Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
Ananda Budi Yudhistira
Abstrak :
COVID-19 telah memaksa orang-orang di dunia mengubah kebiasaan mereka yang biasa. Di Indonesia sendiri sudah kurang lebih 2 tahun sejak pergeseran dimulai. Industri pertelevisian juga dituntut untuk mengikuti perubahan tersebut seperti perlunya protokol kesehatan yang ketat & dua kali kerja dengan sumber daya yang terbatas. Karena semua orang diharuskan untuk tinggal di rumah, orang-orang telah terhubung lebih dari sebelumnya. Artis kehilangan momentum & pekerjaan mereka karena ada pemotongan besar pada acara langsung, selanjutnya influencer lain seperti pembuat konten memiliki lebih sedikit kesulitan beradaptasi dengan situasi ini. Beberapa artis mulai bergeser bahkan sebelum pandemi COVID-19, dan ini mungkin telah menjadi tren baru bagi mereka untuk terus mendapatkan engagement yang mereka butuhkan. Ada dua teori komunikasi yang sejalan dengan situasi saat ini yaitu teori ekologi media McLuhan & teori budidaya Gerbner.
......COVID-19 has forcefully made people of the world change their usual habits. In Indonesia itself it has been approximately 2 year since the shift began. The TV industry are also required to follow with these changes such as the need of strict health protocols & twice the work with limited resources. Since everybody is required to stay at home, people have been connected more than ever. Artists are losing their momentum & jobs since there has been a huge cut on live events, meanwhile other influencers such as content creators have less trouble adapting with this situation. Some artists are starting to shift even before the COVID-19 pandemic, and this may have become a new trend for them to keep getting the engagement they need. There are two communication theories that are in-line with the current situation namely, McLuhan’s media ecology theory & Gerbner’s cultivation theory.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library