Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Mahatma Putri
Abstrak :

Emoji merupakan bahasa yang muncul akibat pola komunikasi termediasi komputer sebagai representasi isyarat nonverbal yang umum ditemukan dalam konteks interpersonal dan bisnis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui fungsi dan peran emoji dalam iklan, sebagai variabel mediasi antara consumer engagement pada SNS terhadap positive affect, brand attachment, serta purchase intention. Penelitian dilakukan di Indonesia melihat tingginya tingkat penyerapan internet dan pertumbuhan e-commerce. Peneliti melakukan uji model menggunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM) berdasarkan dua penelitian terdahulu yang dilakukan Das, Wiener, dan Kareklas (2019) serta Arya, Sethi, dan Verma (2018). Dalam penelitian ini dilakukan survei online kepada 259 anggota grup Facebook FJB Kamera Analog dan Roll Film dengan margin of error 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan emoji dalam iklan memediasi pengaruh positif consumer engagement terhadap positive affect serta purchase intention, tetapi tidak dengan brand attachment. Secara keseluruhan, penggunaan emoji dalam iklan dapat diterapkan sebagai salah satu strategi komunikasi yang efektif sekaligus kreatif karena dapat membangkitkan antusiasme yang mengarah pada meningkatnya minat beli konsumen.


Emoji is a language that emerges from computer-mediated communication patterns as a representation of nonverbal cues that commonly found in interpersonal and business contexts. The purpose of this study was to determine the function and role of emoji in ads, as a mediating variable between consumer engagement on SNS toward positive affect, brand attachment, and purchase intention. The research was conducted in Indonesia because of the high rate of internet absorption and the growth of e-commerce. Model testing was carried out using Structural Equation Modeling (SEM) analysis, based on two previous studies by Das, Wiener, and Kareklas (2019) as well as Arya, Sethi, and Verma (2018). In this study an online survey was conducted on 259 Facebook group members FJB Kamera Analog dan Roll Film with a 5% margin of error. The results showed that the use of emoji in ads mediated the positive influence of consumer engagement toward positive affect and purchase intention, but not with brand attachments. Overall, the use of emoji in ads can be applied as one of the effective and creative communication strategies because it can generate enthusiasm that leads to increased purchase intention.

