Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
Indah Dwi Lestari
"ABSTRAK
Resep masakan yang ditujukan untuk anak-anak dan orang dewasa memiliki perbedaan
ragam bahasa yang digunakan karena faktor usia yang berbeda. Penelitian ini akan
membandingkan jenis kalimat dan tampilan resep bekal makan siang anak yang ditujukan
untuk anak www.ah.nl/allerhandekids/ dan dewasa www.leukerecepten.nl/ . Penelitian
ini dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan teori jenis kalimat
menurut Geerts, dkk. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah
jenis kalimat yang dipergunakan serta bagaimanakah tampilan resep bekal makan siang
anak yang ditujukan untuk anak-anak dan orang dewasa di dalam kedua situs web.
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan jenis kalimat dan struktur kalimat yang
terdapat dalam langkah-langkah memasak, serta memaparkan ciri-ciri tampilan resep
masakan di dalam resep digital. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa resep bekal
makan siang untuk anak menggunakan tiga jenis kalimat yaitu kalimat pernyataan,
pertanyaan dan imperatif, sedangkan untuk dewasa dipergunakan kalimat pernyataan dan
imperatif. Kalimat majemuk pada resep anak jarang ditemukan dibandingkan pada resep
bekal makan siang orang dewasa. Pada resep anak ditemukan adanya diminutif.
Perbedaan dan persamaan pada tampilan resep masakan dalam situs web, terlihat pada
bentuk laman; tema latar laman; warna tulisan dan animasi.

ABSTRACT
Food recipes for children and adults have several differences in the use of language
variety because of the age factor. This study compares the types of sentences and the
visualization of the digital children lunchs recipes, written for children
www.ah.nl/allerhandekids/ and adults www.leukerecepten.nl/. This research uses the
qualitative-descriptive method and Geerts, et.al theory of sentence types. The research
questions focus on how the childrens lunch box recipes are being presented in types of
sentences and visualized in the two websites. This study aims to describe the types and
structure of sentences, written in the cooking steps, and also the characteristics of the
visualization of the digital recipes. The results show that digital lunch box recipes for
children are using three types of sentences: statements, questions, and imperative
sentences, and for adults, the statements and imperative sentences. Compound sentences
are rarely found in the digital childrens lunch box recipes, compared to adults lunch box
recipes. In the digital recipes for children, diminutives are also to be found. The differences and similarities visualization of the digital recipes, are based on the web."
2019
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Kusuma Minayati
"Latar Belakang: Gangguan kesehatan jiwa pada anak dan remaja dapat berdampak negatif pada perkembangan anak. Kesehatan mental pada bayi, sebagai masa awal kehidupan, sangat penting karena masa ini merupakan periode kritis untuk perkembangan otak dan perilaku. Salah satu yang dapat mempengaruhi perkembangan tersebut adalah depresi antenatal, namun penelitian mengenai topik ini di Indonesia masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati dampak dari gejala depresi antenatal terhadap perkembangan kognitif dan bahasa pada bayi.
Metode: Penelitian ini menggunakan desain studi kohort prospektif yang mengobservasi perkembangan kognitif dan bahasa bayi yang lahir dari ibu dengan gejala depresi antenatal. Data dikumpulkan dari ibu hamil dengan gejala depresi antenatal yang diskrining menggunakan instrumen Edinburgh Postnatal Depression Scale (EPDS), dan perkembangan bayi dipantau selama enam bulan pada tiga waktu pemantauan, yaitu 1 bulan, 3 bulan, dan 6 bulan setelah kelahiran menggunakan instrumen Capute Scales. Penelitian dilakukan di puskesmas wilayah Jakarta.
Hasil: Pemantauan dilakukan pada 13 bayi yang lahir dari ibu dengan gejala depresi antenatal. Hasil pengukuran menunjukkan kecenderungan penurunan pada rerata skor Cognitive Adaptive Test (CAT), Clinical Linguistic and Auditory Milestone Scale (CLAMS), dan Frequently Seen Developmental Questionnaire (FSDQ). Analisis repeated measures menunjukkan penurunan tersebut signifikan pada rerata skor CLAMS (p=0,006). Perbandingan antar waktu pengukuran juga menunjukkan adanya beda rerata yang signifikan antara bulan ke-1 dan bulan ke-6 pada skor CLAMS (p=0,011).
Simpulan: Penelitian ini menunjukkan bahwa depresi antenatal pada ibu dapat berdampak pada perkembangan kognitif dan bahasa bayi dalam 6 bulan pertama kehidupan, terutama pada perkembangan bahasa. Temuan ini menekankan pentingnya deteksi dini dan intervensi pada ibu hamil dengan gejala depresi untuk mencegah dampak negatif pada perkembangan otak bayi. Hasil penelitian ini juga diharapkan dapat berkontribusi untuk pengembangan program kesehatan mental perinatal dan bayi di Indonesia.

Background: Mental health disorders in children and adolescents could negatively impact their development. Infant mental health is crucial as it represents a critical period for brain and behavioral development. One factor that can influence this development is antenatal depression, yet research on this topic in Indonesia is still limited. This study aims to observe the impact of antenatal depressive symptoms on the cognitive and language development of infants.
Methods: This study employed a prospective cohort design to observe the cognitive and language development of infants born to mothers with antenatal depressive symptoms. Data were collected from pregnant mothers screened for antenatal depressive symptoms using the Edinburgh Postnatal Depression Scale (EPDS). Infant development was monitored over six months at three time points: 1 month, 3 months, and 6 months after birth using the Capute Scales. The study was conducted at community health centers in Jakarta.
Results: The study monitored 13 infants born to mothers with antenatal depressive symptoms. The results indicated a decreasing trend in the mean scores of the Cognitive Adaptive Test (CAT), Clinical Linguistic and Auditory Milestone Scale (CLAMS), and Frequently Seen Developmental Questionnaire (FSDQ). Repeated measures analysis showed a significant decrease in the mean CLAMS score (p=0,006). Comparison between measurement times also showed a significant difference in mean CLAMS scores between the 1st and 6th month (p=0,011).
Conclusion: This study indicates that antenatal depression in mothers can impact the cognitive and language development of infants within the first six months of life, particularly in language development. These findings highlight the importance of early detection and intervention for pregnant mothers with depressive symptoms to prevent negative impacts on infant brain development. The results of this study are also expected to contribute to the development of perinatal and infant mental health programs in Indonesia.
"
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library