Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 42 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Oram, Mary Elsner
Virginia: National Center, 1988
345.07 ORA o
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
New York: American Society of Civil Engineers, 1997
629.042 TRA (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Nuraida Wahyuni
Abstrak :
Saat ini transportasi udara menjadi populer diantara jenis transportasi lainnya seperti bus, kereta api atau kapal. Meningkatnya jumlah penumpang pesawat membuat bandar udara (bandara) sangat ramai. Bandar udara internasional Soekarno-Hatta merupakan salah satu bandara utama di Indonesia dimana bandara ini memiliki masalah congestion (kemacetan) penumpang pada terminal keberangkatan, yang membuat penurunan kepuasan penumpang. Kepuasan penumpang merupakan hal yang penting untuk keberlanjutan operasi bandara. Untuk mengatur proses penumpang tersebut penulis mendefinisikan performance sistem di terminal keberangkatan. Bandara Soekarno-Hatta akan memiliki sistem baru yang disebut Grand Design. Oleh karena itu, penelitian ini akan membahas tentang evaluasi pada terminal keberangkatan 1 B evaluasi pada sistem yang baru. Untuk mengevaluasi performance di terminal keberangkatan, penulis menggunakan teknik simulasi menggunakan salah satu alat simulasi, yaitu ProModel. ProModel dapat melakukan simulasi pada sistem yang kompleks. Pada sistem di terminal keberangkatan yang ada sekarang diperoleh hasil bahwa terminal keberangkatan mengalami kelebihan kapasitas dengan rata-rata waktu penumpang dalam sistem sebesar 51.827 menit. Sementara pada sistem yang baru, rata-rata waktu penumpang dalam sistem sebesar 5.184 menit. Untuk melihat ketangguhan sistem yang baru, penulis membuat beberapa skenario berdasarkan perkiraan pertumbuhan penumpang sebanyak 4.9% di tahun 2015, 18.9% di tahun 2020, 17.7% di tahun 2025 dan 1.5% di tahun 2030 (Angkasa Pura, 2013). ......Air transportation becomes popular besides other kind of transportation such as bus, train or ship. The increasing demand of airplane makes airport very crowd. Soekarno-Hatta International Airport (SHIA), one of major airport in Indonesia has a congestion problem which will make declining of passengers? satisfaction. The passengers? satisfaction is important matter to sustainability operation of the airport. To regulate the passengers? processes, it is important to define the performance of the system. SHIA has a new system called Grand Design of SHIA. Since there is a new system, this research will discuss about evaluating performance of SHIA especially in departure terminal and evaluating the new system. Author evaluates those performances with simulation technique using one of simulation tool, ProModel. ProModel helps simulate a complex system with its straight forward modeling. Current performance of departure terminal obtained show that the capacity is insufficient; it has passengers? average time in system around 51.827 minutes. Whereas for the new system, passengers average time in system is around 5.184 minutes. To see the reliability of new system, the author makes some scenarios based on the increasing of passengers 4.9% in 2015, 18.9% in 2020, 17.7% in 2025 and 1.5% in 2030 (Angkasa Pura, 2013).