2019
T53102
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Vanessa Maudy Putri
Abstrak :
Untuk dapat merasa bahagia, kemampuan individu dalam melakukan inhibitory control terhadap informasi negatif yang tidak relevan sangatlah penting. Namun, kondisi emosional yang bersifat sementara seperti mood dan perubahan afek positif dikenal dapat memengaruhi performa fungsi kognitif ini. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara inhibitory control dan tingkat kebahagiaan dengan mood dan perubahan afek positif sebagai moderator. Sebanyak 119 partisipan yang sehat mental berusia 18 - 35 tahun (M = 21,5 tahun) berpartisipasi dalam penelitian ini. Sejumlah 59 partisipan menerima induksi mood positif dan 60 orang menerima induksi mood netral. Tingkat kebahagiaan diukur menggunakan Subjective Happiness Scale (Lyubomirsky & Lepper, 1999), mood diukur menggunakan The Positive and Negative Affect Schedule (Watson et al., 1988), sedangkan perubahan afek positif diukur dari selisih penilaian afek positif sebelum (Pre PA) dan setelah (Post PA) induksi mood dilakukan. Performa inhibitory control untuk informasi negatif diukur menggunakan tugas Negative Affective Priming. Hasil analisis moderasi dengan PROCESS model 2 menunjukkan bahwa performa inhibitory control untuk informasi negatif adalah prediktor positif dan signifikan untuk tingkat kebahagiaan. Mood memoderasi secara signifikan hubungan antara performa inhibitory control terhadap informasi negatif dan tingkat kebahagiaan, tetapi perubahan afek positif tidak memoderasi hubungan ini. Selain itu, berdasarkan analisis moderasi PROCESS model 1, pada kondisi mood netral, terdapat korelasi positif antara inhibitory control untuk informasi negatif dan tingkat kebahagiaan. Sebaliknya, pada kondisi mood positif, terdapat korelasi negatif antara inhibitory control untuk informasi negatif dan tingkat kebahagiaan. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa dinamika hubungan antara performa inhibitory control dalam menghambat informasi negatif dan tingkat kebahagiaan dipengaruhi oleh mood partisipan. ......Largely influenced by moodIn order to be happy, it is important to hone the ability to inhibit irrelevant negative information. However, temporary emotional states such as mood and changes in positive affect are known to affect the performance of inhibitory control. The current study aimed to examine the moderating roles of mood and changes in positive affect on the relationship between inhibitory control and happiness. A total of 119 mentally healthy participants aged 18-35 years (M = 21.5 years) participated in this study. Fifty-nine participants received positive mood induction and 60 participants received neutral mood induction. Happiness was measured using the Subjective Happiness Scale (Lyubomirsky & Lepper, 1999), mood was measured using The Positive and Negative Affect Schedule (Watson et al., 1988), while changes in positive affect was measured by calculating the difference between the levels of positive affect before (Pre PA) and after (Post PA) the mood induction procedure. Inhibitory control performance for irrelevant negative information was measured using Negative Affective Priming Task. The results of the moderation analysis using PROCESS model 2 showed that inhibitory control performance for negative information was a significant and positive predictor for happiness. Interestingly, mood significantly moderated the relationship between inhibitory control for negative information and happiness, but changes in positive affect did not moderate this relationship. Based on analysis using PROCESS model 1, in neutral mood condition, there was a positive correlation between inhibitory control for negative information and happiness. Conversely, in positive mood condition, there was a negative correlation between inhibitory control for negative information and happiness. Thus, the findings of this study suggest that the relationship between inhibitory control for irrelevant negative information and happiness is largely influenced by mood.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Akbar Syakir
Abstrak :
Twenge, dkk (2007) menemukan bahwa eksklusi sosial berpengaruh negatif terhadap perilaku menolong. Ketika muncul pertanyaan apakah hal tersebut juga memiliki pengaruh yang sama pada remaja? Pentingnya perilaku menolong bagi perkembangan dan peran sosial remaja adalah alasan utama melakukan penelitian. Uji mediasi afek positif dilakukan untuk memperjelas hubungan kausalitas eksklusi sosial terhadap perilaku menolong. Manipulasi diberikan dalam bentuk false feedback tes kepribadian partisipan yang telah mengisi Eysenk Personality Quotionaire (EPQ). Skor afek positif diukur dengan Positive and Negative Affect Scale (PANAS Scale). Penelitian dilakukan pada 64 partisipan remaja pria dan wanita. Divariasikan menjadi kelompok yang mendapat eksklusi sosial (future alone, n=32) dan kelompok pembanding (future belonging, n=32). Hasil signifikan menemukan kelompok yang mendapat manipulasi eksklusi (M=0,66, SD=1,72) lebih sedikit yang ikut menolong dibandingkan kelompok pembanding (M=0,87, SD=0,33), Χ2(1,64)=4,267, p<0,05 namun manipulasi eksklusi tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap skor afek positif partisipan, t(62)= -1,851, p>0,05. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh eksklusi sosial terhadap menurunnya perilaku menolong remaja tidak dimediasi oleh afek positif yang dirasakan, z=1,44<1,96, p>0,05. ...... Twenge, et al (2007) have found social exclusion have negatively effect on helping behavior. When a question appears, whether it would also have the same effect on teens helping behaviour? Importance of helping behavior for teens developments and social role is the reason to doing this research. Testing positive affect as mediator conducted to clarify causality effect of social exclusion on helping behavior. Manipulation is given as false feedback of participant’s personality test, who have complete Eysenk Quotionaire Personality (EPQ). Positive affect measured with the Positive and Negative Affect Scale (PANAS Scale) on 64 participant male and female. Manipulation be variated as one group receiving social exclusion (future alone, n=32) and the other as comparison group (future belonging, n=32). The results significant finding group has received exclusion manipulation (M=0.66, SD=1.72) participated less helping than the comparison group (M=0.87, SD=0.33), Χ2(1,64)=4.267, p<0.05, but exclusion did not have a significant effect on participants positive affect scores, t(62)= -1.851, p>0.05. The results showed the effect of social exclusion on the decrease teenager’s helping behavior is not mediated by positive affect, z=1.44<1.96, p> 0.05.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
S55812
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library