Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Faisal Adi Jatmoko
Abstrak :
Lapangan gas X merupakan lapangan produksi gas alam yang memiliki produk samping berupa CO2. Dikarenakan sifatnya yang korosif dan dapat menurunkan nilai jual gas, gas tersebut umumnya akan dibuang ke atmosfer. Akan tetapi CO2 sebenarnya memiliki nilai ekonomis yang tinggi jika dapat dimanfaatkan untuk Enhanced Oil Recovery (EOR). Pada proses injeksi EOR untuk lapangan minyak Y, dibutuhkan CO2 dengan tingkat kemurnian lebih dari 95 %. Tingkat kemurniaan CO2 sangat berperan dalam menentukan banyaknya minyak yang yang dapat dipulihkan sedangkan CO2 dari lapangan gas X hanya memiliki tingkat kemurnian sebesar 76,2 % dengan kandungan air mencapai 16,5 %. Oleh karena itu dibutuhkan proses tambahan untuk dapat menaikkan tingkat kemurnian CO2. Pressure Swing Adsorption (PSA) dan Triethylene Glycol (TEG) Absorption dapat digunakan untuk menghilangkan kandungan air yang terkandung dalam CO2. Setelah dimurnikan, CO2 akan ditransmisikan untuk kemudian digunakan untuk injeksi CO2 sehingga didapat rancangan fasilitas integrasi CO2-EOR yang utuh. Berdasarkan hasil analisa ekonomi diperoleh penggunaan PSA pada fasilitas integrasi memiliki nilai NPV sebesar 349.376.372,23 USD, IRR sebesar 19,87 % , dengan biaya investasi sebesar 214.918.114 USD . Sedangkan penggunaan TEG memiliki nilai NPV sebesar 390.869.013,8 USD, IRR sebesar 20,37 %, dan biaya investasi sebesar 240.111.000 USD. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan penggunaan PSA dan TEG meskipun memiliki nilai investasi yang besar diperoleh hasil yang paling optimal dari segi net present value (NPV) sebesar 423.392.895,6 USD, Internal return rate (IRR) sebesar 20,71 %, dan payback periode selama 4,06 tahun. Selanjutnya dengan membandingkan skema PSC dan gross split pada penggunaan PSA dan TEG dapat diketahui bahwa gross split lebih optimal dengan nilai NPV sebesar 155 juta USD dan sebesar 19,68 % dibandingkan PSC dengan NPV sebesar 60,53 juta USD dan IRR sebesar 14,32 %. Faktor lain adalah ketahanan terhadap laju produksi minyak dan perubahan harga minyak gross split lebih baik dibanding PSC. Sehingga rancangan fasilitas integrasi CO2-EOR yang paling layak adalah dengan penggunaan Pressure Swing Adsorption (PSA) dan Triethylene Glycol (TEG) Absorption sebagai unit pemurnian CO2 dengan mengunakan skema keekonomian gross split. ......The X gas field is a natural gas production field that has a CO2 product. Due to its corrosive nature and can reduce the selling value of gas, the gas will generally be discharged into the atmosphere. But CO2 actually has a high economic value if it can be used for Enhanced Oil Recovery (EOR). In the EOR injection process for the Y oil field, CO2 is needed with a purity of more than 95%. The level of purity of CO2 plays an important role in determining the amount of oil that can be recovered while CO2 from the gas field X only has a purity level of 76.2% with a water content reaching 16.5%. Therefore an additional process is needed to be able to increase the CO2 purity level. Pressure Swing Adsorption (PSA) and Triethylene Glycol (TEG) Absorption can be used to eliminate the water content contained in CO2. Once purified, CO2 will be transmitted and then used for CO2 injection so that a complete design of CO2-EOR integration facilities is obtained. Based on the results of economic analysis obtained the use of PSA at the integration facility has an NPV value of 349,376,372.23 USD, an IRR of 19.87%, with an investment cost of 214,918,114 USD. Whereas the use of TEG has an NPV value of 390,869,013.8 USD, an IRR of 20.37%, and an investment cost of 240,111,000 USD. Based on the results of the analysis that has been carried out using PSA and TEG even though having a large investment value, the most optimal results obtained in terms of net present value (NPV) of 423,392,895.6 USD, Internal return rate (IRR) of 20.71%, and payback period of 4.06 years. Furthermore, by comparing the PSC and gross split schemes on the use of PSA and TEG, it can be seen that gross split is more optimal with NPV value of 155 million USD and 19.68% compared to PSC with NPV of 60.53 million USD and IRR of 14.32% . Another factor is the resistance to the rate of oil production and the change in gross split oil prices better than the PSC. So that the most feasible design of CO2-EOR integration facilities is to use Pressure Swing Adsorption (PSA) and Triethylene Glycol (TEG) Absorption as CO2 purification units using gross split economic schemes.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
