Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 28 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rita Maria Veranika
Abstrak :
Perubahan pasar global yang cepat menyebabkan industri memerlukan strategi baru untuk merespon kebutuhan konsumen dan memuaskan kebutuhan pasar agar lebih efisien dan lebih cepat. Hal ini dilakukan dengan mengimplementasikan peralatan teknik untuk lebih cepat dalam menyediakan produk yang berkualitas tinggi dengan harga yang kompetitif terhadap kebutuhan konsumen. Proses assembling merupakan proses yang memakan waktu yang cukup besar dalam proses manufaktur (53% dari total waktu produksi dan 22% ongkos buruh). DFA adalah salah satu sistem perencanaan assembling, yang menganalisa desain komponen maupun produk secara keseluruhan, yang dimulai dari awal proses desain, sehingga kesulitan-kesulitan assembling dapat diatasi sebelum komponen diproduksi. Sistem ini bertujuan untuk mempermudah proses perakitan sehingga waktu dan cost assembling dapat diturunkan. Keuntungan dari DFA ini adalah mengurangi jumlah perubahan desain dan secara tidak langsung mengurangi biaya dan waktu. Pada saat yang sama, memenuhi kebutuhan pelanggan. Untuk itu pada penelitian ini dilakukan perancangan dan pengembangan produk vaccine carrier yang mempertimbangkan metode Product Design dan Design For Assembly pada perancangan vaccine carrier tersebut. Dari hasil perancangan dan analisa DFA pada produk vaccine carrier, didapat total waktu assembling untuk desain awal adalah 519,34 detik dengan nilai efficiency 18% sedangkan total waktu assembling untuk redesain adalah 405,63 detik dengan nilai efficiency 24%.
Global marketplace is changing so rapidly that industrialist need to adopt new strategy to respond customer requirement and in order to satisfy the market needs more efficiency and quickly. That is reason to implement engineering tools quickly in supplied high quality product with competitive price to meet costumer requirement. Assembling process is take production time more than 50% from manufacture process (assembling process is 53% from total production time and 22% from labor cost). DFA is one technique of assembling planning system that analyzed component design and overall product from beginning to complete product. DFA is use to simplified assembling process and reduce assembling cost to meet consumer requirement. This thesis is design and develops product design of vaccine carrier that used Product Design and Design For Assembly method in design product of vaccine carrier. The results of the research are operation time for fisrt design is 519.34 second with design efficiency about 18% and the operation time for redesign is 405.63 second with design efficiency about 24%.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
T23291
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Albertus Wahyu Anindityo
Abstrak :
Paradigma lama mengenai disain produk hanya untuk memenuhi aspek fungsional masih menjadi hambatan dalam upaya konservasi nilai material produk dalam konteks daur ulang material, terutama logam. Riset ini mengambil contoh pada disain tabung Alat Pemadam Api Ringan APAR untuk dievaluasi berdasarkan kriteria-kriteria disain untuk konservasi nilai material logam. Hasil evaluasi disain produk yang ada menunjukkan bahwa sedikitnya 70.25 memenuhi kriteria. Oleh karena itu, alternatif disain ulang diajukan untuk meningkatkan kemudahan dalam rangka percepatan proses pelepasan dan pemisahan material produk. Berdasarkan hasil disain ulang produk APAR, terdapat potensi pengurangan waktu dan biaya pelepasan hingga 77.02. ......Old paradigm on product design that solely for meeting functional aspect purpose remains to be a constraint to material value conservation efforts in the context of material recycling, particularly metal. This research uses a sample of portable fire extinguisher design to be evaluated based on criterion of design for metal material value conservation. As a result of the evaluation, the current product design is at least 70.25 meet the criterion. Therefore, re design alternative is proposed to facilitate acceleration of product disassembly and material separation process. Finally, the re design of portable fire extinguisher indicates disassembly time and cost reduction potential up to 77.02.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
T48243
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Elsa Marina S.
