Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 57 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Zahra Ardhifa
Abstrak :
Kecenderungan untuk melakukan online shopping kini sangat marak di Indonesia. Online shopping diyakini menghemat waktu dan biaya serta bersifat global, sehingga memungkinkan transaksi dilakukan secara internasional. Hal ini membuat banyak perusahaan berlomba-lomba untuk menjual produknya yang berupa barang atau jasa melalui internet. Di Indonesia sendiri, tren online shopping ini terus meningkat. Mulai dari berbelanja baju melalui internet, hingga tiket pesawat. Namun, tingginya kecenderungan transaksi pembelian secara online tidak menjamin bahwa suatu website perusahaan akan dapat meraih kesuksesan. Banyak website yang justru gagal untuk menarik minat beli konsumen. Karena itulah, penting adanya bagi sebuah perusahaan untuk dapat memahami faktor-faktor apa saja yang ada pada website yang dapat menarik minat beli konsumen dan keinginan mereka untuk berkunjung kembali. Penelitian ini berfokus kepada bagaimana fitur-fitur yang ada pada interface sebuah website, yaitu faktor komputer dan faktor manusia (yang mewakili interaksi langsung antara penjual dan pembeli pada toko ritel di dunia nyata), dapat memengaruhi persepsi pelanggan saat mengunjungi sebuah website, antara lain persepsi kegunaan, persepsi informatif, persepsi hiburan, dan persepsi iritasi. Persepsi-persepsi yang ditimbulkan tersebut diyakini dapat memengaruhi sikap terhadap situs dan persepsi alur (flow) yang ada pada website. Sikap terhadap situs yang tinggi dan persepsi alur (flow) yang berhasil memikat pelanggan yang kemudian diyakini akan memberikan dampak langsung terhadap minat beli dan keinginan untuk mengunjungi website tersebut. Untuk mengetahuinya, sebuah model penelitian dengan 17 hipotesis diuji menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Dari hasil yang diperoleh, didapatkan bahwa 6 (enam) dari 17 (tujuh belas) hipotesis yang diajukan dinyatakan tidak memiliki hubungan atau pengaruh yang signifikan atau dengan kata lain ditolak. Analisa perbandingan, serta implikasi pemasaran dan saran penelitian juga akan dibahas lebih lanjut nantinya. ......The tendency to do online shopping is now extremely widespread in Indonesia. Online shopping is believed to save time and costs as well as the global nature, allowing transactions conducted internationally. This makes a lot of companies trying to sell their products in the form of goods or services over the internet. In Indonesia, the online shopping trend is increasing. Starting from clothes shopping via the internet, to buy online tickets. However, the high tendency to do purchase over online website does not guarantee that a company will be successful. Many websites are actually failed to attract consumers to buy from their website. That?s why it?s important for a company to understand what factors on the website which able to attract consumers to buy from and then having an intention to return to the website. This study focuses on how these features available on the form of a interface in a website, namely computer and human factors (which represent the direct interaction between the seller and the buyer in a retail shop in the real world), could affect the perception of customers when visiting a website, such as perceived usefulness, perceived informative, perceived entertainment, and perceived irritation. Generated perceptions are believed to influence attitudes toward the site and perceived flow that is on the website. Attitude toward the site and perceived of flow which managed to attract customers is believed to be a direct impact on purchase intention and their intention to return to the site. To find out, a research model with 17 hypotheses were tested using Structural Equation Modelling (SEM). From the results obtained, it was found that 6 (six) out of 17 (seventeen) hypothesis have no significant relationship or influence. Comparative analysis, marketing implications, and research suggestions will also be discussed further later.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S45381
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Nigel Cakrawardhana
Abstrak :
Saat aplikasi seluler meningkat, hal itu menimbulkan pertanyaan terhadap bagaimana konteks digital baru akan dipelajari. Namun, literatur yang ada tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian m-commerce telah menciptakan dikotomi palsu antara lingkungan eksternal (e-servicescape) dan respons internal (perilaku konsumen). Oleh karena itu, makalah ini mensintesis dua jalur studi untuk menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi niat pembelian dalam aplikasi belanja ritel. Faktor e-servicescape seperti tata letak dan fungsionalitas dan daya tarik estetika, serta faktor perilaku konsumen seperti nilai hedonis dan utilitarian telah diperdebatkan secara positif mempengaruhi niat pembelian. Oleh karena itu, kontribusi ini ditujukan bagi akademisi dan pemasar untuk mempertimbangkan perspektif yang lebih menyeluruh untuk mengeksplorasi faktor-faktor yang mendorong niat pembelian dalam aplikasi belanja.
