Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Raja Novitasari
"[ABSTRAK
Peruntukan kawasan jalan pesisir (coastal area) di kabupaten Karimun pada
perencanaan awal yaitu sebagai kawasan pariwisata, namun saat ini kondisi
eksisting sebagai kawasan perdagangan. Dalam penelitian ini dilakukan analisis
biaya dan manfaat, dimana perhitungan analisis biaya dan manfaat yang dilakukan
merupakan metode untuk mengetahui manfaat terbesar dari peruntukan kawasan
jalan pesisir sehingga dapat menentukan kebijakan optimal pada kawasan
tersebut. Hasil analisis menunjukan bahwa peruntukan kawasan jalan pesisir yang
layak adalah sebagai kawasan perdagangan karena memenuhi seluruh indikator
yaitu NPV (Net Present Value) sebesar Rp. 141.325.253.867, IRR (internal rate
of return) sebesar 40,8% dan BCR (Benefit Cost Ratio) sebesar 2,735. Dari hasil
tersebut dapat dikatakan bahwa peruntukan optimal kawasan jalan pesisir (coastal
area) di kabupaten Karimun adalah sebagai kawasan perdagangan. Pemerintah
daerah akan mendapatkan manfaat terbesar dengan menerapkan kawasan jalan
pesisir sebagai kawasan perdagangan.
Kemudian dilakukan simulasi pada kawasan pariwisata beberapa skenario dengan
hasil pada simulasi 1 dan 2 biaya 100% ditanggung pemerintah dengan asumsi
terjadi kenaikan pendapatan dan biaya setiap tahunnya. Hasilnya peruntukan
kawasan coastal area tidak memenuhi NPV karena kurang dari nol. Pada simulasi
3 dibuat gabungan antara pihak swasta dan investor dengan hasil untuk NPV dan
BCR menjadi layak. Dari hasil simulasi yang dilakukan dapat memberikan
masukan kebijakan kepada pemerintah daerah agar memenuhi kelayakan pada
kawasan jalan pesisir perlu dilakukan kerjasama swasta dan pemerintah. Sehingga
perencanaan dapat aplikatif dan memberikan kesejahteraan melalui pendapatan
pemerintah daerah yang dapat digunakan kembali untuk pembangunan dalam
bidang lainnya.

ABSTRACT
Allotment coastal road area in Karimun regency in the early planning is a
tourism area, but existing condition of coastal road area currently as a trade
area. In this research, the analysis of costs and benefits, where the calculation of
cost-benefit analysis is carried out to determine the greatest benefits of allotment
area coastal road so as to determine the optimal policy in the region. The result of
this research showed decent allotment for coastal road area in Karimun district is
the current existing condition which is a trade area because it meets all the
indicators with NPV (Net Present Value) in amount of Rp. 141, 325, 253 867, IRR
(internal rate of return) in amount of 40.8% and BCR (Benefit Cost Ratio) in
amount of 2.735. From these results we can say that optimal allotment coastal
road area (coastal area) in the district Karimun is a trade area. Local
governments will gain the greatest benefit by implementing a coastal road area as
a trade area.
Then, researcher do simulation for turism area with the result of simulations 1
and 2 for cost 100% paid by government with assumption increasein cost and
benefit each year. The result allotment turism area does not approve due to less
then zeroNPV. In simulation 3 made a joint between investor and government has
a result NPV and BCR become feasible. From the result can provide policy advice
to local governments in order to meet the eligibility on the coastal road area
should be private and government cooperation. So that planning can be applied
and provide welfare through local government revenues that can be reused for
development in other fields., Allotment coastal road area in Karimun regency in the early planning is a
tourism area, but existing condition of coastal road area currently as a trade
area. In this research, the analysis of costs and benefits, where the calculation of
cost-benefit analysis is carried out to determine the greatest benefits of allotment
area coastal road so as to determine the optimal policy in the region. The result of
this research showed decent allotment for coastal road area in Karimun district is
the current existing condition which is a trade area because it meets all the
indicators with NPV (Net Present Value) in amount of Rp. 141, 325, 253 867, IRR
(internal rate of return) in amount of 40.8% and BCR (Benefit Cost Ratio) in
amount of 2.735. From these results we can say that optimal allotment coastal
road area (coastal area) in the district Karimun is a trade area. Local
governments will gain the greatest benefit by implementing a coastal road area as
a trade area.
