Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Hutabarat, Irene Debora Fransisca
Abstrak :
ABSTRAK Tesis ini merupakan evaluasi buku ajar berjudul English for Air Transport sebagai buku ajar Bahasa Inggris untuk Tujuan Khusus di salah satu institusi Pendidikan Tinggi Transportasi jurusan Manajemen Transportasi Udara. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan melihat keseuaian materi dengan kebutuhan di bidang manajemen transportasi udara. Tolak ukur yang digunakan dalam mengevaluasi bahan ajar ini adalah kriteria evaluasi dari Cunningsworth (1995): (a) Tujuan dan ancangan, (b) Rancangan dan organisasi, (c) Unsur kebahasaan, (d) Kemahiran, (e) Topik, (f) Metodologi, (g) Buku pegangan guru,dan (h) Pertimbangan kepraktisan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa buku ajar memiliki kelebihan dan kekurangan. Terdapat 3 hasil prinsip hasil cocokan dan evaluasi berdasarkan Ru-gang (2013), yaitu: keaslian (authenticity), kelayakan (appropriateness), kesesuaian (compatibility), dan kesenangan pemelajar (Enjoyment). Secara keaslian, kelayakan, kesesuaian, dan kesenangan, materi, kegiatan, dan latihan dalam buku ajar sudah sesuai dengan tujuan institusi mempersiapkan mahasiswa ke dunia kerja. Kekurangannya adalah tidak adanya tujuan pembelajaran secara jelas pada buku ajar, kualitas tampilan bahan ajar, dan kurangnya informasi secara visual. Dapat disimpulkan bahwa buku ajar English for Air Transport bisa digunakan pada jurusan Manajemen Trasnportasi Udara dengan memodifikasi dan merevisi terhadap kekurangan yang ditemukan dalam penelitian ini.
ABSTRACT The focus of this study is the course book evaluation of English for Air Transport as the English for Specific Purposes course book in Air Transport Management Department. This research is a descriptive qualitative research that has purpose to find out the material compatibility with the needs in the Air Transport Management. The criteria for evaluating the course book are taken from Cunningsworth (1995), consisting of eight elements, as follows: (a) aims and approaches, (b) design and organization, (c) language content, (d) skills, (e) topic, (f) methodology, (g) teachers? books aspect, and (h) practical considerations. The result shows that the course book has benefits and lacks. The principles of the compability were taken from Ru- gang (2013) that precise several aspects: authenticity, appropriateness, compatibility, and enjoyment. The course book is compatible with the aim of the learning to expose the students to the real work situations. The research also found that there was no aim of the learning in the coursebook, the bad quality of physical appearence of the book, and there was no visualization for detail information of the learning. Otherwise, the course book could be used for the Air Transport Management Department with modification and revision towards the lack found in this research.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
T41678
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nuryani
Abstrak :
Seri buku Structure and Reading Comprehension For SMTA merupakan salah satu buku ajar Bahasa Inggris yang digunakan secara luas di Indonesia, terbukti dengan telah dicetak ulangnya sari buku ini sebanyak tiga kali, yaitu Pada tahun 1985, 1987, dan tahun 1988. Asumsi kita adalah, jika sebuah buku ajar mengalami cetak ulang, buku tersebut kemungkinan besar mempunyai kualitas yang baik. Pada cetakan selanjutnya, mutu buku diharapkan akan lebih baik lagi. Namun, tidak demikian halnya dengan seri buku SARC ini. Pada cetakan ketiga, yaitu cetakan terbaru untuk saat ini, masih terlihat banyak kesalahan yang cukup mengganggu. Kesalahan-kesalahan itu mencakup tujuan dan organisasi bahan, isi, Bahasa, dan masalah tekniknya. Tujuan penyusunan buku SARC, seperti disebutkan Di dalam kata pengantar buku ini, adalah menyajikan materi dengan pendekatan komunikatif. Namun, apa yang dideskripsikan di dalam seri buku ini tidak sesuai dengan tujuan yang hendak dicapainya itu. Seri buku ini menggunakan pendekatan struktural karena lebih menekankan pengajaran struktur daripada fungsi bahasa sebagai alat komunikasi. Beberapa pokok dan subpokok bahasan di dalam seri buku menyimpang dari ketentuan yang ada di dalam Kurikulum 1984. Padahal buku tersebut, menurut penyusunnya, disusun berdasarkan Kunikulum 1984. Seleksi bahan kurang cermat dan terlalu luas. Gradasi tidak dilakukan secara sistematis sehingga materi yang disajikan sulit dipahami. Penggunaan bahasa dalam sari buku ini kurang baik. Seringkali suatu tutur tidak disertai dengan penggunaan tanda baca sehingga pembaca akan mengalami kesulitan dalam usahanya untuk memahami materi yang sedang dideskripsikan. Di dalam seri buku ini juga dapat kita temui banyak kesalahan cetak.
Depok: Universitas Indonesia, 1989
S14186
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library