Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
Jatayu Jiwanda M.
Abstrak :
ABSTRAK
Tesis ini adalah sebuah eksplanasi konsep anatta dalam pemikiran Buddhisme. Konsep anatta menggagas penolakan akan adanya eksistensi diri, jiwa atau atman. Penolakan ini merupakan sikap anti fondasional dan kritik terhadap pemikiran tradisi Brahmanisme Hindu dengan menolak realitas tunggal dan metafisis yang menopang realitas. Ide mengenai ldquo;diri rdquo; dianggap sebagai suatu khayalan, kepercayaan yang keliru yang telah menghasilkan suatu pandangan yang berbahaya mengenai ldquo;aku rdquo; atau ldquo;keakuan rdquo;, hasrat yang mementingkan diri sendiri selfish , keterikatan, kebencian, egoisme yang justru menjadi sumber penderitaan dukkha . Manusia hanyalah entitas yang selalu berubah-ubah sehingga segala ketetapan diri tidak dimungkinkan. Konsep ini adalah suatu jalan untuk pembebasan penderitaan itu sendiri. Muatan etis yang terkandung tidak lain memberikan kritik terhadap individualisme atau pementingan diri sendiri dalam setiap tindakan manusia. Individualisme ini diakari oleh hasrat tanha untuk mempertahankan eksistensi dirinya, memperoleh kejayaan dari kenikmatannya termasuk klaim identitas seutuhnya. Dengan menanggalkan segala hasrat kepemilikan atau motivasi pribadi dalam tindakan adalah jalan menuju pencerahan nibbana.
ABSTRACT
This thesis is an explanation anatta concept in Buddhism thought. Anatta doctrine in Buddhism rejects the idea of any self existence, soul, or atman. This rejection acts as anti foundational attitude and critique towards Brahmanism Hindu by denying any single reality and metaphysic that support reality. The concept of ldquo self rdquo is considered as an illusion and false belief that constructs a hostile viewpoint of ldquo I rdquo or ldquo mine rdquo , a desire that put oneself above everything else selfish , attachment, hatred, and egoism that instead becomes the source of suffering dukkha . According to Anatta, human is merely an always changing entity, therefore any idea of self permanence is impossible. This concept is a way to free human from the suffering itself. The ethical content in it give critics toward individualism and egoism in every deed of human. This individualism is based on desire tanha to retain one rsquo s existence, gaining glory from its joy and includes a full claim of one rsquo s identity. By throwing away every desire for possession or personal motivation in every deed is a way into enlightment nibbana .
2017
T48168
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Muriwali Yanto Matalu
Abstrak :
ABSTRAK
Artikel ini mendeskripsikan doktrin non-duality Shankara dan memberikan respons dari sisi Kristen. Menggeluti pemikiran dari filsuf besar India ini bukanlah suatu upaya yang berlebihan karena konsep non duality yang bertahan di era zaman baru ini. Beberapa terminologi seperti Brahman/Realitas yang absolut, Atman/basis absolut dari jiwa manusia yang identik dengan Brahman, dan maya/ilusi tidaklah unik bagi mengenal pengajaran guru zaman baru, seperti Deepak Chopra. Karenanya, upaya penulis untuk bereaksi melalui lensa iman Kristen akan berfaedah khususnya dalam memperkaya pemahaman kita akan realita apologetika Kristen. Disini, respons penulis menunjukkan problem yang terkandung dalam metafisika, logika, dan etika dari non duality Shankara yang dia kemukakan dalam konsep seperti Brahman, Atman, dan maya
Jakarta: Sekolah Tinggi Teologi Reformed Injili Internasional (STTRII), 2017
230 JTRI 4:2 (2017)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
R.Ng. (Raden Ngabehi) Yasadipura I
Abstrak :
Buku Menak Kuristam ini adalah salah satu bagian dari rangkaian Serat Menak gubahan Yasadipura I, terbitan Bale Pustaka tahun 1934. Adapun ringkasan isinya: 1.) (Hlm. 3) Raden Kobat Sarehas diangkat sebagai raja; 2.) (Hlm. 8) Wong Agung menyerang Kuristam; 3.) (Hlm. 13) Raja Bahman menyaksikan kedatangan pasukan Wong Agung; 4.) (Hlm. 18) Keberangkatan pasukan Wong Agung; 5.) (Hlm. 23) Wong Agung memberikan surat tantangan kepada Raja Brahman; 6.) (Hlm. 27) Raja Brahman perang dengan Lamdahur; 7.) (Hlm. 34) Raja Brahman perang dengan Prabu Umarmadi; 8.) (Hlm. 35) Raja Brahman menyombongkan diri pada Wong Agung; 9.) (Hlm. 36) Wong Agung berperang melawan Raja Brahman; 10.) (Hlm. 37) Raja Brahman tunduk pada wong Agung; 11.) (Hlm. 39) Raja Ngabesi disuruh menumpas Wong Agung; 12.) (Hlm. 45) Raja Sadat Kabul Ngumar mengepung kota Mekah; 13.) (Hlm. 50) Raja Sadat Kabul Ngumar takluk pada Wong Agung; 14.) (Hlm. 52) Wong Agung hendak menaklukkan negara Kuparman; 15.) (Hlm. 55) Wong agung berangkat ke Kuparman; 16.) (Hlm. 57) Negara Kuparman jatuh oleh serangan Wong Agung; 17.) (Hlm. 61) Raja Indi bernama Kaladaran disambut oleh Lamdahur; 18.) (Hlm. 63) Wong Agung perang dengan Raja Kaladaran; 19.) (Hlm. 67) Raja Kaladaran tewas dibunuh Wong Agung; 20.) (Hlm. 70) Raja Kikail dan Raja Gulangge; 21.) (Hlm. 73) Raja Kikail tewas dibunuh Wong Agung; 22.) (Hlm. 76) Wong agung hendak menyerang Prabu Aspandriyadi negara Biraji.
Betawi Sentrem: Bale Pustaka, 1934
BKL.0623-CP 19
Buku Klasik Universitas Indonesia Library