Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 23 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Olivia Cornelia
Abstrak :
Laporan magang ini mengevaluasi kesesuaian prosedur audit pengujian rinci KAP ETF atas utang usaha PT CBB, secara khusus lead schedule, konfirmasi eksternal, dan subsequent payment, dengan Standar Audit (SA) dan teori dari Arens yang berlaku. Ketiga prosedur tersebut dirancang untuk menguji asersi tertentu: lead schedule untuk asersi valuasi & alokasi, konfirmasi eksternal untuk asersi keberadaan, valuasi & alokasi, dan kewajiban, dan subsequent payment untuk asersi kelengkapan dan valuasi & alokasi. Secara umum, hasil evaluasi menunjukkan bahwa ketiga prosedur sudah mematuhi standar dan teori yang berlaku. Namun, terdapat kendala minor yang dihadapi selama melakukan prosedur seperti kesulitan memperoleh dokumen pendukung yang sesuai untuk prosedur subsequent payment. Hal yang harus diperbaiki oleh KAP ETF adalah mengirim konfirmasi eksternal lebih awal supaya pihak yang dikonfirmasi mendapatkan kelonggaran waktu untuk memberikan balasan konfirmasi. ......This internship report evaluates the compliance of KAP ETF test of details audit procedures for PT CBB's accounts payable, particularly lead schedule, external confirmation, and subsequent payment, with the applicable Auditing Standards (SA) and theories from Arens. These 3 procedures are performed to test specific assertions: lead schedule for the valuation & allocation assertions, external confirmation for the existence, valuation & allocation, and obligations assertions, and subsequent payment for the completeness and valuation & allocation assertions. In general, the evaluation results show that the 3 procedures comply with the applicable standards and theories. However, there were minor obstacles encountered during the procedure, such as difficulties in obtaining the appropriate supporting documents for the subsequent payment procedure. Matters that KAP ETF could improve is sending the external confirmation earlier so that the confirming parties can have more time in providing a confirmation reply.
Depok: Fakultas Ekonomi dan BIsnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Anto Kang
Abstrak :
Penelitian ini mengenai analisis dan perancangan sistem informasi akuntansi dalam rangka optimalisasi modul Accounts Payable pada PT XYZ. Penelitian menggunakan metode studi kasus pada data dan kondisi perusahaan dari hasil wawancara dan observasi bersama studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya kelemahan pada sistem informasi akuntansi terkait modul Accounts Payable di PT XYZ yang menyebabkan terjadinya duplikasi pembayaran dan kesulitan dalam penyetoran pajak PPN dan PPh Badan . Melalui perbaikan sistem informasi akuntansi yang memadai terjadi peningkatan yang signifikan pada proses dan pengendalian internal terhadap masalah duplikasi pembayaran, penyetoran pajak pertambahan nilai masukan dan pajak penghasilan badan. ......This research discusses the analysis and design of accounting information system in order to optimize Accounts Payable module at PT XYZ. The research itself is a case study on the company rsquo s data and condition using interviews and observation together with literary study. The result shows there are several weaknesses in current systems in Accounts Payable which cause duplicate payment and difficulties in tax payment for Value Added Tax and Corporate Income Tax. Through sufficient of system rsquo s improvement, the company is able to gain a significant improvement in process and internal control in connection with duplicate payment, payment of value added tax and payment of corporate income tax.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Laura Mayanda
Abstrak :
