Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Rani Wahyuningtyas
Abstrak :
ABSTRAK
Skripsi ini membahas tentang furoshiki sebagai cara untuk mengimplementasikan
konsep mottainai pada kehidupan masyarakat di Jepang. Yang menjadi fokus utama
dari penelitian ini adalah bagaimana penulis melihat penggunaan furoshiki merupakan
sebuah implementasi konsep mottainai dan apa yang membuat seorang yang yang
menggunakan furoshiki dikatakan sebagai seorang yang mengimplementasikan
konsep mottainai. Hasil dari penelitian yang ditemukan oleh penulis dalam penelitian
ini adalah dengan menggunakan furoshiki tersebut, pengguna furoshiki secara tidak
sengaja melakukan penghematan yang merupakan nilai yang terdapat di dalam
konsep mottainai. Berhemat yang dilakukan di sini adalah melakukan penghematan
dalam mengurangi penggunaan alat pembungkus yang hanya dapat digunakan satu
kali saja.
ABSTRACT
This thesis discusses about furoshiki as an implementation of Japanese concept
mottainai in the daily life. The main focus of this thesis is about how the writer
observe furoshiki could take a place as an implementation of Japanese concept
mottainai and also observe some certain reasons of the implementation of the concept
itself by furoshiki users. The results of this thesis indicates that if a certain person use
a furoshiki in daily life, the users unintentionally implementing some of the values
that are embedded in the concept. The value itself is frugality. The meaning of
frugality that means in this thesis is a certain action that makes some person be frugal
while using some packaging material that can only use once.
2017
S69349
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Mazaya Putri Diandari
Abstrak :
Kembalinya popularitas jual beli pakaian bekas berhubungan dengan minat konsumen terhadap sustainability. Selain tren sustainability, tren vintage didorong kecenderungan konsumen untuk mencari authenticity dan nilai keunikan melalui pakaian bekas membawa perubahan terhadap perilaku pembelian pakaian bekas. Penelitian ini menganalisis hubungan antara environmentalisme, kesederhanaan dan kebutuhan akan keunikan terhadap minat beli pakaian bekas. Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode simple random sampling dengan kuesioner online. Penelitian ini menemukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara environmentalisme dan kebutuhan akan keunikan terhadap minat beli pakaian bekas.
......The return of the popularity of used clothing is related to consumer’s growing interest in sustainability. In addition to sustainability trends, the comeback of the vintage trend encouraged by consumers' tendency to seek authenticity and unique value through used clothing brings changes to their consumer behavior. This study discusses the influence between environmentalism, frugality, need for uniqueness and purchase intention of second-hand clothes. This quantitative study uses simple random sampling with an online survey. This study found that there was a significant influence between environmentalism and the need for uniqueness to purchase of used clothing.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library