Abstrak :
Ketika perusahaan dihadapkan pada kondisi persaingan yang semakin intens, maka kesadaran, pengertian yang benar dan komitmen terhadap konsep pemasaran merupakan hal mutlak. Berangkat dari konsep tersebut, perusahaan dapat menggunakan desain produk sebagai strategi kompetitif untuk menghasilkan produk dengan nilai-nilai yang menjadikan produknya berbeda secara berarti dan unggul dibandingkan produk-produk pesaing. Agar desain produk dapat berperan optimal, diperlukan persepsi yang benar dan manajemen desain yang tepat di dalam suatu perusahaan. Penulisan ini bertujuan untuk memperlihatkan kontribusi desain produk terhadap posisi kompetitif perusahaan; selain juga untuk mengubah persepsi yang kurang tepat mengenai peran desain produk. Bagaimana kontribusi desain produk ini akan diperlihatkan melalui perannya dalam proses pembuatan produk yang kompetitif, pada kondisi yang relatif optimal. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah studi literatur dan wawancara. Dari hasil studi, secara umum dapat dikatakan bahwa desain produk dapat berperan sebagai strategi kompetitif bagi perusahaan pada kondisi di mana terdapat pengertian, dukungan dan komitmen yang kuat dari top management serta manajemen desain, sehingga desainer terlibat sejak awal dalam proses penciptaan produk yang ideal; yaitu dengan berperan dalam diskusi perencanaan strategis bersama top management, berperan dalam tahap pembuatan brief suatu produk bersama manajer produksi, berperan dalam riset pemasaran bersama manajer pemasaran dan berperan dalam pembuatan dan pengembangan produk bersama manajer produk dan spesialis teknik. Dengan peran yang optimal tersebut, desainer produk dapat menghasilkan produk dengan nilai-nilai fungsi, estetika, ergonomi dan ekonomi yang memang menjadi preferensi konsumen, dengan tetap mempertimbangkan batasan-batasan yang dimiliki perusahaan.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1995
S19148
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ita Gambiro
Jakarta: Gramada Offset, 1992
346.048 2 ITA d
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Ashby, Michael F.
Abstrak :
Materials are the stuff of design. From the very beginning of human history, materials have been taken from the natural world and shaped, modified, and adapted for everything from primitive tools to modern electronics. This renowned book by noted materials engineering author Mike Ashby and industrial designer Kara Johnson explores the role of materials and materials processing in product design, with a particular emphasis on creating both desired aesthetics and functionality. The new edition will feature even more of the highly useful "materials profiles" that give critical design, processing, performance and applications criteria for each material in question. The reader will find information ranging from the generic and commercial names of each material, its physical and mechanical properties, its chemical properties, its common uses, how it is typically made and processed, and even its average price.
Amsterdam: Elsevier, 2014
620.11 ASH m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Shienny Anggraini
Abstrak :
Di saat pertumbuhan ekonomi sekarang ini, kebutuhan konsumen semakin bervariasi dan belanja tidak hanya untuk mendapatkan barang yang diperlukan atau untuk memenuhi kebutuhan. Dalam pemenuhan kebutuhannya, konsumennya melakukan pembelian secara spontan atau tidak direncanakan yang disebut dengan pembelian impulsif. Penelitian ini ingin melihat pengaruh promosi penjualan produk terhadap pembelian impulsif dalam studi produk sabun cair Dettol kemasan isi ulang. Selain itu penelitian ini diadakan untuk mengetahui hubungan desain kemasan sebagai variabel kontrol terhadap pembelian impulsif. Penelitian ini menggunakan paradigma post-positivis, metode kuantitatif, dan bersifat eksplanatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode survey dengan teknik non probabilita dengan cara purposive sampling yang disebar di supermarket Carrefour ITC Depok. Hasil penelitian ditemukan bahwa konsumen memiliki sikap positif pada promosi penjualan mempengaruhi pembelian impulsif. Selain itu adanya pengaruh persepsi positif pada desain kemasan terhadap pembelian impulsif. ......Economic growth led to the variety of consumer needs. To fulfill their needs, they usually make purchases spontanious or unplanned which called impulse buying. This research would like to see the effect of sales promotions of products towards the impulse buying behavior in Dettol's liquid soap. Beside that, this research would like to see the relation of design packaging as control variable with impulse buying. This research uses a post-positivist paradigm, quantitative methods, and the character of this research is explanative. In compiling data, the reseacher uses survey method with non-probability techniques and purposive sampling, which is distributed in the Carrefour ITC Depok. The researcher found that consumers who have positive attitudes to the sales promotion can influence impulse buying. Beside that, there is an effect from positive perception with the package design towards impulse buying.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Karana, Elvin
Abstrak :
There currently exists an abundance of materials selection advice for designers suited to solving technical product requirements. In contrast, a stark gap can be found in current literature that articulates the very real personal, social, cultural and economic connections between materials and the design of the material world. In Materials Experience: fundamentals of materials and design, thirty-four of the leading academicians and experts, alongside 8 professional designers, have come together for the first time to offer their expertise and insights on a number of topics common to materials and product design. The result is a very readable and varied panorama on the world of materials and product design as it currently stands.