As mobile application rises, it raises concerns towards how the new digital context will be studied. However, existing literatures on factors that affect m-commerce purchase have created a false dichotomy between the external environment (e-servicescape) and internal responses (consumer behavior). Therefore, this paper is synthesizing the two pathways of study to determine the factors influencing purchase intention within retail shopping apps. E-servicescape factors such as layout and functionality and aesthetic appeal, as well as consumer behavior factors such as hedonic and utilitarian value have been argued to positively affect purchase intention. Therefore, this contribution is aimed for academics and marketers to consider a more wholesome perspective to explore the factors driving a purchase intention within a shopping app.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Andhika Andri Puar
Abstrak :
Dalam menghadapi perkembangan dunia teknologi informasi, Toko Sepatu Juwita bisa melihat hal tersebut sebagai peluang dan memperluas usahanya. data peningkatan jumlah pengguna internet di Indonesia pun tumbuh dengan sangat pesat, menunjukkan adopsi penggunaan internet sudah cukuo meluas di seluruh Indonesia. dengan peggunaan metoda online store toko sepatu juwita dapat memperluas usahanya dan mencapai market diluar konsumen lokal atau sekitar bandung saja. ......In facing the development of the world of information technology, the Juwita Shoe Store can see this as an opportunity and expand its business. the data of the increasing number of internet users in Indonesia also grew very rapidly, indicating the adoption of internet usage has been widespread throughout Indonesia. With the use of the online store shoe store method, we can expand its business and reach the market outside of local consumers or around Bandung.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2010
T38842
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anastasia Mahendra
Abstrak :
Skripsi ini membahas mengenai pengaruh rekomendasi vlogger terhadap variabel repurchase intention . Pengaruh rekomendasi ini kemudian dibagi menjadi beberapa variabel indikator yaitu perceived usefulness, trust, dan attitude. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menerapkan model dari penelitian sebelumnya Hsu et al.,2013 yang kemudian disesuaikan dengan kondisi objek penelitian. Data penelitian ini diolah dengan software SPSS 20, menggunakan analisa reliabilitas, validitas dan regresi berganda dan sederhana . Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa variabel reputation memoderasi secara signifikan pengaruh dari perceived usefulness, trust, dan attitude terhadap repurchase intention.
This research discusses the effect of vlogger recommendation towards repurchase intention. The effect is then observed from several variables such as perceived usefulness, trust, and attitude. This descriptive research applied model from previous research Hsu et al.,2013 that is modified to accomodate the research object. Data from this research is proccessed through SPSS 20, using realibility test, validity test, and regression tests. The result of the tests show that reputation as moderating variabel significantly influence perceived usefulness, trust, and attitude towards repurchase intention.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S69243
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tri Gunarto
Abstrak :
Perkembangan Online shopping di Internet berkembang sangat pesat, pelanggan dapat melakukan transaksi secara online, tanpa harus datang langsung ke toko yang menjual keperluannya. Pada tesis ini saya akan membahas mengenai model online shopping yang ada di Internet saat ini, komponen-komponen yang digunakan terutama penggunaan WWW, keuntungannya, kendala yang dihadapi, jenis-jenis produk dan jasa yang dijual. Komponen lain seperti sistem pembayaran yang digunakan, autentikasi, iklan dan promosi, dan masalah keamanan akan dibicarakan sehubungan dengan teknologi Internet yang digunakan. Sistem online shopping yang akan diterapkan menggunakan Web HTML, dengan memanfaatkan penggunaan browser yang memiliki kemampuan hypertext links dan mendukung multimedia. Topik yang akan dibahas pada rancangan online shopping ini adalah mengenai siapa saja yang terlibat, sistem transaksi yang digunakan, cara validasi, sistem pembayaran, cara pengiriman barang, penghitungan pajak, dan interaksi dari komponen-komponen yang terlibat. Rancangan dan spesifikasi dari konfigurasi jaringan, software, dan hardware dibutuhkan untuk mewujudkan online shopping ini. Faktor-faktor lain yang tidak kalah pentingnya adalah pemilihan ISP, jumlah pegawai, pelatihan, dan juga perkiraan biaya yang dibutuhkan. Agar online shopping ini berhasil dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat antara lain membuat kesadaran dan kesetiaan merek, edukasi pasar, hubungan masyarakat, demonstrasi produk, promosi respons langsung, penelitian dan pengembangan, dan memberikan jasa pelayanan dan dukungan bagi pelanggan.
