Hasil Pencarian

Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Yulian Nurtjita
"Horn adalah suatu komponen yang dapat menghasilkan suara tertentu dengan sumber energi battrey/accu. Tanpa adanya Horn pada kendaraan akan terasa kurang nyaman dan aman bagi pengemudi, apalagi pengemudi kendaraan melalui daerah yang cukup padat dan ramai. PT.KTB selaku ATPM kendaraan Mitsubishi mempunyai masalah horn yang digunakan pada kendaraan Colt Diesel. Masalah yang terjadi adalah tidak berfungsinya horn setelah beberapa waktu digunakan. Dari hasil pembongkaran pada unit horn eks klaim didapat bahwa penyebab paling dominan dari tidak berfungsinya hom adalah karena insulator pada unit horn tersebut terbakar. Dari hasil analisa dengan menggunakan '7 tools' dan pengujian yang dilakukan terbukti bahwa penyebab terbakamya insulator pada horn tersebut dikarenakan nilai tahanan/resistansi insulator tidak memenuhi spesifikasi yang telah di tentukan, terutama bila insulator tersebut terkena air/kelembaban yang cukup tinggi. Insulator yang mempunyai nilai resistansi kurang atau sama dengan 1 MQ akan bersifat sebagai konduktor, dan begitu pula sebaliknya. Material insulator yang terbuat dari bahan Cotton dan Resin sangat rawan terhadap air. Proses pemadatan material yang kurang sempurna dapat menimbulkan pori-pori yang dapat menyerap air. Alternatif perbaikan yang digunakan untuk mengatasi masalah terbakarnya insulator adalah dengan mengganti material insulator dari bahan Colton dan resin menjadi bahan fiber glass dan epoxy. Material insulator dari bahan Fiber glass dan Epoxy Iebih baik dibandingkan dengan bahan Cotton dan Resin, karena tidak menyerap air. Terbukti dari hasil pemeriksaan nilai resistansi setelah dilakukan penoelupan dalam air hasilnya tetap mempunyai nilai resistansi yang tinggi, dan setelah diaplikasikan pada unit hom tidak terjadi masalah."
Lengkap +
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
S37583
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Prima Yuri Perwita
"Latar Belakang: Telah diketahui bahwa paradigma pendekatan pembelajaran sekolah kedokteran saat ini menuju pendekatan pembelajaran student-centered learning, namun, perubahan pendekatan pembelajaran ini akan sulit dilakukan jika konsepsi yang dimiliki oleh seorang dosen berbeda dengan pendekatan student-centered learning. Oleh karena itu, perlunya instrumen COLT adaptasi Bahasa Indonesia yang diharapkan dapat mengukur konsepsi dosen kedokteran Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan instrumen pengukuran konsepsi dosen kedokteran mengenai pembelajaran dan pengajaran yang valid dan reliabel
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian psikometri yang termasuk dalam studi eksplorasi untuk menilai validitas kuesioner COLT adaptasi Bahasa Indonesia pada dosen kedokteran di Fakultas Kedokteran Universitas Gunadarma dan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Penelitian ini melalui 3 tahap, yaitu adaptasi bahasa, wawancara kognitif, dan pengumpulan data untuk validasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan perangkat SPSS 26 dengan exploratory factor analysis (EFA).
Hasil: Validitas konten pada tahap expert panel dilakukan oleh 6 orang ahli dengan menghitung nilai i-CVI dan didapatkan hasil 0,95. Hasil wawancara kognitif menunjukkan perbaikan bahasa pada beberapa butir pernyataan. Sejumlah 91 kuesioner disebar kepada dosen pada dua institusi berbeda. Hasil uji validitas konstruk menunjukkan terdapat 2 butir pernyataan dikeluarkan dari kuesioner. Ekstraksi dengan metode principal component analysis dan rotasi direct oblimin memperoleh 3 faktor. Nilai koefisien Cronbach alpha COLT adaptasi Bahasa Indonesia sebesar 0,744. Terdapat perbedaan bermakna pada kategori pengalaman mengajar, jenis kelamin, dan asal institusi
Kesimpulan: Instrumen COLT adaptasi Bahasa Indonesia merupakan instrumen yang valid dan reliabel

Backgrounds: It is known that the paradigm of the current medical school learning approach is towards a student-centered learning, however, changing this learning approach will be difficult if the conception held by a teacher is different from the student-centered learning approach. Therefore, the Indonesian version of the COLT instrument is needed, which is expected to help measure the conceptions of Indonesian medical teachers. The aim of this study was to obtain a valid and reliable instrument for measuring conceptions of learning and teaching for medical teachers.
Methods: This study is a psychometric study included in an exploratory study to assess the validity of the Indonesian adapted COLT questionnaire for medical Teachers at the Faculty of Medicine, Gunadarma University and the Faculty of Medicine University of Indonesia. This research went through 3 stages, which consists of language adaptation, cognitive interview, and data collection for validation. The data obtained were then analyzed using SPSS 26 with EFA.
Results: Content validity at the expert panel stage was carried out by 6 experts by calculating the i-CVI value and the result was 0.95. The results of cognitive interviews showed improvement in language in several statements. A total of 91 questionnaires were distributed to 2 different institutions. The results of the construct validity test showed that there were 2 statements from the questionnaire excluded. Extraction using PCA method and direct oblimin rotation obtained 3 factors. The value of the cronbach alpha COLT for Indonesian adaptation is 0.744. There are significant differences in the categories of teaching experience, gender, and institutional origin.
Conclusion: The Indonesian adaptation COLT instrument is a valid and reliable
"
Lengkap +
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library