Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 45 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Baker, Judith J.
Sudbury, Mass: Jones and Bartlett Publishers, 2011
362.106 8 BAK h
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Baker, Judith J.
Abstrak :
"Health Care Finance: Basic tools for non-financial managers is the most practical financial management text for those who need basic knowledge and a better understanding of healthcare finance in particular. Using actual examples from hospitals, long-term care facilities, and home health agencies, this user-friendly text includes practical information for the non-financial manager charged with budgeting." -- Back cove
Burlington: Jones & Bartlet Learning, 2014
362.106 8 BAK h
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Fallon, L. Fleming
Sudbury, Mass.: Jones and Bartlett Publishers, 2014
362.106 8 FAL h
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Leibrock, Cynthia A.
New York: John Wiley & Sons, 2000
R 747.855 1 LEI d
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Omo Abdul Madjid
Abstrak :
Dalam pelayanan kesehatan, peranan Fasilitas Kesehatan Primer yang berhadapan langsung dengan masyarakat sangat penting. Kompetensi personal fasilitas pelayanan kesehatan dalam tatakelola pelayanan khususnya di fasilitas pelayanan primer masih terbatas. Hal itu disebabkan pembekalan melalui pendidikan dan pelatihan belum memenuhi kebutuhan kompetensi manajemen akibat kurikulum pendidikan dan pelatihan yang belum dirancang dan dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan dan harapan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian terapan bertujuan mengembangkan model manajemen peningkatan mutu terpadu pelayanan di Fasilitas Kesehatan Primer. Penelitian menggunakan metode  Kombinasi Kuantitatif-Kualitatif (Mixed Methods) dan rancangan  sequential explanatory. Penelitian ini terdiri dari dua tahap yaitu, tahap penelitian kuantitatif bertujuan menilai mutu layanan dari sisi pelanggan dengan rancangan potong lintang. Tahap penelitian kualitatif bertujuan menilai mutu dari sisi penyedia. Responden penelitian kuantitatif adalah akseptor penerima pelayanan KB AKDR Pasca Persalinan di Fasilitas Kesehatan Primer di Jakarta. Responden penelitian kualitatif adalah tim petugas di Fasilitas Pelayanan Primer dan Pakar di bidang Keluarga Berencana. Pengumpulan data penelitian kuanititatif menggunakan kuesioner yang telah divalidasi. Pengumpulan data penelitian kualitatif menggunakan metode wawancara mendalam menggunakan instrumen maturitas organisasi dan penilaian oleh pakar menggunakan metode Delphi.  Model akhir manajemen peningkatan mutu terpadu dikembangkan dari model awal yang disusun berdasarkan tinjauan pustaka. Berdasarkan kepuasan pelanggan sebanyak 141 (81,1%) responden merasa puas, 35 (19,9%) responden merasa tidak puas. Berdasarkan keselamatan pasien 166 (94,3%) responden menyatakan keselamatan baik, 10 (5,7%) responden menyatakan keselamatan kurang. Pada penilaian mutu dari sisi pelanggan variabel yang memengaruhi mutu adalah regulasi dan standarisasi, sarana prasarana, komunikasi efektif dan kepemimpinan klinik. Pada penilaian mutu dari sisi penyedia dengan penilaian maturitas proses dan maturitas organisasi masing-masing pada tingkat pertama dan kedua dari empat tingkat maturitas. Dari model awal berdasarkan tinjauan pustaka dan hasil penelitian disintesis model akhir Manajemen Peningkatan Mutu Terpadu di Fasilitas Kesehatan Primer. Simpulan: Telah berhasil dikembangkan model Manajemen Peningkatan Mutu Terpadu (M-PMT) di fasilitas Kesehatan Primer yang merupakan perangkat manajemen fasilitas Kesehatan Primer dalam proses manajemen mutu pelayanan untuk mencapai kinerja mutu unggul. Model dikembangkan dengan pendekatan terpadu, komprehensif, holistik dan berkelanjutan. Pendekatan terpadu dalam struktur rancangan sistem sebagai komponen input. Komponen proses dengan pendekatan komprehensif dalam siklus perencanaan, pelaksanaan dan pemantauan evaluasi melalui proses pembelajaran mencapai tingkat kematangan proses dan organisasi berkelanjutan.