The development of online shopping in the Internet is increasing very fast, customers can make online transactions without coming to the real store to order whatever they want. In this thesis I will discuss about the models of online shopping that exist in the Internet today, components of online shopping especially the usage of WWW, advantages, problems, types of products and services. Other components like billing system, authentication, advertisement and promotion, and security will be discussed in conjunction with the Internet technology. The online shopping system that will be used in this thesis is using Web HTML, by taking an advantage of browser with the ability to make hypertext links and multimedia. The topics that will be discussed in the design of online shopping are : who are involved, what transactions payment, validation system that will be used. The design and specification of network configuration, software, and hardware are needed to make the realization of online shopping. Another important factors are how to choose ISP, staffs, training, and cost. To make a successful online shopping, we have to use the right strategies that called cyber marketing. There are seven big cyber marketing : building brand awareness and loyalty, direct response promotions, market education, product demonstration and distribution, public relations, research and product development, and the last one is service and support to the customers.
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 1998
T 1989
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alfiora Santoni
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa potensi penerapan metode konsolidasi terhadap paket kiriman online shopping di ruang lingkup kampus. jumlah mahasiswa di suatu kampus yang cukup banyak serta memiliki kecendrungan dalam online, maka sistem pemusatan atau pengkonsolidasian paket kiriman di lingkungan kampus UI dapat menjadi solusi untuk meminimalisasi dampak negatif yang muncul. Penelitian ini dilakukan dengan survey sampel dari 1824 mahasiswa UI mewakili setiap fakultas  kemudian dianalisa dengan statistik deskriptif dan metode AHP yang dibantu oleh software Expert Choice 11. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa 56% mengalami masalah online shopping di mana 42% berupa keterlambatan pengiriman. Akibat hal tersebut, 51,3%  memilih metode pengiriman terkonsolidasi sebagai solusi dari permasalahan mereka. Menurut mahasiswa UI, waktu merupakan hal terpenting dalam online shopping dengan prioritas 24,7%, dilanjutkan oleh 23,3% kemudahan menggunakan dari pelaksanaan online shopping, kemudian 22,5% aksesibilitas dari pengiriman diikuti oleh biaya 16,4% dan terakhir adalah jarak sebesar 13,2%. Lokasi yang dipilih untuk mengimplementasikan metode pengiriman terkonsolidasi ini adalah Perpustakaan Pusat, Stasiun Pondok Cina dan Stasiun UI dengan alasan memilih adalah karena dekat dengan fakultas tempat berstudi, lokasi tersebut biasa dikunjungi dan searah dengan jalan pulang. ......The purpose of this research is to know the students characteristic of online shopping and the potential of the consolidation method application for delivering packages within Universitas Indonesias area. The consolidation method for delivering packages is considered to be a solution to do online shopping in campuss centre where there are large number of students in Universitas Indonesia. The research where done by 1824 respondents of UI students from each faculty by AHP and statistic descriptif methodes with Exert Choice 11 helps. The result of the research shows that there are 56% of the students who have experienced problems with online shopping with 46% among them was a delayed delivery. The result also shows that 51.3% of the students choose the consolidation method for delivering packages as a solution to their problems with online shopping. According to the students, the most important thing in regard to online shopping is time (24.7%), followed by the easiness of doing the online shopping (23.3%), the accesibility of the delivery (22.5%), cost (16.4%), and distance (13.2%). The students also choose Perpustakaan Pusat, Stasiun Pondok Cina, and Stasiun Universitas Indonesia as the locations to implementing the consolidation delivery with reasons such as closer to their faculties, the accessibility of the location, and in the same direction as their homes.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hanif Nurindra Nazaroedin
