Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Erly Dwi Aryati
Abstrak :
Pesatnya pertumbuhan perekonomian Jabodetabek pada beberapa dekade terakhir menyebabkan fenomena yang tidak wajar, tingginya urbanisasi dan motorisasi berkelanjutan. Hal ini berdampak pada kemacetan lalu lintas di kota Jakarta sebagai tujuan utama masyarakat. Realisasi megaproyek Busway adalah bagian rencana jangka panjang pemerintah dalam pengadaan sistem transportasi umum yang terintegrasi untuk memperbaiki kondisi lalu lintas yang semakin menburuk.
Angkutan pengumpan (feeder) tidak bisa dipisahkan keberadaannya dengan pelayanan Busway. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mencoba meniru sistem angkutan pengumpan (feeder) di Bogota, namun pemahaman itu sebatas wacana tanpa ada eksekusi yang konsisten. Karena angkutan pengumpan (feeder) dan busway di Jakarta saat ini belum terintegrasi dengan baik.
The rapid growth of Jabodetabek economy in the last decade cause extra ordinary phenomena that are the high of urbanization and the continuing of motorization movement. This matter results traffic jam in Jakarta as the main destination of community. The Busway mega project accomplishment is the part of the government long planning in the achievement of integrated public transportation system for improvement of city traffic which is being poorer.
The existence of feeder transportation could not be separated with the Busway service. The DKI Jakarta province government tries to adopt the feeder system in Bogota, however the understanding is only planning without the consistence execution. The feeder and Jakarta busway system are still not well integrated.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S50464
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Simanjuntak, Samuel Edy Mataram
Abstrak :
Pada saat ini, kota Jakarta mempunyai transportasi massal seperti BRT Bus Rapid Transit Transjakarta. PT. Transpotasi Jakarta di bawah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta selalu berusaha untuk melakukan perbaikan layanan BRT Transjakarta untuk pelanggannya. Untuk mendukung sistem BRT, PT. Transportasi Jakarta menyediakan bus pengumpan Transjakarta. Bus pengumpan Transjakarta adalah bus yang dioperasikan untuk dapat mengangkut penumpang di luar jalur Bus Transjakarta dan terintegrasi ke halte-halte bus Transjakarta. Selain itu, angkutan umum yang lain juga dapat dijadikan sebagai pengumpan bus Transjakarta. Keberadaan angkutan umum ini sangat penting karena dapat menambah jumlah penumpang bus Transjakarta. Namun kondisi angkutan umum banyak yang mulai sudah tua dan kualitas pelayanannya menurun. Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Kepuasan konsumen sangat penting karena dapat mempengaruhi konsumen untuk menggunakan angkutan umum. Oleh karena itu dilakukan penelitian terhadap kualitas pelayanan angkutan pengumpan Transjakarta. Analisa PLS-SEM dilakukan untuk mengetahui kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayananya. Hasil dari penelitian terhadap pengguna angkutan pengumpan Transjakarta di koridor 4 Pulo Gadung ndash; Dukuh Atas 2 adalah pengguna bus feeder Transjakarta sangat puas terhadap variabel pelayanan dan fasilitas angkutan. Untuk kendaraan bus sedang, pengguna angkutan sangat puas terhadap variabel informasi dan teknologi nya terutama pada informasi ketersediaan angkutan umumnya. Untuk bus kecil, pengguna angkutan sangat puas terhadap variabel keamanan dan keselamatan terutama pada rasa aman membawa barang.
......
Nowadays, the city of Jakarta has a mass transportation such as BRT Bus Rapid Transit Transjakarta. PT. Transportasi Jakarta under Government of Jakarta always trying to make improvements Transjakarta BRT services to its customers. To support the BRT system, PT. Transportasi Jakarta provides Transjakarta feeder buses. Transjakarta feeder buses are buses that operate for transporting passengers outside Transjakarta bus lanes and integrated into Transjakarta bus stops. IOther than that, other public transport can also be used as feeder of Transjakarta. The existence of public transport is very important because it can increase the number of Transjakarta bus passengers. But the condition of public transport began aging and service quality decreasing. Service quality affects customer satisfaction. Customer satisfaction is very important because it can influence consumers to use public transport. PLS SEM analysis was conducted to determine customer satisfaction with quality of service. Results from studies of feeder transport users in the corridors 4 Pulo Gadung Dukuh Atas 2 is Transjakarta feeder bus users are very satisfied with the service variable and transport facilities. For medium size bus, transport users are very satisfied with the information and technology variables mainly on the availability of public transport information. For a small bus, transport users are very satisfied with the safe and security variables mainly on security carrying goods.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
T47127
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library