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T39198
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Windiasari
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1998
S39556
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Toufik Gozali
Abstrak :
ABSTRAK PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) merupakan perusahaan yang memiliki usaha utama dibidang penyelenggaraan jaringan, jasa telekomunikasi dan informatika. Berbagai jenis produk Telkom dihasilkan dengan berbasiskan teknologi jaringan internet protocol (IP) yang didukung oleh luasnya infrastruktur telekomunikasi Telkom. Pada kondisi terjadi gangguan infrastruktur yang berakibat saturasi bandwidth diharapkan layanan dapat beroperasi dengan kualitas yang baik sesuai dengan service level agreement (SLA) produk dan jenis pelanggan. Fakta yang terjadi pada saat keadaan saturasi bandwidth yaitu performansi layanan koneksi data dan internet menjadi lambat, tidak dapat melakukan panggilan telpon serta terjadi penurunan kualitas layanan televisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perancangan QoS yang ideal terhadap jenis produk berbasis IP pada infrastruktur backbone Telkom agar memberikan prioritas traffic pada saat terjadi saturasi bandwidth. Rancangan QoS bersumber pada studi komposisi biaya setiap jenis produk, SLA, segmen pelanggan, dan utilisasi penggunaan bandwidth pada infrastruktur Telkom. Dalam keadaan infrastruktur normal, penerapan QoS ini tidak memiliki pengaruh terhadap penerapan proses antrean paket pada network element infrastruktur jaringan. Sebaliknya, implementasi QoS sangat berguna jika terjadi traffic congestion yang berakibat pada saturasi bandwidth. Dengan diterapkannya QoS pada setiap network element infrastruktur jaringan akan memberikan jaminan bandwidth dan preferensi prioritas bagi masing-masing jenis produk berbasis IP. ......ABSTRACT PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) is a company whose core business is in network operations, telecommunications services and informatics. Various types of Telkom products are produced based on internet protocol (IP) network technology which is supported by the broad telecommunications infrastructure. In conditions of infrastructure disruption, it is expected that services can operate with good quality in accordance with the product service level agreement (SLA) and type of customer. The fact that the performance of data connection services and the internet becomes slow, unable to make telephone calls and low quality of television services. This study aims to determine the ideal QoS design for IP-based products on Telkom's backbone infrastructure when bandwidth saturation occurs. The QoS design is based on the study of cost composition in each products, SLA, customer segment, and bandwidth usage utilization. In normal operation, the application of QoS has no effect on the implementation of the packet queue process on network infrastructure element networks. Conversely, QoS implementation is very useful if there is traffic congestion which results in bandwidth saturation. With the implementation of QoS on each network element, network infrastructure will provide bandwidth guarantees and priority preferences for each type of IP-based product.
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2019
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Tumiwa, Muhammad Isman
Abstrak :
Penerapan model pembangunan berkelanjutan membawa suatu perubahan pola hidup suatu masyarakat dalam lingkungannya. Secara absolut pertambahan penduduk yang selalu meningkat membawa dampak yang besar pada penyediaan prasarana kota. Beberapa kota besar di Indonesia menghadapi masalah kemacetan lalu lintas, paling tidak pada jam sibuk. Selain kemacetan terjadi juga pencemaran udara yang diakibatkan oleh kendaraan bermotor yang lambat laun akan semakin dirasakan oleh masyarakat perkotaan. Hal ini memberikan perhatian pemerintah menghubungkan kemacetan lalu lintas dengan penggunaan kendaraan pribadi, sehingga upaya membatasi penggunaan kendaraan pribadi semakin kuat. Secara umum dapat dikatakan bahwa kemacetan merupakan indikator dari lemahnya sisi pasokan dibandingkan dengan sisi permintaan. Oleh karena itu perlu dilakukan intervensi pada sisi pasokan agar tercapai suatu kondisi yang diharapkan. Selain sulit menginternalisasikan eksternalitas pada sistem penyediaan jalan yang sedang berjalan, juga perlu dicatat bahwa kemampuan pendanaan pemerintah sebagai pihak yang selama ini berperan sebagai pemasok utama jalan raya dirasakan semakin berat. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sistem penyediaan jalan raya di kota Jakarta. Lebih lanjut penelitian ini bertujuan memberikan pemecahan masalah kemacetan lalu lintas di kota Jakarta. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Prasarana transportasi atau jalan kota terbuka untuk ditafsirkan sebagai barang publik atau barang pribadi. 2. Tingkat pelayanan jalan di kota Jakarta sudah cukup memprihatinkan terutama pada jam sibuk sudah mencapai titik optimum. Dari 34 pos pengamatan terdapat 32 pos (94%) pengamatan pada jalan arteri. Pada jalan-jalan tersebut terdapat 81,3% tingkat pelayanan D, E dan F. Hal ini memberikan indikasi bahwa pada jalan-jalan tersebut kemungkinan terjadinya kemacetan sangat tinggi, sehingga dapat diungkapkan bahwa pada jalan arteri di Jakarta perjalanan dengan kendaraan bermotor menjadi tidak nyaman dan bersifat rival. Pada tingkat pelayanan jalan yang sudah optimum besarnya biaya kemacetan rata-rata sebesar Rp.328,34 per km. 3. Implikasi dari kondisi tersebut di atas dapat dikemukakan bahwa sistem penyediaan jalan kota yang diterapkan dengan sistem pengaturan lama sudah tidak tepat lagi. Pada kondisi jalan yang sudah jenuh sering terjadi kemacetan, jalan dapat dipandang sebagai barang pribadi. Atas dasar itu maka dapat diterapkan prinsip pengecualian. Penerapan pengecualian dengan sistem harga dapat digunakan untuk mengatur permintaan jasa dalam hal ini penggunaan jalan dengan kendaraan pribadi. Penerapan system harga ini bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan jalan yang sudah ada. 4. Model penerapan pengecualian dengan sistem harga melalui penjualan stiker berwarna dapat digunakan untuk mengurangi kemacetan lalu lintas dan mengurangi emisi gas buang serta menghemat penggunaan BBM. Selain itu juga meningkatkan penerimaan kas pemerintah daerah. 5. Pemakai kendaraan pribadi bersedia membayar biaya penanggulangan kemacetan sebesar Rp.7.500 sampai dengan Rp.10.000.