Rumah sakit sebagai salah satu bentuk pelayanan kesehatan dituntut untuk memberikan pelayanan kesehatan dengan mum yang baik dan biaya yang dapat dijangkau oleh masyarakat. Untuk dapat memenuhi usaha di atas rumah sakit harus berkembang dan memenuhi kemajuan teknologi kedokteran yang ada. Mengingat bahwa bidang usaha perumahsakitan yang kompleks, dinamis, padat teknologi, padat modal dan padat karya, multidisiplin serta dipengaruhi oleh lingkungan yang selalu berubah, maka manajemennya juga sangat kompleks. Salah satu komponen manajemennya adalah manajemen keuangan rumah sakit, yang apabila dikelola dengan baik akan menunjang dalam pengembangan rumah sakit, dimana sasaran pokoknya adalah peningkatan pendapatan fungsional rumah sakit agar biaya operasional dan investasi dapat ditutupi (Cost recovery). Dalam manajemen keuangan rumah sakit yang perlu mendapat perhatian khusus adalah pengelolaan piutang pasien (Patient account receivable). Dengan pengelolaan piutang yang baik diharapkan terjadi pembayaran yang penuh terhadap semua pelayanan yang diberikan rumah sakit. Pos piutang dalam neraca biasanya merupakan bagian yang terpenting dari aktiva lancar dan oleh karenanya perlu mendapat perhatian yang cukup serius agar perkiraan piutang ini dapat dikelola dengan cara yang seefisien mungkin. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Pasar Rebo dari bulan Mei sampai dengan Juni 2002, bertujuan untuk mendapatkan upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan efektifitas manajemen sistem piutang di RSUD Pasar Rebo. Rancangan penelitian yang digunakan adalah research operasional untuk menganalisis sitem penagihan piutang yang mempengaruhi keberhasilan penagihan piutang. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan melakukan pengamatan langsung dan wawancara mendalam. Dari data keuangan RSUD Pasar Rebo didapat bahwa piutang pasien rawat inap terjadi setiap tahunnya sebesat 0,6 % dari total pendapatan. Piutang ini berasal dari pasien yang bayar sendiri. Pasien jaminan perusahaan dan ASKES tidak mempunyai piutang. Tetapi bila dibandingkan dengan pendapatan rawat inap piutang tersebut telah mencapai 2,5 % pada tahun 2001. Dari piutang ini yang dapat ditagih hanya sebesar 5-10 %, sisanya menjadi piutang yang tak tertagih yang secara terus menerus akan membebani keuangan rumah sakit. Dan juga mengingat perkembangan RSUD Pasar Rebo ke depan yang akan menjadi BUMD, maka perlu dilihat kembali bagaimana sistem manajemen piutang yang berlaku di rumah sakit Pasar Rebo. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1.Piutang yang terjadi dibandingkan dengan biaya operasional rumah sakit sebesar 0,68 % pada tahun 2000 dan 0,64 % pada tahun 2001. 2.Sistem deposit hanya untuk pasien jaminan perusahaan 3.Sistem pemulangan pasien telah melewati prosedur medis dan administrasi 4.Tidak tegasnya petugas dalam menarik uang muka perawatan. 5.Tidak adanya bagian pra penerimaan dan penerimaan yang khusus menangani pasien rawat inap. Kegiatan ini dipegang oleh bagian informasi (front office). 6.Tidak ditemukannya beberapa standard operating proceduer dari masing-masing tahapan piutang. 7.Pemberitahuan jumlah tagihan pasien telah dilakukan secara periodik setiap 3 hari. 8.Banyaknya tugas rangkap pada petugas yang bersifat pelayanan maupun penerimaan piutang. 9.Kurangnya usaha rumah sakit untuk menagih piutang yang ada pada pasien. 10.Penutupan piutang pasien berdasarkan peraturan Pemerintah Provinsi DKI. Saran yang diberikan adalah: 1.Perlunya sosialisasi uang muka pada masyarakat 2.Perlunya ketegasan petugas dalam menarik uang muka 3.Melengkapi/membuat semua SOP pada setiap pelaksanaan tahapan piutang sebagai landasan petugas bekerja. 4.Mengoptimalkan fungsi penerimaan pasien 5.Pengadaan tim verifikator alamat. 6.Memisahkan fungsi pelayanan dan penerimaan keuangan 7.Perlunya mekanisme kontrol antara pemberi jasa dan penerima keuangan. 8.Pengadaan kasir 24 jam 9.Peningkatan keaktifan rumah sakit dalam menagih piutang. 10.Membentuk tim khusus untuk menagih piutang dan pemberian reward pada petugas yang berhasil menagih piutang. ......Analysis of Accounts Payable Management System of Pasar Rebo District Hospital's In-Patient Department in the Year 2001Hospital is one of health services that are required to provide good quality of services within affordable price for the society. A hospital is an enterprise with characteristics of dynamic, technological based, large capital investment and requires a considerable amount of personnel, and multidiscipline. In addition, the enterprise is also highly interactive with its environment, which in result requires a highly complex management. Financial management is an essential component of hospital management and if it is properly managed will significantly contribute to the