Ditemukan 6 dokumen yang sesuai dengan query
Muhammad Rizky
"Proyek Langit Biru Cilacap (PLBC) merupakan salah satu proyek yang ditangani oleh Dit. MP2. Salah satu lingkup pekerjaannya adalah revamping unit CCR Platforming- I dari kapasitas 14,200 BPSD menjadi 18,600 BPSD dan mengubah type semi regeneration platforming unit menjadi type Continuous Catalytic Regeneration (CCR) cycle max 2. Unit CCR Platforming merupakan unit yang dirancang untuk mengolah hydrotreated heavy naphta untuk menghasilkan produk sebagai komponen blending gasoline. Unit CCR Platforming-I terbagi menjadi 2 bagian besar yaitu reactor section dan regeneration section. Reactor section berfungsi untuk mengolah heavy naphta menjadi produk komponen blending gasoline dan regeneration section berfungsi untuk meregenerasi katalis di reaktor sehingga unit platforming dapat beroperasi dengan baik, Pada saat kegiatan pre-commissioning, commissioning dan start-up unit CCR Platforming-I, Hydrogen Purification Unit (HPU) tidak beroperasi optimal dalam menghasilkan permeate (high purity hydrogen) yang sesuai dengan spesifikasi booster gas pada regeneration section yang digunakan untuk mentransfer katalis dari lock hopper system menuju reduction zone yang berada di atas reaktor no.1 unit platforming. Oleh karena itu, dilakukanlah penyelesaian permasalahan dengan melakukan reengineering Bearing Plate. Re-engineering Bearing Plate ini merubah design yang sebelumnya satu lubang ditengah menjadi empat lubang simetris, serta dilakukan penambahan groove untuk menyediakan jarak yang tetap antara Bearing Plate dengan membrane, dengan dilakukannya penambahan lubang dan perubahan penempatan posisi lubang pada Bearing Plate, flow permeate (high purity hydrogen) dapat mengalir sesuai dengan spesifikasi yang dijanjikan oleh Licensor. Dimana Purity H2 yang sebelumnya 94,8%mol menjadi 98,4%mol dan flow permeate yang sebelumnya 100 Nm3/hr menjadi 2701 Nm3/hr.
The Blue Sky Cilacap Project (PLBC) is one of the projects managed by the MP2 Division. One of its scopes of work involves the revamping of the CCR Platforming-I unit, increasing its capacity from 14,200 BPSD to 18,600 BPSD, and converting the unit from a semi-regeneration platforming type to a Continuous Catalytic Regeneration (CCR) cycle with a maximum of 2 cycles. The CCR Platforming unit is designed to process hydrotreated heavy naphtha to produce products as blending components for gasoline. CCR Platforming-I is divided into two major sections: the reactor section and the regeneration section. The reactor section functions to process heavy naphtha into blending components for gasoline, while the regeneration section is responsible for regenerating catalysts in the reactor, allowing the platforming unit to operate effectively. During the pre-commissioning, commissioning, and start-up activities of the CCR Platforming-I unit, the Hydrogen Purification Unit (HPU) did not operate optimally in producing permeate (high purity hydrogen) that meets the booster gas specification in the regeneration section. This hydrogen is used to transfer catalysts from the lock hopper system to the reduction zone above reactor no.1 in the platforming unit. To address this issue, a solution was implemented by re-engineering the Bearing Plate. The re-engineering of the Bearing Plate transformed the design from a single hole in the centre to four symmetric holes. Additionally, grooves were added to maintain a fixed distance between the Bearing Plate and the membrane. With the addition of holes and changes in the hole positions on the Bearing Plate, the flow of permeate (high purity hydrogen) aligns with the specifications promised by the Licensor. The purity of H2 increased from the previous 94.8% mol to 98.4% mol, and the permeate flow increased from 100 Nm3/hr to 2701 Nm3/hr."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Muhammad Rizky