Abstrak :
Belanja online (online shopping) telah menjadi kebiasaan belanja masyarakat di era digital. Kebiasaan belanja melalui e-commerce ini terus berkembang karena aksesnya yang mudah dan bisa dilakukan kapan saja. Jika dulu konsumen harus melakukan perjalanan belanja (shopping trip) untuk memenuhi kebutuhan belanjanya, sekarang dapat digantikan atau dilengkapi melalui online shopping. Namun, online shopping sebagai alternatif belanja belum dapat dilihat secara jelas dampaknya apakah telah menggantikan belanja konvensional atau hanya sebagai pelengkap dalam kegiatan belanja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa perubahan pola perjalanan belanja konsumen akibat online shopping. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan melakukan survey mengenai karakteristik perjalanan yang dilakukan konsumen. Kemudian dilakukan pengujian menggunakan metode chi square terhadap jawaban konsumen untuk mengetahui perubahan yang terjadi kepada konsumen. Setelah pengujian dilakukan, ditemukan terjadi perubahan yang signifikan dalam hal frekuensi perjalanan belanja konsumen, baik pada perjalanan belanja utama maupun perjalanan belanja tambahan. Namun, pada aspek jenis perjalanan, moda yang digunakan dan destinasi belanja ditemukan perubahan tetapi tidak cukup signifikan. ......Online shopping has become a public shopping habit in the digital era. People often prefer this method because of its convenient, they can do it anytime anywhere. In the past, consumers used to make a shopping trip to shopping centers in order to fulfill their needs. Today, that activity can be substituted or complemented with online shopping. But, it is still unclear whether online shopping as an alternative shopping method has replaced conventional shopping method. This research aims to analyze the changes of consumer’s change of shopping trip pattern due to online shops.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Viony Putri Nursalim
Abstrak :
Saat ini media sosial menjadi alat penting yang digunakan untuk mengembangkan banyak bisnis. Salah satu dari bentuk penggunaan Instagram untuk bisnis adalah aktivitas endorsement. Jika sebelumnya promosi hanya dapat dilakukan melalui media konvensional, sekarang pemilik bisnis dapat melakukan promosi melalui endorsement influencer Instagram. Endorsement merupakan suatu bentuk iklan yang menggunakan  figur terkenal atau influencer untuk mendapatkan pengakuan dan kepercayaan di antara audiens. Studi-studi terdahulu menunjukkan endorsement meningkatan perilaku konsumtif di era digital karena adanya public trust terhadap review influencer tersebut. Peneliti setuju bahwa terdapat korelasi positif antara endorsement influencer dengan perilaku belanja online. Tetapi belum terdapat penelitian yang benar-benar menjelaskan alasan endorsement dapat meningkatkan perilaku belanja online. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan menjelaskan lebih dalam bagaimana trust audiens pada endorsement berperan dalam menentukan keputusan belanja online. Selain itu, penelitian ini juga menjelaskan modal kultural yang dimiliki seorang influencer dari sudut pandang audiens. Teori yang digunakan adalah modal sosial menurut Bourdieu dan Nahapiet & Ghoshal. Penelitian mengaplikasikan metode wawancara mendalam dengan Generasi Z sebagai generasi digital natives pertama yang memfollow dan pernah membeli produk endorsement influencer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa capital dari influencer menjadi alasan mengapa audiens memutuskan untuk memfollow dan lebih mempercayai review endorsement influencer. ...... Today social media has become an important tool in promoting businesses. One of many Instagram business activities is endorsement. Previously, promotions could only be executed through conventional media, now business owners can promote their business through endorsing influencers. Endorsement is a form of advertising that uses famous personalities to gain recognition, trust, and awareness amongst the audience. Previous studies show an increase in consumptive behavior during the digital era due to public trust in influencers’ review. This study agrees that there is a positive correlation between influencers endorsement and online shopping behavior. Nevertheless, there is no research that really explains the reasons why endorsements can affect online shopping behavior. Therefore, this study aims to explain how audience trust in endorsements can play a role in determining online purchase. In addition, this study also explains the cultural capital of an influencer from the audience's perspective. This study uses social capital theories by Bourdieu and Nahapiet & Ghoshal. Conducted in a qualitative approach by using in depth interview method with Generation Z who follow and have purchased endorsement products. The results show that the influencer’s capital is the reason why the audience decide to follow and trust the influencer endorsement review.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dera Fazrin Aldini
