Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Lalita Padmapuspita
"Teknologi informasi membawa banyak perubahan dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya perkembangan e-commerce. Namun, e-commerce yang saat ini berjamur adalah ecommerce B2C dan C2C padahal B2B e-commerce memiliki banyak potensi dan manfaat. B2B e-commerce sebagai sistem informasi antar organisasi yang memungkinkan pembeli dan penjual yang berpartisipasi secara online untuk bertukar informasi tentang harga dan penawaran produk. Sama halnya dengan model e-commerce lain, B2B e-commerce menawarkan dari pencarian produk hingga pembayaran produk dapat dilayani di dalam platform. Menurut survei DailySocial pada tahun 2018, hanya sekitar 36% yang pernah menggunakan B2B e-commerce. Selain itu, dengan adanya anomali akibat dari pandemi COVID-19 yang berakibat banyak yang beralih ke online, perusahaan B2B e-commerce menargetkan peningkatan penggunaan mereka lebih dari 25% di tahun 2021 ini. Untuk itu, perlu adanya penelitian terhadap faktor pendukung untuk mengembangkan B2B e-commerce di Indonesia khususnya untuk meningkatkan penggunaannya. Penelitian ini menggunakan DeLone and McLean Information System Success Model yang telah ditambahkan beberapa variabel ke dalam modelnya untuk mengetahui faktor pendukung yang membuat pengguna menggunakan B2B e-commerce. Model ini divalidasi melalui kuesioner dan studi literatur. Setelah kuesioner publik disebarkan, hasilnya diolah melalui Structural Equation Modelling (SEM). Hasilnya memperlihatkan bahwa variabel-variabel kualitas layanan (SEQ), keuntungan yang dipersepsikan (PV), kegunaan atau manfaat B2B e-commerce (U), kepuasan pengguna B2B e-commerce (US), tekanan eksternal yang dirasakan (PEP), dan niat untuk menggunakan B2B e-commerce memiliki hubungan direct dan indirect yang signifikan terhadap penggunaan sebenarnya dari B2B e-commerce. Selain itu, metodologi pairwise digunakan untuk mengetahui faktor pendukung keberhasilan perkembangan B2B ecommerce di Indonesia menurut para ahli dan diketahui bahwa tiga faktor pendukung untuk keberhasilan perkembangan B2B e-commerce ialah infrastuktur TI, layanan pelanggan, dan pemasaran & branding.

Information technology brings many changes in everyday life, one of them is the development of e-commerce. However, e-commerce that is currently booming is B2C and C2C e-commerce, even though B2B e-commerce has many potentials and benefits. B2B e-commerce as an inter-organizational information system that allows buyers and sellers who participate online to exchange information about prices and product offerings. As with other e-commerce models, B2B e-commerce offers from procure to pay for products that can be served on the platform. According to a DailySocial survey in 2018, only around 36% have ever used B2B e-commerce. In addition, with the anomaly resulting from the COVID-19 pandemic which resulted in many sectors switching to online, B2B e-commerce companies are targeting an increase in their use of more than 25% by 2021. For this reason, it is necessary to understand the supporting factors for developing B2B e-commerce in Indonesia, especially to increase its use. This study uses the DeLone and McLean Information System Success Model which has added several variables to the model to determine the supporting factors that make users use B2B e-commerce. This model was validated through a questionnaire and literature study. After the public questionnaire is distributed, the results are processed through Structural Equation Modeling (SEM). The results show that the variables of service quality (SEQ), perceived value (PV), usefulness or benefits of B2B e-commerce (U), B2B e-commerce user satisfaction (US), perceived external pressure (PEP), and intention to use B2B e-commerce has a significant direct and indirect relationship to the actual use of B2B e-commerce. In addition, the pairwise methodology is used to determine the supporting factors for the successful development of B2B e-commerce in Indonesia according to experts and it is known that three supporting factors for the successful development of B2B e-commerce are IT infrastructure, customer service, and marketing & branding. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nabila Fajri Kusuma Ningrum
"Optimalisasi proses pembelian langsung melalui platform e-commerce Business-to-business (B2B) memainkan peran penting dalam mengurangi waktu proses pengadaan barang dan jasa. Misalnya, menyederhanakan pencarian dan perbandingan produk dan pemasok. Namun, hanya sedikit penelitian yang dilakukan mengenai perbaikan proses bisnis dan penilaian tingkat kepentingan atribut kualitas proses pembelian langsung melalui e-commerce pada suatu korporasi besar. Untuk mengurangi kesenjangan penelitian ini, penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses bisnis pembelian langsung yang didasari oleh prioritisasi kualitas atribut permasalahannya. Dua metode penelitian diterapkan: Pertama, Multi Criteria Decision Making (MCDM) dengan Fuzzy Analytical Hierarchy Process (FAHP) digunakan untuk mengidentifikasi atribut kualitas kritis yang didapatkan dari artikel jurnal dengan persetujuan praktisi ahli di industry terkait. Kedua, Business Process Reegineering (BPR) digunakan untuk memperbaiki proses bisnis pembelian langsung untuk meningkatkan efisiensi proses end-to-end. Hasil analisis MCDM menghasilkan urutan prioritisasi kategori pada proses pembelian langsung antara lain Financial Flow, Commercial Flow, Information Flow, Logistics Flow, dan Design Flow. Selain itu, BPR yang dilakukan dapat meningkakan waktu proses pembelian langsung hingga 18%. Studi ini memberikan wawasan praktis bagi praktisi pengadaan dalam menyusun proses bisnis pembelian langsung melalui platform e-commerce di korporasi besar.