"Proyek Langit Biru Cilacap (PLBC) merupakan salah satu proyek yang ditangani oleh Dit. MP2. Salah satu lingkup pekerjaannya adalah revamping unit CCR Platforming- I dari kapasitas 14,200 BPSD menjadi 18,600 BPSD dan mengubah type semi regeneration platforming unit menjadi type Continuous Catalytic Regeneration (CCR) cycle max 2. Unit CCR Platforming merupakan unit yang dirancang untuk mengolah hydrotreated heavy naphta untuk menghasilkan produk sebagai komponen blending gasoline. Unit CCR Platforming-I terbagi menjadi 2 bagian besar yaitu reactor section dan regeneration section. Reactor section berfungsi untuk mengolah heavy naphta menjadi produk komponen blending gasoline dan regeneration section berfungsi untuk meregenerasi katalis di reaktor sehingga unit platforming dapat beroperasi dengan baik, Pada saat kegiatan pre-commissioning, commissioning dan start-up unit CCR Platforming-I, Hydrogen Purification Unit (HPU) tidak beroperasi optimal dalam menghasilkan permeate (high purity hydrogen) yang sesuai dengan spesifikasi booster gas pada regeneration section yang digunakan untuk mentransfer katalis dari lock hopper system menuju reduction zone yang berada di atas reaktor no.1 unit platforming. Oleh karena itu, dilakukanlah penyelesaian permasalahan dengan melakukan reengineering Bearing Plate. Re-engineering Bearing Plate ini merubah design yang sebelumnya satu lubang ditengah menjadi empat lubang simetris, serta dilakukan penambahan groove untuk menyediakan jarak yang tetap antara Bearing Plate dengan membrane, dengan dilakukannya penambahan lubang dan perubahan penempatan posisi lubang pada Bearing Plate, flow permeate (high purity hydrogen) dapat mengalir sesuai dengan spesifikasi yang dijanjikan oleh Licensor. Dimana Purity H2 yang sebelumnya 94,8%mol menjadi 98,4%mol dan flow permeate yang sebelumnya 100 Nm3/hr menjadi 2701 Nm3/hr.
The Blue Sky Cilacap Project (PLBC) is one of the projects managed by the MP2 Division. One of its scopes of work involves the revamping of the CCR Platforming-I unit, increasing its capacity from 14,200 BPSD to 18,600 BPSD, and converting the unit from a semi-regeneration platforming type to a Continuous Catalytic Regeneration (CCR) cycle with a maximum of 2 cycles. The CCR Platforming unit is designed to process hydrotreated heavy naphtha to produce products as blending components for gasoline. CCR Platforming-I is divided into two major sections: the reactor section and the regeneration section. The reactor section functions to process heavy naphtha into blending components for gasoline, while the regeneration section is responsible for regenerating catalysts in the reactor, allowing the platforming unit to operate effectively. During the pre-commissioning, commissioning, and start-up activities of the CCR Platforming-I unit, the Hydrogen Purification Unit (HPU) did not operate optimally in producing permeate (high purity hydrogen) that meets the booster gas specification in the regeneration section. This hydrogen is used to transfer catalysts from the lock hopper system to the reduction zone above reactor no.1 in the platforming unit. To address this issue, a solution was implemented by re-engineering the Bearing Plate. The re-engineering of the Bearing Plate transformed the design from a single hole in the centre to four symmetric holes. Additionally, grooves were added to maintain a fixed distance between the Bearing Plate and the membrane. With the addition of holes and changes in the hole positions on the Bearing Plate, the flow of permeate (high purity hydrogen) aligns with the specifications promised by the Licensor. The purity of H2 increased from the previous 94.8% mol to 98.4% mol, and the permeate flow increased from 100 Nm3/hr to 2701 Nm3/hr."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Pientha Glenys Amanti
"Penelitian ini analisis efisiensi perusahaan Asuransi Umum di Indonesia periode 2014-2015 sebagai akibat kebijakan mengenai rekapitalisasi modal inti perusahaan asuransi yang tertera pada Peraturan OJK Otoritas Jasa Keuangan 67/POJK.05/2015. Metode yang digunakan adalah Data Envelopment Analysis ndash; model CCR dan BCC dengan orientasi output untuk melihat nilai efisiensi masing- masing perusahaan dari waktu ke waktu. Perusahaan asuransi yang diteliti adalah asuransi umum berjumlah 70 perusahaan. Variabel input yang digunakan adalah beban operasional dan ekuitas, sedangkan variabel output yang digunakan adalah hasil underwriting dan hasil investasi.