Abstrak :
Penelitian ini membahas mengenai dampak pandemi Covid-19 terhadap tren belanja online di Rusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat di Rusia untuk melakukan belanja online selama pandemi Covid-19 dengan teori perilaku konsumtif oleh Sumartono (2002). Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis oleh Moh.Nazir (2003) dan penelitian kepustakaan oleh Mestika Zed (2008). Hasil penelitian ini adalah pandemi Covid-19 memberikan perubahan terhadap tren belanja online di Rusia. Pandemi Covid-19 tidak menurunkan minat masyarakat Rusia dalam berbelanja online. Masyarakat Rusia cenderung lebih memilih untuk tetap berbelanja online dengan berbagai alasan yang ditawarkan seperti kemudahan dan kepraktisan dalam bertransaksi, keamanan dan kenyamanan, serta penawaran diskon. ......This research discusses the impact of the Covid-19 pandemic on online shopping trends in Russia. The research aims to determine the factors that influence people in Russia to do online shopping during the Covid-19 pandemic with the theory of consumptive behavior by Sumartono (2002). The research method used is descriptive analysis method by Moh.Nazir (2003) and literature research by Mestika Zed (2008). The result of this research are pandemi provides changes to online shopping trends in Russia. Pandemi Covid-19 does not reduced Russian people's interest in online shopping. Russian people tend to prefer to continue shopping online for various reasons, such as convenience and practicality in transactions, security and convenience, and discount offers.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Damar Sumeru
Abstrak :
Studi ini meneliti hubungan antara Consumer Sentiment yang dipengaruhi oleh variable-variabel stimuli yaitu Online Shopping Atmoshphere yang di dalamnya adalah Perceived Festival Entertaining (PFE), Perceived Mass Participation (PMP), Promotion Strategy yang berisi Perceived Temptation of Price Promotion (PTPP), Perceived Categories Richness of Promotion (PCRP), yang dimoderasi oleh Price Sensitivity, dan mempengaruhi Consumer Purchase Intention pada festival Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) di Indonesia. Sebanyak 437 responden telah diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling dan memberikan repon terhadap kuesioner yang dikirimkan dan diisi secara online. Selanjutnya, Teknik analisis SEM dengan software SmartPLS digunakan untuk menguji 14 hipotesis. Hasil pengolahan data memperlihatkan bahwa dari 14 hipotesis terdapat 6 hipotesis yang tidak didukung. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan bagi perusahaan e-commerce di Indonesia untuk membuat strategy marketing yang sesuai dengan keadaan pasar saat ini. ......This study examines the relationship between Consumer Sentiment which is influenced by stimulus variables, namely Online Shopping Atmosphere which includes Perceived Festival Entertaining (PFE), Perceived Mass Participation (PMP), Promotion Strategy which contains Perceived Temptation of Price Promotion (PTPP), Perceived Categories Richness of Promotion (PCRP), moderated by Price Sensitivity, and influencing Consumer Purchase Intention at the National Online Shopping Day festival (Hari Belanja Online Nasional) in Indonesia. A total of 437 respondents have been obtained by using purposive sampling technique and responding to questionnaires sent and filled out online. Furthermore, SEM analysis technique with SmartPLS software was used to test 14 hypotheses. The results of data processing show that from the 14 hypotheses there are 6 hypotheses that are not supported. This research is expected to be a consideration for e-commerce companies in Indonesia to make marketing strategies that are in accordance with current market conditions
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6   >>