Efficient procurement processes are crucial for oil and gas companies to meet their business needs. This study focuses on improving the direct purchasing process of an Indonesian oil and gas company through its MSMEs E-commerce platform. The research employs a two-step approach: first, Multi Criteria Decision Making (MCDM) with Fuzzy Analytical Hierarchy Process (FAHP) is used to prioritize critical quality attributes based on expert opinions; second, Business Process Reengineering (BPR) is applied to redesign the process based on the prioritized attributes. The FAHP analysis reveals that Financial Flow, Commercial Flow, and Information Flow are the top priority categories, with payment accuracy, order fulfillment, and system integration being the most critical attributes. The redesigned process, which eliminates redundant steps and improves payment and order handling, achieves an 18% reduction in processing time. The findings provide practical insights for procurement practitioners in structuring direct purchasing processes via e-commerce platforms and highlight the value of combining MCDM and BPR for process improvement."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indira Prianda
"Dalam era modern saat ini proses bisnis yang sedang marak di kalangan perusahaan dan melaju di tingkat yang lebih inovatif adalah bisnis Business-to-Business E-Commerce atau biasa disebut sebagai B2B E-Commerce. Salah satu jenis penawaran B2B terbesar di Indonesia yaitu PT. GMF AeroAsia yang bergerak di bidang MRO Maintenance, Repair, and Overhaul memiliki bisnis maintenance pesawat dan sebagai distributor material komponen pesawat yang bernama GMF AeroTrade. GMF AeroTrade merupakan bentuk platform E-Commerce berbentuk web store yang baru berdiri sejak awal tahun 2017.
Seiring berkembangnya kebutuhan akan material komponen pesawat yang selalu meningkat setiap tahunnya, telah memberikan dampak yang cukup besar terhadap kompetitifnya pasar distributor kebutuhan komponen pesawat terbang. Dengan perubahan baru dengan diadakannya platform berbasis E-Commerce ini di GMF AeroTrade dan juga melihat adanya banyak kompetitor lainnya di dunia, peran loyalitas pelanggan sangat berpengaruh terhadap keuntungan perusahaan. Maka dari itu GMF AeroTrade membutuhkan strategi yang kuat untuk dapat meningkatkan loyalitas pelanggan Customer Loyalty.
Dalam pembuatan strategi tersebut akan diteliti dari pengaruh faktor Image, Perceived Quality, Perceived Value, dan Customer Satisfaction terhadap loyalitas pelanggan Customer Loyalty dengan menggunakan metode SEM- PLS. Selain itu, digunakan metode Importance-Performance Analysis untuk mendapatkan action items beserta tingkat prioritas pelaksanaan untuk setiap action items. Penelitian ini mengambil pelanggan yang aktif melakukan transaksi pembelian di GMF AeroTrade.
Hasil dari penelitian ini merupakan strategi untuk meningkatkan loyalitas pelanggan Customer Loyalty GMF AeroTrade, sehingga dapat bersaing dengan kompetitor distributor material komponen pesawat lainnya yang ada di dunia.

In today 39 s modern era, the business process that is being hype among companies and driving at a more innovative level is the Business to Business E Commerce or commonly referred to as B2B E Commerce. One of the biggest B2B offerings in Indonesia is PT. GMF AeroAsia which is engaged in MRO Maintenance, Repair, and Overhaul that runs in aircraft maintenance business and as an aircraft material distributor named GMF AeroTrade. GMF AeroTrade is a form of E Commerce platform in the form of a new web store that was established since early 2017.
As the growing demand for aircraft parts material which always increasing every year, has had a considerable impact on the competitive market of aircraft distributor needs. With the new changes in the establishment of this E Commerce based platform at GMF AeroTrade and also see the presence of many other competitors in the world, the role of Customer Loyalty is very influential for the corporate profits. Therefore, GMF AeroTrade requires a strong strategy to increase its Customer Loyalty.
The strategy will be examined from the influence of Image, Perceived Quality, Perceived Value, and Customer Satisfaction to Customer Loyalty by using SEM PLS method. In addition, the Importance Performance Analysis method is used to obtain the action items along with the priority level of implementation for each action items. This research focuses on the customers who are actively making purchases at GMF AeroTrade.
The results of this study is a strategy to increase Customer Loyalty in GMF AeroTrade, so that it can compete with other aircraft parts distributor in the world.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library