Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 7 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Amsterdam: John Benjamins Publishing, 2005
418 PLA
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Bot, Kees de
New York : Routledge , 2005
418 BOT s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Canti Widya Permata
"ABSTRAK
Penelitian mengenai korelasi tingat sosial ekonomi dengan pemerolehan bahasa kedua, khususnya bahasa Inggris, dilihat dari kemahiran berbicara peserta kursus English For Teenagers dilakukan selama Januari 1996 0 April 1996. Nilai kemahiran berbicara bahasa Inggris dianggap menunjukkan kemampuan berbahasa Inggris para peserta. Tujuan penelitian adalah untuk membuktikan korelasi tingkat sosial ekonomi dengan kemahiran berbicara peserta khusus tingkat dua dab tiga Program English For Teenagers di Program Pelayanan Bahasa Fakultas Sastra Universitas Indonesia.
Penelitian sebelumnya terbatas pada pengaruh tingkat sosial ekonomi dalam pemerolehan bahasa pertama anak, telah dilakukan oleh McCarthy dan Templin. Peneitian tentang pengaruh tingkat sosial ekonomi dalam pemerolehab bahasa kedua masih jarang dilakukan.
Nilai kemahiran berbicara didapat dari hasil tes oral tengah semester dan tes oral akhir semester. Klasifikasi tingkat sosial ekonomi dikumpulkan melalui kuesioner. cara penelitian tes oral dan cara penyususnan serta hasil kuesioner dijelaskan.
Hasil penelitian membuktikan adanya koreasi antara tingkat sosial ekonomi degan kemahiran berbicara pada bahasa Inggris. Dari 23 subjek yang terbagi atas dua kelas, kelas EFT-2 dan EFT-3 didapat koefisien korelasi sebesar 0.2565. Koefisien korelasi kelas EFT-2 dengan jumlah subjek 11 ialah 0.3719. Koefisien kelas EFT-3 dengan jumlah subjek 12 sebesar 0.1687. Sifat korelasi, baik perkelas maupun keseluruhan adalah positif, membuktikan bahwa ada korelasi antara tingkat sosial ekonomi dengan kemahiran berbicara peserta English For Teenagers tingkat dua dan tiga di Program Pelayanan Bahasa Fakultas Sastra Universitas Indonesia.

"
1996
S14013
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Washington DC: Georgetown University Press, 2005
418 MIN
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Rahmarni Sawitri
"ABSTRAK
Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan verbal dan spasial kaum pria dan wanita berbeda. Kaum wanita memiliki kemampuan yang lebih baik dalam bidang verbal dibandingkan kaum pria. Sebaliknya kaum pria memiliki kemampuan yang lebih baik dibandingkan kaum wanita dalam bidang spasial. Kemampuan verbal dan spasial yang terdapat pada diri seseorang mewakili kemampuan kognitif orang tersebut. Faktor kognitif merupakan salah satu faktor yang berpengaruh dalam pemerolehan bahasa kedua. Apabila kemampuan kognitif antara pria dan wanita berbeda, maka semestinya tingkat penguasaan mereka akan bahasa kedua juga berbeda.

"
1996
S13978
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
HR Prihatinawati
"ABSTRAK
Keuntungan dan kerugian pembelajaran bahasa kedua sejak usia dini hingga sekarang
masih diperdebatkan (Izdihar, 2009). Pada beberapa kasus, pembelajaran bahasa
kedua pada usia dini dipercaya justru dapat menghambat perkembangan kemampuan
bicara siswa (Howell, P; Davis, S; William, R, 2009). Tesis ini membahas tentang
hubungan bilingualisme dan pola asuh autoritatif pada perkembangan kreativitas
siswa kelas 5 SD di Bogor. Kemampuan kreativitas anak diukur menggunakan Tes
Kreativitas Verbal/TKV paralel 1 (Munandar, 1988), bilingualisme diukur
menggunakan Picture Naming Test/PNT (Kharkhurin, 2008), dan pola asuh
autoritatif dilihat melalui kuesioner pola asuh autoritatif. Selain itu, hal-hal lain yang
diperhitungkan dalam penelitian ini adalah usia belajar bahasa kedua (second
language acquisition/SLA), bahasa yang dipergunakan di rumah, serta jenis kelamin.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non eksperimental. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: 1) bilingualisme berkorelasi positif dengan kreativitas, namun
tidak demikian halnya dengan pola asuh autoritatif dan kreativitas; 2) bahasa
campuran Inggris-Indonesia yang dipergunakan sehari-hari berkorelasi positif dengan
kreativitas; 3) usia mulai belajar bahasa kedua berkorelasi negatif terhadap
kelancaran bilingual. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa
kedua sejak dini dapat membawa keuntungan bagi siswa dengan cara mendukung
perkembangan kreativitas siswa, khususnya jika bahasa tersebut dilatih dan
dipergunakan sehari-hari."
2010
T37864
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library