"[Due to the development of technology the number of internet users has increasing
dramatically. Nowadays the numbers of online shopping in Indonesia is increasing as well as
the behavior of digital consumers who enjoy online shopping along with the rapid growth of
connected device that make online shopping as a convenient way of transaction. The objective
of this research is not only focusing on what consumers do on the internet but also
understanding the reason why they do online shopping and how they do the online shopping
by using study literature and combine it with survey data in order to get a better
understanding about the Jakarta online consumer behavior. Through this research we can
gain a better understanding about the behavior of Jakarta online consumer towards online
shopping as the new way of transaction.;Dikarenakan adanya perkembangan teknologi, angka dari pengguna internet di Indonesia
telah meningkat secara dramatis. Saat ini jumlah pengguna belanja online di Indonesia
mengalami peningkatan beserta peningkatan perilaku konsumen digital yang menikmati
kegiatan belanja online ini bersamaan dengan pertumbuhan yang cepat dari perangkat yang
tersambung dengan Internet membuat belanja online sebagai salah satu cara yang nyaman
untuk melakukan sebuah transaksi. Tujuan dari penelitian ini tidak hanya focus kepada apa
yang konsumen lakukan ketika menggunakan internet akan tetapi penelitian ini juga
bertujuan untuk memahami alasan mengapa konsumen melakukan belanja online dan
bagaimana cara mereka melakukannya. Penelitian ini dilakukan dengan cara menggunakan
studi literature dan menggambungkannya dengan data dari survey yang dilakukan agar
mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai kebiasaan belanja online. Dengan
adanya penelitian ini peneliti dapat mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai
kebiasaan belanja online di Jakarta terhadap belanja online sebagai sebuah alat transaksi
yang baru., Dikarenakan adanya perkembangan teknologi, angka dari pengguna internet di Indonesia
telah meningkat secara dramatis. Saat ini jumlah pengguna belanja online di Indonesia
mengalami peningkatan beserta peningkatan perilaku konsumen digital yang menikmati
kegiatan belanja online ini bersamaan dengan pertumbuhan yang cepat dari perangkat yang
tersambung dengan Internet membuat belanja online sebagai salah satu cara yang nyaman
untuk melakukan sebuah transaksi. Tujuan dari penelitian ini tidak hanya focus kepada apa
yang konsumen lakukan ketika menggunakan internet akan tetapi penelitian ini juga
bertujuan untuk memahami alasan mengapa konsumen melakukan belanja online dan
bagaimana cara mereka melakukannya. Penelitian ini dilakukan dengan cara menggunakan
studi literature dan menggambungkannya dengan data dari survey yang dilakukan agar
mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai kebiasaan belanja online. Dengan
adanya penelitian ini peneliti dapat mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai
kebiasaan belanja online di Jakarta terhadap belanja online sebagai sebuah alat transaksi
yang baru.]"
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014