Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhammad Amin Asharudin
"Tesis ini membahas tentang persepsi dan harapan anggota pengurus OK terhadap kemitraan dan program kepemudaan yang telah dilakukan oleh DISPORA Kabupaten Klaten. Di mana persepsi mereka terhadap DISPORA sangat mempengaruhi hubungan kedua belah pihak. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan mix method, yakni gabungan antara kuantitatif dan kualitatif. Metode kuantitatif dengan kuesioner sebagai instrumennya digunakan untuk mengetahui dan menganalisis persepsi, sedang metode kualitatif dengan menggunakan wawancara mendalam dipakai untuk mengetahui dan menganalisa harapan.
Hasil analisis penelitian ini menunjukan bahwa terdapat persepsi yang buruk dari anggota pengurus OK terhadap kemitraan DISPORA, berdasarkan hasil uji mean yang dilakukan, diperoleh nilai sebesar 1.898, nilai ini berada dalam rentang 1.76 s/d 2.25 yang berarti rendah. Dan persepsi sangat buruk ditujukan pada program kepemudaan DISPORA, berdasarkan hasil uji mean yang dilakukan, diperoleh nilai sebesar sebesar 1,627. Berdasarkan klasifikasi dengan 5 kategori maka nilai mean ini berada dalam rentang antara 1,76 s/d 2,25 yang berarti nilai tersebut berada dalam kategori sangat rendah.
Sedangkan harapan dari anggota pengurus OK dalam kaitannya dengan kemitraan adalah adanya komunikasi yang selalu dijaga oleh pihak DISPORA kepada semua unsur pemuda yang ada. Baik secara langsung, maupun tidak langsung melalui media misalnya. Pada program kepemudaan, keberlanjutan program merupakan hal penting yang disoroti oleh para responden, karena selama ini hal itu sangat kurang diperhatikan oleh DISPORA.

This thesis discusses the perceptions and expectations of board members of Youth Organizations of the partnership and youth programs that have been conducted by the Department of Youth & Sports (DISPORA) in Klaten regency. Where are their perceptions of DISPORA greatly affect the relations between them. The method used in this study using mixed methods, namely a combination of quantitative and qualitative. Quantitative methods with questionnaires as the instrument used to determine and analyze the perceptions, while qualitative methods using depth interviews used to identify and analyze the expectations.
The results of the analysis of these studies show that there is a perception that bad of a board member of the partnership by DISPORA, based on the mean test results carried out, obtained a value of 1.898, this value is in the range 1.76 - 2.25, which means low. And very bad perception of youth programs aimed at DISPORA, based on the mean test results carried out, obtained a value of of 1.627. Based on the classification of the five categories the mean value is under 1.75, which means scores fall in the category of very low.
While the expectations of board members of Youth Organizations in relation to partnerships is the existence of communication is always maintained by the DISPORA to all elements of the existing youth. Either directly, or indirectly through the media for example. In the youth program, program sustainability is an important thing highlighted by the respondents, because so far it is so overlooked by DISPORA.
"
Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2011
T29664
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sakhyan Asmara
"Disertasi ini mengkaji evaluasi kebijakan pemberdayaan pemuda di Kementerian Pemuda dan Olahraga periode tahun 2010-2014. Untuk memandu penelitian ini, peneliti mengangkat tiga permasalahan utama yaitu: (i) Bagaimana konten kebijakan pemberdayaan pemuda, (ii) Bagaimana implementasi kebijakan pemberdayaan pemuda, dan (iii) Bagaimana dampak kebijakan pemberdayaan pemuda dalam merespons masalah kepemudaan. Guna menjawab pertanyaan tersebut, teori Fischer et al., Grindle, dan Royse digunakan oleh peneliti. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan post-positivism di mana data primer dikutip melalui kaidah indepth interview dengan para narasumber otoritatif serta melalui focus group discussions (FGD); data sekunder diperoleh melalui buku, jurnal, dan hasil penelitian sebelumnya. Penelitian ini mendapati beberapa temuan penting. Pertama, konten kebijakan pemberdayaan pemuda tidak sepenuhnya mengarah kepada sasaran pembangunan kepemudaan, miskin kreasi, inovasi dan improvisasi disebabkan lemahnya kontrol pimpinan dalam perumusan program, kebiasaan menjiplak program tahun sebelumnya serta tidak dikomunikasikan dengan stakeholders kepemudaan. Kedua, dalam implementasi kebijakan terdapat kelemahan koordinasi, tingkat kepatuhan dan daya tanggap yang rendah, sistem rekrutmen tidak memadai, kompetensi sdm yang kurang tepat, meskipun realisasi pelaksanaan tiap program cukup tinggi namun tidak berbanding lurus dengan derajat perubahan yang hendak dicapai. Ketiga, dampak yang dirasakan hanya pada tingkat individu, sedikit pada tingkat kelompok dan kecil sekali pada tingkat masyarakat, mengakibatkan lemahnya tingkat perubahan dan penerimaan sehingga belum mampu menjawab permasalahan kepemudaan secara lebih luas. Ironisnya proses evaluasi tidak pernah di lakukan sebagai umpan balik bagi penyempurnaan konten kebijakan pemberdayaan pemuda. Rekomendasi yang diajukan peneliti, Kemenpora harus merubah orientasi dalam memformulasi dan melaksanakan kebijakan agar berdampak luas pada pembangunan kepemudaan di Indonesia.

This dissertation examines an evaluation of a policy on youth empowerment at The Youth and Sports Ministry of The Republik Indonesia from year 2010 to 2014. To guide this study, this research raises 3 (three) main questions, namely (i) What the content of youth empowerment policy is, (ii) How does the implementation youth empowerment policy, and (iii) How does the impact of youth empowerment policy respond the youth issues. In order to answer such questions, theories of Fischer et al, Grindle, and Royse are used. The Research method adopted is post-positivism approach where primary data is collected through an in-depth interview system with several authoritative resource persons and through focus group discussion (FGD); secondary data is obtained through books, journals and prior research results. This research discovers some important findings. First, the content of youth empowerment is not totally directed towards youth development target, it lacks creativity, innovation and improvisation due to poor leaders control over program formulation, a practice of plagiarizing the program of previous years and it is not communicated with youth stakeholders. Second, in carrying out a policy there are weakness in coordination, lower levels of obedience and responsiveness, inadequate recruitment system, in-appropriate human resources competences, although the realization of each program is high, but it doesn?t reach the change to be intended. Third, the impact being felt is only at the level of individual, little at a group level and very little at a community one, causing the weaknesses of change and acceptance levels, so that it is unable to resolve youth problems comprehensively. Ironically, an evaluation process is never made as feedback for improvement to the content of youth empowerment policies. A recommendation put forward in this research is that Youth and Sports Ministry has to change orientation in formulating and implementing a policy so as to have a wide impact on youth development in Indonesia.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
D-Pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library