In health services, Primary Health Facilities plays an important role in dealing directly with the community. The personal competence of health service facilities in service governance, especially in primary care facilities, is still limited. This is due to the fact that debriefing through education and training has not met the needs of management competencies due to education and training curricula that have not been designed and implemented according to the needs and expectations of the community. This is an applied research aimed at developing an integrated quality improvement management model of service in Primary Health Facilities. The study combined quantitative methods and sequential explanatory design. This study consists of two stages. The quantitative research stage aims to assess the quality of service from the customer side with a cross-sectional design. The qualitative research phase aims to assess the quality of the provider. Quantitative research respondents are acceptors of contraceptive services of postnatal IUD at Primary Health Facilities in Jakarta. respondents from qualitative research team were officers at Primary Service Facilities and experts in the field of Family Planning. Quantitative research data is collected using validated questionnaires. Collecting qualitative research data using in-depth interview methods using organizational maturity instruments and expert assessment using the Delphi method. The final model of integrated quality improvement management was developed from the initial model which was compiled based on literature review. Regarding customer satisfaction, 141 (81.1%) respondents were satisfied and 35 (19.9%) respondents felt dissatisfied. Regarding patient safety, 166 (94.3%) respondents stated safety was good and 10 (5.7%) respondents said that safety was lacking. In the quality assessment from the customer side, the variables that affect quality are regulation and standardization, infrastructure, effective communication and clinical leadership. In the assessment of quality from the provider side by assessing the process maturity and organizational maturity of each at the first and second levels of the four maturity levels. The final model of Integrated Quality Improvement Management in Primary Health Facilities is synthesized from the initial model based on literature review and the results of the study. Conclusion: The Integrated Quality Improvement Management (M-PMT) Management model in Primary Health facilities has been successfully developed. The result is a primary health facility management tool in the service quality management process to achieve superior quality performance. The model is developed with an integrated, comprehensive, holistic and sustainable approach. Integrated approach in the structure of the system design served as as an input component. The process component with a comprehensive approach in the cycle of planning, implementing and monitoring evaluations through the learning process reaches a sustainable level of process and organization maturity.
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2018
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Cambridge, UK: Management Sciences for Health, 2005
362.106 8 MAN
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Duncan, W. Jack
Massachusetts : Blackwell, 1999
362.110 68 DUN s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Crezee, Ineke H.M
Abstrak :
Abstract: Medical concepts and terminology can be very confusing for the uninitiated interpreter or translator. This book allows interpreters and translators to quickly read up on healthcare settings, familiarizing themselves with anatomy, physiology, medical terminology and frequently encountered conditions, investigations and treatment options.
Amsterdam ; Philadelphia: John Benjamins Publishing, 2013
362.1 CRE i
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Ginter, Peter M.