development of the hospital, with the specific focus on the effort to increase the functional income of the hospital. This increase will in turn recovers the operational and investment cost (cost recovery). In the hospital financial management, the attention should be given to patient account receivable with specific target to fulfill all charged cost of health care services received by the patient. Account receivable is the most important factor in the balance sheet; therefore it should be granted the most attention of all in terms of the efficiency of projected. This qualitative study used direct observation and in-depth interview on the success rate of the collection of account-receivable, in Pasar Reba Hospital during May - June 2002, with the design of the study is operational research in account collection's system analysis. From RSUD Pasar Rebo's financial data, it recorded that account receivable frin in-patient patients is 0.6 % from total income or if calculated from the total in-patient income is 2.5 % in the year 2001. This account receivable are source from out of pocket patient, and then is no problem from in patient from coorporate company and ASKES, because all of the service give by hospital will pay after that. From this percentage, the success ratio of collection is around 5-10%, and the rest would become un-collected account receivable. With the intention on becoming State Enterprise, these issues should get more attention. From the research's results: 1. Account receivable is compare with operational budget is more than 0,68 % at 2000 and 0,64 % at 2001. 2. Deposit system for corporate company patients 3. Discharge system patients has done medical and administrative procedure 4. Weak firmness of employee to receive down-payment for in-patient services 5. There no standard operating procedure (SOP) in each steps of account collection and no pre admission and admission department 6. Joint appointment in service area and financial area 7. Regularly informs account receivable patient 8. Little effort was conducted by the hospital to collect the account receivable. As suggestion are: 1. There is a need to socialize down payment to all hospital customers and community. 2. Develop necessary SOP at each step of collection. 3. Optimalization admission department function. 4. Separate service functions and payment receiving to simplify control. 5. Develop a verificator patients address 6. Establish 24 hours cashier 7. Improve the hospital?s effort to collect account receivables. 8. Make a special team for collect account receivable and give reward to the team by hospital if they successfully collate the account receivable.
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2001
T4452
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Simanjuntak, Agnes
Abstrak :
Tesis ini membahas mengenai analisis aktivitas pengendalian internal di salah satu divisi business unit di suatu perusahaan logistik. Penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan metode penelitian yang digunakan berupa wawancara dan observasi beserta studi kepustakaan. Struktur organisasi yang bersifat desentralisasi menyebabkan bahwa fungsi aktivitas pengendalian dipegang sepenuhnya oleh masing masing divisi di PT X. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas pengendalian yang dijalankan pada Business Unit IMS masih mengalami kelemahan yang dapat menyebabkan potensi risiko dibeberapa hal. Aktivitas pengendalian pada proses piutang dan proses utang yang menjadi tanggung jawab Business Unit IMS memerlukan perbaikan, sehingga dapat meminimalisir risiko yang dapat merugikan perusahaan.
The purpose of this thesis is to analyze internal control activity of a business division unit in a logistic company. This thesis is a study case research which was prepared by the interview method, observation, and literature study. Decentralized organization structure set the control activity function is fully authorized by each division in PT X. The result of this thesis indicates the control activity run in IMS business unit has certain vulnerabilities that could pose several risks. Control activity on account receivable and payable process still needs some improvements to minimize potential risk detrimental to the company.