The absolute population growth, which is ever increasing, gives a big impact to the provision of the city's infrastructure. Some big cities in Indonesia are facing traffic congestion problem, at least in peak hours. Besides traffic congestion, air pollution also took place which is caused by the vehicles. The society feels that this condition is getting worse. All these get government attention and connect the traffic congestion to private vehicle use, so that the effort to limit the private vehicle use became stronger. Generally, we can say that traffic jam is an indicator of the supply weakness compares to the demand for roads. So it is necessary to intervene the supply side in order to achieve the expected condition. Besides it is difficult to internalize the externalities of the ongoing highway provision system. It needs to be noted that the government funding ability as the one whose role is as the highway major supplier becomes harder. This thesis objective is to evaluate the highway provision system in Jakarta city. This research also gives solution towards the reduction of the traffic jam. The research's results can be concluded as follows: 1. The transportation infrastructure or the city roads can be interpreted as public goods or private goods. 2. The levels of services of roads in Jakarta city are not tolerable, especially in peak hours. From 34 points of observations, 32 are points (94%) which are stationed on arterial roads. The level of service category on those roads are 81.3% D, E and F levels. This gives an indication that the probability of traffic jam occurring on those roads are very high, so that it is said that traveling with vehicles on those roads become uncomfortable and rivalry. With the level of services at its optimum, hence the average congestion cost is Rp. 328.34 per km. 3. The implication of the condition mentioned above is that the highway provision system which is applied with old regulation is not suitable anylonger. In a survey of road condition, traffic congestion often occurs, roads can be seen as private goods. Based on that, therefore the exceptional principle can be used. The implementation of the exceptional principle with the price system can be used to manage service demand, in this case it is the use of roads by private vehicles. This price system implementation's objective is to optimize the use of the roads that are available now. 4. The implementation of the exceptional principle with the price system through the sale of colored sticker can be used to reduce the traffic jam and the emission of noxious gas as well as to save the use of fuel also. In addition, it can also increase the revenue of the local government. 5. The willingness to pay of the private vehicle users are Rp.7,500 - Rp.10,000 per day for the traffic congestion solution cost.
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 1996
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yoga Tri Anggoro
Abstrak :
Peningkatan jumlah kendaraan meningkat dengan cepat namun hal ini tidak sejalan dengan peningkatan jumlah dan panjang jalan, sehingga sering terjadi kepadatan kendaraan di suatu ruas jalan khususnya di jalan tol pada periode waktu puncak (peak hour). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan tarif tol dinamis dalam mengurai kepadatan jalan tol. Penelitian ini menggunakan variabel – variabel yang membentuk besaran dan waktu penerapan tarif dinamis antara lain tingkat kepadatan jalan tol, Ability-To-Pay (ATP), Willingness-To-Pay (WTP) serta tingkat sensitifitas tarif terhadap volume lalu lintas. Penelitian ini menemukan bahwa penerapan tarif dinamis di jalan tol dapat merubah pola serta waktu perjalanan pengguna jalan tol. Penerapan tarif dinamis ini dapat mengurai kepadatan yang terjadi pada periode waktu puncak. ......The number of vehicles is increasing rapidly, but this is different from the rise in the number and length of roads, so there is often a density of vehicles on the road, especially on toll roads during peak hours. The objective of this research is to examine the application of dynamic toll tariffs in reducing toll road congestion. This research used variables that determine the amount and timing of dynamic tariffs, including the level of toll road density, Ability to Pay (ATP), Willingness to Pay (WTP), and tariff sensitivity to traffic volume. The result shows that applying dynamic tariffs on toll roads can change users' patterns and travel time. In addition, this dynamic tariff can break down the density of toll road during peak hours.