Dari hasil nilai skala efisiensi, yaitu gabungan antara CCR dan BCC, diperoleh terdapat 7 perusahaan yang efisien pada tahun 2014 dan 5 perusahaan yang efisien pada tahun 2015. Berdasarkan nilai skala efisiensi yang ditunjukkan, terdapat perbedaan rata-rata efisiensi perusahaan pada tahun 2014 dengan tahun 2015. Hal ini mengindikasikan bahwa kebijakan yang dikeluarkan OJK tentang penaikan dana modal inti mendorong perusahaan lebih efisien.
This study analyzes the efficiency of General Insurance companies in Indonesia for the period 2014 2015 as a result of the policy on recapitalization of insurance company 39 s core capital as stated in the OJK Regulation 67 POJK.05 2015. The method used is Data Envelopment Analysis CCR and BCC model with output orientation to see the efficiency value of each company from time to time. Insurance companies studied are general insurance amounted to 70 companies. The input variables used are operational expenses and equity capital, while the output variables used are underwriting and investment returns. From the value of efficiency scales, ie, a combination of CCR and BCC, there are 7 efficient companies in 2014 and 5 efficient companies by 2015. Based on the value of the efficiency scale shown, there is a difference in the average efficiency of the company in 2014 with the year 2015. This indicates that the OJK 39 s policy of raising core capital funds encourages companies to be more efficient. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T49367
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Ike
"Gedung Central Control Room (CCR) di suatu pembangkit PLTG adalah salah satu bangunan penting, karena terdapat peralatan elektrikal sebagai pengendali proses jarak jauh yang mengontrol jalannya proses produksi lewat monitor yang terhubung dengan alat-alat yang ada dilapangan suatu pembangkit listrik. Dalam laporan ini akan di jelaskan tentang studi kasus mengenai saluran penghantar listrik (Busduct) yang menabrak balok utama di gedung CCR yang mengharuskan untuk memotong tinggi balok dari 750 mm menjadi 400 mm. Dan juga akan dijelaskan analisis teknis perbaikan balok dan analisis non teknis dari segi Keamanan, Keselamatan, Kesehatan, dan Lingkungan Hidup (K3L) , biaya pekerjaan dan waktu yang telah ditentukan. Perkuatan dan modifikasi balok sudah selesai dilakukan dan terpasang dengan aman yaitu dengan menambah bracing profil baja H 200.200.8.13 dan H 150.150.7.10 dibawah balok yang berfungsi menahan lendutan dan memperkuat balok beton akibat berkurangnya tinggi balok.
The Central Control Room (CCR) building in a PLTG plant is one of the important buildings, because there is electrical equipment as a remote process controller which controls the course of the production process via monitors connected to equipment in the field of a power plant. In this report, we will explain a case study regarding an electrical duct (Busduct) that hit a main beam in the CCR building which required cutting the beam height from 750 mm to 400 mm. And it will also explain the technical analysis of beam repairs and non-technical analysis in terms of Security, Safety, Health and Environment (K3L), work costs and predetermined time. Reinforcement and modification of the beam has been completed and installed safely, namely by adding steel profile bracing H 200.200.8.13 and H 150.150.7.10 under the beam which functions to resist deflection and strengthen the concrete beam due to reduced beam height. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
PR-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Maretha Putri Ayu
"Seiring dengan berkembangan teknologi di bidang automotif, penggunaan katalis logam merupakan salah satu hal yang penting karena dapat mempercepat reaksi dan dapat membantu memacu reaksi siklohidrogenasi serta reaksi lainnya seperti pembentukan aromatik. Akibat dari penggunaan katalis tersebut maka limbah katalis hasil proses Catalytic Continuous Reforming sangat banyak ditemukan.