T51906
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tsulits Anna Mushlihatuns
Abstrak :
ABSTRAK
Perkembangan dan inovasi tehnologi dalam memproses informasi memungkinkan pengiklan atau pemasar dapat merubah strategi kampanye pemasaran yang mereka lakukan dari bentuk iklan massal secara tradisional kedalam bentuk iklan personal untuk mengirimkan pesan iklan kepada konsumen secara individual. Tetapi karena iklan personal dapat menginvasi konsumen sampai kepada wilayah paling pribadi, konsumen cenderung beranggapan bahwa informasi personal yang mereka miliki dapat saja disalahgunakan sehingga konsumen cenderung merasa terganggu dan tidak percaya dengan berbagai informasi persuasif dari pengiklan dan cenderung akan menghindari paparan iklan-iklan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor potensial yang dapat mempengaruhi terjadinya perilaku atau sikap menghindari iklan personal menggunakan pendekatan Psychological Reactane Theory dalam kontek mobiles advertising berbasis SMS (spam) di Indonesia. Penelitian menggunakan metode dekriptif dengan single cross sectional design, dan hasil uji analisis model menggunakan analisis Structural Equation Model (SEM). Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa konstruk Ad Skeptiscm berpengaruh positif dan signifikan terhadap ad avoidance, sedangkan Perceived Personalization terbukti mengurangi pengaruh negatif iklan personal terhadap ad skepticsm, selain itu Perceived Privacy Concern, Ad Intrusiveness juga berpengaruh positif terhadap ad avoidance, sementara itu Frequency of Ad Exposure secara signifikan memoderasi hubungan antara Ad Intrusiveness dan Ad Avoidance. Sedangkan konstruk yang tidak terbukti memiliki hubungan positif adalah Perceived Personalization dan Ad Irritation terhadap Ad Avoidance.
ABSTRACT
The advanced development of information-processing technology allows advertiser to shift the focus of their effort from traditional mass advertising to personalized advertising to deliver messages tailored to individual preferences. Since personalized advertising could intrude into consumers private domains, consumers tended to perceive their personal information as threatened, became annoyed and distruful of persuasive efforts and therefore avoided such messages. This study attempts to identify potential determinants of personalized advertising avoidance also provide an integrated theoritical approach to resistance for understanding the dynamics of consumer avoidance of personalized advertising. Of these stand point of resistance the dominant view is the motivation to resist, as the psychological reactane theory mentioned, in the context of mobiles advertising media. One of the new style of mobiles advertising medium is via SMS (Short Messages Service) to handled devices, especially on mobiles phones. SMS ads has become technological buzzword in transmitting B2C messages to such wireless devices as mobile phones. The study used descriptive research method with a single cross sectional designs, and the proposed model is tested with Strcutural Equation Model Analysis. The findings indicate that construct of Ad Skepticsm, Perceived Privacy Concern, Ad Intrusiveness, potentially influenced of an SMS advertising avoidance. Percieved Personalization negatively influenced ad intrusiveness. However Perceived Personalization and ad irritation of an SMS advertising that hyphotesized to influence the ad avoidance were nor significant. While Frequency of ad Exposure positively moderates the relationship between the perceived level of SMS ad intrusiveness and ad avoidance.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T38600
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library