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Galuhwati
Abstrak :
Bandara Soekarno-Hatta sebagai bagian dari internasional airport, merupakan prasarana yalg penting untuk transportasi. Sebagai suatu sistem yang penting dalam transportasi udarayang harus mempunyai tempat (terminal, landasan pacu, ta:riways). Disamping fasilitas bandara setiap operator harus memperhatikan kualitas pelayanan. Sistem transportasi udara tidak bisa terpisatrkan dari adarrya barrdara sebagai fasilitas utama. Meskipun de.mikian bandara bukan men4nkan tujuan ahkir perjalanan seorang penumpffig, tetapi bandara adalah tempat yang pertama yang dilihat penumpang. Bandara menjadi bagian dari industri transportais udara dan sekarang ini banyak orang menggunakan pesawat sthag:d, pilihan. Bandara Internasional Soekarno-Hatta adalah bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia. Berdasarkan data dari PT. Angkasa Pura, BUMN pengelola bandara sekaligus operator mencatat di tahun 2014 jumlatr penumpang mencapai 62.000.000 penumpang. Dimana kapasitas hanya mencapai 18.000.000 juta penumpang. Karena bandara Soekarno -Hattamempunyai masalah operasional dan non-operasional. Masalah operasional seperti kenaikan jumlah penumparrg, tertundanya waktu take-off dan waktu mendarat yang lama sedangkan masalah non-operasional seperti akses ke bandara Soeta susah atau macet, kurangnya taksi maupun transportasi publik. Kita dapat membayangkan kepadatan dan kemacetan di SHIA dan kondisi yang ada akan mengurangi kepuasan penumpang. Kepuasan penumpang adalah prarr'*ri1g: untuk kelanjutan operasi bandara. SHIA memerlukan pengembangan untuk memperbaiki sistem yang ada dan sekarang SHIA mempunyai sistem baru yaitu Grand Design of SHIA. Peneliti sebelumnya telatr membahas tentang kuantitatfi indikator di SHIA seperti waktu tunggu, waktu proses dan pemanfaatan tempat di terminal menggunakan sofivare simulasi yaitu ProModel verci 7.5. Dalam penelitian ini akan membahas kualitatif indikator di SHIA untuk melanjutkan penelitian yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi variabel dari kualitas servis sebagai referensi dalam pengembangan. ......Soekarno-Hatta Airport, in particular international airports, are omong the most vital transportation infrastructures. As an essentiql system of air *ansryat infrastructure they represent the physical site (terminals, runwoys, taxiways). Besides the airport facilities each operator airport must concern about their service quality. System of air transportation fiever been separated lftrn fftv existence of the airport as the main support. Even though the airport is not the final destination, but it represented the first time looked for customer. The airport becomes the part of industry transportation and nowadays a lot of people uiing air transportation. Soekarno-Hatta International Airport (SHU) is the biggest and the busiest in Indonesia. Based on data from Angkasa Pura II, the compony that manages or as operator SHU that passengers in 2014 amounted 62 million. V[/hereas the capacity of SHU only 18 million passengers'. Because of that SHIA has ct problem operational and non-operational. Operational problems such as increase of passenger's reduced emergency slots, time delayed take-ffi and landing.lnw. to wait too long ond non-operational problems such os access to SHU ,s congestion,lack of tmi and transportation public. We can imagine the density ond the congestion in SHM and that conditions will make reducing of passengers' satisfaction. The possenger's sotisfaction is important matter to sustainability operation of the airport. SHIA need improvement to define the performonce of the system and now SHIA has a new system called Grand Design of SHU. Previous researchers tallrcd obout the quantitative indicators at SHU such as waiting time, processing time ,rt:d" utilization oreo terminal simulation technique using one of simulation tool, ProModel version 7.5. In this research will discuss qualitative indicator in SHIA to continue previous research. The objective of this research is to identify the variables of serttice quality of passenger's service as reference in improving and increosing the service quality that has been provided by SHIA to its consumers and the last objective for lookingfor the relationship between quantitative and qualitative. The method used in this research is a qualitative model of service qua14, meosurement (SERVQUAL) developed by Parasuramon et al., physical meosurements PJP2U service standards established by Director General of Civil Aviation, Republic Indonesia.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T42885