Then, researcher do simulation for turism area with the result of simulations 1
and 2 for cost 100% paid by government with assumption increasein cost and
benefit each year. The result allotment turism area does not approve due to less
then zeroNPV. In simulation 3 made a joint between investor and government has
a result NPV and BCR become feasible. From the result can provide policy advice
to local governments in order to meet the eligibility on the coastal road area
should be private and government cooperation. So that planning can be applied
and provide welfare through local government revenues that can be reused for
development in other fields.]"
2015
T43443
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sidauruk; Rina Meilina Francine
"[ABSTRAK
Teknologi taman vertikal (dinding hijau) merupakan suatu konsep penanaman
vegetasi alami yang dibangun secara tegak lurus atau vertikal. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis dan mengidentifikasi potensi taman vertikal sebagai
suatu solusi keterbatasan ruang hijau dan pengendali kualitas udara di wilayah
Ruang Terbuka Hijau (RTH) terbatas pada wilayah gedung bertingkat tinggi.
Penelitian ini juga bertujuan mengidentifikasi komponen biaya dan manfaat serta
mengetahui pengetahuan, persepsi dan sikap masyarakat terhadap teknologi taman
vertikal ini. Analisis dilakukan dengan metode perbandingan berdasarkan kondisi
eksisting tutupan tanah berdasarkan hasil citra Landsat dan pengukuran kualitas
udara, analisis biaya dan manfaat serta analisis frekuensi untuk kuesioner.
Proporsi luas tutupan vegetasi pada wilayah penelitian sebesar 21,13%, taman
vertikal mampu menjadi RTH pengendali kualitas udara dengan menurunkan
konsentrasi CO2 sebesar 4,85%, nilai B/C ratio sebesar 14,63 serta pengelola
gedung memiliki tingkat persepsi terhadap manfaat teknologi taman vertikal
diatas 75,9%.

ABSTRACT
Vertical garden technology (green wall) is a concept of natural vegetation
constructed perpendicularly or vertically. This study aims to analyze and identify
potential vertical garden as a green solution to space limitations and control of air
quality in the area of green open space (RTH) is limited to the area of high-rise
buildings. This study also aims to identify the components of the costs and
benefits as well as knowing knowledge, perceptions and attitudes towards this
vertical garden technologies. The analysis was performed by the method of
comparison based on the existing condition of land cover based on Landsat
imagery and measurement of air quality, cost-benefit analysis and frequency
analysis to the questionnaires. Proportion of vegetation covered in the study area
by 21,13%, vertical gardens could become RTH controlling air quality by
reducing CO2 concentration of 4,89% , the value of B/C ratio of 14,63 and
building management have a certain level of perceptions of the benefits of vertical
garden technologies above 75,9%., Vertical garden technology (green wall) is a concept of natural vegetation
constructed perpendicularly or vertically. This study aims to analyze and identify
potential vertical garden as a green solution to space limitations and control of air
quality in the area of green open space (RTH) is limited to the area of high-rise
buildings. This study also aims to identify the components of the costs and
benefits as well as knowing knowledge, perceptions and attitudes towards this
vertical garden technologies. The analysis was performed by the method of
comparison based on the existing condition of land cover based on Landsat
imagery and measurement of air quality, cost-benefit analysis and frequency
analysis to the questionnaires. Proportion of vegetation covered in the study area
by 21,13%, vertical gardens could become RTH controlling air quality by
reducing CO2 concentration of 4,89% , the value of B/C ratio of 14,63 and
building management have a certain level of perceptions of the benefits of vertical
garden technologies above 75,9%.]"
2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indang Dewata
"Sumber daya alam terbagi atas tidak terbarukan (non renewable) dan terbarukan (renewable). Salah satu sunnber daya alam terbarukan adalah kelapa sawit yang digunakan untuk bahan baku proses produksi minyak kelapa sawit berupa Crude Palm Oil (CPO) dan Palm Kernel Oil (PKO).
Proses produksi minyak kelapa sawit menghasilkan volume dan konsentrasi limbah cair yang tinggi dan dapat merusak lingkungan perairan, hal ini disebabkan oleh rata-rata kebutuhan air untuk proses pengolahan minyak kelapa sawit yang kurang efisien. Selain itu pengendalian limbah cair kelapa sawit, belum mengintegrasikan 3 butir ciri pembangunan berwawasan lingkungan yaitu layak ekonomi, sosial dan lingkungan.
