Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhamad Fahmi Ardiansyah
"Friction Stir Welding (FSW) merupakan peningkatan dari proses penyambungan 2 material logam menggunakan gesekan secara konvensional, proses ini merupakan teknologi hijau dikarenakan efisiensi energinya. Proses ini memerlukan energy yang rendah, mengurangi pencemaran (karena tidak terdapat consumable dalam proses ini), penghematan biaya dan waktu yang diperlukan. Banyak sekali pengaplikasian dari FSW pada bidang otomotif, aerospace, dan industri. Setiap material yang disambung menggunakan teknoligi ini akan memeiliki parameter proses yang berbeda sesuai dengan karakteristik dari material tersebut, oleh karena itu pada penelitian ini akan membahas tentang parameter yang cocok digunakan untuk material alumunium AA7075 dengan tebal 6 mm. Pada penelitian ini menggunakan bentuk tools dengan geometri tappered cylindrical thead pin, dengan bentuk shoulder flat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh proses FSW (kecepatan putar dan kecepatan translasi) terhadap kekuatan mekanik dari sambungan butt joint. Dalam penelitian ini parameter yang divariasikan adalh kecepatan putar dan kecepatan translasi dari tool FSW. Setelah dilas lalu dilakukkan pengujian tarik atau tensile strength sebanyak 5 kali repetisi, uji kekerasan, dan struktur makro. Hasilnya akan diolah menggunakan RSM (Response Surface Method), untuk mengetahi pengaruh dari kecepatan putar dan kecepatan translasi terhadap kekuatan tariknya. Untuk pengujian kekerasan akan disajikan dalam bentuk grafik perbedaan kekerasan setiap zona panas (heat zone) dan dianalisis pengaruh dari variabel diatas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa didapatkan hasil pada permukaan yang sempurna dan sedikit flash namun terdapat wormhole pada semua sampel di stir zone (SZ), Dari hasil uji tarik didapatkan bahwa RPM dan kecepatan translasi bepengaruh terhadap kekuatan tarik dari sambungan, Dari hasil uji kekerasan didapatkan bahwa RPM dan kecepatan translasi tidak berpengaruh terhadap besar kekerasan pada sambungan, Dari hasil uji makro struktur didapatkan bahwa RPM dan kecepatan translasi tidak berpengaruh terhadap zona panas pada sambungan.

Friction Stir Welding (FSW) is an improvement on the conventional process of joining two metal materials using friction. This process is considered a green technology due to its energy efficiency. FSW requires low energy input, reduces pollution (as there are no consumables involved), and saves cost and time. FSW has numerous applications in automotive, aerospace, and industrial fields. Each material joined using this technology has different process parameters based on its characteristics. Therefore, this research discusses the suitable parameters for AA7075 aluminum material with a thickness of 6 mm. The research utilizes a tool with a tapered cylindrical thread pin geometry and a flat shoulder shape. The objective of this study is to investigate the effects of FSW process parameters (rotation speed and traverse speed) on the mechanical strength of butt joint connections. The research varies the rotation speed and traverse speed of the FSW tool. After welding, the joints are subjected to tensile strength testing, hardness testing, and macrostructural analysis. The results are processed using Response Surface Methodology (RSM) to understand the influence of rotation speed and traverse speed on the tensile strength. Hardness testing results are presented in the form of a graph showing the differences in hardness within each heat zone, and the influence of the above variables is analyzed. The results of this study show that a perfect surface with minimal flash was obtained, but there were wormholes present in all samples within the stir zone (SZ). From the tensile strength test results, it was found that the RPM and traverse speed had an influence on the tensile strength of the joints. However, the hardness test results showed that RPM and traverse speed did not affect the hardness of the joints. Additionally, the macrostructure test results revealed that RPM and traverse speed did not have an impact on the heat-affected zone in the joints."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siagian, Rivaldo
"Friction Stir Welding (FSW) merupakan teknologi pengelasan solid-state yang menggunakan prinsip gesekan tanpa mencairkan material, sehingga lebih hemat energi dan ramah lingkungan karena tidak memerlukan consumable part. Teknologi ini memiliki potensi besar dalam industri transportasi seperti otomotif dan dirgantara karena efisiensi dan hemat energinya. Namun, tantangan utama FSW adalah cacat pengelasan seperti tunnel defect, yaitu rongga yang terbentuk dalam sambungan akibat parameter atau geometri tool yang tidak sesuai. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh variasi kecepatan translasi (traverse speed) dan geometri tool terhadap kualitas sambungan pada material aluminium AA7075 dengan ketebalan 6 mm khususnya untuk mengurangi tunnel defect. Kecepatan putar dijaga konstan pada 1400 RPM, dengan kecepatan translasi 10, 12, dan 15 mm/min, serta tiga geometri tool berbeda pada shoulder end surface: rata, cekung, dan cembung. Setelah pengelasan, dilakukan pengujian tensile strength sebanyak 5 kali repetisi, uji kekerasan, dan analisis struktur makro. Hasil penelitian berhasil menunjukkan bahwa geometri tool memengaruhi terjadinya tunnel defect. Tool dengan shoulder cekung menghasilkan ukuran tunnel defect paling kecil dibandingkan tool rata, sementara tool rata menghasilkan tunnel defect lebih kecil dibandingkan tool cembung. Tool cekung juga memberikan nilai Ultimate Tensile Strength (UTS) tertinggi, menunjukkan efektivitasnya dalam meningkatkan kualitas sambungan.

Friction Stir Welding (FSW) is a solid-state welding technology that operates based on the principle of friction without melting the material, thereby offering greater energy efficiency and environmental sustainability due to the absence of consumable parts. This technology holds significant potential in transportation industries such as automotive and aerospace, owing to its efficiency and energy-saving characteristics. However, one of the primary challenges associated with FSW is the occurrence of welding defects, particularly tunnel defects, which are voids formed within the weld due to inappropriate parameters or tool geometry. This research aims to examine the influence of traverse speed variations and tool geometry on the weld quality of AA7075 aluminum with a thickness of 6 mm, focusing specifically on mitigating tunnel defects. The rotational speed was maintained constant at 1400 RPM, with traverse speeds set at 10, 12, and 15 mm/min, and three different tool geometries for the shoulder end surface: flat, concave, and convex. Post welding evaluations included tensile strength testing conducted in five repetitions, hardness testing, and macrostructure analysis. The findings indicate that tool geometry has a substantial impact on the occurrence of tunnel defects. The concave shoulder tool produced the smallest tunnel defects compared to the flat tool, while the flat tool yielded smaller defects than the convex tool. Furthermore, the concave shoulder tool demonstrated the highest Ultimate Tensile Strength (UTS), underscoring its effectiveness in enhancing weld quality. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library