Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Friedman, Thomas L.
New York: Penguin Book, 2006
330.905 1 FRI w
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Brabandere, Luc de
New York, N.Y.: Random House, 2013
658.4 BRA t
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Ari Soegeng Wahyuniarti
Abstrak :
ABSTRAK
Pemerintah berkewajiban menyediakan sarana akses telekomunikasi di daerah yang dianggap tidak “profit oriented” oleh industri telekomunikasi, yang dikenal dengan Kewajiban Pelayanan Universal (KPU). Untuk memenuhinya, BP3TI diberikan amanat untuk melakukan pengelolaan terhadap penyediaan jasa akses KPU/USO di daerah perdesaan, terpencil dan pulau terluar. Program ini dapat dikatakan sebagai produk inovasi yang memberikan solusi bagi masyarakat. Agar dikenal luas, maka BP3TI sebagai organisasi pemerintah perlu melakukan pemasaran sosial yang bertujuan untuk melakukan perubahan perilaku masyarakat menjadi lebih baik. Tujuan pemasaran sosial, sejalan dengan tujuan difusi inovasi yang memungkinkan terciptanya adopsi terhadap produk inovasi. Sehubungan hal tersebut, dibutuhkan penerapan prinsip bauran pemasaran (marketing mix) serta penggunaan Integrated Marketing Communication (IMC) dalam melakukan difusi inovasi dengan mendorong keputusan untuk menerima inovasi. Penelitian kualitatif ini berupaya menggambarkan bentuk bauran pemasaran sosial (marketing mix) serta pelaksanaan IMC yang dilakukan oleh BP3TI dalam proses difusi inovasi program jasa akses KPU/USO. Dari penelitian ini terlihat bahwa pemenuhan prinsip bentuk bauran pemasaran sosial (marketing mix) serta pelaksanaan IMC telah sesuai dengan proses difusi inovasi sehingga mampu mendorong adanya proses keputusan inovasi (the innovation-decision process).
ABSTRACT
The government is obliged to provide the means of telecommunications access in the areas which are considered unproductive by the telecommunications industry, which are known as universal service obligation (USO). In order to fulfill it, BP3TI was given the mandate to manage USO in rural, remote and outer islands. This program can be regarded as the product of innovations that provide solutions for the community. In order to be widely known, BP3TI as government organizations need to conduct social marketing programs which aims to change people's acceptance toward the programs. The objectives of social marketing are in tune with the goal of diffusion of innovations which lead to an adoption of innovation. Therefore, it requires the implementation of the principles of the marketing mix and Integrated Marketing Communication (IMC) in conducting the diffusion of innovations by urging the acceptance of innovation. The purpose of this study is to describe the social marketing mix principles and the implementation of IMC by BP3TI in the process of diffusion of innovation for USO. The findings in this study shows that the fulfillment of the principles of social marketing mix as well as the implementation of IMC has succed to encourage the innovation decision process.
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
T42142
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Thomas William
Abstrak :
Uang elektronik berbasis server dapat meningkatkan pengalaman bagi pelanggan yang mencari sistem pembayaran yang efisien dalam perihal kelancaran, kenyamanan, dan aksesibilitas multi-channel. Dalam jangka panjang, transaksi elektronik dapat menciptakan sistem pembayaran yang efisien, aman, dan andal sehingga dapat memperluas akses finansial kepada unbanked population di Indonesia. Indonesia berkomitmen untuk mendorong perubahan sistem pembayaran melaui gerakan nasional non-tunai GNNT. Namun, mekanisme jangka panjang untuk meningkatkan adopsi uang elektronik berbasis server dianggap belum memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor penentu adopsi uang elektronik berbasis server. Sebuah model penelitian yang menggabungkan unified theory of acceptance and use of technology UTAUT2, diffusion of innovations theory DOI, dan perceived risk digunakan. Penelitian ini menggunakan 211 tanggapan dari survey yang dilakukan di Indonesia, sedangkan data dianalisis menggunakan structural equation modeling, khususnya metode partial least square SmartPLS 3.0. Temuan dari penelitian ini menunjukkan performance expectancy, social influence, facilitating conditions, compatibility, dan perceived risk memiliki efek langsung yang signifikan terhadap adopsi uang elektronik berbasis server, sementara effort expectancy dan innovativeness memiliki efek tidak langsung. ......Server based electronic money has the ability to improve the experience for customers who look for a streamlined payment experience in terms of speed, convenience, and multi channel accessibility. In the long term, electronic transactions would create and maintain an efficient, secure, and reliable payment system that broadens the access to previously unbanked populations and presumably increase financial inclusion. Indonesia is currently committed to reinforcing changes to existing payment systems through the national non cash movement. However, a long term mechanism to increase the adoption of server based electronic money is yet to be seen. This study aims to identify the main determinants of server based electronic money adoption. In doing so, a research model combining two theories, the unified theory of acceptance and use of technology UTAUT2 and diffusion of innovations theory DOI, was used along with perceived risk. The research was tested using 211 responses from a survey conducted in Indonesia while data was analyzed using structural equation modeling, specifically partial least square method Smart PLS 3.0. The findings of this research show performance expectancy, social influence, facilitating conditions, compatibility, and perceived risk have significant direct effects toward the adoption of server based electronic money, while effort expectancy and innovativeness have indirect effects.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Umda Nafia Yasin
Abstrak :
ABSTRAK
Tujuan dari survei literatur ini adalah untuk meninjau penelitian yang sebelumnya telah dilakukan terkait faktor adopsi bank syariah secara umum selama tahun 2007 sampai dengan 2016 dan untuk mengetahui faktor apa saja yang signifikan memengaruhi adopsi konsumen terhadap bank syariah. 40 artikel jurnal dari pangkalan data yang dilanggan Universitas Indonesia maupun yang tersedia secara bebas di Google Scholar dipilih untuk ditinjau dan dikelompokkan berdasarkan teori difusi inovasi milik Rogers 1983 , aspek demografik konsumen dan faktor lainnya seperti aspek syariah maupun kompetitor bank syariah itu sendiri. Dari artikel yang terpilih, dapat ditarik kesimpulan bahwa sebagian besar penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan dilakukan di negara dengan Muslim sebagai mayoritas seperti Malaysia dan Pakistan. Selain itu, religiusitas dan kesadaran konsumen, bersama dengan keunggulan bank, kredibilitas, kenyamanan, biaya dan aspek syariah bank merupakan faktor-faktor yang paling sering dibahas dan terbukti signifikan dalam memengaruhi proses adopsi konsumen terhadap bank syariah.
ABSTRACT
The purpose of this literature survey is to review the academic literatures related to consumers rsquo adoption factors of Islamic bank in general that were published within 10 years, from 2007 to 2016 and to identify factors that significantly affect the adoption. In order to do so, 40 journal articles from University of Indonesia subscribed database and Google Scholars were chosen, reviewed and classified according to Rogers rsquo Diffusion of Innovations theory, consumer rsquo s demographic and other factors such as sharia value and Islamic banks rsquo competitors. From those articles, it can be concluded that most studies used quantitative approach and conducted in Muslim majority countries such as Malaysia and Pakistan. Consumers rsquo religiosity and awareness along with Islamic banks rsquo relative advantage, credibility, convenience, cost and sharia value are most discussed and proven significant in affecting consumers rsquo adoption of Islamic banks.
[;, ]: 2017
S68912
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library