Anneta Saraswati
Abstrak :
Kata ‘google’ saat ini tidak hanya dikenal sebagai sebuah nama brand. Dalam bahasa Inggris, kata ‘google’ dikenal sebagai kata kerja. Dalam teori pembentukan kata, kemunculan verba ‘google’ tidak memiliki penjelasan yang cukup komprehensif. Terdapat sedikitnya tiga bentuk pembentukan kata yang digunakan untuk menjelaskan hal ini, yakni conversion, word coinage, dan neologism. Conversion dan word coinage tidak dapat sepenuhnya digunakan untuk menjelaskan penggunaan kata ‘google’ sebagai kata kerja, sedangkan neologism tidak relevan untuk konteks saat ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa verba ‘google’ mengalami conversion pada tahap pertama dan neologism di tahap kedua. Hal ini menunjukkan bahwa pembentukan kata tidak selalu mengikuti pola pembentukan baku, terutama di era digital seperti sekarang ini.
......The word ‘google’ is now known not only as a brand name, but also as a verb in daily conversation. In the study of word formation, the emergence of the verb ‘google’ has not been given a comprehensive explanation. There are at least three forms of word formation used to explain the verb formation of ‘google’; conversion, word coinage, and neologism. However, conversion could only partially explain the verb formation of ‘google’. Word coinage could not comprehensively explain the verb formation of ‘google’, and neologism is now irrelevant. The study found that the verb ‘google’ experienced word coinage in the first stage, and then conversion in the second stage. This implies that contemporary word formation does not always follow the existing word formation theories, especially in this digital era.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2016
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library