Oxford, UK: Butterworth-Heinemann, 2014
e20427206
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Sitohang, Rosita Veronika
Abstrak :
Seperti halnya organisasi lainnya, Starbucks sebagai kedai kopi dunia juga melakukan perubahan demi mempersiapkan dirinya untuk melakukan ekspansi perusahaan ke area bisnis yang lebih luas ke pasar internasional. Salah satu perubahan yang paling mencolok dan dapat dilihat secara langsung oleh masyarakat luas adalah perubahan logo. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui persepsi konsumen Starbucks Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia mengenai logo baru tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh antara persepsi khalayak tentang logo baru terhadap pembentukan brand image product. Penelitian ini menggunakan paradigma positivis, pendekatan kuantitatif dan bersifat eksplanatif. Pada penelitian ini ditemukan adanya pengaruh yang cukup kuat dan signifikan antara persepsi khalayak tentang logo baru terhadap brand image product.
As in other organizations, Starbucks as the world?s largest coffee company has made changes in preparing itself to make a company?s expansion into a wider array of business lines to more international markets. The most visible and publicly noticed change is the changed of the company?s logo. For that matter, the researcher would like to find out the perception of Starbucks consumer in the Central Library of University of Indonesia regarding the changing of Starbucks new logo. This research uses a positivist paradigm, quantitative approach and explanative. In this study found a fairly strong influence and significantly between the consumers perception about Starbucks 2011 new logo toward brand image product.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sibuea, Calvin Paulus
Abstrak :
IIndustri furnitur secara global dan nasional dikuasai oleh sektor industri Furnitur kayu. Bersamaan dengan kapasitas pasar yang terus berkembang, Furnitur industri kayu memiliki potensi ekonomi menjanjikan untuk pembangunan ekonomi Indonesia. Built-in Furniture (Furnitur Tanam) adalah produk yang melekat secara permanen terhadap bangunan dan dirancang untuk tidak diubah dalam jangka panjang, misalnua kitchen set dan wardrobe. Namun hingga saat ini bisnis built-in furniture kurang menaruh perhatian pada model kemasan dikarenakan bentuk, ukuran, dan bahan yang berbeda setiap produk. Hal ini menimbulkan kerusakan persentase kerusakan produk cukup besar dalam proses transportasi. Penelitian ini mengupayakan bantuan untuk industri built-in furniture di Jakarta untuk memiliki rancangan baru kemasan produk yang aman bagi berbagai lini produk, efisiensi pengemasan, dan harga yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan atribut kebutuhan konsumen dan bisnis itu sendiri serta melakukan pembobotan terhadap kualitas kemasan furnitur. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan rekomendasi rancangan kemasan furnitur untuk mengurangi kerusakan dan mempercepat proses pengemasan dalam proses produksi. Penelitian ini mengintegrasikan metode Design Thinking. Metode Design Thinking membantu menganalisis permasalahan dari sudut pandang produk dan pengguna sehingga dapat memberikan solusi kreatif yang menyeimbangkan perancangan dan pengembangan produk dengan mempertimbangkan faktor logistik dan ergonomi, Penelitian ini menghasilkan rancangan kemasan furnitur untuk industri built-in furniture di Jakarta. ......The Furniture industry globally and nationally is controlled by the wood Furniture industry sector. Regarding the market capacity that continues to grow, the Furniture industry has promising economic potential for Indonesia's economic development. Built-in furniture is a product that is permanently attached to a building and is designed not to be changed in the long run, for example kitchen sets and wardrobe. However, until now the wooden built-in furniture business has not been given enough attention to the packaging model depending on the shape, size and material that is different for each product. This causes a significant percentage of product damage in the transportation process. This research is seeking assistance for the built-in furniture industry in Jakarta to have a safe product packaging design for various product lines, packaging efficiency, and optimal prices. This study aims to determine the attributes of the needs of consumers and the business itself as well as weighting the quality of furniture packaging. This is intended to provide a discussion of furniture packaging design to reduce damage and improve the packaging process in the production process. This research integrates Design Thinking methods which helps to analyze specific problems from product development and design approach wit consideration of logistics dan ergonomics factors. This research resulted in Furniture packaging design for the wood furniture industry in Jakarta
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3   >>