Salah satu logam yang banyak digunakan sebagai katalis dalam proses CCR adalah logam kobalt dengan penambahan logam palladium sebagai promotor. Logam kobalt sebagai bahan dasar utama yang terkandung dalam katalis CCR bila dibiarkan dibuang menjadi limbah akan sangat berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan. Untuk meminimalisir bahaya tersebut maka diperlukan perolehan kembali logam kobalt dari limbah katalis CCR dengan metode leaching.
Dalam penelitian ini digunakan asam sitrat 0,8 M dengan 2% H2O2 pada kondisi operasi 75oC selama 1,5 jam dapat menghasilkan logam Co 77,78%. Setelah proses leaching dilakukan, untuk mendapatkan logam kobalt dengan kemurnian yang lebih baik maka dilakukan proses ekstraksi cair-cair dengan pH 3,5 dan konsentrasi ekstraktan Cyanex 272 sebesar 0,1 M diperoleh logam Co sebesar 77,80% dari total kobalt hasil leaching.
The usage of metal catalyst is important alongside with recent technology development on automotive sector. Metal catalyst is used to fasten any reaction, such as triggering cyclohydrigenation reaction and aromatics forming. These process, which known as catalytic continous reforming (CCR), produce a lot of catalysts waste.One of metal catalyst that used in large amount on CCR process is cobalt added by palladium as a promotor. Cobalt, which is used as the main component in CCR catalyst, will be dangerous for health and environment if directly thrown away as a waste. For reducing those danger, cobalt is reused by recovering it from CCR catalyst using leaching method.In this research, 0.8 M citric acid with 2% H2O2 is used at temperature 75°C within 1.5 hours. This methods could recover 77.78% cobalt from CCR. Purification process is done by liquid-liquid extraction with Cyanex 272 0,1 M at pH 3,5 to gain cobalt with higher purity up to 77.80% of total cobalt from leaching."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Luh Putu Devina Ichasia Prawira
"Perkembangan industri yang pesat menjadikan katalis sebagai jawaban atas kecepatan reaksi pada suatu proses. Proses yang menggunakan katalis pada industri minyak dan gas adalah Contiunous Catalytic Cracking Platforming Unit, yang dimana proses tersebut menghasilkan limbah katalis Pt/Al2O3 sekitar 2000-3000 kg/tahun dengan kandungan platinum sebesar 3200 ppm. Hal tersebut menyebabkan metode leaching asam organik, leaching aqua regia, dan digestion aqua regia diperlukan untuk mengambil kembali logam platinum sangat diperlukan untuk menghemat biaya pembelian katalis platinum karena harganya yang sangat mahal dan limbah katalis merupakan limbah B3. Dalam penelitian ini akan dilakukan tiga metode berbeda untuk mengambil kembali logam platinum dari limbah katalis Pt/Al2O3. Metode yang digunakan adalah leaching dengan asam oksalat, leaching dengan aqua regia, dan digestion dengan aqua regia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses digestion dinilai paling efektif dalam me-recovery logam platinum dengan persentase efisiensi digestion sebesar 98,13%. Proses tersebut memiliki kondisi optimum dengan menggunakan massa padatan limbah katalis 0,1 gram pada suhu 220oC selama 60 menit.
Rapid industrial development uses the catalyst in response to reaction speed in a process. The process uses catalysts in the oil and gas industry is Continuous Catalytic Cracking Platforming Unit, in which the process produces Pt/Al2O3 catalyst waste approximately 2000-3000 kg/year and contains of 3200 ppm platinum metals. It becomes the reason why organic acid leaching, aqua regia leaching, and aqua regia digestion is needed to recover the platinum metals to save cost because its price is very expensive and spent catalyst waste is also considered as hazardous and toxic materials. In this experiment, there are three different methods used to obtain the recovery of platinum metals from spent.Pt/Al2O3 catalyst. The methods used are leaching with oxalic acid, leaching with aqua regia, and digestion with aqua regia. The experiment showed that digestion method is the most effective method in recovering platinum metals with thedigestion efficiency percentage of 98.13%. The optimum conditions for the digestion process is by using 0.1 grams of spent catalyst at 220oC.The digestion process should last for 60 minutes."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library