San Francisco, Calif: Jossey-Bass, 2014
362.110 GIN s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Bambang Heriyanto
Abstrak :
Nama : Bambang HeriyantoPrgramStudi : EpidemiologiJudul : Hubungan Kepemilikan Jaminan Kesehatan dengan PemilihanPersalinan di Fasilitas KesehatanPembimbing : Prof. Dr. dr. Sudarto Ronoatmodjo, SKM, M.ScDi Provinsi Jambi, kabupaten dengan cakupan persalinan terendah difasilitas kesehatan yaitu kabupaten Tanjung Jabung Timur sebesar 32,42 padatahun 2016.Secara nasional, sebanyak 50,5 penduduk Indonesia belum memilikijaminan kesehatan. Di Provinsi Jambi, sebanyak 61,9 penduduk belum memilikijaminan kesehatan. Riskesdas, 2013 . Tujuan penelitian adalah diketahuinyahubungan antara kepemilikan jaminan kesehatan terhadap pemilihan persalinandi Fasilitas Kesehatan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur tahun 2018 danmenilai hubungan antara kepemilikan jaminan terhadap pemilihan persalinan diFasilitas Kesehatan setelah dikontrol dengan variabel-variabel lain seperti: usia,pendidikan, pekerjaan dan keterjangkuan fasilitas kesehatan.Penelitian inimenggunakan desain mixed method, yang mengkombinasikan antara pendekatankuantitatif dan pendekatan kualitatif. Dengan menggunakan data sekunder yaitudata dari hasil pendataan keluarga sehat Program Indonesia Sehat denganPendekatan Keluarga PIS-PK yang telah dilaksanakan di kabupaten TanjungJabung Timur Tahun 2017. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruhkeluarga yang menjadi target pendataan di wilayah kerja kabupaten TanjungJabung Timur Tahun 2017. Sampel adalah ibu rumah tangga yang memilikianggota keluarga berumur < 12 bulan, yaitu sebanyak 484 responden. Uji statistikpada analisis bivariat menggunakan chisquare test dan multivariat menggunakancox regresi. Hasil analisis menunjukkan prevalensi ibu bersalin melakukanpersalinan di fasilitas kesehatan sebesar 64,3 , ibu bersalin yang memilikijaminan kesehatan 49 , serta terdapat hubungan antara kepemilikan jaminankesehatan dengan pemilihan persalinan di fasilitas kesehatan, Ibu bersalin yangmemiliki jaminan kesehatan mempunyai peluang 1,9 kali melakukan pemilihanpersalinan di fasilitas kesehatan dibandingkan dengan ibu bersalin yang tidakmemiliki jaminan kesehatan setelah dikontrol dengan variabel-variabel usia,pendidikan, pekerjaan dan keterjangkuan fasilitas kesehatan PR : 1,934 95 CI :1,146 ndash; 3,263 . Alasan ibu bersalin memilih persalinan difasilitas kesehatankarena memiliki jaminan kesehatan dan keterjangkauan fasilitas kesehatan diKabupaten Tanjung Jabung Timur tahun 2018. Disarankan perlu peningkatandalam hal penyebarluasan informasi mengenai keikutsertaan jaminan kesehatan BPJS terutama dalam hal prosedur pendaftaran dan infromasi yang lain,peningkatan pemberdayaan masyarakat melalui penyediaan Rumah TungguKelahiran untuk mengatasi masalah akses persalinan di fasilitas kesehatan.Kata kunci :Persalinan di fasilitaskesehatan, jaminankesehatan, mixed method ...... Name BambangHeriyantoPrgram Study EpidemiologyTitle Relationship of Ownership of Health Insurance withElections Delivery at Health FacilitiesCounselor Prof. Dr. dr. Sudarto Ronoatmodjo, SKM, M.ScIn Jambi Province, the district with the lowest coverage in health facilities isEast TanjungJabung Regency at 32.42 in 2016. Nationally, 50.5 ofIndonesians do not have health insurance. In Jambi Province, 61.9 of thepopulation does not have health insurance. Riskesdas, 2013 . The objective of thestudy is to know the relationship between health insurance ownership to theelection of delivery at Health Facility in East TanjungJabung Regency in 2018and to assess the relationship between the ownership of the guarantee on theselection of delivery at the Health Facility after being controlled with othervariables such as age, education, employment and health facility. This researchuses mixed method design, which combines quantitative approach and qualitativeapproach. By using secondary data that is data from the result of healthy familydata collection of Healthy Indonesia Program with Family Approach PIS PK which has been implemented in East TanjungJabung Regency Year 2017. Targetpopulation in this research is all family which become target of data at work areaof Regency TanjungJabungTimur Year 2017. Samples are housewives who havefamily members.
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2018
T51400
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5   >>