Depok: Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tumetel, Natasha Naomi Tiffany
Abstrak :
Laporan magang ini menganalisis prosedur audit yang dilakukan atas akun utang usaha pada PT K dan menilai kesesuaiannya dengan standar yang berlaku di Indonesia. PT K merupakan anak dari PT XYZ Group yang bergerak di bidang logistik dan perkapalan yang mengelola dan mendistribusikan air bersih di beberapa daerah. Prosedur audit dilaksanakan mulai dari tahap perencanaan, pengujian, hingga pelaporan. Hasil analisis menunjukkan bahwa prosedur audit yang dilaksanakan terhadap akun utang usaha pada PT K sudah sesuai dengan standar yang berlaku, serta tidak ditemukan perbedaan yang signifikan diantara keduanya. ...... The internship report aims to analyze the audit procedures performed on accounts payable of PT K and to assess its compliance with the applied standards in Indonesia. PT K is a subsidiary of PT XYZ Group in logistic and shipping industry, which distributes and manages clean water in several areas. Audit procedures have been performed from the beginning, starting from planning, testing, and then reporting. Result of this analysis shows that the audit procedures performed on accounts payable of PT K have already complied with the applied standards, and there is no significant differences between them.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Rizki Afifa
Abstrak :
Laporan magang ini membahas prosedur audit yang dilakukan atas utang usaha PT XYZ divisi DCQ. PT XYZ merupakan perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur otomotif dan divisi DCQ adalah bagian yang bertanggungjawab melakukan transaksi jual-beli suku cadang kendaraan bermotor di pasar domestik. Pembahasan laporan magang berfokus pada evaluasi prosedur audit atas akun utang usaha yang dilakukan dengan membandingkannya pada standar audit yang berlaku. Pembahasan laporan magang terbatas hanya di dua tahap audit yaitu tahap audit lapangan dan penyelesaian dan pelaporan audit. Hasil evaluasi prosedur audit menyatakan bahwa praktek prosedur audit KAP KBX dalam mengaudit utang usaha PT XYZ divisi DCQ sudah sesuai dengan standar yang diberlakukan. ......This internship report purpose is to evaluate the audit procedures applied to account payables of DCQ division of PT XYZ PT XYZ is a company in manufacturing industry and produces automotives products. DCQ division is the division from PT XYZ that is responsible in distributing and selling cars and motorbikes spareparts throughout domestic market in Indonesia. The topic of this internship report will be focusing on evaluating audit procedures by comparing the procedures applied in auditing accounts payable with the applicable audit standard. The procedures that will be evaluated is limited to procedures included only in audit fieldwork execution and the penyelesaian audit of the audit. Author has concluded that KAP KBX's audit procedures complied with the applicable standards based on the evaluation made in this internship report.
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Debra Mei Finda
Abstrak :
Laporan magang ini bertujuan untuk membahas evaluasi prosedur audit yang dilaksanakan oleh KAP DRM. Fokus pembahasan terletak pada prosedur audit pada akun utang usaha milik PT MKI yang bergerak di bidang konstruksi. Secara umum, KAP DRM telah melaksanakan prosedur audit atas utang usaha sesuai dengan teori audit relevan. Selain itu, laporan magang ini bertujuan untuk merefleksikan diri atas pengalaman yang didapatkan saat melaksanakan program magang. Dilanjutkan dengan mencari poin evaluasi dan usaha Penulis dalam mempersiapkan diri masuk ke dunia kerja. ......This internship report aims to discuss the evaluation of audit procedures implemented by KAP DRM. The focus of the discussion lies in the audit procedure on PT MKI`s account payable accounts, which is a construction company. In general, KAP DRM has carried out audit procedures on accounts payable in accordance with relevant audit theories. In addition, this internship report aims to reflect on the experience received during the internship program. Followed by searching for evaluation points and the author`s efforts in preparing to enter the working world.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Aviolia Putri Medianti
Abstrak :
ABSTRAK
Laporan ini magang ini membahas dan menganalisis proses audit yang dilakukan oleh KAP RA terhadap akun utang dagang PT KJ untuk periode yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2015. Proses audit yang dilaksanakan bertujuan untuk memberikan keyakinan (assurance) atas penyajian laporan keuangan. Lebih dalam lagi, dibahas mengenai pemahaman dan analisa terhadap utang dagang klien, perancangan dan pengujian saldo akun, serta temuan audit. Berdasarkan hasil proses audit, didapat bahwa saldo utang dagang PT KJ telah disajikan secara wajar dan sesuai dengan standar yang berlaku.