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
I Ketut Biomantara
Abstrak :
ABSTRAK
Transportasi merupakan sarana guna melakukan pergerakan, perpindahan berupa orang dan ataupun dengan barang dari suatu tempat menuju ke tempat lain yang didukung bersama prasarananya. Kondisi transportasi yang baik dapat meningkatkan aksesbilitas antar wilayah sekitarnya. Penggunaan transportasi yang tidak tertata dan terkendali seiring pertumbuhan penduduk serta pola hidup telah menyebabkan volume kendaraan bermotor tak sebanding dengan daya tampung kapasitas jalan raya sehingga permasalahan kemacetan di jalan raya terjadi. Kemacetan yang terjadi di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya telah menjadi permasalahan akut dan perlu dicarikan penyelesaian yang tepat sehingga kerugian yang diakibatkannya dapat ditekan. Berbagai cara telah diterapkan untuk mengatasi kemacetan diantaranya penerapan three in one, pembatasan parkir, kawasan larangan sepeda motor, rekayasa lalu lintas, sistem angkutan umum massal (trans jakarta, Kereta Api Rangkaian Listrik (KRL)), jaringan jalan tol dan non tol, fly over dan under pass, serta yang akan diterapkan Elektronik Road Pricing (ERP), Mass Rapid Transit (MRT). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa peran angkutan umum massal kereta api yaitu PT.KAI wilayah kerja Daop 1 dan Jabodetabek dalam mengurai kemacetan yang terjadi tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metodologi diskriptif kualitatif, dimana akan menjelaskan peran KAI wilayah kerja Daop 01 dan Jabodetabek dengan strategi kemampuan kinerjanya untuk memenuhi kebutuhan transportasi umum publik agar masyarakat pengguna kendaraan pribadi beralih menggunakan kereta api sehingga kemacetan dapat dikurangi serta aksesbilitas wilayah dapat diwujudkan dan ditingkatkan. Pengumpulan data didapat dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi pada beberapa sumber (sekunder dan primer). Kesimpulan didapat bahwa PT.KAI wilayah kerja Daop 1 dan Jabodetabek untuk memenuhi kebutuhan transportasi masyarakat dilakukan peningkatan sarana dengan menambah gerbong untuk menambah kapasitas angkutnya. Prasarana dengan perbaikan-perbaikan stasiun, jalur rel ganda atau double track (rencana doubledouble track), perpanjangan peron pemberhentian kereta. Daya dukung lainnya yaitu waktu keberangkatan sesuai jadwal, menempatkan petugas keamanan khusus kereta (Polsuska) pada setiap perjalanan kereta, kemudahan mencari dan pembelian tiket berupa pembelian tiket on line di berbagai lokasi, pemberlakuan one ticket one seat, pemesanan dan pembelian tiket H-90 dari hari keberangkatan, pemberian tiket subsidi melalui pola PSO (Public Service Obligasi) untuk kereta ekonomi. Penggunaan kereta api terus meningkat dimana sekitar 3% perhari dari 21 juta orang penduduk yang beraktifitas di sekitaran Jakarta (asumsi berdasar BPS DKI Jakarta). Khusus dalam wilayah DKI Jakarta saja sekitar 9,8% dari jumlah 3,6 juta orang yang beraktifitas, sebanyak 390 ribu orang menggunakan KRL. Target 1,2 juta orang perhari sampai tahun 2019. Pruduk hukum dan kebijakan yang mendukung pelaksanaan kinerja transportasi kereta juga telah banyak dikeluarkan
ABSTRACT
Transport is the means to perform the movement , displacement or the form of people and goods from one place to get to other places that are supported along with infrastructure. Good transportation condition can improve accessibility between the surrounding region . Use of transportation is not organized and countroled as population growth and lifestyle has caused the volume of motor vehicles is not proportional to the capacity of the highway so that the problem of congestion on the highway occurred . Jams that occur in Jakarta and surrounding areas has become an acute problem and needed to find the right solution so that the resulting loss can be suppressed . Various methods have been applied to overcome bottlenecks include the application of three in one , parking restrictions , the region ban on motorcycles , traffic engineering , mass transportation systems ( trans jakarta , Railway Electric Circuits ( KRL ) ) , a network of toll roads and non-toll , fly over and underpasses , as well as to be applied Electronic Road Pricing ( ERP ) , Mass Rapid Transit (MRT). This study aims to analyze the role of mass transit train that PT.KAI working area Daop 1 and Jabodetabek in breaking