing."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library