Penelitian ini dilaksanakan di propinsi Sumatera Barat, populasi penelitian adalah 13 pabrik minyak kelapa sawit dan masyarakat yang bertempat tinggal di sekitar lokasi pabrik. Tahapan penelitian dimulai dengan identifikasi proses produksi pabrik minyak kelapa sawit, karakteristik limbah cair yang dihasilkan, beban pencemaran limbah cair, dan metode penanganannya. Tahap selanjutnya adalah mencari peluang penerapan minimisasi, pemanfaatan limbah cair, dan valuasi atas upaya pengendalian pencemaran melalui penerapan kaidahkaidah minimisasi limbah dan pemanfaatanya.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa, pengendalian pencemaran limbah cair kelapa sawit berdasarkan analisis biaya dan manfaat yang layak secara ekonomi, sosial, dan lingkungan adalah minimisasi limbah cair dengan metoda reduce, reuse, recycle serta memisahkannya berdasarkan limbah cair konsentrasi tinggi atau High Polluted Effluent (HPE) dan limbah cair konsentrasi rendah atau Low Polluted Effluent (LPE) kemudian dimanfaatkan untuk aplikasi lahan."
Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2007
D1545
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rifqi Annas Albasyahri
"Pemerintah Indonesia memiliki target bauran Energi Baru Terbarukan (EBT) sebesar 23% pada tahun 2025 dan 31% pada tahun 2050. Dengan target ini, Indonesia dinilai akan mulai melakukan investasi pada pemasangan energi baru terbarukan untuk menggantikan pembangkit dengan bahan bakar fosil. Dengan perubahan eksistensi pembangkit, pastinya terdapat beberapa kemungkinan permasalahan baru pada sistem kelistrikan di Indonesia yang bersangkutan dengan kualitas daya seperti frekuensi/tegangan yang tidak stabil, perminataan beban yang berlebih, atau fluktuasi daya pembangkitan. Battery Energy Storage System (BESS) atau Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) merupakan salah satu jenis pembangkit yang dapat memperbaiki kualitas frekuensi sistem. Akan tetapi, pengimplementasian BESS sebagai ancillary services di Indonesia masih diragukan jika dibandingkan PLTD jika hanya dilihat dari aspek finansial. Oleh karena itu, perlu dilakukan kajian lebih lanjut mengenai alternatif yang seharusnya dilakukan untuk memperbaiki frekuensi sistem kelistrikan di Indonesia. Penelitian ini akan menganalisis kedua alternatif tersebut menggunakan analisis biaya dan manfaat dilihat dari aspek finansial dan nonfinansial. Analisis finansial akan mengkaji kedua alternatif melalui perhitungan Internal rate of Return (IRR), Net Present Value (NPV), Discounted Payback Period (DPP), dan Profitability Index (PI) atau Benefit to Cost Ratio (BCR). Sementara itu, analisis nonfinansial akan mengkaji dari segi keteknikan, lingkungan, dan sosial. Dari hasil analisis ini, Penelitian menghasilkan kesimpulan bahwa BESS memiliki untuk diimplementasikan sebagai ancillary services di Indonesia. Proyek BESS pada wilayah TT menghasilkan NPV > 0, IRR 6,09, DPP selama 9 tahun, dan BCR 1,18. Sementara itu, proyek PLTD menghasilkan NPV > 0, IRR 5,64, DPP selama 7 tahun, dan BCR 1,427.

The Indonesia government has set a target of New and Renewable Energy (NRE) sector for about 23% in 2025 and 31% in 2050. Along with this target, Indonesia is expected to start investing in the installation of renewable energy sector to replace conventional power plant (fossil fuel-fired power plant). With the change of existing power plants, there are certainly some new potential problems arised in the Indonesian electricity systems related to the power quality such as unstable frequency/voltage, excessive load demand, or fluctuation of power generation. Battery Energy Storage System (BESS) or Diesel Power Plant are the type of generation plant which can improve the quality of frequency in the system. However, BESS implementation as ancillary services in Indonesia is still doubtful compared to PLTD if only seen by financial analysis. Therefore, several studies need to be carried out to determine the best alternatives to improve the frequency of Indonesia’s electricity system. This research will analyze which is the better implementation (BESS or PLTD) by using cost benefit analysis considering financial and nonfinancial aspects. Financial analysis will analyze the two alternatives by calculating Internal rate of Return (IRR), Net Present Value (NPV), Discounted Payback Period (DPP), dan Profitability Index (PI) atau Benefit to Cost Ratio (BCR). Meanwhile, nonfinancial analysis will analyze in the technical, environment, and social. Along with this analysis, this research generates the conclusion that BESS has the potentials to be implemented as ancillary services in Indonesia’s electricity system. BESS in TT region generates NPV > 0, IRR 6,09, DPP in 9 years, dan BCR 1,18. Meanwhile, Diesel generator generates NPV > 0, IRR 5,64, DPP in 7 years, dan BCR 1,427."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library