Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Abstrak :
Aiginat digunakan di bidang bio medis, antara lain sebagai bahan baku pembalut luka primer (kontak langsung dengan luka) karena bersifat nontoksik, biodegradable, biocompatible dan dapat mempereepat pertumbuhan jaringan baru. Produk tersebut mulai diteliti sebagai biomaterial dengan teknologi elektrospining. Serat - serat hasil elektrospining berukuran diameter <100 nm - 500 nm, umumnya digolongkan sebagai serat nano. Polimer alginat tidak dapat membentuk serat nano, sehingga harus dieampur dengan polimer lain, misalnya PVA (polivinil alkohol). Dari penelitian terdahulu diperoleh membran alginat yang dapat digunakan sebagai pembalut luka, tetapi dengan metoda elektrospining, maka akan diperoleh membran berkualitas lebih tinggi karena mempunyai luas permukaan yang sangat besar dan berpori. Untuk itu dilakukan penelitian pembuatan webs (Iembaran tipis) atau membran dari serat alginaUPVA melalui teknologi elektrospining, karena metodanya mudah. Tujuannya adalah untuk mendapatkan pembalut luka berskala mikro hingga nano. Pereobaan dilakukan dengan mengunakan variasi komposisi larutan pintal Aiginat 3%/PVA 10% ( 7/3, 6/4, 5/5,4/6, 3/7), jarak (10 em, 15 em, 20 em, 25 em) dan tegangan (12 KVA, 15 KVA, 18 KVA, 23 KVA). Pengujian terhadap produk akhir meliputi analisa gugus fungsi, analisa struktur mikro, uji resistensi terhadap mikroba dan uji pre klinis. Hasil penelitian menunjukkan proses elektrospining menggunakan larutan Aiginat 3%/PVA 10% 4/6, pad a tegangan 15 KVA dengan jarak 15 em, akan menghasilkan webs serat dengan ukuran diameter mayoritas antara 100 nm - 300 nm. Selain itu, produk tersebut bersifat anti bakteri dan lolos uji pre klinis, karena tidak menyebabkan iritasi serta dapat berfungsi sebagai pembalut luka dengan kualitas yang lebih baik dibanding pembalut luka alginat konvensional, yaitu mampu mempereepat penyembuhan luka dari 24 jam menjadi 1 jam.
620 JSI 6:2 (2012)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Ketut Shanty
Abstrak :
Produk yang di tujukan untuk wanita begitu banyak ragamnya. Dari sekian banyak produk tersebut, produk pembalut wanita yang ada di pasaran pun b e gitu· banyak, bai k dari merek yang ada maupun jumlahnya. Masing.,...masing ·menawarkan kelebihan produk, dan menawarkan s uatu perne cahan· masa ah yang dialami dalam kehidupan wanita. Car e free adalah salah satunya. Produk ini mempos isikan produknya sebagai pembalut . wanita yang bukan untuk m a s~ haid, tetapi di pergunakan setiap hari guna mengatasi kelembaban sebe l um dan sesudah masa haid wanita. Untuk membangun pengetahu n mengenai produk pembalut irii memang tidak mudah , kare na masyarakat umumnya hanya mengenal pembalut-pembalut wanita yang dipergunakan untuk masa haid saja. Salah satu strategi promosi yang mereka pilih adalah iklan. Media yang dipilih hanya majalah wanita, seperti Femina, Kartini, dan Sarinah. Setelah lima tahun, pihak Johnson. & Johnson mulai memperluas segmen pasarnya ke remaja,.melalui majalah Gadis. Untuk melihat sampai seberapa j~uh pengetahuan remaja putri, maka dilihat dari proses persepsi dimana akan dilihat juga · apakah unsur...;.unsur iklan Carefree mampu menarik perhatian mereka. Penulis mengambil 100 responden remaja putri SMP dan SMA, yang pernah li at iklan Carefree d i wilayah Pondok Indah dengan pengambilan. sampel secara acak sederhana. Tehnik pengumpul an ~at a menggunakan wawancara berstr uktur , wawancara dengan pihak Johnson & Johnson, serta studi kepustakaan . Penelitian · ini menghasilkan jawaban , bahwa ilustrasi (gambar utama) merupak:an unsur yang paling menarik , yang p~rt am a kali d ilihat, dan juga unsur y ang pa1ing mudah diingat . Sebagiban besar r esponc;ten kurang mengetahlii mengenai headline iklannya, mayoriias responden cukup mengetahui ilustrasi ikl an , dan umumny l ebih mampu menyebutkan gambar utama saja dar i 4 ilustrasi ¥ang ada. Responden yang pernah membaca naskah iiklan · rnaupun yang t iaak pernah cukup mengetahuinya. Baik responden yang pernah membaca naskahnya maupun yang tidak pernah membaca ternyata kurang tahu penggunaan sebenarnya dari pembalut tersebut digunakan Carefree, mereka beranggapan untuk masa-masa haid. Mengenai slogan yang digunakan, mayoritas responden tidak pernah membacanya, sehingga pengetahuan mereka mengenai unsur iklan ini adalah rendah.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1992
S4047
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
This book richly illustrated hands-on guidebook features a highly successful therapeutic approach to treating orthopedic, traumatological and many other conditions. It serves both as a perfect companion to training courses and as a reference book and refresher for health care professionals who have completed their training. A brief introduction to the basic principles of K taping, the special elastic tapes used and the method’s history is followed by 7 chapters highlighting treatment techniques and their application to 50 frequently seen conditions. Each is featured on a double page with up to five color photos, brief instruction, practical information about symptoms, dosage, progress to be expected and tips regarding variations of techniques.
Berlin : Springer, 2012
e20426506
eBooks  Universitas Indonesia Library