ABSTRACT
This report examines and analyse the audit process that was performed by KAP RA to PT KJs accounts payable for the period ended December 31st, 2015. The audit process was performed to give assurance for the presentation of financial statement. Furthermore, it discusses the understanding and analysis of clients accounts payable, the design and tests of accounts balance, and the audit findings. Based on the results of the audit process, the PT KJs accounts payable balance has fairly stated and complied with the applicable standards.
2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Rayhana Hakim
Abstrak :
Laporan magang ini merupakan hasil evaluasi selama kegiatan magang di PT NDL dan bertujuan untuk mengevaluasi prosedur pengeluaran kas atas pembayaran hutang usaha yang dilakukan oleh PT NDL. Prosedur pengeluaran kas merupakan bagian dari siklus pengeluaran yang merupakan salah satu subsistem dari Sistem Informasi Akuntansi. Kegiatan utama dari siklus pengeluaran di PT NDL adalah pemeriksaan pembayaran dan proses pembayaran akhir yang merupakan bagian dari pengeluaran kas. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa prosedur pengeluaran kas atas utang usaha di PT NDL sudah memadai dan dokumen-dokumen yang digunakan dalam proses sudah sesuai dengan teori yang ada. ......This internship report is the result of an evaluation during the internship activities at PT NDL and aims to evaluate the cash disbursement procedure on payment of account payable carried out by PT NDL. The cash disbursement procedure is a part of expenditure cycle which is one of the subsystems of an Accounting Information System. The main activity of the expenditure cycle in PT NDL is the payment review and the final payment process which is a part of the cash disbursement. The evaluation show that the procedures of cash disbursement on accounts payable at PT NDL are already adequate, and the documents used in the process are already in accordance with the theory.
2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Zaki Al Madani
Abstrak :
Laporan magang ini merupakan pembahasan terkait evaluasi terhadap prosedur audit pencarian liabilitas tidak tercatat yang dilakukan oleh KAP QAZ pada utang dagang dari PT MHM untuk periode 31 Desember 2022. Evaluasi yang dilakukan berdasar pada literatur dan standar audit yang berlaku dan dilakukan berdasarkan pengalaman yang dilaksanakan di KAP QAZ. Berdasarkan hasil evaluasi prosedur pencarian liabilitas tidak tercatat yang dilakukan, KAP QAZ sudah melakukan prosedur sesuai dengan literatur dan standar audit yang berlaku. Selain evaluasi, laporan magang ini juga membahas proses refleksi diri selama menjalankan program magang serta tindak lanjut yang dapat dilakukan untuk mengembangkan diri menjadi individu yang lebih baik kedepannya. Hasil proses refleksi diri menunjukan beberapa kemampuan yang dapat ditingkatkan dan diperbaiki seperti kecepatan dalam bekerja, kemampuan teknikal dalam mengoperasikan perangkat lunak audit, komunikasi yang efektif, dan menghindarkan diri dari distraksi saat bekerja. ......This internship report discusses the evaluation of search for unrecorded liabilities audit procedures performed by KAP QAZ on accounts payable of PT MHM for the period December 31, 2022. The evaluation was performed based on applicable auditing literature and standards and was made based on the internship program experienced at KAP QAZ. The evaluation resulted from procedure search for unrecorded liabilities performed, KAP QAZ has performed the procedure in accordance with applicable auditing literatures and standards. Other than evaluation, this internship report also discusses the process of self- reflection during the internship program and follow-up actions for self-development into a better individual in the future. The results of the reflection process show several abilities that can be enhanced and improved such as work pace, technical abilities in operating audit software, communicating effectively, and dismissing work distractions.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3   >>