down the congestion that occurs . The method used is the methodology of qualitative descriptive , which will clarify the role KAI working area Daop 01 and Jabodetabek with strategy abilities performance to meet the transportation needs of the general public so that the public private vehicle users to switch to using the train so that congestion can be reduced as well as the accessibility of the region can be realized and improved , The collection of data obtained by observation , interviews , documentation on several sources ( primary and secondary ) . The conclusion obtained that PT.KAI working area Daop 1 and Jabodetabek to meet the transportation needs of society to improve the means by adding carriages to increase payload capacity . Infrastructure improvements to the station , double track (plan double-double track) , the extension of the platform the train stops . The thing of the other supports is the departure time schedule, putting special security officer train ( Polsuska ) on every train journey , easiness of finding and purchasing tickets in the form of ticket purchase on line at various locations , the implementation of one ticket one seat , reservations and ticket purchases H - 90 from the day of departure , ticket granting subsidies through a pattern PSO (Public Service Bonds ) for economy-class train. The use of rail continues to increase where about 3 % per day of the 21 million people who activity in surrounding Jakarta ( Jakarta BPS unfounded assumption ) . Specialized in the Jakarta area is about 9.8 % of the 3.6 million people who activity , as many as 390 thousand people use the KRL . Getting target of 1.2 million people per day until 2019. Producted laws and policies that support the implementation of the performance of rail transport has also been widely released .
2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dipo Alam
Abstrak :
Internet telah berkembang secara pesat baik dari segi fisik jaringannya maupun layanannya. Dari segi fisik jaringannya, Internet telah dan terus berkembang menjadi jaringan terbesar di planet bumi ini. Hal ini tidak bisa dilepaskan dari keunggulan protokol internet TCP/IP yang mampu menyambungkan berbagai macam teknologi jaringan. Mengingat link satelit menawarkan potensi besar dalam hal bandwidth yang tinggi dan daerah cakupan yang-luas, khususnya bagi daerah-daerah yang sulit dijangkau jaringan teresterial. Di sisi lain, link satelit memiliki karakteristik yang dapat mendegradasi performansi protokol internet TCP/IP, sehingga tidak bisa bekerja optimal. Karakteristik itu diantaranya adalah faktor besarnya delay komunikasi antara dua stasiun bumi yang dihubungkan oleh satelit. Link satelit juga memiliki BER yang tinggi, sehingga amat rentan terhadap performansi TCP/IP. Untuk mengatasi masalah ini, dikembangkan teknik-teknik modifikasi untuk memperbaiki performansinya TCP/IP pada link satelit khususnya pada masalah kongesti. Antara lain Teknik TCP Slow start dan Congestion avoidance, TCP Fast Retransmit, dan TCP Fast Recovery. Dengan teknik- teknik ini terbukti dapat mengatasi kongesti yang terjadi dan hasil throughput yang cepat dibandingkan dengan TCP/IP standar.
Internet has growed fastly either from the angle of physical of its network and also the service. From the angle of physical of the network, Internet has and always rounds into the biggest network in this earth planet. This thing cannot be discharged from excellence of TCP/IP capable to joint assorted of network technology. Remembers link satellite to offer big potency in the case of high bandwidth and coverage area yang-luas, especially for areas which is difficult is reached by ester network. On the other side, link satellite has characteristic which degradation of performance TCP/IP can, so that cannot work optimal. The characteristic between it is factor level of delay communications between two earth stations connected by satellite. Link satellite also has BER which is high, so that very susceptible to performance TCP/IP. To overcome this problem, developed modification techniques to improve the performance TCP/IP at link satellite especially at congestion problem. For Example Technique TCP SLOW start and Congestion avoidance, TCP FAST RETRANSMIT, and TCP Fast Recovery. With this technics proven can overcome congestion happened and result throughput which quickly is compared to TCP/IP standard.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
S40408
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5   >>