Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Samola, Dorothea
Abstrak :
ABSTRAK
Suatu perusahaan didirikan untuk mencapai keuntungan optimal, baik aktiva nyata atau fisik maupun yang tidak dapat dikuantifikasi dan harus pula tumbuh. Penyempurnaan kerangka regulasi ditandai dengan diberlakukannya peraturan perundang-undangan yang terkait dengan good corporate governance, seperti UU BUMN tahun 2003. Keberhasilan suatu perusahaan dalam memberlakukan azasazas good corporate governance ternyata tidak hanya ditentukan oleh tersedianya perangkat acuan dasar yang lengkap. Juga tidak ditentukan oleh lengkapnya perangkat regulasi. Seperangkat nilai positif dan norma kokoh memang telah berlaku dalam perusahaan yang fokus pada kualitas dan kinerja tinggi. Budaya korporat yang kuat memiliki kecenderungan yang pada gilirannya menimbulkan dampak negatif. Organisasi yang budaya korporatnya kuat cenderung resistif terhadap perubahan. Hal ini menyangkut kepentingan tatanan pengurus organisasi. Lebih-lebih apabila perusahaan menunjukkan kinerja tinggi. Sikap resistif terhadap perubahan itu semakin keras dan kaku dengan semakin kompleks dan semakin besarnya organisasi. Apakah budaya korporat yang sedang berlaku dalam perusahaan, menunjang diberlakukannya penerapan good corporate governance? Kendala besar penerapan good corporate governance terletak pada komitmen dari puncak. Dengan menggunakan metode penelitian kepustakaan dengan menggunakan tipologi penelitian deskriptif, diperoleh gambaran bahwa hukum korporasi di Indonesia dan Pedoman good corporate governance tahun 2001 telah memberikan sarana yang memadai bagi penerapan prinsip-prinsip good corporate governance di Indonesia. Efektifnya implementasi good corporate governance dalam kinerja perusahaan tidak hanya ditentukan oleh insentif-insentif faktor eksternal, tetapi juga oleh insentif-insentif faktor internal. Kesimpulan utama, tantangan yang dihadapi adalah budaya korporat yang berlaku dalam suatu perusahaan.
2006
T36892
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Djamalludin
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini menguji secara empiris tentang budaya korporat dan reputasi perusahaan serta hubungan perusahaan sebagai pembeli dengan para pemasok. Studi ini ingin menganalisis apakah hubungan pembeli dan pemasok dipengaruhi oleh budaya korporat dan reputasi perusahaan pembeli. Untuk mengetahui peranan dan hubungan budaya korporat dan reputasi perusahaan, maka penelitian ini menganalisis tentang pengaruh budaya korporat terhadap reputasi perusahaan dan tentang pengaruh budaya korporat dan reputasi perusahaan terhadap hubungan perusahaan sebagai pembeli dengan para pemasoknya.

Penelitian ini menggunakan data primer yang berasal dari para responden. Responden daiam penelitian ini adalah perusahaan pemasok yang terdaftar sebagai rekanan pada perusahaan BP Indonesia di Jakarta dalam aktivitas pengadaan barang dan jasa. Data penelitian yang diperoleh berkaitan dengan evaluasi, pemahaman dan pengalaman perusahaan pemasok sebagai rekanan pada perusahaan pembeli. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunalcan teknik analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda.

Hasil analisis mcnunjukan adanya pengaruh positif yang signifikan dari budaya korporat terhadap reputasi perusahaan, dan pengaruh positip budaya korporat dan reputasi perusahaan terhadap hubungan pembeli dan pemasok.

Hasil penelitian ini menyatakan secara tidak langsung pentingnya bagi perusahaan untuk membentuk budaya korporat yang baik dan unggul agar tercipta reputasi perusahaan yang baik. Budaya korporat dan reputasi perusahaan yang baik akan meningkatkan hubungan kerjasama dengan perusahaan mitra kerja.
ABSTRAK
This research empirically examined the corporate culture, company reputation and relationship between buying company and its suppliers (supplying companies). This study seeks to analyze whether the business relationship between a buying company and its suppliers is affected by the buying companys corporate culture and reputation. To understand more about the role and relationship of the corporate culture and the company reputation, this research has analyzed the effect of corporate culture to the company reputation, and the eject of both corporate culture and company reputation to the relationship between a buying company and its suppliers.

The research used primary data obtained from the respondents. The respondents are the companies that registered as BP Indonesia ?s supplier in Jakarta office in procurement goods and service activities. The data obtained are related to the suppliers' evaluation, understanding and experiences toward the buying company. The data is analyzed by using simple regression analysis and multiple regression analysis.

The result of analysis proved significantly the effect of corporate culture to company reputation and also the effect of both corporate culture and company reputation to the relationship between buying company and its supplier.

The research outcome implies the importance for a company to establish a great corporate culture in order to create a great reputation. A great corporate culture and reputation will improve the company relationship with its business partners.
2007
T17775
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library